Lifestyle

10 Tips Hemat Saat Belanja Online Biar Gak Tekor!

Pria Menggunakan Laptop untuk Belanja Online

Gajian sudah tiba bro? Atau masih jauh?

Saat tulisan ini dipublikasikan, sayangnya gw masih berada di zona tanggal tua 🙁 Lumayan memeras akal juga sih untuk bertahan hidup ketika tanggal gajian di awal bulan.

Padahal ada beberapa barang yang sedang gw ingin beli secara online. Salah satunya adalah Graphic Tee bergambar Corgi (hewan favorit gw) dan sebuah game Nintendo 3DS berjudul Persona Q2. (Buat yang gamer juga, shoutout di kolom komentar ya!)

Di jaman sekarang, yang namanya belanja online sudah menjadi sesuatu yang lumrah.

Belanja online itu gak hanya identik dengan wanita. Kita yang pria juga banyak yang sama-sama suka kok belanja online, meskipun jenis barang yang dibeli cenderung berbeda :p

Sambil menunggu gajian masuk, atau sebelum mulai belanja, gw ingin membagikan beberapa tips khusus supaya lo bisa lebih hemat dalam belanja online.

Cek langsung berbagai tipsnya di bawah ini ya.

1. Buat Rencana Pembelian

Jargon “planning is everything” memang sepertinya kuno dan basi, tapi terbukti selalu benar.

Ini lumayan efektif untuk mencegah pembelian yang tidak terencana ketika ke supermarket.

Selain itu, membuat shopping list juga lumayan efektif mengontrol nafsu belanja lo yang impulsif.

Lo bisa membuat list ini di aplikasi note yang tersedia di smartphone lo. Gak perlu menulis di secarik kertas seperti jaman dulu kok.

2. Coba Renungkan Pembelian

Satu cara lagi yang bisa dilakukan ketika lo merasa tergoda membeli sesuatu saat browsing situs belanja online atau e-commerce adalah merenung.

Cobalah untuk tidak langsung melakukan pembelian, melainkan masukkan dulu ke Shopping Cart.

Setelah beberapa barang yang lo pilih sudah masuk ke sana, lo bisa coba merenungkan kembali apakah lo benar-benar butuh barang tersebut?

Atau mungkin, itu hanyalah keinginan sesaat saja padahal lo sebenarnya gak butuh?

Ini bisa membantu lo menghemat pengeluaran yang tidak perlu bro.

3. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Apabila lo belanja di situs marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Blibli dan lainya, banyak penjual yang menjual barang yang sama dengan harga berbeda.

Memang sedikit ribet, tapi membandingkan masing-masing seller di situs tersebut sangat penting agar lo bisa mendapatkan harga yang paling ekonomis.

Tentu yang harus lo cek bukan hanya harganya saja. Lokasi penjual (pengaruh ke biaya kirim), originalitas, dan kualitas barang juga harus jadi pertimbangan.

Sedikit saran, perhatikan ulasan (review) rendah yang diterima penjual tersebut untuk mengecek apakah keluhan terhadap penjual berhubungan dengan kualitas barang atau hanya kesalahan di pengiriman atau cara berkomunikasi saja.

Lo tentu tidak mau membeli barang murah dengan ongkir berlipat yang membuat harga yang harus lo bayar menjadi mahal, atau membeli barang idaman lo dengan harga ekonomis yang ternyata adalah barang KW.

Cek juga: Cara Membedakan Sepatu Adidas yang Ori dan KW!

4. Gunakan Promo Kartu Kredit

Cara ini sangat berguna bagi lo yang memiliki kartu kredit, apalagi yang sering mengadakan promo belanja.

Di jaman sekarang, bank sudah sering bekerjasama dengan situs e-commerce atau marketplace untuk memberikan berbagai promo menarik kepada pemegang kartu kredit.

Biasanya ada tiga macam promo yang diberikan bank: diskon, cashback, dan penukaran poin kartu kredit.

Biar mudah, lebih baik lo berlangganan newsletter dari bank yang menerbitkan kartu kredit. Cek tab promotion (kalau di Google Mail) untuk sesekali memeriksa kalau mereka mengirimkan newsletter.

Alternatif lain, berlangganan newsletter dari situs e-commerce favorit lo juga bisa menjadi salah satu langkah cerdas untuk mengecek promo bank yang bekerjasama dengan mereka.

5. Buka Rekening Khusus untuk Belanja Online

Lo mungkin pernah dengan rekening khusus tabungan dan rekening khusus transaksi harian, tapi bisa jadi ini pertama kalinya lo dengan rekening khusus untuk belanja online.

Cara ini lebih cocok diterapkan kalau lo punya buying impulse (dorongan belanja) yang tinggi. Mungkin terdengar sedikit ekstrim, tapi percayalah hal ini akan membuat rutinitas belanja online lo jauh lebih terkontrol.

Dengan menetapkan budget tersendiri untuk belanja di satu rekening terpisah, lo bisa mencegah dana yang seharusnya dialokasikan untuk keperluan yang lebih penting malah terpakai untuk belanja.

Nah satu poin penting lagi untuk keuntungan memiliki rekening khusus ini, aktivitas belanja lo menjadi bebas dari perasaan berdosa karena budget belanja lo sudah dibatasi di rekening ini.

6. Hemat Ongkir untuk Kebutuhan Tidak Mendesak

Biasanya gw selalu mengatur agar apapun yang gw beli secara online tidak perlu tiba dalam waktu singkat.

Salah satu faktor utama dalam biaya pembelian online adalah ongkos kirim (ongkir). Semakin berat dan jauh barangnya, semakin bengkak pula biayanya. Jika lo minta dikirim cepat (same-day atau next-day delivery), ongkir yang lo tanggung akan membengkak jauh.

Selalu pakai yang reguler meskipun sampainya lebih lama. Pilihan ini bisa menghemat ongkir yang harus lo keluarkan.

Kalau lo kebetulan tinggal satu kota dengan penjualnya, dan barang yang lo beli bukan barang berharga (seperti elektronik), pilihan pengiriman dengan ojek online biasanya bisa menjadi solusi ongkir murah dengan waktu pengiriman yang cepat.

7. Manfaatkan Flash Sales

Beberapa situs belanja online sangat sering mengadakan flash sales, baik yang rutin maupun yang hanya diadakan saat momen tertentu.

Buat yang belum tahu, flash sales merupakan penjualan barang dalam stok terbatas dan periode waktu yang juga terbatas dengan harga yang sangat rendah dibandingkan harga aslinya. Bahkan, diskon yang diberikan bisa mencapai 99%.

Tujuan utama flash sales bagi pelaku e-commerce antara lain menghabiskan stok barang, menarik calon pembeli baru dengan harapan menjadi pelanggan tetap, meningkatkan traffic (kunjungan) ke situs mereka, serta memenuhi KPI jumlah transaksi mereka (biasanya untuk keperluan laporan ke investor atau bahan press release untuk media).

Jadi, jangan khawatir dengan anggapan bahwa flash sales itu hanya akal bulus para pelaku e-commerce untuk menarik lo menjadi pembeli mereka.

Lo dan mereka sama-sama diuntungkan kok. Namun, gw gak menampik kalau mendapat barang bagus dan populer saat flash sales itu sangat sulit 🙁 Pastikan koneksi internet lo dalam kondisi bagus ya kalau mau ikutan flash sales.

8. Manfaatkan Diskon dan Promo Situs e-Commerce

Hampir setiap hari, ada saja situs e-commerce yang menawarkan potongan harga di waktu khusus untuk barang-barang tertentu, baik promo Lazada, promo Tokopedia, promo Blibli, promo Shopee dan lainnya.

Seperti yang sempat gw singgung sebelumnya, lo bisa berlangganan newsletter mereka atau download aplikasinya. Biasanya mereka akan memberikan push notification jika ada promo baru.

Nah, silakan cocokkan shopping list yang lo sudah buat sebelumnya dengan berbagai promo yang ditawarkan.

Bukan tak mungkin bila lo pintar memanfaatkan diskon dan berbagai promo mereka, anggaran belanja lo bisa dipotong hingga separuhnya tanpa mengorbankan satu barang pun dari daftar belanjaan kamu.

9. Belanja di Musim Liburan

Berdasarkan pengalaman gw pribadi, waktu terbaik untuk belanja online adalah saat (menjelang) musim liburan seperti Lebaran, Natal, dan tahun baru.

Diskon dan promo menarik yang diberikan oleh para pelaku e-commerce sering gila-gilaan di momen-momen tersebut.

Gw pribadi pernah berhasil membeli laptop dengan potongan harga lebih dari Rp 500 ribu saat belanja sebelum Lebaran. Harga aslinya sekitar Rp 5 juta, dan gw beli laptop tersebut hanya dengan harga Rp 4,5 juta. Lumayan kan?

Pantengin beberapa situs e-commerce favorit lo saat memasuki bulan-bulan liburan untuk mengetahui event dan promo yang mereka adakan.

Oh ya, cara ini lebih efektif untuk membeli barang yang kebutuhannya tidak mendesak, tapi tetap lo butuhkan. Jadi, siapkan wishlist untuk belanja menjelang momen liburan ya bro.

10. Cek Situs Diskon dan Cashback

Situs Diskon untuk Belanja Online - Giladiskon
Salah satu situs diskon dan promo terkenal, Giladiskon

Apakah lo tahu bahwa beberapa tahun belakangan ini situs diskon dan cashback juga mulai naik daun?

Beberapa situs ini menyediakan voucher dan cashback untuk pembelian barang dan jasa terhadap banyak merchant dan situs e-commerce terkenal. Lo bisa memanfaatkan mereka sebelum benar-benar melakukan pembelian di situs yang lo inginkan.

Salah satunya adalah Giladiskon, yang selain memberikan berbagai info promo juga menawarkan fitur member premium bernama GD+.

Dengan berlangganan GD+ ini, lo bisa menikmati ratusan diskon dari berbagai merchant pilihan tanpa batas sesuka hati. Lo cukup membayar Rp 100.000 selama satu tahun untuk mendapatkan fitur ini.

Sebagai informasi tambahan, di bulan ini, GD+ sedang melakukan promo sebesar Rp 49.000 untuk membership selama satu tahun. Kalau lo mendaftar menjadi member, pastikan lo sudah menyiapkan shopping list untuk memanfaatkan membership di Giladiskon ya bro.

Cek juga: Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula!

Nah itulah berbagai tips berhemat saat melakukan belanja online yang bisa lo praktekkan hampir setiap saat.

Satu tips yang ingin kembali gw tekankan sebelum membeli sesuatu, baik online maupun tidak, adalah biasakan untuk bertanya kepada diri sendiri dulu apakah lo benar-benar butuh membeli barang tersebut atau tidak.

Cara ini lumayan ampuh lho untuk meredam impulse (dorongan)
yang muncul saat lo merasa tertarik ingin membeli suatu barang, tapi ternyata lo gak benar-benar membutuhkannya.

Untuk tambahan pembahasan tips berhemat yang sesuai di jaman sekarang, silahkan cek tulisan gw di sini ya.

Jika lo punya pertanyaan atau tips lain seputar belanja online dengan hemat, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Salam Semangat,

Mas Kulin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *