Lifestyle

15 Tips Persiapan Hari Kerja Pertama untuk Impresi yang Baik!

Persiapan Hari Pertama Kerja

Adakah di antara lo yang baru resign dan sedang mempersiapkan diri untuk masuk ke kantor yang baru? Musim habis Lebaran (dan tahun baru) biasanya merupakan musim favoritnya orang-orang untuk mencari pekerjaan baru.

Teman Mas Kulin banyak banget yang pindah kerja setelah Lebaran (termasuk gw sendiri sih :p )

Oleh karena itu, Mas Kulin terinspirasi untuk membuat satu tulisan tentang persiapan hari kerja pertama yang baik.

Hari pertama itu salah satu hari terpenting bro, karena impresi yang lo berikan kepada rekan-rekan kerja, anggota tim, maupun atasan lo akan berpengaruh terhadap kelancaran pekerjaan lo di kantor baru.

Ketika lo membutuhkan bantuan di kantor, akan ada orang-orang yang mau membantu lo dengan sukarela. Lo juga berkesempatan untuk menghindari politik kantor yang mungkin sedang atau akan timbul ke depannya.

Sudah paham pentingnya impresi di hari kerja pertama? Yuk simak mempersiapkannya di bawah ini.

 

Bagian 1: Persiapan Hari Kerja Pertama dalam Hal Fisik dan Gaya Berpakaian

Segala sesuatu yang berhubungan dengan fisik akan menjadi hal yang pertama kali dilihat oleh rekan-rekan kerja di kantor baru.

Biar lo tampil kece, lo bisa baca-baca berbagai tulisan Mas Kulin seputar fashion dan grooming kalau punya waktu. Kalau gak, berikut ini rangkuman singkat untuk mempersiapkan fisik lo demi hari pertama kerja:

 

1. Tidur yang Cukup

Persiapan Hari Pertama Kerja - Kucing Tidur Nyenyak

Bro, istirahat yang cukup sebelum hari pertama kerja itu wajib hukumnya.

Jangan sampai lo tampak lelah di hari pertama kerja karena habis begadang main game atau keasyikan baca-baca blog Mas Kulin :p

Jika lo tipe night person, maka sekali ini cobalah tidur sedikit lebih pagi. Gw sendiri biasanya tidur jam 1 malam ke atas, tapi kalau untuk hari yang spesial seperti hari pertama kerja, okelah tidur di jam 11 malam.

Tidur cukup juga membuat lo gak bangun tergesa-gesa keesokan harinya, sehingga lo bisa mempersiapkan penampilan secara maksimal sebelum datang ke kantor.

Kalau ini hari pertama kerja setelah lo sempat ‘mengganggur’ lama, lo bisa terapkan tips di bawah.

Cek juga: Tips Menghilangkan Rasa Malas Bekerja Setelah Libur Panjang

 

2. Pakaian Hari Pertama Kerja

Pakaian Hari Pertama Kerja sesuaikan Gaya Berpakaian di Kantor

Kalau ada yang bilang lo harus pakai baju seformal mungkin saat hari pertama kerja, bullshit itu.

Ketika lo interview kerja, seharusnya lo sudah dapat gambaran tentang gaya berpakaian di tempat yang akan menjadi calon kantor lo.

Sesuaikan gaya berpakaian lo supaya gak terlalu mencolok, tapi boleh untuk lo buat sedikit lebih formal (baca: jaim alias jaga image).

Jika lo masuk di perusahaan startup atau perusahaan yang membebaskan gaya berpakaian, maka lo bisa gunakan gaya semi kasual supaya tampil baik. Contohnya, pakai kaos berkerah, kemeja lengan pendek, atau kaos dengan outerwear.

Oh ya, kalau lo mau tampil agak eksentrik juga silahkan, selama kepribadian asli lo memang seperti itu 🙂 Beberapa rekan kerja gw dulu ada yang begitu kok, dan impresinya bisa tetap baik karena karakter orangnya memang… cukup nyentrik.

Cek juga: Kesalahan Berpakaian Pria yang Sering Terabaikan

 

3. Urusi Rambut dan Brewok

Urusi Brewok Sebelum Berangkat Kerja Hari Pertama

Selain pakaian yang dikenakan, kepala lo pasti termasuk bagian tubuh yang sering terlihat.

Apakah lo ingin ganti model rambut lo? Jika masih punya waktu, segera lakukan agar lo tampil fresh saat hari pertama nanti. Model rambut yang baru bisa menambah rasa pede lho.

Bagi lo yang memelihara brewok, pastikan agar lo mencukurnya rapih. Brewok yang berantakan dan tumbuh tidak teratur akan memberi kesan kurang bagus bagi orang di sekitar karena mereka bisa menganggap lo sebagai orang yang terlalu cuek dan gak messy.

Jika lo gak punya brewok tapi ingin menumbuhkannya, maka sebaiknya lo mulai secepat mungkin dari sekarang.

Cek juga: Cara Cepat Menumbuhkan Brewok bagi Pria Dewasa!

 

4. Gunakan Parfum yang Tidak Menyengat

Pakai Parfum Sebelum Berangkat Kerja
via askmen.com

Nah ini sebenarnya gak wajib, tapi lebih baik kalau lo memakai parfum.

Aroma tubuh yang enak tentu akan membuat orang-orang di sekitar lo merasa senang saat berbicara dengan lo. Siapa tau juga kan lo bisa lebih mudah memikat rekan kerja yang lo gebet.

Jangan gunakan parfum secara berlebihan agar tidak menimbulkan bau yang menyengat.

Pastikan agar lo menggunakan jenis parfum yang kelas konsentratnya minimal eau de toilette agar wanginya dapat bertahan hingga siang.

Cek juga: Perbedaan Jenis Parfum yang Wajib Lo Ketahui!

 

5. Siapkan Sepatu yang Kece

Tips Berpakaian di Kantor - Sepatu yang Cocok untuk Kerja

Bagian atas (kepala)? Sudah.

Bagian tengah (pakaian)? Sudah juga.

Nah bagaimana dengan bagian bawah alias sepatu? Tentu harus lo perhatikan juga donk, karena sepatu merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keseluruhan penampilan fisik lo.

Sesuaikan jenis sepatu yang lo kenakan dengan gaya berpakaian yang lo pakai (formal atau kasual). Jika lo memakai sepatu kulit, pastikan agar lo sudah menyemir sepatu tersebut supaya terlihat bersih dan mengkilap.

Ingat bro, lo gak tau kalau rekan-rekan kerja lo adalah tipe orang yang memperhatikan penampilan dari ujung rambut hingga sepatu yang lo pakai.

Cek juga: Panduan Memilih Warna Sepatu Agar Matching dengan Pakaian!

 

Bagian 2: Sikap dan Perilaku di Hari Pertama Kerja

Penampilan fisik memang yang paling pertama dilihat, tapi sikap dan perilaku lo yang akan menentukan apakah hari pertama ini lo berhasil memberikan impresi yang baik.

Bagi lo yang sudah tidak sabar, silahkan cek attitude yang perlu lo tampilkan di hari pertama kerja di bawah ini:

 

1. Pelajari Jobdesc dan Perusahaan

Persiapan Hari Kerja Pertama - Pelajari Jobdesc Kerjaan Baru

Lo masih ingat gak diterima di sini kerjanya akan ngapain?

Sebelum masuk kerja, gak ada salahnya sih kalau baca-baca lagi sepintas jobdesc lo seperti yang tertera saat lo melamar kerja ke kantor baru lo. Kalau lo masih ingat dengan pede, yah gak usah.

Satu lagi, gak ada salahnya kalau lo mencoba mempelajari informasi soal kantor baru lo lebih dalam. Misalnya, produk atau servis apa saja yang mereka luncurkan, siapa kompetitor mereka, dan sebagainya.

Ini bakal mempermudah lo ‘mencerna’ apa saja yang harus lo kerjakan saat mulai bekerja.

Cek juga: Inspirasi Berpakaian yang Tepat Saat Interview Kerja!

 

2. Datang Lebih Pagi

Datang Kerja Lebih Pagi di Hari Awal Kerja

Setelat apapun tipe lo soal waktu kedatangan ke kantor, jangan sampai deh lo terlambat di hari pertama kerja.

Gak lucu banget kan kalau lo sampai telat di hari pertama bekerja. Dulu teman kerja gw ada yang datang terlambat di hari pertama kerja. Bos dan rekan-rekan lain sudah negative thinking dulu mengira doi kabur lho.

Alhasil, teman gw harus berusaha ekstra untuk mengembalikan lagi kepercayaan si bos dan teman-teman yang lain.

Normalnya, datanglah 10 sampai 15 menit lebih pagi dari jam masuk normal. Pastikan lo sudah pelajari rute keberangkatan ke kantor untuk mengantisipasi macet.

Kalau kantor lo tipe yang fleksibel soal jam absensi, nanti deh beberapa hari berikutnya baru mulai longgar sedikit :p

 

3. Hindari Bersikap Sok Tahu

Jangan Sok Tahu di Kantor

Ketika hari pertama kerja, normalnya pengetahuan lo akan kondisi kantor tentu lebih sedikit dibandingkan rekan-rekan kerja dan si bos yang sudah lebih dulu masuk.

Banyaklah mendengar daripada berbicara kalau di hari-hari awal kerja.

Kalau lo sudah ngomong panjang lebar ke sana sini padahal belum benar-benar mengerti kondisi dan masalah perusahaan, lo bisa dianggap sok tahu bro. Ini akan jelek banget di mata rekan-rekan kerja lo.

Biarpun lo tipe orang yang suka banyak ngomong dan gak sabar buat keluarin ide-ide brilian, coba tahan sedikit deh di hari pertama ini.

 

4. Jangan Terlibat dalam Gosip

Hindari Gosip Kantor

Kalau ada yang ngegosip, bersikaplah pasif.

Lo cukup jadi pendengar saja dan tidak perlu terlalu kepo. Soalnya bro, lo bisa terseret masuk ke dalam geng tukang gosip nantinya. Bukan gak mungkin juga lo nanti menjadi objek gosip kantor.

Gosip kantor itu kebanyakan kurang sehat dan bisa membuat suasana kerja memburuk, apalagi yang terkait politik kantor 🙁

Oh ya, seperti yang Mas Kulin bilang sebelumnya, lo cukup dengar baik-baik kalau ada gosip.

Setidaknya lo bisa lebih mudah membaca situasi di kantor dan, mungkin, cara menghadapi orang tertentu yang dianggap rese di kantor (mungkin termasuk atasan baru lo).

 

5. Cara Memperkenalkan Diri saat Pertama Masuk Kerja

Cara Memperkenalkan Diri di Kantor

Jika orang bagian HRD atau atasan lo membawa lo untuk diperkenalkan kepada rekan-rekan kerja lain, maka perhatikan alur perkenalan dengan baik.

Setidaknya, lo bisa mendapat gambaran posisi duduk atau ruangan berbagai divisi di kantor lo, termasuk juga ruangan-ruangan bos besar yang perlu hafalkan.

Usahakan mengingat nama atasan dan rekan kerja seruangan atau sedivisi yang paling dekat.

Jabat tangan jika memungkinkan, dan jangan ragu untuk meminta mereka menyebut lagi nama mereka jika lo lupa.

 

6. Eratkan Komunikasi dengan Rekan Kerja

Jaga Komunikasi yang Baik dengan Rekan Kerja

Diajak hangout bareng saat makan siang? Atau sepulang kantor? Ikut aja bro

Itu merupakan kesempatan bagus untuk menjalin komunikasi yang baik dengan mereka.

Selain dengan rekan kerja atau bawahan lo, pastikan lo menjaga komunikasi dengan atasan langsung lo. Misalnya nih, lo bisa menghadap si bos sambil bercerita sedikit apa saja yang sudah lo kerjakan atau masalah yang lo temui.

Tapi hati-hati ya bro, jangan cari perhatian berlebihan ke si bos kalau gak mau dianggap penjilat. Nanti kesan dari rekan-rekan kerja lo jadi kurang bagus juga.

Cek juga: Cara Mengatasi Stres Kerja yang Menumpuk!

 

7. Tahan Emosi

Belajar Menahan Emosi di Kantor

Kalau melihat hal yang gak enak dan menyebalkan, tahan dulu ya bro.

Apalagi ini baru hari pertama, masih terlalu cepat untuk lo nge-judge orang atau pekerjaan yang sedang lo hadapi.

Contohnya, lo ketemu rekan kerja yang sering buang muka kalau berpapasan sama lo. Mungkin dia sebenarnya naksir sama lo dan malu karena lupa memasang bulu mata anti badai. Berhubung lo masih baru masuk, mungkin lo gak tahu kondisi tersebut.

Kalau mendengar hal-hal yang gak enak tentang pekerjaan lo, diamkan saja dulu bro. Tiap pekerjaan pada dasarnya ada yang gak enak kok. Tapi, mungkin lo ternyata bisa menjalaninya dengan baik.

Bekerjalah sebaik mungkin selama beberapa waktu, baru lo bisa merasakan sendiri apakah lo masih cocok atau gak di pekerjaan tersebut.

 

8. Jangan Mengurusi Urusan Pribadi Saat Bekerja

Hindari Urusan Pribadi di Kantor

Apakah lu punya toko online? Atau mungkin lo punya lima ekor guguk yang lo tinggal di rumah dan dijaga keponakan lo yang gak suka binatang? Oh, atau lo punya blog pribadi seperti blog Mas Kulin ini?

Di hari-hari awal kerja, hindari mengambil waktu kerja untuk mengurusi urusan pribadi tersebut bro.

Kalau ketahuan sama orang lain (apalagi atasan), impresi mereka ke lo bisa berkurang. Nanti lo disangka magabut alias makan gaji buta.

Sebaiknya lo usahakan agar urusan kerjaan dan pribadi tidak dicampur dalam waktu yang bersamaan. Tapi kalau nanti lo sudah bekerja lama dan mengerti cara untuk menyeimbangkan kedua kegiatan ini tanpa mengganggu urusan kantor, ya silahkan aja :p

 

9. Jam Pulang Kerja

Bersiap Pulang Kerja

Pernah dengar kalau hari pertama kerja sebaiknya lembur?

Ini tergantung budaya kantor sih bro, meski pendapat gw pribadi sebenarnya orang-orang yang baru masuk kerja hari pertama harusnya gak lembur supaya mereka juga merasa lebih enak.

Kalau lo merasa pekerjaan lo sudah beres untuk hari itu dan rekan-rekan kerja juga beranjak pulang, lo bisa coba tanya ke atasan lo apakah ada yang masih harus dikerjakan lagi. Kemungkinan sih si bos akan menyuruh lo pulang, tapi kalau ternyata ada yah silahkan kerjakan 🙁

Kalau si bos gak ada di tempat, lo bisa gunakan media komunikasi personal untuk memberitahunya. Hitung-hitung menjalin komunikasi yang baik dengan dia.

 

10. Jadilah Diri Sendiri

Jadilah Diri Sendiri di Kantor

Perubahan sifat yang drastis akan membuat rekan kerja geleng-geleng kepala.

Jadi, lo gak perlu terlalu memaksakan diri di hari pertama lo bekerja. Bersikaplah santai meski lo memang perlu sedikit pasif dulu di hari awal (seperti yang sudah dijabarkan di poin-poin sebelumnya).

Kantor baru lo akan menjadi ‘rumah kedua’ karena lo akan menghabiskan sebagian besar waktu di kantor. Kalau terlalu memaksakan diri, maka lo akan merasa gak nyaman bekerja.

Oh ya, lo juga bisa membawa satu dua barang untuk ditaruh di meja kerja lo (asumsi lo punya meja sendiri) yang dapat memberikan suasana homie. Bisa menambah semangat kerja lho 🙂

 

Nah itulah beberapa tips yang dapat lo terapkan untuk persiapan hari kerja pertama.

Dengan lo memberikan impresi yang baik kepada rekan kerja dan atasan di kantor baru lo, maka pekerjaan lo akan terasa lebih lancar ke depannya. Menjalin hubungan yang baik dengan orang di sekitar lo tentu lebih enak ketika impresi lo juga bagus saat hari pertama kerja.

Jika lo punya pengalaman lain yang bisa membantu memberikan impresi yang bagus di hari pertama kerja, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

4 thoughts on “15 Tips Persiapan Hari Kerja Pertama untuk Impresi yang Baik!”

  1. Wah tips yang sangat berguna bro. Memang benar bahwa attitude juga sama pentingnya dengan penampilan fisik. Gw akan mengingat-ingat tips di sini untuk hari kerja pertama gw nanti. Tinggal tunggu diterima aja 🙂

    1. Sama-sama bro 🙂 Sering-sering aja mampir ke sini buat dapat tips praktis lain yak. Semoga diterima di calon tempat baru 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *