Lifestyle

10 Pertimbangan Membeli Mobil yang Perlu Lo Pikirkan

Pertimbangan Membeli Mobil

Hai bro, beberapa waktu yang lalu keluarga besar gw baru saja menjual kendaraan lamanya untuk membeli mobil pribadi baru.

Gw sendiri bukan tipe orang yang ke mana-mana pergi dengan mobil pribadi. Jadi keputusan tersebut memang tidak begitu berpengaruh ke gw. Toh, mobilnya juga hampir gak pernah gw pakai :p

Cuman, gw pikir gak ada salahnya kalau gw membagikan berbagai jenis pertimbangan yang keluarga gw lakukan sebelum akhirnya beli mobil lagi.

Toh, mobil sebenarnya merupakan kebutuhan tersier yang sulit dilepaskan juga dari kehidupan sehari-hari.

Punya mobil sendiri juga punya banyak manfaatnya, misalnya lo bakal lebih mudah untuk mengajak pasangan atau teman-teman lo have fun bareng ke tempat-tempat seru di kota maupun luar kota.

Di bawah ini, gw bagi semua pertimbangan membeli mobil menjadi dua bagian besar: pertimbangan berdasarkan kebutuhan dan berdasarkan finansial. Silakan dicek semua ya 🙂

Pertimbangan Kebutuhan

Pertimbangan Membeli Mobil Dari Sisi Kebutuhan

Setiap membeli sesuatu, alangkah baiknya lo selalu menyesuaikannya dengan pemenuhan kebutuhan lo dalam jangka panjang.

Berikut ini beberapa pertimbangan membeli mobil berdasarkan kebutuhan atau fitur yang lo perlukan

1. Tujuan Memiliki Mobil Pribadi

Setiap membeli sesuatu, tanyakan dulu kepada diri sendiri apa tujuan membelinya. Ini juga berfungsi menahan pengeluaran yang tidak perlu.

Untuk mobil, lo bisa coba mempertimbangkan apakah mobil yang lo beli ini akan lo gunakan murni untuk kepentingan pribadi atau sarana investasi, misalnya dirental setiap akhir pekan atau digunakan untuk taksi online.

Ini bisa mempengaruhi jenis mobil yang akan lo beli nanti, misalnya lo mungkin gak butuh mobil besar berharga mahal kalau mau digunakan untuk sarana taksi online.

2. Kondisi Perjalanan Harian

Pertimbangan berikutnya adalah kondisi perjalanan harian lo, dengan asumsi lo akan menggunakan mobil ini untuk transportasi sehari-hari.

Apakah lo akan melewati jalanan jelek, berkelok-kelok, banjir? Mungkin lo butuh mobil berukuran besar agar lebih ‘tahan banting’.

Atau, apakah jalan yang lo lewati sering banget macet dan lo akan menghabiskan waktu lumayan lama di perjalanan? Bisa jadi lo butuh fitur yang memanjakan lo sepanjang perjalanan, atau malah mending beralih beli motor saja.

Cek juga: Yuk Kenali Tren Baru Belanja Online, Live Commerce!

3. Mobil Keluaran Lama atau Baru

Tahun keluaran dari mobil yang lo inginkan juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian bro.

Hal ini nantinya berpengaruh terhadap reparasi dan ketersediaan suku cadang. Semakin lama serinya / tahun keluarannya, semakin sulit reparasi yang dilakukan karena suku cadang yang mungkin sudah tidak banyak tersedia.

Follow Instagram Mas Kulin

Ini bisa mengakibatkan mahalnya biaya reparasi yang harus lo lakukan, plus bisa jadi prosesnya semakin lama karena harus mencari dulu suku cadang yang pas.

Tentunya mobil keluaran lama punya nilai tersendiri, jadi jangan lupa untuk mempertimbangkan hal ini ya.

4. Keberadaan Kendaraan Lama

Kendaraan lama atau kendaraan yang sudah lo miliki saat ini tentunya sangat berpengaruh terhadap keputusan membeli mobil baru.

Apakah lo yakin mobil lama lo memang sudah tidak memadai kebutuhan lagi, sehingga lo perlu menggantinya dengan mobil baru?

Dalam kasus keluarga gw, selain memang mobil lama ukurannya terlalu kecil untuk mobil keluarga, nilai jualnya juga turun cepat banget. Jadinya diputuskan untuk segera diganti.

Kalau yang lo sudah punya adalah motor, lo perlu yakin dulu nih bahwa motor memang gak cukup untuk transportasi sehari-hari lo. Tapi kalau lo mau pakai mobil hanya untuk akhir pekan, ya mungkin gak ada salahnya lo punya mobil pribadi.

5. Jenis Mobil

Jenis mobil yang ingin lo miliki juga perlu dipertimbangkan dengan matang bro, jadi bukan hanya sekedar karena terlena dengan desainnya yang cakep.

Contohnya, lo gak perlu beli mobil jenis Jeep kalau lo tahu bahwa mobil tersebut hampir gak pernah dipakai melewati jalur offroad.

Selain itu, lo perlu mempertimbangkan apakah mau menggunakan mobil jenis matic atau manual.

Mobil matic memang lebih mudah dioperasikan di jalan yang mulus. Namun menurut gw pribadi, pakai mobil manual lebih enak kalau melewati tanjakan DAN macet.

Kenali dulu style menyetir lo yang paling enak dan nyaman seperti apa sebelum memutuskan memilih jenis mobilnya.

 

Cek juga: Tips Liburan Seru di Dalam Kota

Pertimbangan Finansial

Pertimbangan Membeli Mobil dari Sisi Finansial

Selain berdasarkan kebutuhan, pertimbangan yang paling penting tentunya adalah soal duit.

Jika lo merasa tidak dapat memenuhi pertimbangan finansial saat proses pembelian maupun selama memiliki mobil, sebaiknya pertimbangkan ulang untuk tidak membeli mobil baru dulu bro.

Silahkan cek berbagai pertimbangannya di bawah ini.

1. Beli Kas Keras atau Kredit

Apakah lo punya dana menganggur yang bisa dihabiskan sekaligus untuk membeli aset bernilai tinggi seperti mobil?

Jika iya, maka gw lebih menyarankan lo bayar langsung lunas di awal. Selain ada kemungkinan lo dapat diskon (tergantung dealer), lo akan menghindari beban bunga yang tinggi di kemudian hari.

Kalau pakai kredit, pastikan lo membandingkan dulu besar angsuran dan biaya uang muka dari beberapa lembaga pembiayaan bro.

Sistem pembayaran dengan angsuran membebankan biaya bunga yang lumayan buat lo, jadi cari kombinasi periode pembayaran yang paling tepat sesuai kemampuan keuangan lo.

2. Biaya Bensin, Pemeliharaan, dan Pajak

Pada saat lo nantinya sudah berhasil membeli mobil, duit yang lo keluarkan gak berhenti sampai di situ saja bro.

Lo perlu mempertimbangkan (bahkan kalau bisa membuat perkiraan kasar) biaya-biaya yang akan timbul setelahnya; seperti biaya bensin bulanan, biaya pemeliharaan atau reparasi, pajak kendaraan bermotor, tol, parkir, dan biaya tambahan untuk membeli fitur atau dekorasi interior.

Bukan hanya biaya, lo bahkan perlu menyediakan waktu luang untuk melakukan cuci mobil atau pemeliharaan rutin. Nah, siap gak lo dengan semua biaya dan waktu yang harus lo luangkan tersebut?

 

Cek juga: Model Kaos Pria Jaman Sekarang yang Wajib Lo Ketahui!

3. Kondisi Keuangan Saat Ini

Ini juga salah satu pertimbangan penting yang melengkapi dua pertimbangan finansial sebelumnya.

Apakah kondisi keuangan lo saat ini terlalu cekak untuk dipaksa memiliki pengeluaran terkait mobil?

Selain itu, lo juga perlu mengetahui Debt Ratio, yaitu perbandingan jumlah hutang yang lo miliki terhadap jumlah penghasilan.

Saat lo mengajukan kredit kendaraan bermotor (KKB) kepada lembaga pembiayaan, lembaga yang bersangkutan pasti akan mengecek status keuangan lo. Salah satu indikator kesehatan keuangan lo adalah Debt Ratio tersebut.

Semakin tinggi rasionya, semakin rendah kemungkinan permintaan pembiayaan lo akan dikabulkan bro.

4. Harga Saat Dijual Lagi

Sekalipun kondisi finansial lo baik-baik saja, lo tetap perlu mempertimbangkan penurunan nilai mobil yang akan lo beli.

Ada tipe mobil yang harganya jatuh sampai 50% cuman dalam waktu dua hingga tiga tahun, tapi ada juga yang bisa bertahan hingga lima tahun.

Ini mempengaruhi keputusan penggantian mobil yang mungkin akan lo lakukan di kemudian mobil bro. Semakin cepat jatuh nilainya, bisa jadi semakin cepat pula lo harus segera ganti mobil baru lagi nanti.

Cek juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja di Rumah atau Kantor

5. Mobil Bekas atau Mobil Baru

Pertimbangan finansial klasik terakhir yang perlu lo ketahui adalah apakah lebih baik membeli mobil bekas atau mobil baru.

Kalau lo membeli mobil bekas, harganya bisa jadi jauh lebih murah. Tapi, lo harus melakukan pengecekan secara detil (bahkan bisa jadi beberapa sesi test drive) sebelum memutuskan untuk benar-benar membelinya.

Jika lo membeli mobil baru, keuntungan utamanya adalah garansi mobil serta berbagai fitur yang hampir pasti masih berjalan mulus.

Bicara soal mobil baru, gw dapat informasi terkait mobil baru dari Toyota yang ramah lingkungan. Bila lo tertarik, teruskan baca ke bawah ya 🙂

Mobil Toyota Agya 2019, Si Mobil Ramah Lingkungan

Mobil Agya terbaru menjadi salah satu city car hasil kerjasama antara Toyota dengan Daihatsu.

Mobil hasil kerjasama ini disebut-sebut sebagai mobil kebijakan pemerintah Indonesia yang telah mengusung tema LCGC (Low Cost Green Car).

Hal ini dikarenakan mobil Agya termasuk sebagai city car yang sangat ramah lingkungan. Mobil yang memiliki bodi minimalis ini memiliki banyak peminatnya karena spesifikasinya yang modern namun dibanderol dengan harga yang sangat murah.

Banyak banget orang yang ingin memiliki mobil mobil Agya 2019, soalnya mobil mungil ini mempunyai kelebihan yang yang bisa dirasakan para konsumennya termasuk dari sisi harga yang sangat terjangkau.

Lo cukup menyiapkan dana di bawah 160 juta untuk dapat membawa pulang city car besutan dari Toyota dan Daihatsu ini. Meskipun memiliki karakter yang sederhana, namun mampu menarik perhatian karena gaya elegannya.

Oh ya, ada baiknya jika lo mengetahui terlebih dahulu berbagai kelebihan dan kekurangan mobil Agya sebelum memutuskan apakah ini mobil yang buat lo. Berikut ini ulasannya:

Kelebihan Mobil Toyota Agya 2019

Mobil ini menggunakan fitur keamanan yang sudah sangat memadai dan lengkap.

Meskipun dibanderol dengan harga yang murah, namun kualitas dan spesifikasi mobil Toyota Agya yang ditawarkan tidak murahan.

Mobil ini juga dilengkapi dengan jual airbag di bagian depan sebagai cara untuk mengurangi cedera ketika terjadi benturan di bagian depan.

Lalu, pada bagian tampilan eksterior nya memang terlihat sederhana, namun tampilannya terlihat stylish dibandingkan dengan kompetitornya berkat adanya aksesoris tambahan.

Penempatan dashboard juga terlihat sangat rapi dan menyenangkan karena penataan yang tepat.

Mobil Agya baru memiliki ruang kabin yang tergolong cukup luas, sehingga memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpangnya.

Meskipun menggunakan mesin dengan kapasitas yang kecil, namun untuk kualitas tetap bandel.

Kerennya lagi, mobil ini sudah dilengkapi dengan dua sistem transmisi: matic dan manual, sehingga memberikan kebebasan buat lo dalam memilih transmisi yang diinginkan.

Mobil Agya 2019 juga sudah menggunakan sistem injeksi, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Mantep kan 🙂

Kekurangan Mobil Toyota Agya 2019

Mobil Agya terbaru ini memiliki bahan material body yang tipis, sehingga menjadikan mobil tidak stabil ketika melaju dengan kecepatan yang tinggi.

Kualitas overall yang dimiliki mobil Agya ini juga termasuk standar aja.

Selain itu, mobil ini menggunakan bahan material yang ringkih dan tipis sehingga akan lebih riskan terhadap benturan. Jadi harus ekstra hati-hati saat mengemudi, dan mungkin kurang cocok kalau lo tipe yang agak ugal-ugalan saat menyetir.

Terakhir, penggunaan handling terasa hambar. Akibatnya, saat melakukan akselerasi, mobil Agya tidak cocok karena tidak bisa berakselerasi secara sempurna.

Apakah Ini Mobil yang Tepat untuk Lo?

Berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan dari mobil-mobil Agya matic, tentu lo bisa coba menyimpulkan apakah mobil Agya tempat lo jadikan sebagai mobil pribadi atau justru sebaliknya.

Semua mobil tentu akan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun hal ini tergantung bagaimana lo akan menggunakannya juga.

Dengan demikian, penting bagi lo untuk mempertimbangkan berbagai faktor sebelum memutuskan untuk membelinya termasuk mengetahui daftar kelebihan dan kekurangannya.

Mobil Toyota Agya memang memiliki harga yang tergolong murah karena sesuai juga dengan spesifikasi standar yang tertanam di dalamnya. Namun, lo bisa menyesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan lo.

Kalau lo membutuhkan informasi seputar kelebihan dan kekurangan serta spesifikasi mobil Agya yang lebih lengkap dan akurat, maka lo bisa langsung menghubungi Auto2000 supaya informasi yang Anda dapatkan akurat.

Pastikan agar lo telah mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan untuk membeli mobil supaya tidak sampai kecewa di kemudian hari.

Cek juga: Urutan Penggunaan Produk Perawatan Wajah yang Tepat!

Nah itulah berbagai pertimbangan membeli mobil yang perlu lo ketahui dulu sebelum benar-benar melakukannya

Kenyamanan karena memiliki kendaraan pribadi sendiri memang merupakan salah satu kelebihan utama punya mobil sendiri bro, apalagi kalau sudah memasuki musim hujan. Lumayan susah untuk mencari taksi online selama masa ini.

Saat berkendara, pastikan lo merasa nyaman ya. Lo bisa cek tips gw di sini seputar cara mengemudi mobil yang membuat nyaman.

Jika lo punya pertanyaan atau tips lain seputar pertimbangan membeli mobil, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *