Grooming

Tips Perawatan Wajah Pria Sesuai Jenis Kulit Wajah Lo!

Perawatan Wajah Pria

Bro, apakah lo menjaga kebersihan wajah lo dengan baik?

Bagi pria seperti lo semua yang tentunya senang jika bisa terlihat baik di mata orang, tentunya perawatan wajah nggak bisa luput dari perhatian dong. Apalagi bagi lo yang masih jomblo dan ingin memikat hati si doi, pasti butuh penampilan yang selalu sempurna :p

Hanya saja, sebagian pria di antara kita pasti ada aja yang cuek dalam memperhatikan tubuhnya. Alasannya sih ingin terlihat apa adanya di depan orang lain supaya nggak terkesan menutupi kekurangan.

Punya pemikiran seperti itu nggak salah sih bro, tapi lo juga harus tahu kalau perawatan tubuh, terutama wajah, itu menyehatkan lho. Apalagi wajah itu kan seperti tampilan paling depan dari image kita sebagai pria.

Meskipun kulit pria lebih tebal daripada kulit wanita dan lebih tahan terhadap bahan aktif, tetapi itu juga nggak bisa jadi alasan lain untuk nggak merawat kulit wajah.

Nah, oleh karena itu, kita harus pintar dalam merawat wajah kita, bukan cuma ingin terlihat baik di depan orang lain aja, tapi juga untuk menjaga kesehatan wajah.

 

Jenis Kulit Wajah

Untuk permulaan, gw mau kasih tau dulu nih, kalo wajah pria itu nggak sesederhana yang dibayangkan oleh lo semua.

Kulit wajah kita ternyata dibagi menjadi beberapa tipe. Di bawah ini gw jelaskan satu persatu ya.

 

1. Wajah Berminyak

Wajah Berminyak pada Pria

Kalau lo punya wajah yang kelihatannya mengkilap sepanjang hari dan agak licin, berarti lo punya tipe wajah yang berminyak. Biasanya, pori-pori lebih besar dan kusam, juga sering ada komedo dan jerawat di wajah.

Biasanya, gangguan pada kulit wajah akan muncul kalau lo memiliki faktor genetik, pertumbuhan hormon, atau bisa juga karena stress.

 

2. Wajah Kering

Kulit Wajah Kering pada Pria

Kulit wajah yang kering itu biasanya lebih gampang mengalami kemerahan, gatal, bersisik, sampai radang kalau misalkan ada iritasi pada wajah. Kalau disentuh, akan terasa kalau kulitnya kasar dan kusam, juga kurang elastis.

Penyebabnya bermacam-macam. Bisa karena hormon, genetik, cuaca, radiasi ultraviolet, sinar matahari, kelamaan mandi air panas, atau salah penggunaan pembersih wajah.

 

3. Wajah Sensitif

Jenis Wajah Sensitif pada Pria

Untuk kulit wajah ini paling gampang mengalami alergi dan iritasi, bahkan bisa sampai ruam kalau misalkan ada faktor lain yang mempengaruhi, seperti makanan, lingkungan, atau salah pakai pembersih wajah.

Lo yang punya kulit ini harus hati-hati, soalnya wajah bisa cepat kemerahan, kering, gatal-gatal, sampai mengelupas dan terbakar.

 

4. Wajah Normal

Jenis Kulit Wajah Normal pada Pria

Buat lo yang punya tipe kulit wajah normal, selamat ya! Kulit normal itu biasanya jarang punya masalah kulit, pori-pori kecil, nggak terlalu sensitif, juga lebih bercahaya.

Kulit jenis ini biasanya seimbang antara kandungan minyak dan kandungan air pada kulitnya, jadi posisinya nggak terlalu berminyak, tapi nggak terlalu kering juga.

 

Cek juga: Cara Muka Tampil Awet Muda Selalu untuk Pria

 

 

Cara Mudah Mengetahui Jenis Kulit Wajah Lo

Pria Bercermin

Masih bingung wajah lo termasuk tipe kulit yang mana di atas? Nah, gw coba jabarkan caranya secara sederhana ya di bawah:

  • Pertama, lo bisa pakai cermin buat melihat kulit lo. Kalau ada yang cembung, lebih baik lagi, soalnya bisa terlihat lebih detail.
  • Selanjutnya, lo cek kondisi pori-pori lo. Kalau pori-pori besar dan permukaan kulit lo terlihat seperti kulit jeruk, itu artinya lo punya wajah yang berminyak. Begitu juga sebaliknya.
  • Lalu, kalau lo punya pori-pori besar di area hidung dan mata, namun nggak kelihatan di pipi, tandanya kulit wajah lo termasuk yang kombinasi.
  • Tahap terakhir, lo bisa cubit pipi lo sendiri. Kalau kenyal dan lembut, berarti kulitnya termasuk normal. Kalau berkerut, tandanya lo masuk ke tipe kulit kering atau kombinasi.

 

Cek juga: Tips Perawatan Anti Aging untuk Pria Dewasa

 

 

Tips Perawatan Wajah Pria Sesuai Jenis Kulit Wajah

Sudah tahu jenis kulit wajah lo masuk tipe yang mana?

Kalau sudah, gw mau kasih informasi panduan umum penggunaan produk perawatan wajah pria menurut jenis kulitnya.

Secara umum, ada lima tahapan perawatan kulit, tetapi hal itu bisa dibedakan dari tipe kulit yang lo punya. Setiap macam kulit itu unik, jadi gw pengen lo semua tahu cara merawatnya.

 

1. Perawatan untuk Kulit Wajah Berminyak

Dalam merawat kulit wajah yang berminyak, mencuci muka adalah hal dasar tetapi cukup penting. Normalnya, debu dan polusi itulah yang membuat wajah menjadi kusam. Soal ini, gw juga ngerasain, soalnya wajah gw termasuk yang berminyak banyak.

Cara merawat kulit wajah berminyak sebenarnya mudah, tapi harus konsisten dilakukan.

Follow Instagram Mas Kulin

Bagi lo semua pemilik kulit wajah berminyak, setidaknya lo harus mencuci muka sebanyak dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Jika memungkinkan, cuci tiga kali sehari dengan tambahan di siang hari (saat jam istirahat)

Gunakan sabun pencuci muka yang lembut dan mengandung gliserin.

Selanjutnya, gunakan toner untuk mengembalikan derajat keasaman (pH) kulit wajah. Pilih toner oil free yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori dan mengontrol produksi sebum.

Pelembab wajah bagi lo yang punya wajah yang berminyak itu bisa membantu mengontrol kadar minyak dalam kulit, tetapi jangan terlalu banyak ya.

Perawatan Wajah Pria dengan Kulit Berminyak

Langkah berikutnya, lo bisa gunakan tabir surya atau sunscreen apabila hendak beraktivitas. Fungsinya adalah untuk mencegah radiasi ultraviolet dari terik matahari. Kalau lo tidak akan terkena sinar matahari (misal: bepergian dengan mobil), pakainya sedikit saja bro..

Terakhir, lo bisa pakai masker kulit. Pilihannya bisa dengan masker madu, masker lidah buaya, masker tomat, masker almond, masker telur-lemon, atau bisa juga gunakan minyak jojoba untuk perawatannya.

Kadang, lo juga bisa pakai kertas minyak untuk membantu meminimalisir kelebihan minyak di wajah. Tapi nggak perlu tiap hari juga sih. lo bisa pakai kalau misalkan wajah lo benar-benar kelihatan berminyak.

Nah, untuk mencegah supaya wajah nggak terlalu sering terlihat mengkilap, biasanya gw sih mengurangi makan gorengan ATAU kurangi minyaknya dengan cara membungkus makanannya sebentar dengan tisu wajah. Kurangi juga makanan dengan kadar gula yang tinggi, sama makanan olahan.

Makanan yang seperti itu bisa bikin tubuh lo jadi lebih panas dan memproduksi keringat berlebih, termasuk di wajah. Makanya wajah lo jadi ‘mengkilap’ karena minyak 🙁

 

2. Perawatan untuk Kulit Wajah Kering

Kebalikan dari yang wajahnya berminyak, lo yang punya kulit wajah kering bisa mencuci muka dengan scrub yang memiliki bahan yang lembut dan tidak mengandung alkohol dan wewangian supaya bisa mengangkat sel-sel kulit mati.

Untuk pembersih wajah, lo bisa pilih produk yang punya kandungan penting untuk menjaga supaya kulit tetap lembab (moisturizer).

Berikutnya lo bisa pakai serum, karena cocok untuk pemilik wajah kering. Kandungan serum mudah diserap kulit meskipun lebih padat dari pelembab. lo bisa pakai serum supaya kulit wajah lo nggak terlalu kelihatan kering.

Perawatan Kulit Kering pada Pria

Pelembab (moisturizer) adalah perawatan paling penting bagi lo pemilik kulit wajah yang kering. lo bisa gunakan cukup sering setelah mandi selagi tidak melebihi ketentuan yang dianjurkan oleh masing-masing produk pelembab wajah.

Perawatan wajah pria untuk kulit kering difokuskan ke pelembab. Pilih dan gunakan pelembab wajah yang berjenis cream karena lebih lembut ketika diaplikasikan di wajah lo.

Tabir surya atau sunscreen juga bisa diaplikasikan ke wajah lo, tetapi pilih produk yang bisa menjaga kelembaban kulit lo sewaktu terpapar sinar matahari.

 

3. Perawatan untuk Kulit Wajah Sensitif

Sesuai dengan namanya, lo harus hati-hati dalam menerapkan perawatan untuk kulit wajah yang sensitif. Salah sedikit, kulit lo bisa kemerahan dan iritasi.

Lo bisa pakai pembersih wajah, tetapi jangan terlalu sering. Pakai pembersih wajah yang lembut, bilas dengan air hangat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk produk perawatan wajah, lo harus hindari produk yang mengandung wewangian dan alkohol karena dikhawatirkan justru akan berdampak negatif ke kulit.

Perawatan Kulit Sensitif pada Pria

Selain itu, ketika sedang mengeringkan wajah, jangan digosok. Tepuk-tepuk saja dengan kain ataupun handuk. Karena kalau digosok, ada kemungkinan kalau kulit wajah akan kemerahan.

Dalam memilih pelembab, lo bisa mencoba dengan cara mengoleskan krim itu di tangan untuk melihat reaksinya. Setelah sehari, cek kembali. Kalau tidak terdapat keluhan seperti gatal, kemerahan, atau nyeri, lo bisa aplikasikan itu di wajah lo.

Namun, lo tetap perlu mengecek kulit wajah lo baik-baik dalam kisaran waktu seminggu ke depan. Teman gw yang kulitnya sensitif, ada yang baru mengeluh setelah tiga harian menggunakan produk yang gak pas dengan kulit wajahnya.

 

4. Perawatan untuk Kulit Wajah Normal

Perawatan Kulit Normal pada Pria

Punya kulit wajah yang normal bukan berarti lo bebas menggunakan produk apa aja. Mencuci wajah setidaknya dua kali sehari tetap harus dilakukan.

Gunakan sabun pembersih wajah yang lembut dan jangan menggosok terlalu kasar ketika sedang mengeringkan wajah. Produk untuk kulit normal pun cukup banyak di pasaran, tinggal cocokkan dengan wajah lo. Biasanya, tidak ada tulisan untuk wajah tipe tertentu.

Kalau ternyata produk yang lo pakai itu bikin wajah lo jadi terlalu kering atau berminyak, lebih baik ganti produk, karena bisa jadi nggak cocok buat lo.

Serum juga boleh diberikan, selagi tidak terlalu sering. Lo juga bisa pakai pelembab dengan jenis lotion agar bisa terserap dengan baik di kulit.

 

Tambahan: Perawatan untuk Kulit Wajah dengan Facial Hair

Lo yang memiliki kumis atau jenggot, bahkan brewokan, pilihan perawatan wajahnya bisa mengikuti jenis kulit yang lo miliki. Tapi, berikan porsi berlebih untuk bagian wajah yang ditumbuhi kumis atau jenggot.

Kenapa begitu? Karena yang nggak kelihatan itu umumnya lebih berpotensi menimbulkan keluhan, mulai dari kotoran yang menumpuk hingga jerawat.

Jangan lupa untuk shaving dengan air hangat dan hati-hati agar tidak menimbulkan luka di daerah yang dicukur ya.

 

Cek juga: Cara Menumbuhkan Brewok yang Mudah Banget Dilakukan

 

 

Kesalahan Perawatan Wajah Pria yang Sering Dilakukan Banyak Orang

Di luar mencuci muka dan menggunakan produk, sebenarnya ada beberapa kesalahan perawatan wajah yang mungkin kita lakukan secara sadar atau tidak sadar.

Nah, coba lo cek daftarnya di bawah ini. Apakah lo masih melakukannya sampai sekarang?

 

1. Tidak Dijaga dari Sinar Matahari

Artinya, lo nggak menggunakan tabir surya saat berada di luar. Seharusnya, lo pakai tabir surya ketika akan beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari. Terkena sinar ultraviolet langsung bisa menyebabkan penuaan pada kulit, hiperpigmentasi, sampai ke kanker kulit.

Lo bisa pakai tabir surya setiap 3 sampai 4 jam sekali kalau mau aman. Pilih produk tabir surya yang bisa menangkal sinar UV-A dan UV-B dengan kadar SPF minimal 30. Pilih produk yang mudah meresap agar lebih nyaman saat beraktivitas.

Kesalahan akan diperparah kalau lo menggampangkan dan memberikan pertolongan pertama berupa mencuci wajah setelah terpapar sinar matahari.

 

2. Menggunakan Produk yang Tidak Cocok untuk Wajah

Kadang lo menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah, namun kandungan bahannya belum tentu cocok dan lo biarkan itu terjadi. Kasihan kulit muka lo bro 🙁

Nggak hanya itu, lo juga pasti pernah ngalamin yang namanya bercukur tanpa krim cukur. Buat kulit, itu nggak bagus, soalnya bisa bikin warna kulit berubah dan iritasi.

 

3. Menggosok Wajah Saat Mengeringkannya

Gw sudah sempet singgung di atas kalau menggosok wajah itu nggak baik bagi beberapa tipe kulit.

Solusinya adalah dengan menepuk-nepuk wajah dengan kain atau handuk ketika sedang mengeringkan.

Kalau lo sedang melakukan perawatan khusus pada wajah (contoh: laser pada wajah untuk menghilangkan jerawat), maka gunakan metode tepuk wajah ini saat cuci muka untuk mengurangi rasa sakit.

 

4. Tidak mencuci bagian atas leher/bawah dagu

Gw sempet ngalamin sendiri nih, di bawah dagu ternyata juga bisa timbul jerawat (dan bikin kesat juga):(

Bagian ini jarang tersentuh kalau lo mandi atau cuci muka terlalu cepat, apalagi kalau lo punya brewok.

Makanya, mulai sekarang jangan sampai lupa membersihkan bagian bawah dagu ya.

 

5. Jarang Membersihkan Komedo

Padahal perawatannya sederhana, tapi sering disepelekan. Komedo berbeda dengan jerawat, karena umumnya berwarna hitam dan ukurannya sangat kecil.

Cara gampangnya, lo bisa pakai pore pack kalau lagi santai supaya bisa bersihin komedo.

Lo juga bisa sih memencet kulit wajah lo untuk mengeluarkan komedo. Kalau gak mau repot, lo bisa gunakan jasa facial untuk menghilangkan komedo.

 

Cek juga: Cara Mencegah Jerawat untuk Pria

 

Nah itulah berbagai petunjuk lengkap mengenai perawatan wajah pria sekaligus cara mengenali tipe kulit wajah lo dengan mudah.

Wajah merupakan salah satu dari tiga penampilan luar yang akan dilihat oleh orang lain saat bertemu dengan lo (dua yang lain adalah rambut dan gaya berpakaian). Oleh karena itu, pastikan lo merawat wajah dengan baik ya.

Buat lo yang masih merasa asing dengan skincare pria, lo bisa cek lengkapnya di tulisan gw yang ini.

Jika lo punya pertanyaan atau tips lain seputar perawatan wajah pria, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

2 thoughts on “Tips Perawatan Wajah Pria Sesuai Jenis Kulit Wajah Lo!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *