Health

Review Elio – Klinik Online untuk Konsultasi Masalah Kesehatan Pria

Review Elio Klinik Online Kesehatan Pria

Hai bro, sudah masuk tahun baru ini, apakah lo memiliki resolusi baru?

Bentuk-bentuk resolusi umum antara lain lebih rajin beribadah, bangun lebih pagi, rutin olahraga, makan lebih teratur, dapat pekerjaan baru, perbagus bentuk badan, dan sebagainya.

Nah, apakah kesehatan menjadi salah satu aspek kehidupan yang lo prioritaskan?

Biasanya selagi muda, kesehatan sering banget menjadi korban.

Demi mendapat uang yang banyak, beberapa teman gw membiarkan dirinya diperas di pekerjaannya. Kerja lembur bagai kuda dan politik kantor sudah menjadi makanan sehari-hari bro.

Hal ini memperburuk kesehatan mereka, baik secara fisik maupun mental 🙁 Duh. Cobalah untuk melakukan self-care agar tubuh lo terjaga dengan baik untuk bisa menikmati hari tua dengan tenang.

Bicara soal kesehatan, pria memiliki beberapa isu kesehatan spesifik yang banyak diderita lho, baik secara sadar maupun tidak.

Apakah lo salah satunya? Karena gw juga baru sadar terkena salah satu masalah kesehatan pria :((

 

Isu Umum Kesehatan Pria

Isu Kesehatan Pria - Kerontokan Rambut , Jerawat, Disfungsi Ereksi

Sebelum gw menceritakan pengalaman gw, sebaiknya lo mendapat bayangan dulu beberapa isu umum kesehatan pria di bawah ini.

 

1. Kerontokan Rambut

Kerontokan rambut merupakan salah satu masalah kesehatan umum yang dialami pria. Tahukah lo bahwa dua dari tiga orang pria akan botak pada usia 35 tahun (sumber: Detik)? Itu termasuk rasio yang sangat tinggi lho.

Sebagian pria mungkin tidak merasa masalah karena pede dengan penampilan botak akibat rambut rontok, namun sebagian sisanya cenderung merasa minder.

Penyebab utama kerontokan rambut adalah hormon DHT (Dihidrotestoteron) yang timbul akibat perubahan hormon. Hormon ini termasuk ke dalam hormon Androgen yang berfungsi dalam perkembangan karakteristik seksual, terutama pada pria.

Banyak pria yang cenderung tidak menyadari bahwa dirinya sudah mengalami gejala awal kerontokan rambut, sehingga penanganannya menjadi lebih sulit dan lama dilakukan saat terlambat sadar.

 

2. Wajah Berjerawat

Jerawat sebenarnya merupakan masalah klasik yang dialami semua orang, dari remaja hingga dewasa, dari pria hingga wanita.

Faktor penyebab jerawat ada banyak sih, mulai dari bakteri, alergi obat atau bahan makanan tertentu, produksi minyak yang berlebihan di daerah muka, stres, dan sebagainya.

Nah berdasarkan pengamatan gw, pria cenderung lebih cuek terhadap masalah jerawat dibandingkan wanita. Penyebabnya beragam sih, mulai dari memang malas aja, merasa lebih ‘manly’ dengan jerawat, atau gak tahu cara mengatasinya dan akhirnya lupa.

Jerawat sangat mempengaruhi penampilan bro. Di blog ini, gw sudah menyinggung berkali-kali bahwa pria juga perlu memperhatikan penampilannya untuk menciptakan impresi yang baik terhadap orang lain.

Follow Instagram Mas Kulin

Keuntungannya ada banyak bro dalam kegiatan sehari-hari. Lo bisa cek lengkapnya di tulisan gw yang ini.

 

3. Disfungsi Ereksi

Nah ini dia salah satu isu kesehatan yang paling ditakuti oleh mayoritas kaum pria.

Buat yang belum ngeh, disfungsi ereksi merupakan gangguan kesehatan di mana seorang pria gagal melakukan atau mempertahankan ereksi saat melakukan aktivitas seksual. Ereksi yang terlalu sering terjadi tidak sesuai waktunya juga termasuk dalam kategori disfungsi ereksi.

Bro, disfungsi ereksi umumnya disebabkan karena pengaruh mengkonsumsi obat-obatan tertentu, stres atau kondisi psikologis lain, dan cedera.

Disfungsi ereksi sangat mempengaruhi kehidupan dan kepuasan dalam berpasangan dan berumah tangga, sehingga gw sangat menyarankan lo untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasinya

 

Elio, Situs Klinik Online untuk Konsultasi Masalah Kesehatan Pria

Nah, gw kebetulan menemukan sebuah situs untuk konsultasi masalah kesehatan pria. Namanya Elio (situsnya dapat diakses di eliocare.com).

Elio bisa disebut sebagai klinik digital karena semua prosesnya dilakukan secara online. Hal ini berbeda dengan situs portal kesehatan yang mungkin sudah lo ketahui, di mana fokus mereka adalah mempertemukan calon pasien dan dokter untuk konsultasi dan diberikan tindakan medis.

Oh ya, Elio merupakan klinik digital asli dari Indonesia, bukan cabang dari klinik digital luar. Sistem bisnis seperti ini masih jarang ditemukan di Indonesia, jadi gw cukup excited saat mengetahui adanya klinik seperti ini.

Semua rekomendasi perawatan diberikan oleh Medical Advisor
yang cukup terkenal. Sebagai contoh, Dr. Wenny Tan di bawah ini merupakan salah satu dokter estetika yang sudah lumayan dikenal di kalangan beauty and skincare enthusiast.

Dr Wenny Tan - Medical Advisor di Elio

Lo tinggal coba googling nama dia saja, banyak artikel kesehatan yang membahas tentang dia. Jadi, bisa dibilang hasil-hasil konsultasi yang diberikan nanti akan cukup terpercaya.

Tampilan homepage situs Elio bisa dilihat di bawah. Sederhana, bukan?

Homepage Halaman Utama Situs Elio

Fokus situs ini ada pada tiga kategori masalah utama kesehatan pria yang gw sebutkan di atas: Kerontokan rambut, jerawat, dan disfungsi ereksi.

 

Pengalaman Menggunakan Situs Elio

Nah gimana sih cara melakukan konsultasinya? Di sini gw akan menjabarkan langsung pengalaman gw menggunakan situs Elio untuk konsultasi kebotakan rambut.

Kalau lo mau mencoba untuk konsultasi isu kesehatan yang lain, langkahnya sama aja bro. Tinggal nanti pilih saja jenis isu yang ingin lo konsultasikan.

Sebagai catatan, seluruh proses pengalaman ini dilakukan pada media smartphone.

 

1. Mengisi Survei Online

Kalau biasanya konsultasi dilakukan dengan bertatap muka, maka di Elio konsultasinya dilakukan secara online. Caranya adalah dengan mengisi survei.

Lo bisa memulainya dengan klik langsung di homepage dan pilih isu yang ingin lo konsultasikan. Nanti akan muncul tampilan seperti di bawah.

 Review Elio - Konsulitasi Kerontokan Rambut Pria

Dari halaman tersebut, klik tombol Mulai Konsultasi.

Karena Elio pada dasarnya merupakan klinik (berbentuk digital), lo gak bisa beli obat tanpa ada rekomendasi (prescription) dari dokter. Jadinya, lo akan diarahkan untuk konsultasi dulu.

Kalau lo belum melakukan registrasi, maka lo akan diarahkan dulu untuk membuat akun di sini dengan tampilan yang sempat gw tunjukkan di atas.

Prosesnya cukup sederhana kok, seperti yang dapat lo lihat pada gambar di bawah.

Registrasi Akun Baru di Elio

Lo akan diminta memasukkan nama lengkap, email, nomor ponsel, tanggal lahir, dan jenis kelamin. Setelah selesai melakukan registrasi, lo dapat memanfaatkan fitur di situs Elio untuk mulai melakukan konsultasi secara gratis 🙂

Selanjutnya, lo akan dipaparkan sejumlah survei sederhana terkait kerontokan rambut. Lo juga akan diminta untuk mengunggah foto tampilan kepala lo agar dokter bisa mendapat bayangan yang lebih jelas untuk progres kerontokan rambut lo. Pakai foto yang jelas biar hasil survei tidak ditolak ya bro.

Survey Online untuk Konsultasi di Elio

Kalau sudah selesai, tinggal klik Submit. Kalau lancar, proses ini memang cuman memakan waktu kurang dari 10 menit kok bro 🙂

 

2. Terima Hasil Konsultasi Dokter

Selanjutnya, yang bisa lo lakukan adalah menunggu hasil konsultasi dari dokter. Sayangnya tidak ada cara untuk melihat isian survey yang gw kirimkan 🙁 Kadang gw suka lupa data yang sudah gw isi apa.

Gw menunggu kira-kira satu hari kerja sebelum akhirnya mendapat balasan dari dokter yang menangani kasus gw. Hasil konsultasi akan lo terima di email yang lo daftarkan saat registrasi.

Di sini gw dapat hasil konsultasi dari Dr. Wenny Tan seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Hasil Konsultasi Kerontokan Rambut di Elio

Oke, gw lumayan terkejut karena hasilnya gw sudah berada di fase awal menuju kebotakan. Waduh!

Di bawah hasil konsultasi, dokter yang menangani kasus lo akan memberikan rekomendasi produk yang cocok serta saran penggunaannya. Pada kasus gw, produk yang direkomendasikan adalah Minoxidil 5% dan Anti-DHT Shampoo.

 

3. Memesan Sesuai Rekomendasi

Gw putuskan untuk memesan sesuai rekomendasi dokter. Lo bisa klik tombol pesan di email hasil konsultasi, atau kembali ke halaman akun dan pilih order untuk memunculkan produk sesuai rekomendasi.

Pembelian Produk Perawatan Kerontokan Rambut di Elio

Oh ya, di Elio lo hanya bisa memesan produk yang memang direkomendasikan dokter. Jadi gak perlu takut salah pesan jenis produknya bro.

Selesai memasukkan jumlah pesanan, lo akan dibawa ke halaman tagihan seperti yang terlihat di gambar bawah.

Pemesanan Produk Perawatan Kerontokan Rambut di Elio

Masukkan informasi yang benar dan lengkap untuk alamat dan jenis kurir. Kalau sudah yakin dengan informasi dan jumlah tagihan, lo akan dibawah ke halaman pembayaran.

Saat ini, pembayaran yang dapat dilakukan masih berupa transfer bank / virtual account. Semoga ke depannya bisa ada lebih banyak lagi alternatif pembayarannya, seperti dengan kartu kredit.

Nah, untuk pengalaman terkait produk, nanti gw akan update lagi artikel ini setelah gw mencoba produknya selama beberapa waktu ya 🙂

 

Cek juga: Cara Merawat Wajah untuk Pria agar Awet Muda

 

Kelebihan dan Kekurangan Klinik Digital Elio

Selama menggunakan situs Elio, gw menemukan beberapa kelebihan dan kekurangannya. Ini bisa jadi pertimbangan tambahan apakah lo memutuskan untuk mencoba konsultasi di sini atau tidak.

 

1. Kelebihan Elio

Beberapa kelebihan Elio antara lain:

  • Hemat waktu banget. Gw pernah mengantri hingga satu setengah jam untuk berkonsultasi dengan dokter estetika untuk masalah kulit. Karena konsultasi dilakukan secara online, jadinya waktu gw sangat dihemat.
  • Tampilan situsnya sederhana dan to-the point. Jadi lo gak bingung dengan terlalu banyaknya informasi.
  • Gratis menggunakan jasa medical advisor. Normalnya, lo akan dikenakan biaya konsultasi dokter (sekalipun itu klinik estetika/kecantikan). Setidaknya lo bisa gratis mengetahui kondisi kesehatan terkait isu yang ingin lo ketahui. Apakah lo memutuskan untuk memesan produk mereka atau gak, keputusan ada di tangan lo.
  • Pembelian obat dengan sistem prescription. Di sini kita diarahkan untuk hanya membeli produk yang diperlukan saja. Lo tidak ‘dipaksa’ untuk beli produk yang kita gak diperlukan. Produknya juga sudah berdasarkan penelitian dan rekomendasi medis. Kalau lo beli produk ngasal di suatu toko bukan resmi (online atau offline), kemungkinannya lumayan tinggi bahwa khasiat produk tersebut palsu.

 

2. Kekurangan Elio

Kalau ada kelebihan, tentu ada kekurangan donk. Beberapa kekurangan yang gw temukan antara lain:

  • Tidak ada fitur live chat dengan dokter atau asistennya. Kebetulan gw tipe orang yang suka bertanya lebih dalam, jadi tidak adanya fitur ini membuat gw agak bingung untuk menanyakan beberapa poin terkait hasil konsultasi. Untungnya, lo masih bisa bertanya lewat email ke helpdesk mereka di help@eliocare.com. Namun karena bertanya dengan email, lo perlu waktu agak lama menunggu balasan mereka 🙁 Ada WhatsApp-nya juga sih kalau mau, lo tinggal klik icon WhatsApp di situs mereka untuk balasan lebih cepat.
  • Tidak ada klinik offline untuk saat ini. Gw tahu beberapa orang tetap merasa lebih nyaman bertatap muka atau konsultasi langsung, dan hasil dari konsultasi online hanya dijadikan pegangan awal saja. Ini tergantung masing-masing orang sih, tapi gw pribadi lebih suka jika punya opsi untuk online maupun offline.

 

Cek juga: Yuk Pahami Serba-Serbi Skincare Pria

 

Nah itulah ulasan mengenai pengalaman gw mencoba konsultasi klinik online di Elio terkait kesehatan rambut gw.

Kalau lo gak punya waktu atau merasa malu konsultasi masalah kesehatan pria, klinik online bisa menjadi solusi yang pas buat lo. Lumayan menghemat waktu juga.

Kesehatan merupakan investasi berharga untuk masa tua bro. Supaya lo bisa menjaga kesehatan dengan baik, yuk terapkan beberapa cara mudah hidup sehat.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar review Elio ini, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

4 thoughts on “Review Elio – Klinik Online untuk Konsultasi Masalah Kesehatan Pria”

    1. Hai bro, hasilnya oke sih. Gw pake dua produk:
      – Anti-DHT Shampoo, rambut gw yang dulu kalau sekali keramas rontoknya bisa sekitar 5+ helai, sekarang hampir gak ada atau kurang dari 2 helai saja.
      – Minoxidil, rambut gw lebih lebat dari sebelumnya bro meski pertumbuhannya memang gak begitu cepat.

      Semoga memuaskan ya hasilnya buat lu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *