Fashion

Tips Berpakaian Kece Bagi Pria Berbadan Skinny Fat

Tips Berpakaian Skinny Fat

Halo bro, apakah lo pernah mengkategorikan tubuh sendiri di antara jenis kurus, gemuk, standar, atau berotot?

Buat yang merasa masuk kategori kurus, lo akan memiliki tubuh yang memiliki kadar lemak dalam jumlah yang pas, gak berlebihan seperti orang yang masuk kategori gemuk.

Namun, tahukah lo bahwa ada orang kurus tetapi memiliki lemak berlebih yang cukup tersembunyi?

Manusia memiliki bentuk tubuh yang beragam. Pria seperti kita juga memiliki beberapa bentuk tubuh, mulai dari bentuk mentimun, nacho, tomat, angka 8, kacang panjang, sampai bentuk menyerupai buah pir.

Nah, buat lo yang memiliki bentuk seperti buah pir yang ramping pada bagian atas dan bawah tetapi terlihat lebih berisi pada bagian tengah atau perut, bisa dikategorikan sebagai tubuh skinny fat.

Lo mungkin pernah dengan tips berpakaian untuk orang gemuk dan orang kurus, tapi apakah orang bertubuh skinny fat juga butuh tips berpakaian khusus?

Jawabannya: iya bro. Cuman, kita bahas dulu ya pengertian dan proses terbentuknya tubuh skinny fat sebelum membahas tentang tips berpakaiannya.

Pengertian Skinny Fat

Skinny fat adalah kondisi tubuh orang kurus yang memiliki berat badan normal tetapi menyimpan lemak tersembunyi di dalam tubuhnya. Secara sederhana, lo itu termasuk kurus dan gemuk secara bersamaan.

Bentuk Tubuh Skinny Fat

Lo yang tergolong skinny fat bisa memiliki indeks masa tubuh yang tergolong normal dan kadar lemak dalam tubuh yang bisa digolongkan ke dalam ukuran normal. Namun kalau lo cek pakai MRI, beberapa bagian di tubuh lo, terutama perut, menunjukkan kalau ada lemak tersembunyi di antara organ-organ tubuh.

Lemak itu bernama lemak visceral bro, yang merupakan jenis lemak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh karena tersimpan di bagian-bagian perut, terutama di sela-sela organ seperti jantung, hati, dan ginjal yang ada di dalam perut.

Letaknya yang tersembunyi membuat lemak visceral sulit dideteksi dan para pemiliknya cenderung abai dan menganggap remeh. Padahal, lo berpotensi terkena diabetes ataupun memiliki masalah pada kardiovaskular. Waduh 🙁

Kalau lo nggak sempat cek MRI, lo setidaknya perlu memeriksa tekanan darah, kolesterol, dan gula darah untuk memprediksi apakah lo ada tanda-tanda skinny fat atau nggak.

Selain itu, lo juga bisa cek lingkar pinggang ataupun dari ukuran celana. Apabila celana yang biasanya lo pakai itu sudah mulai nggak muat padahal berat badan lo nggak nambah secara signifikan, lo berpotensi memiliki tubuh skinny fat.

Keringat juga bisa menjadi salah satu indikatornya. Kalau lo jarang berkeringat, lo ada gejala akan memiliki tubuh skinny fat.

Cara mengatasinya yaitu dengan lebih banyak melakukan aktivitas fisik sederhana supaya tubuh lo berkeringat. Misalnya, lo bisa perbanyak jalan kaki tiap pagi, bersepeda atau lari di tiap akhir pekan.

Terlalu Sering Bekerja Sambil Duduk
Jangan Bekerja Terlalu Keras, Pastikan Istirahat Cukup

Setidaknya, lo menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Olahraga juga bisa membentuk otot, membakar lemak buruk, dan membantu metabolisme.

Tidur yang cukup juga dapat membantu kita untuk menghindari bentuk tubuh skinny fat. Kualitas tidur yang nyenyak akan membuat tubuh lebih bugar dan terhindar dari penumpukan lemak akibat tidur berlebih lantaran kurang nyenyak.

Cek juga: Kebiasaan Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan Sehari-hari

Proses Terjadinya Skinny Fat

Pengukuran Indeks Massa Tubuh (IMT) yang normal bukan berarti tubuh lo baik-baik aja bro. Lemak visceral yang tersembunyi itu nggak dapat terdeteksi kecuali dengan scan MRI.

Ciri-ciri fisik berupa perut yang membuncit adalah yang paling mudah terdeteksi oleh mata kita, bro. Beberapa hal yang bisa mengakibatkan lo bisa memiliki tubuh skinny fat antara lain:

1. Pola Makan

Pola Makan

Segala bentuk makanan yang kita makan itu sangat berpengaruh ke dalam bentuk tubuh kita nantinya. Lo yang suka minum minuman bersoda riskan memiliki tubuh skinny fat.

Mau ganti dengan soda diet? Nggak terlalu berpengaruh juga sih. Soalnya soda diet itu tetap pakai pemanis buatan untuk jadi pengganti gula bro.

Nggak suka minum minuman bersoda? Nanti dulu. Minuman kemasan yang dijual di supermarket, minimarket, ataupun gerai kopi juga memiliki kadar gula yang tinggi, lho.

Gw pernah cek, dalam satu botol minuman seperti teh itu ternyata sudah mengandung gula yang cukup untuk aktivitas kita dalam sehari. Padahal itu pun belum ditambah dengan kandungan gula dari makanan lain.

Follow Instagram Mas Kulin

Gw pribadi jarang mengkonsumsi minuman bersoda sih. Gw hanya beli air mineral ataupun minuman isotonik apabila sedang beraktivitas berlebih di luar kantor. Satu lagi biasanya susu yang gw demen konsumsi, itu juga kalau bisa yang low fat sih :p

2. Gaya Hidup

Gaya Hidup Diet

Gaya hidup seperti berdiet itu cukup marak dilakukan, terutama bagi lo yang tinggal di kota-kota besar. Padahal, diet nggak selamanya baik, apalagi kalau misalnya lo hanya sekedar ikut-ikutan tren demi terlihat kurus.

Lemak yang dihilangkan saat diet itu biasanya lemak subkutan yang ada di bawah kulit. Mulai dari tubuh bagian atas hingga tubuh bagian bawah. Bagian perut itu yang paling terakhir dihilangkan bro.

Namun, sulit untuk menghilangkan lemak bagian perut. Apalagi jika lo sering berdiet, tubuh lo akan menyesuaikan dalam penyimpanan lemak.

Apabila lemak visceral paling akhir dihilangkan, tubuh lo akan memproses lebih untuk produksi lemak visceral, yang justru nantinya membahayakan diri lo sendiri.

3. Genetik

Faktor Genetik Keluarga

Faktor keturunan atau genetik juga punya peranan penting dalam bentuk tubuh. Meskipun ada dua orang laki-laki yang sama dari segi usia dan Indeks Massa Tubuhnya, tetapi mereka bisa memiliki jumlah lemak yang berbeda dalam tubuh.

Secara sederhana, bentuk tubuh orang tua berpotensi menurun ke anak. Apabila orang tua memiliki bentuk tubuh skinny fat, anaknya juga bisa memiliki bentuk tubuh serupa.

Tidak hanya itu, faktor penyakit berat seperti hipertensi, kolesterol, dan jantung pun berpotensi dimiliki anak apabila orang tuanya pernah ada riwayat penyakit seperti itu bro.

4. Olahraga Kurang Tepat

Kebiasaan Olahraga yang Salah

Kalau lo jarang olahraga, maka lo berpotensi banget memiliki tubuh skinny fat. Apalagi jika lo memiliki aktivitas yang tidak membutuhkan banyak gerak seperti berada di depan komputer sepanjang hari.

Meskipun demikian, lo yang udah berolahraga nggak usah senang dulu. Kalau lo memilih aktivitas olahraga yang salah, lo juga malah membentuk tubuh lo jadi skinny fat.

Lemak perut nggak akan terbakar apabila lo nggak memilih olahraga yang tepat. Skinny fat bisa disebabkan oleh terlalu banyak lemak tetapi jumlah otot sedikit.

Oleh karena itu, lo bisa membentuk otot melalui olahraga. Semakin banyak otot yang lo punya, lo akan semakin mudah untuk membakar kalori dan lemak yang ada di dalam tubuh.

Pilihan olahraga yang cocok kalau lo nggak mau memiliki tubuh skinny fat adalah kombinasi dari olahraga kardio dan olahraga beban. Massa otot terbentuk, lemak mudah terbakar, termasuk lemak jahat dalam tubuh.

Cek juga: Benar Gak Sih Pomade Merusak Rambut Kita?

Cara Berpakaian Skinny Fat

Buat lo yang udah terlanjur punya tubuh skinny fat, pasti bingung karena pakaian lo terlihat nggak cocok lantaran daerah perut yang membesar atau menggelambir.

Dari riset mix and match yang gw coba sebagai pemilih tubuh jenis ini, gw dapat beberapa tips bagus yang cocok untuk gaya berpakaian kita nih bro 🙂

1. Gunakan Pakaian yang Pas dengan Ukuran Tubuh

Gunakan Pakaian yang Fit

Jangan berpakaian yang terlalu ketat ataupun terlalu longgar. Pakaian ketat akan menonjolkan bentuk tubuh lo, sedangkan pakaian longgar akan bikin lo terlihat gemuk bro.

Pakailah pakaian yang pas dengan ukuran tubuh lo. Ingat, jangan terlalu ketat di bagian perut supaya nggak kelihatan kalau lo punya tubuh skinny fat dengan lemak perut menggelambir.

2. Pakai Atasan yang Berpola Garis Vertikal

Tubuh lo emang nggak gemuk, tapi bukan berarti lo kurus juga bro. Nah, pola garis vertikal berfungsi untuk menutupi bagian tubuh lo yang gemuk agar kelihatan sedikit lebih kurus.

Saran dari gw, pilih pakaian yang memiliki garis vertikal tipis, jangan yang terlalu tebal karena justru akan kelihatan kalau bagian perut lo lebih besar daripada dada.

Kalau lo ingin menggunakan graphic tee, maka hindari kaos yang menekankan desain pada daerah perut untuk mencegah orang lain memandang daerah tersebut, yang berpotensi membuat lo terlihat skinny fat.

3. Gunakan Atasan Berkerah V

Pakai Kaos V Neck

Bentuk kerah pada kemeja atau kaos berkerah V bisa membuat leher lo terkesan lebih panjang bro.

Kalau lo memiliki dagu ganda (double chin) yang kadang dimiliki oleh pria skinny fat, pakaian ini akan membantu menyamarkannya.

4. Pakai Celana Regular Fit

Lo yang memiliki pinggang lebar karena skinny fat kemungkinan besar akan kesulitan mencari celana yang cocok. Kalau menurut gw, lo bisa pakai celana regular fit atau slim fit.

Celana ini tidak memperlihatkan bentuk tubuh bagian bawah lo yang nggak proporsional lantaran bagian pinggang yang terlalu besar, terutama bila daerah paha lo lumayan besar.

Ini juga mencegah bagian bawah tubuh lo terlihat seperti huruf V dengan pergelangan kaki yang kecil tapi pinggangnya besar.

5. Jangan Gunakan Pakaian Skinny Fit

Gunakan Pakaian Rangkap

Sebagaimana prinsip pakaian skinny fit yang menonjolkan bentuk tubuh lo yang ramping, lo justru jadi bahan ejekan kalau pakai pakaian skinny fit padahal punya tubuh skinny fat.

Oleh karena itu, lo bisa memilih pakaian regular fit atau slim fit supaya bentuk tubuh lo tetap terlihat proporsional dan satu garis lurus, mulai dari leher, pergelangan tangan, pergelangan kaki, hingga ke perut.

Pakailah kemeja lengan panjang supaya besar tubuh lo tetap terlihat proporsional dengan bagian tangan yang lebih besar karena mengenakan kemeja.

Apabila mengenakan pakaian lengan pendek, lapisi dengan jaket. Gunakan pakaian berlapis supaya tubuh lo nggak terlalu terekspos.

6. Pilih Warna Atasan yang Lebih Terang Daripada Bawahan

Pakai Atasan dengan Warna Terang

Warna terang akan membuat tubuh terlihat lebih berisi. Oleh karena itu, lo sebaiknya menggunakan bagian atas yang berwarna terang agar tidak terlalu terlihat kalau bagian perut lo itu berisi.

Bagian bawah atau celana berwarna lebih gelap bisa juga berfungsi sebagai pengurang perhatian bro. Orang lain akan lebih fokus kepada bagian atas tubuh lo daripada bagian bawah yang kurang proporsional.

Selain itu, pemilihan warna lembut juga berpotensi untuk mengurangi perhatian orang agar tidak terlalu fokus kepada diri lo. Semakin sering pandangan orang tertuju pada lo, akan semakin terlihat pula kekurangan dalam diri lo.

7. Apabila Berdasi, Pilih yang Ukuran Lebar

Pakai Dasi yang Lebar

Kalau lo memilih dasi yang berukuran kecil, bagian perut lo pasti akan terlihat lebih besar. Namun, kalau lo pilih dasi yang lebar, otomatis dasi itu akan membuat bentuk tubuh lo terlihat kecil terutama bagian perut.

Pilih juga dasi yang menjuntai hingga ke pinggang agar bisa menutupi perut lo yang membesar bro. Jangan pilih dasi yang pendek karena bagian perut lo nggak akan bisa tertutupi dan justru kelihatan lebih besar.

8. Gunakan Topi untuk Menambah Kesan Modis

Gunakan Topi

Penggunaan topi secara casual di sini mungkin nggak akan terlalu berpengaruh pada bentuk tubuh lo, tetapi akan memberikan kesan kalau lo itu orang yang modis.

Kalau lo terlihat modis, orang nggak akan terlalu tertarik dalam mengamati kekurangan di diri lo. Topi juga membantu untuk mengalihkan pandangan orang dari daerah perut lo bro.

Selain topi, aksesoris lain yang bisa lo gunakan adalah ikat pinggang yang lebar. Alasannya, supaya tubuh nggak terlihat lebih besar karena sudah terwakilkan dengan lebarnya ikat pinggang 🙂

Cek juga: Mending Pilih Jaket Denim atau Jaket Kulit

Nah itulah ulasan mengenai tips berpakaian untuk lo yang punya tipe badan skinny fat.

Apapun bentuk badan yang lo miliki, memilih pakaian dengan ukuran yang fit di tubuh lo akan memberikan kesan penampilan terbaik bro.

Buat lo yang suka bingung bagaimana menemukan baju dengan ukuran pas ketika mau belanja, bisa coba cek tulisan gw mengenai cara mencari baju dengan ukuran yang pas di sini.

Kalau lo merasa sulit menemukan bentuk baju yang benar-benar pas untuk tubuh lo, maka minimal tutupi dengan outerwear untuk menyamarkannya. Selain itu, mulailah olahraga untuk membentuk badan lo sedikit 🙂

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar tips berpakaian bagi pemilik badan skinny fat, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Salam Semangat,

Mas Kulin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *