Grooming

10 Perawatan Kulit Wajah Kering dan Kusam yang Efektif untuk Pria

Perawatan Wajah Kering dan Kusam

Hai bro, apakah lo memiliki tipe wajah kering? Penasaran dengan perawatan kulit wajah kering dan kusam yang tepat itu seperti apa?

Wajah adalah aset paling penting bagi pria atau wanita karena mempengaruhi penampilan secara signifikan. Maka dari itu, punya kulit wajah yang cerah, sehat, dan bersinar udah pasti jadi hal yang selalu diidam-idamkan.

Tapi gimana kalo kenyataannya justru menjumpai problem kulit wajah yang kering kusam? Pasti hal seperti ini bikin lo ga pede atau justru minder pas lagi ketemu orang, misalnya teman, klien kerja atau bahkan gebetan.

Problem ini sebenarnya sering terjadi dan mungkin aja lo sendiri pernah mengalaminya. Untuk itu, penting buat tahu cara perawatan kulit wajah kering dan kusam yang efektif dan ampuh diterapkan sehari-hari.

Perawatan ini mencakup beberapa faktor misalnya makanan yang dikonsumsi dan pilihan skincare yang tepat dan tidak memperburuk kulit wajah. Tapi sebelum membahasnya lebih jauh, akan semakin baik kalo lo mengetahui dulu apa saja penyebab kulit wajah kering dan kusam.

 

Penyebab Kulit Wajah Kering dan Kusam

Kesehatan kulit wajah adalah hal yang harus selalu diberi perhatian lebih. Karena jika hanya merawatnya asal-asalan, bisa jadi ga cuma kering dan kusam aja tapi muncul masalah baru seperti bruntusan dan jerawat.

Supaya masalah seperti itu gak lo alami, sebaiknya hindari juga berbagai faktor penyebabnya. Apa saja faktor tersebut? Inilah pembahasannya.

 

1. Lingkungan dan Polusi

Lingkungan bisa dibilang jadi faktor yang berhubungan langsung sama kesehatan kulit. Kalo emang sehari-hari lo sering beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya pakai lotion atau sunscreen biar ga muncul efek buruk di kulit wajah.

Udara kering dan banyak polusi akan membuat kelembaban kulit menurun sehingga berubah jadi kering. Ditambah lagi dengan kontak langsung sama matahari, lama-kelamaan kulit wajah juga bisa jadi kusam.

Selain sunscreen, untuk melindungi kulit wajah lo bisa gunakan masker tiap keluar rumah. Dengan begini polutan udara kotor dan debu tidak akan mengotori kulit wajah.

Lebih bagus lagi kalau lo siapkan facial wash buat rutin dibawa kemana-mana. Jadi ketika habis beraktivitas di luar ruangan, lo bisa cuci wajah dulu biar selalu tampil fresh dan membersihkan wajah dari kotoran yang menempel.

 

2. Dehidrasi

Penyebab utama kulit kering dari dalam tubuh adalah karena kekurangan air atau dehidrasi. Kurangnya air di tubuh bisa menurunkan aliran darah ke kulit, akibatnya kulit wajah lo akan kelihatan pucat dan kering.

Dehidrasi juga bisa berefek buruk buat kesehatan secara umum. Jadi usahakan buat minum air putih yang cukup setiap harinya, apalagi kalau emang kegiatan yang lo lakukan lebih banyak di bawah sinar matahari langsung.

Takaran yang disarankan adalah minimal 8 gelas air putih setiap hari. Untuk itu, sebaiknya selalu siapkan sebotol air putih segar ketika lo beraktivitas agar jika sewaktu-waktu merasa haus bisa segera minum.

 

3. Stres

Banyak pikiran dan stres juga bisa memicu kulit wajah berubah jadi kusam, kering, bahkan muncul jerawat. Ketika lo mengalami stres dan pikiran berlebih, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang sering juga disebut hormon stres.

Jika produksi hormon ini terlalu banyak, justru bisa berefek buruk buat tubuh. Masalah yang timbul contohnya adalah muncul memar dan garis-garis keunguan di kulit.

Hal seperti ini tentu menurunkan kesehatan kulit. Efek jangka panjangnya adalah warna kulit menjadi lebih gelap dan kusam.

Follow Instagram Mas Kulin

Solusinya adalah mencoba tetap berpikir positif ketika ada kendala dalam kehidupan sehari-hari. Lo juga bisa memanfaatkan pijat wajah agar aliran darah ke kulit wajah semakin lancar.

 

4. Faktor Genetik

Jenis kulit setiap orang tentunya berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh faktor genetik atau bawaan dari lahir.

Contohnya misal mungkin ada temen lo yang ga pernah ngasih perhatian lebih ke perawatan muka tetapi kulit wajahnya tetap cerah dan bersih. Jadi bisa dibilang emang kondisi bawaan kulitnya seperti itu.

Kalau tipikal kulit lo emang kering, tentu hal ini bisa disiasati. Salah satu caranya adalah rutin memakai produk pelembab agar kadar air di kulit tetap terjaga.

 

Cek juga: Apa itu Kulit Wajah Kombinasi dan Bagaimana Cara Merawatnya?

 

Mengatasi Kulit Kering dan Kusam Secara Alami

Jika lo emang punya problem kulit wajah kering dan kusam, sebenarnya cara mengatasinya cukup simpel dan ga perlu banyak biaya. Cara ini menggunakan bahan-bahan alami yang bisa didapatkan secara mudah, bahkan mungkin aja udah ada di rumah.

Dengan memakai bahan alami, lo akan dapat hasil yang maksimal sekaligus terhindar dari efek samping bahan kimia. Lalu apa aja bahan alami yang bisa dipakai buat merawat kulit wajah? Ini dia jenis-jenisnya.

 

1. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah sejak lama dipercaya punya efek positif ketika dipakai di kulit. Maka dari itu, banyak orang yang memanfaatkan bahan ini ketika ingin mendapatkan kulit wajah yang cerah dan mengangkat sel kulit mati.

Cara pakainya juga simpel, lo tinggal oleskan minyak zaitun ke area wajah dan leher minimal 2 kali sehari. Atau bisa juga lo mengoleskan sehabis mandi.

Tunggu beberapa menit. Kalau sudah, bilas muka pakai air bersih. Dalam jangka waktu 2 minggu, lo bisa lihat perbedaannya secara langsung.

Bahkan ga hanya mengatasi kulit kering dan kusam, minyak zaitun juga bisa memudarkan noda-noda hitam bekas jerawat. Semua itu bisa lo dapatkan asalkan memakainya secara rutin.

 

2. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Selain bagus buat rambut, lidah buaya juga bisa dimanfaatkan buat menjaga kesehatan kulit wajah. Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya secara merata ke area muka.

Ga cuma muka saja, lo juga bisa oleskan gel itu ke bagian kulit lain yang kusam. Sesudah beres mengoleskan, tunggu dulu sekitar 10 menit sampai lapisan gel-nya mengering.

Setelah itu tinggal bilas pakai air hangat. Buat mendapatkan hasil maksimal, lo bisa terapkan cara ini setidaknya 2 kali sehari.

 

3. Madu

Madu untuk Merawat Wajah

Udah jadi rahasia umum kalau madu punya banyak manfaat buat kulit. Madu juga sering digunakan sebagai masker yang dipercaya bisa mencegah penuaan pada kulit.

Madu sangat efektif membuat permukaan kulit wajah lebih halus, cerah, dan selalu terjaga kelembabannya. Tapi sebaiknya lo pilih madu murni biar hasilnya lebih maksimal.

Cara pakainya adalah dengan mengoleskan sekitar 2 sendok madu ke permukaan wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan. Tunggu sekitar 20-30 menit sampai mengering.

Kalau udah, tinggal bilas pakai air hangat. Sama seperti minyak zaitun, madu juga bisa digunakan buat menghilangkan noda hitam bekas jerawat dengan cara pakai tersebut.

 

4. Susu Murni

Susu putih untuk kesehatan wajah

Kandungan kalsium dan vitamin yang ada dalam susu bisa digunakan buat mengatasi kulit wajah kering dan kusam. Selain itu, susu murni juga efektif buat menghaluskan permukaan kulit wajah.

Caranya penggunaannya adalah dengan mencelupkan kain bersih ke dalam susu murni. Kemudian usapkan dengan sedikit tekanan ke wajah secara merata.

Tunggu sekitar 10 menit biar kandungan dalam susu meresap sempurna ke kulit. Langkah terakhir adalah membasuh muka, bisa dengan cara diusap kain atau langsung bilas dengan air bersih yang mengalir.

 

5. Apel

Buah Apel

Apel ternyata juga bisa membantu mengatasi problem yang sering muncul di kulit wajah. Ini karena kandungan vitamin pada apel yang bisa menutrisi kulit dengan baik.

Pertama siapkan buah apel segar lalu haluskan, bisa dengan cara diparut. Setelah itu lo harus pisahkan ampas apel dan air perasan.

Oleskan ampas apel dan air perasan itu secara merata ke kulit wajah. Urutannya adalah ampas yang pertama, baru kemudian air perasannya.

Tunggu beberapa saat sampai agak kering, lalu tinggal bilas dengan air bersih. Buat mengatasi kulit wajah kering dan kusam secara maksimal, lo bisa lakukan cara itu minimal sekali untuk setiap harinya.

 

Cek juga: Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah dengan Alami

 

Rutinitas Skincare yang Tepat untuk Perawatan Kulit Wajah Kering dan Kusam 

Saat ini, bisa dibilang skincare adalah barang wajib pakai, baik buat para wanita dan juga buat pria. Dengan pemakaian rutin, produk skincare sudah terbukti sukses mencerahkan kulit dalam waktu singkat.

Tapi yang ga boleh diabaikan, lo jangan sampai asal-asalan dalam memilih skincare. Jika sampai salah memilih produk dan keliru urutan pemakaiannya, bisa jadi malah muncul masalah baru di kulit wajah.

Kalau lo ingin tahu karakteristik daily skincare yang aman dan urutan pemakaian yang tepat, langsung aja ikuti pembahasannya di bawah ini. Let’s see!

 

1. Facial Wash

Produk Facial Wash untuk Perawatan Kulit Wajah Kering dan Kusam
Sumber: adorebeauty.com.au

Facial wash adalah barang yang wajib lo punya dan digunakan setiap mandi. Atau bisa juga lo gunakan facial wash secara fleksibel ketika sudah merasa kulit kering dan hilang kelembabannya.

Tapi lo harus sesuaikan kandungan facial wash sama tipe kulit. Contohnya untuk tipe kulit kering dan sensitif, sebaiknya lo gunakan tipe sabun yang memiliki pH rendah.

Hal ini berguna buat mencegah efek samping yang berlebihan. Untuk bentuk dari facial wash, jenis gel atau cair tidak disarankan buat lo yang punya masalah kulit kering.

Facial wash cair umumnya banyak mengandung surfaktan sintetis yang punya daya bersih kuat di kulit. Kandungan tersebut justru bisa menyebabkan kulit lo semakin kering.

Yang paling baik untuk tipe kulit kering dan kusam adalah facial wash tipe krim. Tipe ini juga paling gampang didapatkan dan sudah mengandung pelembab kulit wajah.

 

2. Toner

Toner untuk tipe kulit wajah kering

Setelah beres mencuci muka, lanjutkan dengan memakai toner. Fungsinya buat mengangkat kotoran yang mungkin aja ga hilang oleh facial wash.

Sama seperti sebelumnya, lo juga harus cermat memilih toner yang sesuai sama tipe kulit. Kalo memang punya kulit kering dan sensitif, sebaiknya hindari toner yag banyak mengandung alkohol dan paraben.

Buat mengatasi kulit kusam dan mencerahkan, pilih toner dengan kandungan arbutin, niacinamide, dan licorice extract. Bahan ini juga punya efek meratakan serta memudarkan noda hitam di wajah dalam waktu relatif cepat.

 

Cek juga: Pengetahuan Dasar Skincare untuk Pria yang Perlu Lo Ketahui

 

3. Moisturizer

Pelembab moisturizer untuk pria berwajah kering
Sumber: toolsofmen.com

Moisturizer atau pelembab bisa lo pakai setelah toner. Boleh juga lo menggunakan produk ini pada siang hari di sela-sela aktivitas.

Untuk kulit kering dan sensitif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pilihlah produk pelembab yang bebas alkohol dan pewangi karena rawan iritasi.

Kemudian supaya kulit kering semakin cepat teratasi, usahakan memakai pelembab yang kaya lanolin, urea, gliserin, dan asam hialuronat. Beberapa produk yang terdiri dari minyak zaitun dan minyak kelapa juga aman digunakan.

Pelembab biasanya hadir dalam bentuk krim dan lotion. Dan biar kulit wajah ga kekurangan air, pakailah pelembab secara rutin dan teratur.

 

4. Sunscreen

Sunscreen untuk pria berwajah kering
Sumber: sassytownhouseliving.com

Saat keluar rumah, penggunaan sunscreen adalah hal yang cukup penting. Disebut penting karena Sinar UV dari matahari ga baik buat kesehatan kulit kalau terkena secara langsung.

Maka dari itu lo bisa terlindungi dari sinar UV ketika menggunakan sunscreen. Pilihlah sunscreen yang free alcohol dan banyak mengandung UVA filters.

Kalau buat melindungi dari polusi dan debu, bahan detoxyl yang ada di sunscreen cukup bisa diandalkan. Dengan begini, lo ga perlu khawatir lagi ketika beraktivitas di luar ruangan karena sudah terproteksi oleh pemakaian sunscreen.

 

5. Serum

Penggunaan serum untuk pria berwajah kusam
Sumber: stocksy.com

Urutan pemakaian skincare di atas bisa lo aplikasikan di siang dan malam hari. Khusus buat malam, lo bisa ganti sunscreen sama produk serum.

Serum efektif buat menghilangkan masalah kulit kering dan karena memberikan kelembaban yang cukup. Selain itu serum juga bisa membuat kulit tambah kenyal, lembut, dan bersinar.

Pilihlah serum yang mengandung vitamin, ekstrak dedaunan, dan glycerin. Atau bisa juga lo pilih produk dengan komposisi asam amino yang bisa melembabkan kulit wajah sampai lapisan terdalam.

 

Cek juga: Yuk Kenali Berbagai Model Kerah Baju Pria Ini + Memilih Mana yang Pas

 

Nah itulah ulasan mengenai berbagai tips perawatan kulit wajah kering dan kusam yang sangat ampuh untuk para pria, meskipun wanita juga bisa sih menerapkan sebagian tipsnya.

Jangan mengabaikan perawatan kulit wajah bro. Bagaimanapun juga, wajah adalah hal pertama yang umumnya dilihat oleh orang lain. Wajah yang terawat baik dapat meningkatkan impresi lo di mata orang lain.

Buat lo yang masih bingung dengan perawatan wajah, coba cek dulu dasar-dasar memilih perawatan wajah yang pas sesuai tipe kulit lo di sini.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar perawatan kulit wajah kering dan kusam, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *