Health

Rapid Test COVID-19 Positif? Segera Lakukan Ini Bro!

Rapid Test COVID 19 Positif Jangan Panik

Hai bro, apakah lo sudah mencoba Rapid Test Corona?

Kalau hasilnya negatif buat lo maupun anggota keluarga, mungkin lo bisa lebih lega sedikit ya. Tapi, bagaimana kalau hasilnya ternyata positif?

Hasil rapid test positif merupakan hal yang paling tidak kita inginkan. Lebih-lebih hasil dari test ini kemungkinan besar menunjukkan adanya virus corona dalam tubuh kita.

Apa yang harus dilakukan kalau lo atau anggota keluarga ada yang dinyatakan positif?

 

Jangan Langsung Panik Bila Hasilnya Positif!

Ketika hasil rapid test COVID-19 positif, besar kemungkinan kita dalam kondisi positif COVID-19.

Akan tetapi, lo gak perlu khawatir dan cemas secara berlebihan sebab itu masih berupa kemungkinan.

Kalaupun benar positif COVID-19, sekarang sudah banyak upaya untuk menyembuhkannya kok bro. Namun, hal yang paling fatal berada dalam kondisi ini adalah karena penyakit ini menular dengan sangat cepat dan gejalanya sulit dibedakan dengan gejala penyakit lainnya.

Bagi kita yang tertimpa musibah ini, mungkin seakan merasa sudah kehilangan keluarga, sanak saudara dan pekerjaan yang selama ini menopang ekonomi hidup kita karena kita sudah tidak bisa berjumpa lagi dengan mereka dan tidak akan bisa lagi bekerja sebagaimana mestinya kecuali kita bisa segera sembuh dari penyakit ini.

Sebenarnya kondisi ini termasuk miris, jika kemudian kita temukan banyak orang menyepelekan adanya wabah ini demi memuaskan hawa nafsunya. Misalnya, berkeliaran tidak penting di jalan dan mengadakan acara tidak bermanfaat dengan mengumpulkan orang banyak.

Namun, sekali lagi bro. Bagi kita yang dinyatakan mutlak positif COVID-19, kita tidak perlu panik.

Sebab tenaga medis siap merawat kita dengan semaksimal mungkin. Akan tetapi, sebelum kita panik berlebihan. Mari kita pelajari apa saja yang harus kita lakukan ketika hasil rapid test positif COVID-19 dan usahakan terapkan dengan baik.

 

Tindakan yang Perlu Lo Lakukan Jika Rapid Test COVID-19 Positif

Tetap di Rumah jika Hasil Rapid Test COVID-19 Positif

Ada beberapa himbauan dilakukan oleh banyak pihak tentang apa yang harus dilakukan ketika diketahui bahwa kita positif virus corona. Yuk simak di bawah.

 

1. Karantina Mandiri di Rumah Selama 14 Hari

Lakukan karantina (isolasi) mandiri di rumah selama 14 hari jika tidak ada gejala seperti demam, batuk dan sesak napas.

Gw sarankan untuk selalu menjaga kebersihan dan selalu menjaga stabilitas imun dalam tubuh lo dengan mengkonsumsi makanan sehat, misalnya sayur dan buah-buahan serta meminum jamu sehat untuk meningkatkan kadar imun selama isolasi mandiri di rumah.

Kurangi junk food dan berbagai konsumsi lain yang berpotensi merusak kesehatan tubuh bro.

 

2. Konsultasi dengan Dokter

Lakukan konsultasi kesehatan sesering mungkin melalui aplikasi kesehatan digital yang sudah tersedia khusus untuk konsultasi terkait COVID-19.

Kalau gw sih, salah satu aplikasi yang gw pakai adalah Halodoc. Di Halodoc, untungnya lo bisa melakukan konsultasi dengan dokter ataupun membuat janji dengan dokter secara mudah langsung lewat smartphone lo.

Follow Instagram Mas Kulin

Sebaiknya lo melakukan konsultasi ini sebagai rutinitas bermanfaat kita sehari-hari. Apalagi buat lo yang sedang karantina mandiri di rumah.

Hal ini berguna supaya kondisi kesehatan kita terus terkontrol dan bisa segera mengambil tindakan jika terjadi sesuatu yang memungkinkan kita terinfeksi virus corona.

 

3. Sekali Lagi: Jangan Panik

Hasil rapid test COVID-19 positif bisa jadi dibarengi dengan munculnya gejala COVID-19 seperti; batuk, tenggorokan kering, demam, dan sesak napas.

Jangan terlalu panik berlebihan karena kondisi mental yang tidak stabil bisa memperburuk kondisi kesehatan tubuh kita. Lo bisa segera pergi ke tempat layanan kesehatan terdekat untuk pemeriksaan dan perawatan kesehatan lebih lanjut. Hal ini perlu untuk meminimalisir terjadinya kondisi fatal yang lebih buruk.

 

4. Patuh Pada Imbauan Pemerintah dan Tenaga Medis

Pastikan agar lo menerapkan imbauan ini dengan baik untuk mencegah penyebaran COVID-19 bro.

Tanamkanlah kesadaran sosial dalam diri kita, bahwa sekarang jumlah tenaga medis sudah banyak berguguran dan rumah sakit yang tersedia untuk mengobati COVID-19 ini sudah penuh. Banyak banget nyawa yang harus direlakan pergi begitu saja tanpa perawatan khusus.

Jadi, bersabarlah untuk terus di rumah saja dan melakukan karantina mandiri jika kita cinta keluarga dan negara kita, Indonesia.

Usahakan apapun yang terjadi pada diri kita, jangan sampai hasil rapid test COVID-19 positif adalah hasil karena kita sering keluar rumah untuk hal-hal yang tidak penting 🙁

 

Cek juga: Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja di Rumah dengan Gaya Berpakaian yang Tepat

 

Tindakan yang Perlu Lo Lakukan Jika Ada Anggota Keluarga yang Rapid Test Miliknya Dinyatakan Positif

Gunakan masker selama di rumah

Apabila yang dinyatakan positif adalah salah satu anggota keluarga di rumah, maka jangan juga langsung panik bro.

Bagikan tips di atas untuk anggota keluarga lo yang positif, kemudian lakukan beberapa hal di bawah ini untuk pengamanan tambahan bagi keluarga:

 

1. Jangan Memberikan Stigma Negatif

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada orang yang memiliki gejala terjangkit coronavirus seperti batuk dan demam, ada pula yang memang sehat.

Nah, bagi orang yang sedang sakit, kesehatan mentalnya juga perlu dijaga agar tidak memperburuk kondisi fisiknya.

Stigma negatif yang muncul terhadap dia dapat mempengaruhi kesehatan mental. Pastikan untuk memberikan support mental untuknya ya bro.

 

2. Persiapkan Ruang Khusus

Saat melakukan karantina mandiri, siapkan ruang khusus untuk merawatnya (misalnya kamar tidur).

Berikan pengertian kepadanya bahwa ruang geraknya perlu dibatasi untuk menghindari kemungkinan penyebaran kepada anggota keluarga lain di rumah.

Selain itu, batasi satu orang saja yang berinteraksi dengannya untuk meminimalisir kemungkinan penularan kepada seluruh anggota keluarga.

 

3. Gunakan Masker

Selain menyiapkan ruang khusus, sebaiknya seluruh anggota keluarga menggunakan masker meskipun beraktivitas di dalam rumah.

Pastikan tidak ada celah pada masker. Kemudian, bagi yang dinyatakan positif, lebih baik menggunakan masker dengan tipe masker bedah.

Pastikan masker hanya untuk sekali pakai saja dan langsung dibuang selesai masa pemakaian.

 

4. Hindari Berbagi Barang Pribadi

Bila sebelumnya lo dan anggota keluarga lain punya kebiasaan berbagi barang pribadi, maka segera hentikan kebiasaan tersebut untuk sekarang.

Barang seperti pakaian, handuk, sikat gigi, dan peralatan makan sebaiknya tidak digunakan secara berbagi bro.

Selain itu, pastikan cuci tangan setelah menyentuh atau melakukan kontak dengan barang pribadi miliknya. Lebih baik sedikit parno daripada menyesal karena tertular di kemudian hari 🙁

 

5. Rajin Bersihkan Benda di Rumah

Ini sebenarnya termasuk ke dalam hal pertama yang perlu langsung dilakukan saat mengetahui ada anggota keluarga yang hasil rapid test COVID-19 positif bro.

Coronavirus dapat bertahan hidup di luar tubuh inangnya selama beberapa hari. Semakin lembab dan jauh dari sinar matahari, semakin lama masa hidupnya.

Selain itu, pastikan juga untuk lebih sering membersihkan berbagai benda di rumah bro.

 

Cek juga: Tips Menjaga Kesehatan Selama Bekerja di Rumah

 

Nah itulah ulasan mengenai berbagai apa yang perlu lo lakukan jika rapid test COVID-19 dinyatakan positif, sampai beberapa brand yang bisa kalian coba.

Jangan lupa untuk menerapkan peraturan physical distancingdan tingkatkan gaya hidup sehat bro. Di masa-masa sulit seperti ini, kesehatan fisik maupun mental lo perlu mendapatkan perhatian ekstra.

Silakan cek kumpulan artikel blog gw tentang beraktivitas #DiRumahAja untuk informasi lebih lanjut ya.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar rapid test, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

2 thoughts on “Rapid Test COVID-19 Positif? Segera Lakukan Ini Bro!”

  1. bener banget, jangan panik adalah hal pertama yang harus kita lakukan. biar bisa mikir secara rasional juga. terimakasih mas informasinya, berguna banget apalagi zaman kayak gini 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *