Grooming

Panduan Model Rambut Pria Sesuai Bentuk Wajah yang Pas Buat Lo!

Model Rambut Pria Sesuai Bentuk Wajah

Rambut bukan hanya mahkota bagi seorang wanita. Buat kita para pria, rambut merupakan salah satu bagian terpenting dari tubuh kita dalam urusan gaya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memerhatikan kebersihan dan gaya rambut lo bro.

Salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan terkait urusan rambut adalah model rambut. Kali ini, Mas Kulin mau membagikan tips seputar model rambut pria sesuai bentuk wajah lo. Tapi, kita mulai dulu dengan pertanyaan mendasar yang paling penting di bawah ini.

 

Mengapa Kita Gak Bisa Sembarangan Memilih Model Rambut?

Pentingnya Memilih Model Rambut Pria Sesuai Bentuk Wajah
Whyyy?

Jawaban sederhananya: Your misfit hair will make your overall body unproportionate. Model rambut yang tidak pas malah akan membuat penampilan atas lo gak matching dengan badan lo.

Contohnya, tipe wajah bulat akan kurang cocok menggunakan model rambut yang panjang atau memiliki volume di samping kepala. Alasannya karena wajah lo makin terlihat bulat. Kalau badan lo bagus tapi kepala lo terlalu bulat karena model rambut yang gak tepat, maka lo bakal terlihat tidak proporsional saat upload foto full body di Instagram lo.

Jadi, jangan jadikan tren model rambut sebagai patokan utama. Coba ikuti model rambut rambut sesuai bentuk wajah lo, karena bentuk wajah yang paling memengaruhi model rambut yang pas untuk lo.

Cek juga: Berbagai Model Rambut Pendek Pria Buat Inspirasi Lo!

 

Cara Mudah Mengenali Bentuk Wajah Bagi Pria

Ukur Bentuk Wajah Pria

Bingung mengenali bentuk wajah sendiri? Ada tiga cara nih yang bisa lo lakukan:

 

1. Lihat ke Cermin

Ini cara yang paling umum dilakukan sekaligus paling praktis. Lo bisa tatap cermin (sambil sedikit bernarsis ria) dan pegang-pegang wajah lo. Beberapa bentuk wajah cukup mudah dikenali dengan hanya sekali lihat, seperti diamond face yang memiliki bentuk pipi pipih dan rahang keras. Namun karena subjektif, tingkat kesalahannya lumayan tinggi bro.

 

2. Survey ke Teman atau Orang Lain

Jika menilai sendiri terlalu subjektif, maka lo bisa manfaatkan keberadaan orang lain. Lo bisa tanyakan kepada mereka bentuk wajah yang lo dan dan bandingkan dengan gambar bentuk wajah pria di website Mas Kulin di bawah (P.S.: Minta mereka buka sendiri lewat handphone mereka :p). Tanya ke beberapa orang agar lebih akurat.

 

3. Gunakan Alat Pengukur

Kalau mau lebih presisi, gunakan alat pengukur. Ambil ukuran untuk bagian berikut ini:

  1. Dahi: Dari pangkal alis kiri hingga alis kanan
  2. Pipi: Dari tepi mata hingga ujung hidung (garis lurus, bukan diagonal)
  3. Panjang Wajah: Dari pusaran rambut (sekitar atas dahi) hingga ujung dagu
  4. Rahang Bawah: Dari tengah dagu hingga ujung rahang dekat telinga. Kalikan dengan dua untuk mendapat total panjangnya

Sudah selesai mengukur dan mencatat hasilnya? Kita akan bahas di bagian berikutnya terkait komposisi ukuran wajah untuk menentukan bentuk wajah lo.

 

Berbagai Bentuk Wajah Pria

Ada 6 tipe wajah pria secara umum yang dapat dilihat pada gambar di bawah ini

Panduan Mengenali Bentuk Wajah Pria
via johnlong.org

Lo bisa coba membandingkan bentuk muka lo lewat cermin atau bertanya ke orang lain dengan gambar di atas. Bagi lo yang menggunakan alat pengukur, coba bandingkan hasilnya dengan pedoman berikut:

  1. Oblong / Rectangle (Persegi Panjang): Ukuran panjang wajah lo yang paling besar, lalu ketiga ukuran lainnya cenderung sama
  2. Oval (Lonjong): Ukuran panjang wajah > Pipi & Dahi > Rahang Bawah
  3. Square (Kotak): Keempat ukuran cenderung sama, dan ujung dagu lo agak bulat
  4. Round (Bulat): Ukuran panjang wajah cenderung sama dengan pipi. Keduanya lebih lebar dari dahi. Garis rahang biasanya tidak tegas.
  5. Triangle (Segitiga): Di luar ukuran panjang wajah, ukuran rahang bawah > pipi > dahi
  6. Diamond / Reverse Triangle (Berlian): Ukuran panjang wajah > pipi > dahi > rahang bawah. Biasanya ujung dagu cukup tajam.

(Catatan: Buat yang bingung, tanda “>” berarti “lebih besar”)

 

Panduan Model Rambut Pria yang Pas Sesuai Bentuk Wajah Lo

Nah mari kita masuk ke bagian terpenting. Model rambut yang pas untuk wajah lo bisa ditemui di bawah ini:

 

1. Oblong / Rectangle Face

Oblong - Ben Affleck
Ben Affleck

 

Oblong - Jake Gyllenhaal
Jake Gyllenhaal

Wajah oblong termasuk dalam kategori wajah yang panjang. Oleh karena itu, model rambut yang lo pilih sebaiknya tidak membuat wajah lo makin terlihat panjang karena akan terkesan aneh dipandang orang lain.

Jika wajah lo termasuk oblong, maka pilihlah model rambut pendek. Penggunaan model spiky pendek atau cepak rata akan cocok untuk meningkatkan kesan maskulin dalam diri lo. Hindari model rambut yang ber-volume tinggi ke atas agar tidak membuat wajah lo terlihat semakin panjang.

 

2. Oval Face

Oval - Adam Levine
Adam Levine

 

Oval - Zac Efron
Zac Efron

Wajah oval termasuk dalam kategori wajah paling aman karena nyaris berbagai model rambut cocok untuk bentuk wajah ini. Berbeda dengan wajah oblong, bentuk rambut yang lo pilih sebaiknya yang menegaskan bentuk oval muka lo.

Lo bisa memilih model rambut pendek undercut untuk memperkuat kesan oval. Jika lo ingin tampil kalem tapi tegas, gunakan model rambut yang panjang atau ber-volume. Hindari poni karena akan membuat wajah lo terlihat bulat.

Cek juga: Rambut pendek, cocoknya pakai wax, gel, pomade, atau clay?

 

3. Square Face

Square - Henry Cavil
Henry Cavil

 

Square - Tom Cruise
Tom Cruise

Sama dengan wajah oval, wajah kotak atau persegi ini juga lumayan fleksibel dalam memilih berbagai model rambut. Pilihlah model rambut yang lebih memperlihatkan bentuk wajah lo, atau pelihara jambang untuk menimbulkan kesan wajah oblong.

Beberapa model rambut pendek yang cocok buat pemilik wajah kotak adalah undercut dan buzzcut. Lo juga bisa menggunakan model rambut panjang. Jika lo ingin terlihat lebih tegas, gunakan model rambut cepat atau belah pinggir. Hindari model belah tengah karena terkesan mengurangi nilai maskulinitas lo.

 

4. Round Face

Round - Leonardi Dicaprio
Leonardi Dicaprio

 

Round - Channing Tatum
Channing Tatum

Bentuk wajah satu ini cukup banyak dijumpai di Asia, termasuk Indonesia. Model rambut yang dipilih perlu agak selektif untuk tipe wajah ini agar lo tidak terlihat gemuk atau chubby. Kalau badan lo kurus, salah memilih model rambut untuk bentuk wajah ini akan membuat keseluruhan tubuh lo terlihat aneh 🙁

Umumnya wajah bulat tidak memiliki bagian yang menonjol (seperti ujung dagu atau rahang yang pipih). Oleh karena itu, model rambut yang cocok adalah yang memberi kesan tinggi. Lo bisa pakai model undercut atau spiky, atau yang memberikan volume ke atas. Poni masih bisa dipakai selama tidak menambah kesan bulat yang berlebihan.

Contoh gaya rambut yang perlu dihindari adalah afro atau rambut gondrong panjang. Model rambut yang sangat tipis juga sebaiknya dihindari, karena akan memperkuat kesan muka bulat.

 

5. Triangle Face

Triangle - Brad Pitt
Brad Pitt

 

Triangle - Keith Urban
Keith Urban

Ciri utama wajah tipe ini ada pada rahang yang lebar namun dahi terlihat sempit. Supaya muka lo gak makin terlihat kaya segitiga, lo bisa pilih di antara dua hal ini: tumbuhkan jambang untuk ‘memperkecil’ rahang atau pakai poni yang dinaikkan ke atas untuk ‘memperluas’ dahi.

Model rambut fauxhawk dan pompadour akan cocok untuk bentuk wajah ini. Hindari menipiskan rambut di belah kiri dan kanan kepala agar tidak memperkuat kesan dahi sempit. Intinya, lo bisa pakai model rambut pendek ataupun panjang asalkan tidak membuat dahi lo terlihat kecil.

 

6. Diamond / Reverse Triangle Face

Diamond - Ryan Gosling
Ryan Gosling

 

Diamond - Johny Depp
Johny Depp

Kebalikan dari sebelumnya, pemilik wajah ini memiliki dahi yang cenderung luas dan rahang yang terlihat pipih/kokoh. Buat lo pemilik bentuk wajah ini bisa sedikit bangga karena kesan maskulin lo sudah cukup kuat, jadi hindari model rambut yang malah menurunkan kesan maskulin lo.

Model rambut yang cocok untuk tipe wajah seperti ini adalah model rambut panjang atau yang memiliki volume besar. Model rambut yang perlu lo hindari adalah model rambut pendek karena akan membuat wajah lo terkesan garang atau kurang ramah (tapi kalau itu memang tujuan lo, ya silakan bro).

 

Jadi, Model Rambut Mana yang Lo Pilih?

Semoga panduan di atas berguna untuk menambah kegantengan lo sehari-hari ya bro. Gak ada salahnya kalau lo mau stay di satu model rambut yang sama selama cocok dengan bentuk wajah lo kok.

Apapun model rambut lo, pastikan lo juga mengikuti tips styling rambut sendiri yang gampang dilakukan di sini. Kalau lo punya saran lain untuk model rambut yang tepat, silakan bagikan di kolom komentar ya.

Cek juga tulisan lain di blog ini seputar Casual Men’s Lifestyle. Pastinya, maskulin banget bro!

4 thoughts on “Panduan Model Rambut Pria Sesuai Bentuk Wajah yang Pas Buat Lo!”

    1. Tenang bro, jangan panik 🙂 Pertama, bisa cek di atas untuk gambar perbandingan bentuk wajah. Kalau orang Indonesia, biasanya bingungnya di antara wajah oval vs round (kalau dagu lo gak ‘tajam’) atau triangle vs diamond (kalau dagu lo ‘tajam’)

      Kalau bingung di antara triangle atau diamond, kuncinya di lebar dahi. kalau dahi lo terkesan lebar / luas (angkat rambut poni), bentuk wajah lo masuk diamond. Jika sebaliknya, berarti triangle.

      Yang memang sulit itu oval vs round sih. Mungkin perlu tanya pendapat dari orang-orang di sekitar lo. Kalau menurut mereka bentuk kepala lo ‘agak manjang’, wajah lo masuk ke oval. Tapi kalau wajah lo cenderung seperti lingkaran sempurna (gak terlihat ‘manjang’), masuknya ke round.

      Kalau mau presisi bisa diukur sih seperti yang dijelasin di atas :p

  1. Bang gue mau nanya , bentuk wajah gue tuh tulang pipinya gede, trus rahang gede , lalu jidat nya lebar ini masuknya ke bentuk muka diamond ya?

    1. Hai bro, kalau dari deskripsi wajah lo, bisa masuk ke diamond atau oblong. Kalau bentuk dagu lo keliatan jelas, condongnya lebih ke diamond. Atau, kalau lo merasa wajah lo ‘panjang’, cocoknya masuk ke oblong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *