Grooming

Panduan Merawat dan Mencukur Bulu Ketiak Pria yang Benar!

Panduan Merawat dan Mencukur Bulu Ketiak Pria

Gak hanya wanita, pria juga punya banyak daerah sensitif di tubuhnya yang memerlukan perhatian dan perawatan khusus bro.

Selain daerah privat seperti selangkangan, area tubuh kita yang biasanya jarang diperhatikan adalah ketiak.

Apakah di antara lo ada yang merasa ketiaknya berbau atau bulunya tumbuh terlalu lebat?

Nah, tulisan Mas Kulin kali ini bakal membahas serba serbi bulu ketiak pria, mulai dari penyebab bau, cara mencukur bulu ketiak, sampai tips umum perawatannya.

Sebelum lo melirik-lirik daerah ketiak lo, baca dulu tulisan di bawah sampai habis ya bro 🙂

 

Penyebab Bau Ketiak Pada Pria

Penyebab Ketiak Bau pada Pria

Pernahkah lo mendengar celotehan teman atau pasangan lo bahwa ada bau gak enak dari tubuh lo?

Kalau bukan bau mulut atau bau badan, maka penyebab satu lagi yang memungkinkan adalah bau ketiak (atau kasarnya bau kelek).

Pelajari penyebab bau ketiak di bawah ini supaya lo bisa mengurangi baunya bro.

 

1. Sering Makan Makanan yang Berbau Menyengat

Makanan yang baunya menyengat seperti jengkol atau bawang gak hanya berpotensi bikin mulut lo jadi bau bro.

Keringat lo akan menjadi lebih keruh dan berbau tidak sedap.

Hal ini menyebabkan daerah ketiak yang yang mudah berkeringat menjadi gampang banget berbau tidak enak.

Bau ketiak lo akan semakin parah kalau bulunya lebat bro.

Cek juga: Cara Mencegah dan Menghilangkan Bau Mulut yang Mengganggu Kehidupan!

 

2. Keringat yang Bercucuran

Sedikit nyambung dengan penyebab pertama, keringat yang bercucuran dan berkumpul di daerah ketiak akan membuat kotoran berkumpul.

Hal ini juga berpotensi menyebabkan bau tidak enak di daerah ketiak tersebut.

Pastikan untuk menggunakan baju dari bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun saat banyak beraktivitas.

Apabila lo tipe yang mudah berkeringat, bawalah satu buah baju ganti di tas lo untuk mencegah timbulnya bau ketiak.

 

3. Merokok

Kabar buruk bagi yang suka merokok nih. Ketiak lo berpotensi mudah mengeluarkan bau tidak sedap.

Hal ini masih berhubungan dengan keringat bro, karena merokok menyebabkan keringat lo lebih keruh dan berbau.

Cara pertama yang bisa lo lakukan untuk mengurangi dampak bau ketiak adalah mengurangi atau bahkan berhenti merokok.

Cara lainnya adalah meminimalisir terkumpulnya keringat di area ketiak dengan menggunakan baju yang menyerap keringat dan mencukur bulu ketiak.

 

4. Pakaian yang Tidak Dicuci

Terdengar sepele ya? Tapi ini sungguhan bro, dan memang balik lagi ke urusan keringat.

Jika pakaian yang lo kenakan adalah yang mudah menyerap keringat dan lo pakai lagi tanpa dicuci (biasanya baju tidur nih), maka tumpukan keringat tersebutlah yang bakal membuat ketiak lo bau (dan badan juga).

Solusinya mudah, biasakan untuk tidak memakai baju yang sama kalau lo sempat berkeringat.

Follow Instagram Mas Kulin

Kalau kasusnya untuk baju tidur dan lo gak masalah sedikit bau di rumah, yah terserah lo sih.

Cek juga: Cara Mencuci dan Merawat Jeans yang Benar agar Tidak Melar dan Rusak!

 

Bulu Ketiak Lebat versus Bulu Ketiak Tipis

Bulu Ketiak Pria Lebat atau Tipis

Salah satu yang sering menjadi pertanyaan kita adalah apakah sebaiknya pria membiarkan bulu ketiaknya tumbuh lebat atau tidak.

Dilansir dari salah satu artikel kesehatan, bulu ketiak sebenarnya tidak memiliki fungsi yang signifikan selain melindungi daerah tersebut dari gesekan, dan ada juga kegunaan secara seksual.

Secara umum, lo bisa memilih agar bulu ketiak lo:

  • Dibiarkan Lebat: Adanya kelenjar apokrin dapat meningkatkan daya tarik seksual. Jika lo atau pasangan lo suka ketiak yang lebat, ya biarkan saja.
  • Dicukur Tipis: Lebih mudah tidak bau dan juga alasan estetika. Secara umum, ketiak yang bulunya tipis cenderung lebih enak dilihat atau minimal tidak mengganggu penglihatan.

Jika lo memutuskan untuk mencukur bulu ketiak lo, silahkan cek bagian berikutnya.

 

Cara Mencukur Bulu Ketiak Pria yang Benar

Cara Mencukur Bulu Ketiak Pria yang Mudah

Bulu ketiak dapat dicukur nyaris gundul atau hanya dibuat menjadi lebih pendek, tergantung selera lo.

Frekuensi mencukur bulu ketiak untuk pria yang disarankan adalah sebulan sekali. Mirip dengan cukur rambut ya.

Cara mencukur bulu ketiak jauh lebih mudah dibandingkan mencukur rambut lo sendiri bro.

Ikuti langkah di bawah ini ya:

 

1. Lakukan dalam Kondisi Basah

Sebelum mulai mencukur, basahi dulu daerah ketiak lo agar lebih mudah dicukur.

Air yang digunakan sebaiknya air hangat.

Air hangat membuat bulu ketiak menjadi lebih lembut serta mengurangi kemungkinan terjadinya goresan atau bulu tertarik saat dicukur.

Kalau lo hanya ingin mencukur sedikit atau setengah pendek saja, cukur kering masih mungkin dilakukan.

 

2. Pakai Shaving Gel khusus Ketiak

Nah ini kasusnya sama seperti saat lo mencukur brewok.

Shaving gel berwarna transparan dan tidak berbau sehingga cocok digunakan untuk menjadi ‘fondasi’ sebelum mulai mencukur bulu ketiak.

Jika mau, lo juga bisa coba mencari shaving gel khusus bulu ketiak yang bisa ditemukan di toko online.

Oh ya, fungsi shaving gel adalah mencegah terjadinya iritasi di kulit saat bercukur.

Luka yang bisa terjadi saat cukuran di daerah ketiak akan berbahaya karena daerah tersebut tempat berkumpulnya keringat yang membawa kotoran dan bakteri dari luar bro.

Cek juga: Cara Cepat Menumbuhkan Brewok dengan Mudah!

3. Gunakan Alat Cukur atau Gunting Rambut Pendek

Oke waktunya mencukur bulu ketiak lo.

Bulu ketiak tidak disarankan dicukur hingga gundul banget bro, karena akan membuat ketiak lo gatal dan sama sekali tidak ada ‘pelindung’ di daerah ketiak lo.

Gunakan gunting rambut pendek atau alat cukur yang biasa digunakan untuk brewok.

Saat mencukur, angkat lengan yang ketiaknya dicukur melingkari kepala hingga tangan menyentuh telinga di sisi yang berseberangan.

Lakukan ini di kamar mandi agar sisa bulu ketiak mudah dibersihkan ya.

Cek juga: Panduan Memilih Model Rambut Pria berdasarkan Bentuk Wajah!

 

4. Persiapan Setelah Selesai Cukuran

Jika ada, lo bisa memakai after shave yang sering dipakai saat mencukur brewok.

Fungsinya untuk membuat bulu ketiak yang nantinya tumbuh menjadi lebih rapi bro.

Kalau gak ada, setidaknya bersihkan dengan air hangat dan keringkan dulu. Lalu, tunggu sekitar 3 menit sebelum menggunakan deodoran.

Ketiak sudah bersih dan lo siap beraktivitas dengan nyaman.

Cek juga: Cara Mencukur Bulu Kemaluan Pria yang Benar dan Mudah Dilakukan!

 

Tips Perawatan Bulu Ketiak yang Tepat untuk Pria

Pakai Deodoran di Daerah Ketiak untuk perawatan Ketiak pria

Apa saja sih yang harus diperhatikan untuk merawat bulu ketiak kita?

Berbagai tips di bawah ini berguna untuk meminimalisir bau badan yang timbul dari ketiak dan menjaga area tersebut tetap terjaga sehat.

Simak langsung di bawah bro.

 

1. Gunakan Deodoran

Tips pertama ini jelas banget ya bro. Gunakan deodoran untuk mencegah timbulnya bau pada bulu ketiak lo.

Deodoran ini sebaiknya tetap digunakan meskipun lo mencukur nyaris habis bulu ketiak lo.

Oh ya, ada satu hal yang sebaiknya lo perhatikan saat menggunakan deodoran.

Apabila lo akan memakai wewangian, maka gunakan deodoran yang tidak memiliki wangi.

Kalau ada wanginya, maka kemungkinan wewangian yang lo gunakan akan bereaksi dengan deodoran yang lo kenakan untuk menghasilkan wangi yang berbeda jauh (bahkan bisa jadi malah gak enak baunya).

 

2. Jangan Mencabut Bulu Ketiak

Apakah lo suka mencabuti bulu ketiak sendiri? Atau berpikir mencabut bulu ketiak lebih baik daripada mencukurnya?

Mencabut bulu ketiak dapat menyebabkan peradangan akar rambut ketiak yang mengakibatkan peningkatan aliran darah.

Hal ini justru membuat bulu ketiak lo tumbuh lebih lebat bro.

Jika lo punya kebiasaan mencabut bulu ketiak seperti mencabut bulu hidung, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut ya 🙂

 

3. Bersihkan Area Ketiak Setiap Mandi

Apakah lo tipe yang suka mandi terburu-buru?

Sebaiknya lakukan mandi sedikit lebih pelan bro. Jangan hanya sekedar asal semprot dengan sabun di daerah ketiak dan langsung dibilas.

Bersihkan dengan benar daerah ketiak (terutama jika lo memiliki bulu yang lebat) agar kristal keringat dan kotoran yang tersangkut di bulu ketiak lo tersapu bersih.

Jangan lupa untuk bilas dengan benar agar tidak ada sabun yang tersangkut di bulu ketiak lo ya.

 

4. Pakai Parfum yang Tidak Berlebihan

Daerah ketiak merupakan area yang bisa disemprot dengan parfum agar tidak berbau.

Namun, jumlah semprotan parfum yang terlalu banyak justru dapat menimbulkan efek sebaliknya bro.

Semprotkan parfum sekali saja di daerah ketiak, dan gunakan parfum yang wanginya cocok dengan aroma tubuh asli lo.

Dengan begini, wangi tubuh lo bakal menjadi maksimal buat menarik perhatian gebetan atau meningkatkan impresi lo saat berkumpul bersama orang lain.

Cek juga: Cara Memakai Parfum yang Benar agar Tahan Lama untuk Pria!

 

Nah itulah panduan merawat dan mencukur bulu ketiak pria yang perlu lo perhatikan.

Daerah ketiak merupakan daerah yang agak tersembunyi sehingga kita sering mengabaikan perawatan di daerah tersebut.

Sebagai pria yang sadar akan kebersihan dan perawatan tubuh, mulailah untuk tidak mengabaikan daerah ketiak dan daerah lain yang tidak terlihat langsung oleh mata ya.

Buat lo yang ingin serius merawat tubuh, silahkan membaca tulisan gw tentang pengertian grooming dan berbagai area perawatan tubuh pria ya.

Jika lo punya tips lain tentang perawatan daerah ketiak pria, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *