Grooming

Pengertian Grooming dan 5 Area Dasarnya yang Lo Perlu Tau!

Pengertian Grooming tidak hanya sekedar menyisir rapih bagi pria, tapi mencakup seluruh tubuh

Bro, pernah gak lo pergi hangout sama teman-teman lo dan ketebetulan bertemu sama orang baru lalu dipandang aneh karena lo cuman pake kaos lusuh, rambut acak-acakan, dan muka seperti baru bangun tidur? Mas Kulin pernah, dan sayangnya first impression orang tersebut ke gw juga berkurang drastis.

Coba bayangkan kalau seandainya yang lo temui itu calon business partner atau gebetan. Sayang kan kalau impresi mereka terlanjur jelek duluan di awal? Di sinilah lo perlu tau pengertian grooming dan bagaimana cara melakukannya secara umum.

Pengertian Grooming Secara Umum

Pengertian Grooming Secara Sederhana

Secara harafiah, pengertian grooming adalah dandan (silakan buktikan dengan Google Translate). Tentunya dandan buat pria pastinya berbeda dengan wanita ya. Toh, peralatan yang digunakan juga berbeda.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata dandan memiliki 2 arti:

  1. Mengenakan pakaian dan hiasan serta alat-alat rias
  2. Memperbaiki atau menjadikan baik (rapi)

Kesimpulannya, bagi kita kaum adam, dandan di sini lebih tepat diartikan sebagai merawat dan merapikan diri dari ujung rambut hingga ujung kaki. Tentunya harus diimbangi dengan ‘inner beauty’ ya bro, alias sikap dan perilaku yang baik.

Meski bukan bahasa Indonesia, Mas Kulin akan konsisten menggunakan istilah grooming untuk semua artikel di blog ini. Grooming sudah identik dengan dandan untuk kita para pria, dan tentunya lo bakal merasa canggung kalau seluruh kata grooming di blog ini diganti dengan ‘dandan’, bukan?

 

Keuntungan Grooming Bagi Pria

euntungan Grooming Membuat Impresi Pertama Baik

Mas Kulin sendiri dulu juga cuek bebek dengan penampilan diri sendiri. Namun bergantung kondisinya, membuat penampilan diri lebih bersih dan rapi ternyata punya banyak keuntungan bro. Ini dia beberapa keuntungan grooming bagi pria:

  1. Sebagai pelancar dalam first impression. Entah lo sedang mau wawancara kerja, bertemu klien pertama, ataupun calon mertua; yang namanya first impression itu penting bro.
  2. Menambah kepercayaan diri. Buat lo yang merasa diri kurang ganteng, grooming bisa membantu untuk membuat lo lebih confident. Bahkan kadang bisa lebih mudah memikat orang lain dibandingkan dengan mereka yang dasarnya ganteng tapi jorok dan berantakan
  3. Menjaga kesehatan organ luar, terutama kulit dan rambut. Kalau lo rajin, bukan gak mungkin kulit muka masih kencang dan minim keriput meski usia sudah 50+ tahun.
  4. Melatih disiplin dan kesabaran, karena lo perlu telaten dan rajin merawat diri sendiri.
  5. Menjadi lebih cinta terhadap diri sendiri. Maksudnya bukan narsisme ya, tapi lo akan cenderung selalu merasa bersyukur atas apa yang Tuhan sudah berikan untuk tubuh lo.

 

Area Dasar Grooming untuk Pria

Sudah mengerti soal grooming dan manfaatnya? Nah bro, Mas Kulin mau share beberapa area tubuh pria yang penting dalam grooming. Dengan mengetahui lebih dalam, lo bisa lebih mudah mengetahui area mana saja yang perlu menjadi fokus lo dalam merawat diri sehari-hari.

1. Kulit

Area Grooming - Kulit Wajah

Kulit utama yang harus dijaga adalah kulit wajah, baru disusul kulit tubuh. Wajah merupakan hal pertama yang orang lihat dan perhatikan ketika menjadi lawan bicara lo. Ada beberapa tipe wajah yang memerlukan produk perawatan yang berbeda pula. Ini akan kita bahas secara detil di artikel yang lain ya.

Kulit tubuh juga tidak bisa diabaikan sepenuhnya. Jika lo rajin merawat kesehatan dan kebersihan kulit, maka lo bisa tampak lebih muda dari umur seharusnya. Lo juga gak wajib pakai pemutih. Yang penting, kulit lo tampak bersih dan tidak kusam.

Cek juga: Cara Menghilangkan Jerawat di Muka dengan Alami yang Mudah Dilakukan!

2. Rambut di Kepala

Area Grooming - Rambut

Siapa bilang rambut itu hanya mahkotanya wanita? Buat kita para pria, rambut juga sangat mempengaruhi penampilan kita bro. Pastikan kalau rambut lo selalu dicuci bersih minimal dua hari sekali (catatan: tergantung jenis rambut, ada juga yang harus mencuci rambutnya sehari sekali).

Rambut termasuk area yang penting dalam grooming. Pertama, lo perlu mencari model rambut yang cocok dengan bentuk wajah lo. Kedua, lo juga bisa pakai gel, wax, atau semacamnya untuk menata rambut biar tampil makin keren. Jangan lupa pastikan untuk cuci rambut sebelum tidur kalau sudah pakai gel dan semacamnya untuk menjaga kesehatan rambut lo ya.

Cek juga: Apa Sih Bedanya Pomade, Wax, Gel, dan Clay?

3. Aroma Tubuh

Area Grooming - Aroma Tubuh

Aroma tubuh merupakan satu area penting bagi dalam grooming. Coba bayangin kalau lo ketemu orang kece atau cewe cantik tapi bau badannya menyengat banget. Gak enak pastinya kan? Ingat bro, kalau lo wangi (selama tidak berlebihan), orang lain akan lebih betah untuk melihat dan memperhatikan apa yang sedang lo bicarakan kepada mereka.

Yang termasuk dalam area ini antara lain aroma tubuh secara keseluruhan, aroma ketiak, dan aroma mulut. Alat grooming yang paling umum di area ini tentunya adalah parfum. Buat lo yang gak suka pewangi, setidaknya pastikan untuk pakai perspirant untuk menghambat jumlah keringat berlebih ya.

Cek juga: Jangan Salah Beli, Cek Jenis Parfum yang Sesuai untuk Lo!

4. Bulu di Wajah

Area Grooming - Kumis Jenggot

Punya bayangan untuk bulu di wajah? Yup, kumis dan jambang atau brewok termasuk di dalamnya. Sebenarnya, bulu hidung juga termasuk sih bro. Umumnya, bulu hidung ini untuk disembunyikan dari publik karena mengganggu penampilan.

Kumis dan jambang ini termasuk area yang tricky dalam grooming. Ada orang yang senang dan tidak senang dengan pria berkumis dan berjambang. Nah, daripada sibuk memikirkan pendapat orang, tentu lo sebaiknya putuskan sendiri apakah lo ingin berkumis, berjambang, atau keduanya atau bahkan tidak sama sekali. Pastikan untuk merawat kumis dan jambang lo dengan baik dan rapi ya.

Cek juga: Cara Cepat dan Aman Menumbuhkan Brewok!

5. Tubuh Bagian Luar

Area Grooming - Bulu Dada

Nah semua bagian tubuh yang tersisa masuk pada area ini. Misalnya: Bulu ketiak, bulu dada, bulu kaki, bibir, gigi, kuku, dan pusar. Meski biasanya tidak langsung terlihat jelas, area lain-lain ini akan mendukung banget penampilan lo.

Contohnya, gigi putih bersih mengkilap akan membuat senyum ceria lo melelehkan semua orang yang melihatnya (plus bisa jadi model iklan pasta gigi). Atau, memelihara bulu dada dan perut seperti gambar di atas bisa bikin lo tampak lebih seksi di mata sebagian kaum hawa. Pastikan untuk tidak lupa merawat area tubuh luar ini ya bro.

Penutup

Oke panjang juga ya artikel pertama di blog ini. Nah intinya, Mas Kulin ingin membuat lo para pembaca lebih memahami soal apa itu dan pentingnya grooming bagi pria. Beberapa orang berpikir kalau grooming itu hanya penting bagi para pria metroseksual. Tentunya hal tersebut salah besar, karena grooming sangat berpengaruh terhadap cara orang memandang kita dan membantu dalam interaksi dengan orang di sekitar kita.

Buat lo yang punya pendapat lain soal manfaat grooming, pastikan untuk meninggalkan komentar di bawah ya. Cek juga tulisan lain seputar Casual Men’s Lifestyle di blog ini. Salam Mas Kulin!

Follow Instagram Mas Kulin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *