Lifestyle

Cara Mudah Membuat Rumah Menjadi Smart Home

Teknologi Smart Home

Hai bro, apakah lo pernah mendengar istilah smart home? Penasaran bagaimana cara membuat tempat tinggal lo menjadi berbasis smart home?

Sekarang ini, semua kepentingan dalam kehidupan lo menjadi lebih mudah dengan adanya teknologi yang langsung terkoneksi ke internet. Seiring berkembangnya zaman, internet memang tidak hanya berguna sebagai jaringan komunikasi antar manusia saja. Ada banyak sekali pekerjaan yang melalui jaringan internet dapat selesaikan.

Pada kesempatan kali ini, gw ingin membagi informasi tentang bagaimana mengatur rumah dari jarak jauh. Berkat adanya teknologi smart home, keinginan tersebut bukan sekedar harapan belaka. Internet of things dapat menjadi penyebab utama lo mengatur rumah dari mana saja. Keren kan?

Melalui artikel ini gw pastikan kalau lo akan memperoleh sedetail mungkin informasi terkait perangkat rumah pintar yang kekinian bro. So, make sure buat membaca artikel ini sampai akhir. Check this out!

 

Pengertian Smart Home Bagi Generasi Milenial

Smart Home untuk Generasi Milenial

Sebelum gw membahas lebih jauh, lebih baik lagi jika lo mampu memahami apa itu teknologi smart home dan pengaruhnya bagi milenial.

Selama ini yang kita semua umumnya ketahui jaringan internet berguna untuk komunikasi. Tetapi itu fungsi internet zaman dulu bro.

Sekarang lo bisa mengontrol berbagai peralatan dan perangkat yang ada di rumah. Cukup menggunakan satu device atau perangkat pintar layaknya ponsel berbasis android atau iOS. Gw yakin fakta ini sangat berguna untuk lo yang memiliki segudang aktivitas.

Ada banyak aspek yang bisa lo atur hanya dengan satu jari, mulai dari mengurus sistem keamanan, menyalakan atau mematikan lampu, dan banyak lainnya. Proses mengubah hunian menjadi rumah pintar tidak akan terlalu menguras isi kantong meskipun lo tetap membutuhkan dana cadangan untuk aktivitas ini. Berhubung instalasinya sendiri bisa lo pilih antara nirkabel atau kabel.

Gw pribadi lebih merekomendasikan sistem nirkabel karena lebih hemat.

 

Cara Kerja Smart Home Secara Umum

Cara mengoperasikan teknologi smart home sangat gampang. Penasaran?

Lo tinggal mengkoneksikan perangkat yang tersedia satu dengan yang lain. Gw yang tidak memiliki background sebagai ahli komputer bisa mengerjakannya sendiri. Sejauh ini peralatan yang dapat dipergunakan sebagai alat untuk kontrol, adalah smartphone, laptop, pc, hingga tablet.

Hampir 90% pengguna smart home lebih memilih smartphone sebagai control device atau pusat pengendalian. Alasannya, mereka merasa lebih fleksibel dan efektif. Setelah proses menghubungkan perangkat selesai, sebanyak apapun aktivitas yang lo punya tidak akan menjadi hambatan mengurus rumah.

Mungkin lo akan bertanya, kenapa sih kita perlu menggunakan teknologi ini? Sebagai milenial (termasuk generasi junior kita), pastinya lo punya banyak aktivitas yang membuat kita jarang di rumah. Tidak sedikit juga yang harus hidup mandiri alias berpisah dari orang tua dan anggota keluarga lain.

So, bantuan dari teknologi rumah pintar membantu kita menjadi lebih mampu untuk bertahan.

Contohnya nih, rasa stres dapat langsung berkurang ketika pulang ke rumah yang kondisinya selalu bersih. Gw sendiri memang menggunakan vacuum cleaner alias penyedot debu otomatis. Jadinya tidak ada lagi debu ataupun kotoran yang berserakan di rumah.

Lalu, lo bisa bisa memanfaatkan sistem smart light untuk kepentingan mematikan dan menyalakan lampu. Pengguna smart camera juga tidak perlu merasa khawatir jika harus meninggalkan rumah dalam kondisi kosong. Alasannya, sistem kamera keamanan pintar memiliki sensor pendeteksi gerakan asing.

Perangkat yang terprogram akan segera menghubungi pemilik rumah, bahkan mampu menghubungi petugas keamanan ataupun polisi. Lo tinggal mengatur sensor objek seperti pintu, kamera, dan bel agar saling terkoneksi. Nantinya informasi yang terkumpul akan menghasilkan respon pada internet of things.

Follow Instagram Mas Kulin

 

Keuntungan Menggunakan Perangkat Smart Home

Di awal gw sudah menyinggung jika rumah pintar mampu menghemat pengeluaran. Spesifiknya, lo akan menjadi efisien mengurangi penggunaan energi yang tidak perlu. Penggunaan yang efisien ini sebenarnya tergantung dari cara lo memanfaatkan teknologi internet of things.

Misalnya, pengaturan untuk pencahayaan di rumah bisa lo atur untuk mati otomatis begitu matahari terbit. Ini juga termasuk lampu mati dan menyala mengikuti pergerakan orang di dalamnya. Cara ini jelas menjadi sebuah persiapan buat kita menghadapi pola hidup yang lebih dinamis dan aktif.

Walaupun di Indonesia teknologi smart home masih terdengar baru, minat dan pertumbuhan akan rumah pintar mulai meningkat pesat dengan signifikan. Hal ini dikarenakan teknologi tersebut mampu membuat penggunanya lebih merasa nyaman, dimudahkan, bahkan merasa selalu terjaga.

Faktanya penghematan karena menggunakan perangkat pintar di rumah mampu membuat penggunanya menghemat pengeluaran setidaknya 30% per bulan. Teknologi smart home
lebih mengutamakan user karena pemeliharaannya tidak sulit. Teknologi internet of things dapat langsung mengintegrasikan upgrade perangkat baru. Keren kan?

 

Cek juga: Trik Berpakaian untuk Interview Kerja Bagi Kaum Milenial

 

Ragam Perangkat Smart Home

Gw sangat merasakan manfaat positif dari menggunakan teknologi smart home bro.

Teknologi ini bukan hanya sekedar membantu menghilangkan pekerjaan kecil seperti mematikan energi yang tidak terpakai. Ini juga membantu banget bagi lo yang selalu ingin menyelesaikan segala sesuatu dengan cepat dan praktis.

Saat ini di pasaran sudah tersedia banyak sekali device dengan teknologi dasbor nirkabel. Berikut ini adalah beberapa jenis teknologi smart home rekomendasi yang bisa lo pertimbangkan untuk pakai di rumah.

 

1. Smart Speaker

Smart speaker merupakan salah satu device yang cukup banyak dipergunakan sekarang ini. Memiliki sistem asisten suara yang bisa terintegrasi dengan semua smart device secara langsung. Hal tersebut karena algoritma IFTTT (If This, Then That) yang mengontrol semua perangkat lewat instalasi yang nantinya dibuat.

Instalasi smart speaker sama sekali tidak sulit dan hasilnya sangat bermanfaat.

Lo sangat bisa mengatur seluruh gadget dalam rumah hanya dengan sensor suara. Supaya fungsionalitas speaker makin mantap dapat lo koneksikan dengan echo dot with lock. Echo do with lock umumnya dipergunakan untuk sistem kunci keamanan pada pintu dan jendela pintar.

 

2. Smart Plugs     

Smart plugs menjadi perangkat cerdas berikutnya yang sebaiknya lo miliki di rumah. Meskipun terlihat kecil, kecerdasannya tidak bisa diremehkan. Pengguna bisa mengatur kapan mesin kopi bekerja ataupun menyalakan televisi tanpa menyentuhnya.

Pengguna smart plugs pastinya bisa mengendalikan colokan tersebut dari ponsel. Colokan pintar ini memang sesuai dengan namanya. Sangat pintar menerima perintah pengguna lewat pengaturan sensor suara ataupun manual dari ponsel.

Berbeda dengan speaker yang didukung oleh IFTT, smart plugs merupakan perangkat yang menggunakan home kit scene. Home kit sendiri merupakan teknologi nirkabel yang bisa diandalkan untuk perangkat pintar.

Teman gw memanfaatkan perangkat smart home satu ini untuk mengatur perangkat di halaman rumahnya. Ini karena perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan konektor untuk outdoor yang tahan terhadap cuaca apapun.

 

3. Smart Home Security Camera

Perangkat smart security camera merupakan perangkat favorit gw karena memberikan keuntungan pasti yang bisa gw langsung terima.

Contohnya, alat tersebut mampu memberikan hasil rekaman video yang sudah ultra HD-4K. Alat ini juga bisa melakukan zoom otomatis sebab perangkat melacak lewat pergerakan. Pergerakan tersebut kemudian dikirim ke control device melalui proses ke scanning face.

Pada smart security camera tersemat mekanis panning hingga 360◦ karena kualitas kamera sudah super tajam. Oleh karena itu, tidak ada hambatan merekam situasi di malam hari. Perangkat satu ini juga menerima pengendalian menggunakan identifikasi sensor suara.

 

4. Smart Locks

Smarts locks menggunakan jaringan wi-fi dalam rumah dan tergolong perangkat nirkabel.

Lo bisa mengendalikan perangkat ini dengan sistem home kit, speaker asisten, ponsel, dan banyak lainnya. Alarm secara otomatis akan berbunyi apabila ada yang menerobos masuk dengan gerakan mencurigakan.

Jadinya, pemilik rumah bisa beristirahat dengan nyaman tanpa khawatir ada tamu tak diundang. Seperti biasa, smart locks juga dapat terkoneksi ke ponsel. Gw mengontrol perangkat smart locks menggunakan ponsel berbasis android dan sejauh ini tidak ada masalah apapun.

 

5. Smart Home Lights

Gw pribadi harus tidur dalam kondisi remang-remang alias tidak bisa tidur jika lampunya terang benderang. Sayangnya, menggunakan lampu tidur kurang efektif dan cukup memakan tempat. Jadilah gw beralih ke teknologi smart home lights.

Smart home lights ini memungkinkan lo untuk mengganti variasi warna hingga 16 juta kombinasi (tetap tergantung merk ya bro). Smart bulb merupakan pilihan kekinian bagi milenial yang hemat biaya. Perangkat ini juga tidak membutuhkan bridge saat pemasangan sehingga lo cukup menghubungkan jaringan rumah secara otomatis.

Nah, supaya lo bisa mengkoneksikan jaringan dari perangkat ke control device (seperti smartphone lo), silakan unduh dulu aplikasinya dari Playstore ataupun App Store. Aplikasinya sendiri menurut gw easy to use, memudahkan saat melakukan konfigurasi efek cahaya.

Lo juga bisa menggunakan opsi schedule yang membuat pengguna bisa mengendalikan kapan lampu menyala dan harus mati. Intensitas cahaya dan warna lampu juga bisa disesuaikan lewat gadget untuk membantu kita untuk bisa mengontrol mood. Kece banget kan?

Kalau lo penasaran, maka di bagian berikutnya gw akan mengulas pengalaman gw menggunakan salah satu merk smart home yang sudah cukup terkenal: Bardi Smart Home. Simak terus ya.

 

Cek juga: Tips Pintar Mengelola Keuangan untuk Para Milenial

 

Pengalaman Menggunakan Perangkat Bardi Smart Home

Gw sebagai masyarakat Indonesia patut berbangga diri. Pasalnya negara kita ternyata memiliki brand
smart device asli dalam negeri, yaitu Bardi Smart Home. Sejauh ini, mereka sangat konsisten menghasilkan perangkat-perangkat pintar sebagai produsen yang sudah memahami kebutuhan konsumen.

Minat masyarakat Indonesia untuk smart device sendiri. Tergolong sudah tinggi bahkan mampu menyamai permintaan negara lain. Lo bisa dengan mudah menemukan ragam produk dari Bardi Smart Home secara online.

Keseluruhan produk mereka yang dirilis sudah dilengkapi dengan internet of things. Beberapa produk best seller mereka antara lain smart bulb dan IR remote karena harganya yang terjangkau untuk ukuran perangkat smart home.

Lo tinggal mengontrol perangkat dari Bardi lewat apps yang diakses menggunakan smartphone. Lebih menariknya lagi lo dapat memilih sistem bekerja otomatis atau manual. Jika menginginkan yang otomatis tinggal mengaktifkan opsi automation bro. Selanjutnya perangkat smart home tinggal bekerja sesuai pengaturan yang sudah dibuat.

 

Review Bardi Smart Light Bulb Tipe 9W

Bardi Smart Home - Smart Bulb 9W RGB

Seperti yang sempat gw sebut sebelumnya, keunggulan utama dari smart led bulb milik mereka adalah harganya yang terjangkau.

Ada beberapa tipe yang tersedia untuk smart bulb. Meskipun begitu, perbedaan harganya juga masih dalam kategori murah. Lo tinggal memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan smart bulb di rumah benar-benar mampu mengubah suasana menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Saat membeli smart bulb ini, ada keterangan bahwa lampu tersebut menggunakan ukuran dudukan E27. Mayoritas rumah di Indonesia memang menggunakan ukuran dudukan tersebut, jadi lo bisa tenang.

Cara memasang smart bulb ini sama seperti pasang lampu biasanya kok. Tidak ada instruksi khusus.

Produk smart bulb yang gw miliki adalah tipe Smart Bulb 9W RGBWW yang memiliki tingkat kecerahan mencapai 900 lumens. Lampu ini memiliki pilihan kombinasi warna hingga 16 juta. Kasarnya, lo bisa pakai lampu ini untuk bikin suasana kamar lo seperti tempat dugem :p

Oh ya, warna lampu utama ini adalah warm white saat lo tidak melakukan pengaturan apapun. Gw pribadi merasa tingkat kecerahan lampunya cukup intens dibandingkan lampu rumah gw (dan ini bagus kok).

Aplikasi Bardi Smart Home

Setelah melakukan pemasangan, jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Bardi Smart Home. Lo tinggal buat akun dan ikuti instruksi untuk menghubungkan smartphone lo dengan lampu pintar tersebut. Pastikan agar koneksi Wi-Fi lo lancar ya.

Pendaftaran Perangkat Bardi Smart Home di Aplikasinya

Setelah selesai, lo bisa mengontrol device smart home satu ini hanya dengan satu ketukan ponsel. Aplikasi Bardi smart home dapat menerima sensor perintah menggunakan speaker asisten.

Lewat opsi pengaturan, lo juga bisa mengatur device berdasarkan perubahan cuaca dan situasi. Contohnya saat lo memainkan musik, maka lampu bakalan mengikuti ritme ketukan musik yang diputar. Keren banget bro!

Smart bulb ini juga dapat lo buat jadwalnya untuk mati dan menyala otomatis. Semua pengaturan dikerjakan menggunakan aplikasi dari smartphone. Cara kerjanya memang serupa dengan alarm. Oh ya, lampu ini seharusnya juga tidak memakan daya listrik yang tinggi kok (hampir persis dengan lampu biasa).

 

Review Bardi Smart IR Remote

Bardi Smart Home - Smart IR Remote

Bardi Smart IR Remote merupakan perangkat smart home yang membantu lo mengendalikan banyak peralatan menggunakan aplikasi smart life. Perangkat yang bisa dikontrol terbilang banyak, seperti dari AC, TV, TV Box, Smart Light, DVD bahkan kamera.

Sama seperti smart bulb yang tadi, lo perlu mengunduh aplikasi Bardi Smart Home dan mendaftarkan perangkat Smart IR Remote yang lo miliki dulu.

Lo tinggal menghubungkan kabel IR Remote ke kontak listrik. Kemudian posisikan perangkat di tempat yang tidak terhalang peralatan apapun. Sudut pemencarannya sendiri mencapai 360◦ dengan jarak jangkauan mencapai 10 meter.

IR remote akan langsung bekerja saat mendeteksi sinyal kontrol ponsel mendekat sehingga AC sudah menyala begitu gw sampai rumah. Lo tinggal mengatur lewat aplikasi Bardi Smart Home untuk menentukan kapan AC dan TV menyala atau sebaliknya.

Semua kebutuhan pengaturan perangkat hanya cukup dengan satu remot saja. Bila ingin kepraktisan yang maksimal, lo bisa melakukan pairing remot ini ke semua perangkat yang memancarkan sinyal infrared atau bluetooth di rumah.

Asyik banget dan pastinya praktis bro.

 

Cek juga: Trik Cerdas Mengembangkan Dana Menganggur

 

Nah itulah ulasan mengenai berbagai cara mudah membuat rumah lo menjadi smart home.

Berhubung membuat smart home tetap saja membutuhkan dana, maka pastikan agar lo melakukannya ketika sudah memiliki dana cadangan yang bisa dialokasikan untuk aktivitas ini ya.

Bila lo merasa kesulitan untuk mendapatkan dana tambahan, maka cobalah membaca artikel gw di sini yang membahas seputar berbagai bisnis online yang bisa lo jalankan segera.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar tips mengembangkan dana menganggur, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

2 thoughts on “Cara Mudah Membuat Rumah Menjadi Smart Home”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *