Lifestyle

10 Tips Liburan Dalam Kota yang Menyenangkan dan Seru!

Tips Liburan Dalam Kota

Liburan tiba! Mayoritas penduduk Indonesia sudah memasuki masa libur Lebaran di minggu ini. Apakah lo termasuk salah satu orang yang beruntung untuk menikmati liburan panjang kali ini, bro?

Pergi berlibur itu gak selalu haus pergi ke tempat yang jauh. Berhubung sedang masa berlibur, kali ini Mas Kulin ingin menulis sedikit tentang pengalaman mempersiapkan liburan dalam kota. Tadinya sih Mas Kulin mau memberi beberapa inspirasi spot liburan keren dalam kota, tapi daftar tempat-tempat tersebut sudah mudah sekali ditemukan di blog dan situs tentang travel 🙁

Yuk simak beberapa tips liburan dalam kota berikut ini:

 

1. Cari Beberapa Spot Bagus

Tips Liburan Dalam Kota - Cari Informasi Tempat Bagus

Kalau masa liburan panjang seperti ini, coba cek beberapa spot menarik di situs dan blog tentang tempat wisata dalam kota. Biasanya situs-situs tersebut akan memberikan gambaran lengkap tentang spot tersebut, peta lokasi, jam buka dan tutup, serta tips khusus terkait spot tersebut.

Lo bisa lakukan bookmark halaman situs atau blog yang menyajikan informasi spot yang akan lo kunjungi, lalu simpan dalam satu folder bookmark tersendiri (misal: Spot Dalam Kota Jakarta). Jadi, lo bisa dengan mudah membuka lagi halaman situs tersebut ketika dibutuhkan.

Jika tempat-tempat tujuan liburan yang mau lo datangi punya akun Instagram, maka lo bisa coba follow akun mereka dan save salah satu post tentang tempat tersebut untuk masuk sebagai Collection. Jangan lupa untuk memindahkan semua post tersebut ke dalam satu folder, jadi lo bisa cek lagi dengan mudah sekaligus cek peta lokasi di post-nya.

Fitur Collection di Instagram
Traveling Place Collection di akun Mas Kulin

Keuntungan melakukan cara di atas daripada sekedar mengandalkan ingatan adalah agar sewaktu-waktu lo bisa lihat ulang lagi tempat-tempat bagus untuk dikunjungi ulang bersama orang lain. Misalnya, gebetan yang sudah jadi calon istri 🙂

 

2. Tentukan Personilnya

Grup Teman Teman

Apakah lo akan pergi sendiri, bareng keluarga besar, sama teman-teman kantor, pacar, atau teman imajinasi lo? Beberapa spot liburan mungkin cocok atau gak cocok tergantung siapa saja yang akan pergi liburan bersama lo.

Sebagai contoh, spot wisata seperti kebun binatang akan seru banget kalau dikunjungi bersama keluarga yang punya anak-anak kecil. Lucu kan melihat keponakan, adik, atau anak lo excited melihat jerapah berleher panjang dan singa mengaum. Lumayan juga menjadi sarana pendidikan untuk mereka. Kalau lo bawa teman atau gebetan, yah pastikan mereka gak anti binatang sih.

Spot liburan seperti taman pastinya akan lebih romantis kalau lo bawa orang tersayang. Buat lo yang imajinatif, gak ada salahnya juga sih jalan-jalan sendirian untuk cari inspirasi. Hitung-hitung lebih hemat juga karena hanya bayar untuk diri sendiri.

 

3. Pelajari Sepintas Tempat Tujuan Liburan

Persiapan Sebelum Liburan - Pelajari Tempat Tujuan Liburan

Punya sedikit pengetahuan tentang tempat tujuan lo liburan dalam kota akan menjadi keuntungan sendiri bro. Misalnya nih, lo bisa sedikit pamer kepada pacar lo tentang asal mula didirikannya Patung Pancoran dan Bundaran Hotel Indonesia di Jakarta. Siapa tahu doi jadi semakin sayang dan kagum sama lo 🙂

Selain sejarah dan pengetahuan umum, ada baiknya lo mencari tahu kegiatan menarik apa atau titik bagian mana yang sangat menarik untuk dikunjungi. Misalnya, kalau pergi kulineran ke Sudirman Street di Bandung, tempat makan apa yang paling recommended dan unik di sana.  Atau, spot foto yang instagrammable banget di Rabbit Town Bandung.

Jadi lo gak pergi ke sana sia-sia bro. Kalau lo tipe yang suka menjelajah sendiri untuk menemukan bagian paling menarik di tempat tersebut, ya silakan aja. Konsekuensinya hanya menghabiskan waktu (dan uang) lebih lama saja.

 

4. Siapkan Gaya Berpakaian yang Sesuai

Gunakan Gaya Berpakaian yang Pas di Tempat Liburan

Pakaian yang akan lo kenakan juga perlu diperhatikan banget bro. Kalau lo mau pergi ke tempat yang berhubungan dengan sejarah dan budaya, sebaiknya gunakan pakaian yang lebih sopan atau periksa apakah ada larangan berpakaian tertentu.

Selain itu, apakah lo akan mengambil foto diri bersama personil yang lo bawa atau gak? Kalau iya, gunakan pakaian lo yang paling kece agar foto lo keren nantinya saat disimpan maupun diunggah ke media sosial. Sekalipun lo bukan tipe yang suka mengunggah foto liburan, orang yang lo bawa kemungkinan iya. Jadi gak ada salahnya untuk mempersiapkan gaya berpakaian yang pas.

Biasanya pengecualian ada di wisata kuliner. Kalau pergi ke tempat-tempat ini, yang menjadi fokus adalah makanannya. Jadi lo bisa sedikit aman dalam memilih pakaian yang lo kenakan.

Cek juga: Kesalahan Fatal dalam Berpakaian yang Sering Dilakukan Pria!

 

5. Bawa Uang Tunai Lebih

Bawa Uang Tunai Lebih Saat Pergi Berlibur

Kebanyakan tempat wisata gak menerima pembayaran non-tunai bro. Lo bisa coba pastikan dulu saat mengecek informasi tempat tersebut. Namun kalau tidak ada keterangan terkait metode pembayaran, sebaiknya lo selalu siapkan uang tunai.

Mas Kulin tidak menyarankan untuk membawa uang dalam jumlah yang pas. Lo gak akan tahu kalau nantinya lo mau membeli jajan makanan lucu di sana atau suvenir unik untuk lo simpen sendiri. Selalu bawa uang lebih untuk berjaga-jaga, dan pastikan agar lo selalu menjaga dompet. Apalagi jika tempat tersebut ramai dikunjungi pengunjung.

Cek juga: Berbagai Jenis Dompet Pria yang Keren untuk Gaya Sehari-hari!

 

6. Pergi ke Mall

Taman Sakura AEON Mall
Taman Sakura AEON Mall (Dok. Pribadi)

Ngapain pergi ke mall lagi? Mungkin itu yang ada dalam pikiran lo saat membaca subjudul di atas. Nanti dulu bro, beberapa mall di kota tempat tinggal lo mungkin menawarkan spot menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Sebagai contoh, Mall Central Park di Jakarta punya taman yang luas. Banyak tempat duduk dan stand makanan yang di sekitar sana. Selain itu, jembatan yang menghubungkan mall tersebut Mall Neo Soho di sebelahnya enak banget untuk dijadikan tempat nongkrong sambil mengambil banyak foto keren, terutama di sore dan malam hari. Kalau lo sedang di Jakarta dan belum pernah ke sana, silakan coba dikunjungi.

Jembatan NEO SOHO Mall
Jembatan NEO SOHO Mall (Dok. Pribadi)

Baru-baru ini, Mas Kulin juga mengunjungi salah satu mall besar di Bandung bernama Paris Van Java (PVJ). Kalau bagian dalam mall-nya sih memang agak membosankan, tapi sekarang mall tersebut memiliki extension untuk taman. Ada arena Ice Skating dan Trampoline Park juga di sana, jadinya seru juga untuk dikunjungi saat liburan begini.

 

7. Pergi ke Daerah Pegunungan

Kafe Nara Bandung
Kafe Nara, Ciumbuleuit, Bandung (Dok. Pribadi)

Buat yang ingin pergi ke daerah pegunungan seperti Lembang atau Ciumbuleuit di Bandung, pastikan untuk membawa orang yang tahu jalan atau siapkan aplikasi pengarah jalan. Kalau sampai tersesat akan sulit untuk mencari arah baliknya bro 🙂

Follow Instagram Mas Kulin

Bawa jaket yang agak tebal ketika lo pergi ke daerah pegunungan karena udaranya sangat dingin, apalagi jika lo berencana pergi hingga malam. Oh yah, sebaiknya lo buat rute perjalanan untuk mengunjungi beberapa spot sekaligus agar tidak perlu memutar balik terlalu jauh. Hemat di waktu dan ongkos perjalanan bro.

 

8. Pergi ke Daerah Pantai

Gunakan Pakaian Tipis saat Jalan di Pantai

Bagi yang dekat ke daerah pantai, berbahagialah karena kita berada di musim kemarau (saat tulisan ini dibuat). Udara yang panas dan cuaca yang cenderung cerah sangat mendukung kalau lo mau jalan-jalan ke pantai.

Supaya tidak gerah, gunakan pakaian yang tips dan celana berbahan katun atau celana pendek. Pakai slip-on atau loafer saat jalan-jalan, atau gunakan sendal (gak harus sendal jepit juga bro). Pergi ke pantai sebenarnya lebih enak di siang hari karena udara panas dan langit cerahnya benar-benar menjadi mood booster banget selama liburan bro, kecuali kalau kebetulan ada event di malam hari yah.

 

9. Pergi ke Pusat Budaya dan Kuliner

Museum Gajah di Jakarta
Museum Gajah (via detak.co)

Tujuan wisata yang benar-benar dalam kota banget antara lain adalah taman, museum, dan pusat kuliner. Nah, Mas Kulin sarankan agar lo mengatur rute perjalanan lo untuk mengunjungi beberapa tempat sekaligus.

Bus Wisata Gratis Jakarta
Bus Wisata Gratis di Jakarta (via dibacaonline.com)

 

Interior Bus Wisata Jakarta
Interior Bus Wisata Jakarta (Dok. Pribadi)

Jadi selesai capek mengunjungi Museum Gajah di Jakarta misalnya, lo bisa lanjut menggunakan bus Transjakarta untuk pergi ke daerah kuliner Pecenongan di Sawah Besar. Oh ya, di kota tertentu juga disediakan bus wisata tur keliling dengan harga murah atau gratis, seperti di Jakarta. Busnya bertingkat dan pemandu turnya juga cukup lucu saat Mas Kulin mencoba naik. Seru banget.

 

10. Jaga Sikap di Tempat Tujuan

Jaga Sikap di Tempat Liburan

Nah ini dia yang penting banget bro. Sering mendengar tindakan vandalisme yang dilakukan turis di tempat wisata? Jangan sampai ini lo lakukan ya bro meskipun hanya tempat wisata dalam kota.

Selain mematuhi peraturan umum di tempat yang menjadi tujuan lo, ada satu lagi yang belakangan menjadi perhatian Mas Kulin. Saat lo mau melakukan selfie atau group photo, perhatikan agar tidak mengganggu orang di sekitar lo. Misalnya, lo pergi ke museum bareng teman-teman lo mengambil photo group sambil ketawa keras-keras mengganggu orang lain yang sedang mengagumi karya seni di sana. Gak sopan banget bro!

Hormati dan lestarikan tempat wisata yang lo kunjungi. Jangan sampai lo kena blacklist di sana. Atau yang lebih parah, jangan sampai kelakuan lo tertangkap dan diunggah seseorang ke media sosial dan menjadi viral. Nah lho, jejak digital itu tidak akan bisa hilang. Jadi, selalu jaga sikap lo ya bro.

Cek juga: Cara Memilih Tripod Smartphone yang Bagus dan Sesuai Kebutuhan!

 

Nah itulah beberapa tips berlibur di dalam kota yang bisa lo terapkan. Mas Kulin mengucapkan selamat liburan dan tetaplah kece ke manapun lo pergi berlibur. Ikuti tips lain terkait Casual Men’s Lifestyle yang mudah diterapkan di blog ini. Pastinya, maskulin banget bro!

4 thoughts on “10 Tips Liburan Dalam Kota yang Menyenangkan dan Seru!”

  1. Artikelnya mantap? Setuju banget dengan perencanaan yang baik meksipun cuman wisata di dalam kota. Kalau gak bikin rencana, jadinya suka ada spot bagus yang kelewat.

    1. Haha iya bro benar. Mau dibikin detil atau gak, setidaknya ada ‘itinerary’ kecil deh supaya lo gak bisa puas jalan-jalan di dalam kota

  2. Gunung dan pantai mah bukan tempat wisata dalam kota atuh, kak. Hehehe.

    Gue biasanya ke tempat2 umumnya: landmark, bangunan tua, bangunan dengan arsitektur bagus, taman, kawasan kuliner / nongkrong, kawasan belanja, dsb

    1. Mungkin lebih tepatnya kalau gunung dan pantai yang bukan di pusat kota kali ya hehe. Beberapa gunung dan pantai di pinggiran kota bisa dikunjungi bulak-balik tanpa harus menginap di dekat sono, jadi gw masukin tipsnya di dalam artikel ini.

      Sip thanks untuk sharingnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *