Fashion

#IniApaItu – Jaket Kulit atau Jaket Denim, Mana yang Pas untuk Sehari-hari?

Jaket Denim vs Jaket Kulit

Bro, outerwear apa yang lo pakai sehari-hari? Kalau bingung, outerwear merupakan pakaian yang untuk digunakan di luar pakaian lain. Salah satu yang umum digunakan sebagai outerwear adalah jaket.

Jaket merupakan salah satu produk fashion yang banyak sekali digunakan oleh masyarakat. Jaket tidak hanya berguna sebagai pelengkap ataupun menambah penampilan menjadi lebih kece dan trendi ditambah dengan fungsi utamanya, yaitu menghangatkan badan di kala cuaca dingin dan melindungi tubuh dari hujan intensitas ringan dan sedang.

Di pasaran, banyak sekali model-model jaket yang beredar. Lo bisa dengan mudah memilih yang sesuai dengan selera lo, seperti jaket kulit, jaket denim, jaket hoodie, jaket bomber, dan masih banyak lagi.

Nah, kali ini gw pengen membahas soal dua jenis jaket yang populer dan banyak dipakai oleh kaum adam, yaitu jaket denim dan jaket kulit. Menurut lo, mana sih yang lebih keren di antara dua macam jaket ini ?

Mengapa Jaket Kulit dan Jaket Denim Perlu Dibandingkan?

Berbicara soal jaket kulit, khususnya untuk kaum adam, pastinya orang akan cenderung menilai lo dengan kesan lebih macho, keren dan fashionable.

Namun, untuk memiliki jaket kulit ini bukanlah hal yang mudah lho, karena di pasaran harga jaket kulit begitu amat mahal. Meskipun jaket kulit asli memiliki harga mahal, kualitas dan fungsi yang ditawarkan tentu berbanding lurus dengan harga jaket kulit tersebut.

Berbeda dengan jaket denim, biasanya produsen jaket membuat jaket denim yang dibandrol dengan harga lebih murah untuk kualitas yang baik. Namun, jaket denim ini dapat kita kenakan di segala kondisi, baik formal maupun informal.

Jaket kulit dan jaket denim sama-sama memiliki plus dan minus masing-masing. Akibatnya, lo perlu mempertimbangkan beberapa hal dulu sebelum memutuskan mana outerwear yang akan lo pilih sebagai signature outerwear lo sehari-hari.

Perbandingan Jaket Kulit dan Jaket Denim

Poin-poin di bawah ini akan sangat membantu jika lo memiliki budget terbatas. Bagi lo yang memiliki kedua jenis jaket tersebut, berbagai pertimbangan tersebut tetap berguna untuk menentukan mana yang bisa lo pakai lebih sering.

Nah, di bawah ini sudah gw sajikan beberapa poin perbandingan yang bisa menjadi pertimbangan lo untuk memilih salah satunya.

1. Sex Appeal

Sex appeal dari pria pengguna jaket denim

Siapapun bisa memakai jaket denim, tetapi kalau jaket kulit akan menonjolkan sisi maskulin seorang pria.

Hal yang pertama ini kita bahas soal maskulinitas. Sebenarnya apa sih tujuan lo menggunakan jaket itu? Apakah cuman untuk menghangatkan badan saja? Tentu tidak bukan.

Kita mengenakan jaket pasti untuk meningkatkan penampilan kita agar lebih menarik, dan memberikan impresi yang baik di hadapan orang lain. Selain itu, pastinya lo akan lebih mudah mendapatkan perhatian dari kaum wanita.

Jika lo menggunakan jaket kulit, maka hal tersebut akan cenderung lebih mudah lo dapatkan. Sebab secara tidak langsung, orang yang melihat lo akan menganggap diri lo lebih macho dan sangar dengan mengenakan jaket kulit.

Berbeda kalau lo mengenakan jaket denim. Penampilan lo masih bisa dikategorikan keren sih, akan tetapi tidak akan terlalu mencolok. Kesan maskulin yang dipancarkan tidak sekuat ketika lo menggunakan jaket kulit (tapi bukan berarti lo gak maskulin ya).

2. Harga

Harga jaket kulit cenderung lebih mahal

Jaket kulit asli lebih mahal tapi kualitasnya cenderung awet dalam jangka panjang. Jaket denim cenderung lebih terjangkau untuk segala kalangan.

Dilihat dari segi harganya, memang perbandingan jaket kulit dan jaket denim amatlah jauh. Harga jaket denim di pasaran dengan kondisi bagus dan baru, biasanya paling mahal lo cukup membayar sekitar Rp 500 ribuan.

Jaket denim dari merek yang berasal dari kelas atas memang bisa lebih mahal lagi, namun sudah banyak merk jaket denim murah dengan kualitas baik yang beredar di pasaran kok.

Nah, kalau jaket kulit harganya berbeda lumayan jauh. Harga jaket kulit di pasaran mencapai dua kali lipat dari jaket denim. Biasanya yang paling murah untuk jaket kulit asli ada di atas harga Rp 800 ribuan.

Mahalnya harga tersebut berasal dari bahan membuat jaket kulit yang juga mahal, seperti kulit sapi atau domba. Jaket kulit palsu menggunakan bahan kulit sintetis sehingga harganya bisa menjadi murah.

Meskipun mahal, umumnya lo tidak perlu membeli lagi jaket kulit yang baru. Jaket kulit asli mampu bertahan hingga 50 tahun atau lebih, bahkan mungkin melebihi umur lo. Wow banget kan.

3. Keserbagunaan

Jaket Denim lebih serbaguna dalam aktivitas kasual dan semi-formal

Jaket denim bisa digunakan kapan saja, di mana saja, dan oleh siapa saja kecuali untuk acara formal dan berkendara. Jaket kulit cocok digunakan untuk berkendara ataupun acara formal, namun kurang pas untuk acara yang sangat kasual.

Jaket denim pada dasarnya pas digunakan dalam situasi dan aktivitas kasual dan semi-formal. Selain itu, mayoritas pakaian yang lo kenakan cenderung selalu cocok dikombinasikan dengan pakaian lain, entah itu berwarna gelap ataupun terang, kaos polos maupun graphic tee, kaos model turtle neck, V neck, maupun O neck, dan sebagainya..

Kondisi ini berbeda pada jaket kulit. Model jaket seperti ini memiliki fungsi yang kuat untuk menahan angin dan menjaga kehangatan pada tubuh. Bagi lo yang pengguna motor, jaket kulit juga dapat digunakan sebagai pengganti windbreaker jacket selama berkendara.

Follow Instagram Mas Kulin

Belum lagi jaket kulit sangat pantas kalau dipakai untuk mayoritas aktivitas atau acara formal, dengan menggabungkan pakaian kemeja dan dasi. Khusus acara pernikahan dan gala dinner, jaket kulit kurang pas digunakan karena tingkat formalitasnya masih di bawah jas.

4. Perlindungan

Jaket kulit dapat melindungi dari benda tajam

Jaket kulit ternyata dapat melindungi lo dari berbagai macam gangguan luar seperti cuaca maupun benda tajam. Jaket denim cenderung lebih rentan terhadap gangguan tersebut.

Soal perlindungan, jika lo mengenakan jaket kulit maka badan lo masih bisa terlindungi dari terpaan angin dan air. Karena bahan yang digunakan dalam pembuatan jaket kulit itu rata-rata kedap air dan angin serta cukup hangat kalau di pakai saat berkendara.

Selain itu, hal yang perlu lo ketahui dari mengenakan jaket kulit ini adalah badan lo bisa terlindungi dari serangan benda tajam, seperti pisau atau gunting. Bahan yang digunakan oleh jaket kulit ini lumayan tebal, serta didesain khusus untuk melindungi tubuh sang pengguna.

Jaket denim memiliki tingkat perlindungan di bawah jaket kulit. Lo masih bisa terlindung dari angin dan sinar matahari, namun bahan ini tidak tahan dengan air dan benda tajam. Kalau lo kehujanan, maka jaket ini bakal menyerap air dan membuat tubuh lo menjadi lebih berat.

Bila kebetulan lo memiliki kedua jenis jaket ini, maka gunakan jaket denim pada musim kemarau atau jaket kulit pada musim apapun, bergantian dengan jaket denim.

5. Perawatan

Perawatan jaket denim mudah dilakukan

Jaket denim cenderung simpel dan mudah untuk dirawat. Jaket kulit bisa mudah rusak jika salah merawatnya.

Kalau dari segi perawatannya, jaket denim cenderung gampang kok. Lo bisa mencuci jaket denim ini dengan menggunakan mesin cuci ataupun manual menggunakan tangan. Dalam perlakuannya pun tidak serumit pencucian jaket kulit, dan perawatan jaket denim hampir sama dengan jaket pada umumnya.

Nah, berbeda lagi kalau lo mau mencuci jaket kulit. Jaket berbahan kulit ini perlu banyak perhatian khusus dalam segi perawatan dan harus lumayan hati-hati. Saran gw, jaket kulit sebaiknya dicuci di tempat laundry yang punya keahlian mencuci jaket kulit untuk meminimalisir risiko rusak.

Cek juga: Cara Mencuci Pakaian Berbahan Denim yang Benar

 

6. Penjahitan

Jaket kulit sulit dijahit

Jaket denim kalau ukurannya kebesaran masih bisa dikecilkan. Jaket kulit lebih susah karena harus dibredel semua.

Dilihat dari segi penjahitan, jaket kulit lebih mengutamakan presisi. Sedikit saja kelebihan atau kekurangan ukuran membuat jaket kulit yang akan dikenakan menjadi tidak nyaman saat memakainya.

Selain itu, bukanlah perkara gampang kalau ingin mengecilkan jaket kulit. Lo harus membredelnya terlebih dahulu. Biasanya untuk mengecilkan jaket kulit ini hanya bisa dilakukan di penjahit tertentu yang punya spesialisasi jaket kulit.

Untungnya hal ini berbeda dengan jaket denim. Denim merupakan salah satu material kain paling populer di muka bumi. Tingkat ketahanannya cukup tinggi diikuti proses penjahitan yang mudah membuat banyak orang cenderung memilih jaket denim, terutama yang butuh custom size.

Jika ukurannya terlalu besar, lo bisa mengecilkannya dengan mudah. Tidak perlu bingung, sebab para penjahit di sekitar rumah lo biasanya bisa melayani pengecilan jaket denim ini. Penjahitan jaket denim tidak membutuhkan spesialisasi tertentu layaknya jaket kulit.

7. Keawetan

Jaket denim awet lumayan lama

Jaket denim lumayan awet dan bisa digunakan dalam waktu lama. Namun, jaket kulit mampu bertahan dalam waktu yang sangat lama asalkan perawatannya dilakukan dengan benar.

Dilihat dari segi ketahanan, jaket denim ini sebenarnya terbilang awet dan lumayan tahan lama. Perawatannya yang terbilang mudah menjadi nilai plus tersendiri pada jaket denim ini, karena itu membantu lo untuk menjaga keawetannya dengan mudah.

Jaket kulit lebih unggul dibandingkan jaket denim dalam hal keawetan. Jaket kulit bisa tetap awet dengan bentuk yang persis hingga bertahun-tahun. Seperti yang disebutkan sebelumnya, jaket kulit dapat awet hingga lebih dari 50 tahun. Keren banget kan bro?

Cek juga: Cara Memilih Jaket Kulit Sekaligus Membedakannya Dari yang Palsu

Nah itulah berbagai plus minus yang bisa lo pertimbangkan sebelum memilih di antara jaket kulit atau jaket denim.

Sekali lagi bro, dalam jangka panjang tentu akan lebih baik bila lo bisa memiliki keduanya. Dua outer tersebut sangat berguna dalam membuat lo tampil lebih fashionable.

Kalau misalnya lo sudah punya keduanya, gak ada salahnya untuk inves di warna yang berbeda. Misalnya, lo udah punya jaket denim biru. Maka, sisihkan budget untuk beli yang warna hitam atau khaki untuk variasi style sehari-hari.

Namun pastikan lo mencoba juga untuk memiliki jaket jenis lainnya saat punya uang lebih bro. Lo bisa cek berbagai jenis jaket pria untuk menjadi bahan inspirasi lo saat ingin membeli jaket jenis lain.

Jika lo punya pertanyaan atau tips lain seputar jaket kulit dan jaket denim, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Salam Semangat,

Mas Kulin

2 thoughts on “#IniApaItu – Jaket Kulit atau Jaket Denim, Mana yang Pas untuk Sehari-hari?”

    1. Jaket kulit yang kw atau pakai bahan sintetis perawatannya mirip sih dengan jaket kulit asli, tapi gak seribet jaket kulit asli. Contohnya, lo gak perlu pakai produk perawatan kulit untuk merawat jaket tersebut (karena bukan kulit asli). Perawatan sehari-harinya bisa dengan melap bagian luar dan dan dalam jaket, dan jangan dilipat saat disimpan. Jaket kulit kw juga sebaiknya disimpan dengan cara digantung. Semoga cukup membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *