Fashion

Tutorial Cara Menyemir Sepatu Kulit yang Benar Agar Mengkilap!

Cara Menyemir Sepatu Kulit

Bro, apakah lo merawat sepatu lo dengan baik? Sama dengan jaket dan celana jeans, sepatu juga perlu dirawat dan dibersihkan beberapa waktu sekali. Salah satu sepatu Mas Kulin ada yang rusak dalam setahun karena hampir gak pernah dibersihkan selain saat kena hujan deras 🙁

Di antara berbagai jenis sepatu pria yang biasa kita kenakan sehari-hari, sepatu berbahan dasar kulit merupakan salah satu yang paling umum kita kenakan. Sedikit berbeda dengan jenis sepatu lain, sepatu kulit perlu disemir setelah beberapa lama agar tidak pucat dan pudar warnanya.

Teknik menyemir sepatu juga tidak bisa dilakukan sembarangan bro. Kalau salah semir, yang ada sepatu kulit lo bisa cepat rusak atau malah berkerut. Oleh karena itu, di tulisan kali ini Mas Kulin akan coba menjelaskan beberapa cara menyemir sepatu kulit yang benar serta membuat sepatu lo tetap awet. Simak terus ke bawah ya.

 

Peralatan yang Dapat Digunakan untuk Menyemir Sepatu

Sebelum kita masuk ke caranya, ada beberapa peralatan untuk menyemir sepatu yang perlu lo persiapkan lebih dulu. Berikut ini beberapa alat dan perlengkapan yang bisa lo gunakan untuk menyemir sepatu kulit:

 

1. Kertas Koran Bekas

Peralatan untuk Menyemir Sepatu Kulit - Kertas Koran Bekas

Kegiatan menyemir sepatu pasti akan meninggalkan noda-noda di sekitarnya. Jangan lakukan kegiatan ini di atas lantai ya bro. Siapkan kertas koran bekas atau kertas bekas lainnya yang ukurannya lumayan besar sebagai alas.

 

2. Semir Sepatu

Peralatan untuk Menyemir Sepatu Kulit - Set Semir Sepatu
via lazada.co.id

Semir sepatu memiliki beberapa macam warna. Pilihlah yang sesuai dengan warna sepatu lo (hitam, coklat), atau gunakan yang warna netral. Semir sepatu dapat diganti dengan bahan alami (akan dijabarkan di bagian akhir). Namun, penggantian ini hanya bersifat sementara saja kalau memang tidak sempat untuk beli semir baru saat semir lo habis.

 

3. Sikat Gigi Bekas atau Sikat Rambut Kuda

Peralatan untuk Menyemir Sepatu - Sikat Rambut Kuda
via afinepairofshoes.co.ud

Alat yang umum digunakan untuk menyikat sepatu saat menyemir adalah sikat gigi bekas untuk area yang agak tersembunyi. Sikat semir yang kadang dijadikan bonus saat lo membeli semir sepatu juga tentu bisa digunakan. Selain itu, sikat rambut kuda (horsehair brush) yang memiliki bulu panjang dan lembut juga bisa lo gunakan untuk menyemir sekaligus membersihkan sisa semiran.

 

4. Kain Bekas Tanpa Serat

Peralatan untuk Menyemir Sepatu  - Kain Tanpa Serat
promo-brand.co.uk

Kain bekas digunakan untuk membubuhkan semir atau menjadi alternatif sikat untuk menyemir. Gunakan kain tanpa serat agar tidak menimbulkan gesekan yang malah menggurat sepatu. Kalau mau yang bagus, lo bisa menggunakan kain chamois. Kalau tidak, kain yang umum digunakan adalah kain katun.

 

Cara Menyemir Sepatu Kulit yang Benar

Sudah siap dengan berbagai peralatan menyemir sepatu? Nah sekarang kita mulai dengan beberapa langkah untuk menyemir sepatu kulit dengan benar. Kalau lo ragu, lo bisa mencoba langkah-langkah berikut pada sepatu kulit yang sudah lama lo miliki dibandingkan dengan yang masih baru untuk sarana ‘latihan menyemir’.

Oh ya, menyemir sepatu umumnya membutuhkan waktu yang agak lama. Mas Kulin sarankan lo menyemir sepatu di saat agak senggang, seperti akhir pekan atau sepulang kerja.

 

1. Bersihkan Sepatu Kulit

Cara Menyemir Sepatu Kulit yang Benar - Oleskan semir sepatu
via waltersshoecare.com

Sebelum mulai menyemir sepatu, lo perlu membersihkan dulu sepatu lo. Lo bisa gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan tanah atau kotoran yang menempel di sela sol sepatu dan bagian lain yang sulit dijangkau, lalu gunakan sikat rambut kuda untuk membersihkan keseluruhan sepatu.

Jika sepatu lo benar-benar dalam keadaan kotor, maka gunakan kain bekas yang lembab untuk menggosok sepatu lo. Pastikan agar sepatu lo bersih, lalu diamkan sejenak hingga kering. Sepatu lo kini siap untuk disemir.

 

2. Bubuhkan dan Gosok dengan Semir Sepatu

Langkah menyemir sepatu kulit -
via theleatherlaundry.com

Mula-mula, lepas tali sepatu jika jenis sepatu lo memiliki tali agar terhindar dari semir. Oleskan kain bekas (atau bisa langsung gunakan sikat) dengan semir sepatu dan lakukan gosokan melingkar kecil di sepatu. Lakukan ini secara merata hingga menutupi seluruh area luar sepatu (termasuk sol sepatu). Gunakan sikat untuk menggosok seluruh area dengan kuat agar semir bisa lebih meresap ke kulit sepatu.

Jangan lupa untuk menggunakan sikat gigi bekas agar lo bisa menjangkau area yang sulit dijangkau. Misalnya, area sol sepatu yang tidak bersentuhan langsung dengan permukaan tanah. Pastikan agar seluruh area luar sepatu digosok secara rata.

 

3. Keringkan Sebentar dan Semir Ulang

Panduan Menyemir Sepatu Kulit yang Benar - Keringkan Sepatu
via treasuresandtravelblog.com

Keringkan sepatu dengan cara didiamkan (bukan dijemur!) atau ditaruh di dekat kipas angin. Normalnya, sepatu akan kering dalam waktu 20 hingga 30 menit. Sambil menunggu kering, lakukan proses penyemiran untuk belahan sepatu yang satu lagi.

Pada saat sudah kering, perhatikan apakah warna sepatu sudah bagus atau masih ada yang pucat. Lakukan proses yang sama dengan poin 2 jika lo merasa harus menyemir lagi dan lanjutkan lagi ke proses pengeringan. Ulangi langkah 2 dan 3 ini hingga mencapai tingkat warna yang pas.

 

4. Bersihkan Sisa Semir Sepatu dan Keringkan

Cara Menyemir Sepatu Kulit -  Bersihkan Sisa Semir
via freshstep.co.uk

Jika sepatu sudah kering dan lo sudah puas, maka gunakan sikat lagi untuk membersihkan sisa semir yang menumpuk. Jangan takut untuk memberi tekanan yang agak kuat, karena ini akan membuat semir semakin mudah menyerap ke kulit sepatu.

Selesai melakukan seluruh langkah di atas, taruh sepatu lo di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung. Paling amannya, lo bisa taruh di rak sepatu lo langsung.

 

Cara Membuat Sepatu Kulit Mengkilap dengan Benar

Tips agar Sepatu Kulit Mengkilap
via theidleman.com

Langkah-langkah yang dijelaskan di atas sudah cukup untuk membuat sepatu kulit lo tampak seperti baru. Hanya saja, sepatu lo belum tentu akan terlihat super kinclong. Berikut ini ada beberapa tips tambahan yang bisa lo lakukan jika sepatu lo masih belum terlihat mengkilap setelah minimal dua kali disemir.

 

1. Gunakan Kain Lembut

Kain memang bersifat opsional dalam proses menyemir sepatu karena lo bisa sepenuhnya menggunakan sikat (sikat gigi bekas dan sikat rambut kuda) untuk membubuhkan dan menyemir sepatu lo. Namun, sepatu justru lebih mudah mengkilap jika lo menyiapkan kain lembut tanpa serat yang dijelaskan di awal. Gosok semir satu arah (kiri ke kanan) dengan kain tersebut dengan kuat.

 

2. Gunakan Air

Cara menggunakan air untuk menambah kilap sepatu cukup mudah dilakukan, namun kemungkinan lo perlu melakukan beberapa kali lapis semiran. Setelah semiran pertama selesai, semprotkan sedikit air dan gosokkan secara merata ke seluruh area luar sepatu. Setelah itu, gunakan kain tanpa serat yang dicelup air hangat untuk melakukan semiran kedua. Ulangi proses ini hingga sepatu terlihat mengkilap. Metode ini dikenal dengan nama spit-spine.

 

3. Gunakan Api

Cara ini sebenarnya sedikit berisiko, jadi lakukan dengan sangat hati-hati. Panaskan semir selama beberapa detik (gunakan pemantik api) hingga agak meleleh dan lengket. Lakukan cara yang sama dengan poin sebelumnya, namun gunakan lelehan semir untuk mengaplikasikan semiran kedua.

Setelah lelehan semir sudah diaplikasikan secara merata, gunakan api untuk memanaskan permukaan sepatu (jaga jarak agar sepatu tidak terbakar!) secara merata. Semir akan terlihat meleleh dan basah. Keringkan lalu gosok sekali lagi dengan semir sepatu biasa menggunakan kain tanpa serat. Sepatu lo akan lebih terlihat mengkilap seperti kaca.

 

Tips Menyemir Sepatu yang Benar

Tips Saat Menyemir Sepatu Kulit
via shoetreeproject.com

Setelah mengetahui beberapa langkah untuk menyemir sepatu yang benar, ada baiknya lo mengetahui juga beberapa tips ini agar semiran lo maksimal dan sepatu tidak rusak.

 

1. Gunakan Shoe Tree

Shoe Tree merupakan alat penjaga bentuk sepatu yang ditaruh di dalam sepatu selama proses penyemiran. Kalau gak ada, lo bisa juga menggunakan gumpalan koran bekas untuk menjaga bentuk sepatu. Hal ini berguna agar sepatu lo gak gampang mengkerut karena disemir. Alternatif lainnya, semirlah sepatu sambil menggunakannya.

 

2. Jangan Pakai Semir Terlalu Banyak

Saat mengoleskan semir, ambil sedikit demi sedikit lapisan semirnya. Bubuhkan lapisan-lapisan tipis semir sehingga lo bisa menghemat semir sekaligus mempertahankan warna yang pas untuk sepatu kulit lo.

 

3. Jangan Pakai Semir yang Mengering

Semir yang sudah mengering dan pecah-pecah akan memiliki bentuk padat yang sulit menyerap pada kulit sepatu. Jika lo ingin memeriksa apakah semir yang lo beli masih bagus, maka guncang-guncangkan dan dengar apakah isinya ikut bergerak atau tidak. Jika tidak bergerak, maka semirnya masih bagus.

 

4. Kain Silikon

Kalau buru-buru, lo bisa gunakan kain silikon untuk membuat sepatu terlihat mengkilap sementara. Hanya saja, kain berbahan sintetis ini kurang dianjurkan untuk terus digunakan karena mudah menimbulkan gesekan tidak alami (sintesis versus kulit alami) yang membuat sepatu cepat rusak.

 

Bahan Alami yang Dapat Digunakan Sebagai Semir Sepatu

Kulit Pisang untuk Menjadi Semir Sepatu Alami

Setelah mengetahui cara menyemir sepatu kulit yang benar, lo bisa menggunakan beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai alternatif semir sepatu. Hanya saja, berbagai bahan ini hanya dianjurkan untuk sekali pakai saat mendesak dan lo kehabisan semir sepatu. Semir sepatu asli tetap menjadi bahan utama untuk menyemir dan membuat sepatu mengkilap.

 

1. Kulit Pisang

Pisang merupakan bahan alami yang paling mudah ditemukan. Ambil satu buah pisang dan amankan isinya (ke perut atau disimpan di kulkas). Gosokkan bagian dalam kulit pisang kepada sepatu kulit lo secara merata. Setelah selesai, bersihkan dengan tisu atau kain tanpa serat yang sudah dibasahi sedikit.

 

2. Minyak Zaitun dan Lemon

Penggunaan minyak zaitun sebagai semir sepatu alami cukup mudah dilakukan. Semprotkan beberapa tetes minyak zaitun secara merata ke seluruh permukaan sepatu dan diamkan sejenak. Setelah itu, lap dengan kain tanpa serat hingga bersih. Jika lo ingin menambah kilap, maka campurkan beberapa tetes air lemon pada minyak zaitun sebelum disemprot.

Psst.. Tahukah Lo? Lemon Juga Dapat Digunakan untuk Mengatasi Jerawat di Muka!

 

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan minyak dapur yang cukup mudah diperoleh di supermarket. Oleskan minyak kelapa pada kapas lembut dan gosokkan pada seluruh permukaan sepatu secara merata. Setelah selesai, gosok lagi seluruh permukaan sepatu dengan kain tanpa serat. Hal ini akan membuat sepatu tampak lebih mengkilap.

 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, menyemir sepatu sebenarnya susah-susah gampang karena harus memperhatikan beberapa hal demi membuat sepatu kulit lo makin kece. Namun, menyemir sepatu merupakan salah satu cara terbaik untuk menghemat pembelian sepatu kulit yang baru, karena sepatu lo bisa bertahan lama.

Buat lo yang punya tips lain seputar menyemir sepatu kulit, silahkan bagikan di kolom komentar ya. Jangan lupa cek juga tulisan lain seputar Casual Men’s Lifestyle di blog ini. Pastinya, maskulin banget bro!

2 thoughts on “Tutorial Cara Menyemir Sepatu Kulit yang Benar Agar Mengkilap!”

    1. Benar bro. Air hangat fungsinya untuk menambah kilap dengan cara membuat semir menjadi sedikit leleh. Lo tetap butuh pakai semir untuk melapis sepatunya, tapi sedikit aja ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *