Fashion

Panduan Memilih Warna Sepatu Pria Agar Terlihat Matching!

Panduan Warna Sepatu Pria

Dalam urusan bergaya untuk pria, apakah lo sadar pertanyaan apa saja yang paling banyak ditanyakan oleh kita?

Yup, padu padan warna pakaian yang tepat bisa dibilang merupakan salah satu tantangan utama kita selain memilih gaya berpakaian yang pas untuk bentuk tubuh kita. Salah satu tantangan pemilihan warna yang pas adalah memilih warna sepatu pria yang pas.

Apakah lo termasuk yang kebingungan dalam hal tersebut?

Lo gak sendirian kok bro. Ada banyak teman pria kita yang bingung dan cenderung memilih warna hitam sebagai warna aman. Mas Kulin juga dulu termasuk orang yang begitu kok.

Jika lo punya sedikit waktu luang, Mas Kulin sudah coba merangkum cara memilih warna sepatu pria yang cocok untuk berbagai gaya berpakaian (terutama gaya kasual). Silakan dibaca-baca, siapa tahu lo dapat inspirasi untuk beli sepatu baru :p

 

Bagian 1: Jenis Warna Sepatu yang Cenderung Netral

Warna sepatu netral memiliki jumlah restriksi yang sedikit, sehingga cenderung aman digunakan untuk gaya berpakaian jenis apapun. Perlu diingat bahwa warna netral pada sepatu berbeda dengan warna netral pada pakaian ya, yaitu putih dan hitam.

Di bawah ini merupakan tiga warna sepatu yang sering juga disebut sebagai warna netral sepatu.

 

1. Warna Hitam

Tips memilih warna sepatu - gunakan warna netral hitam

Warna ini bisa dibilang sebagai ‘dewa’-nya warna sepatu.

Selain merupakan warna sepatu yang paling umum, warna ini cocok untuk hampir semua jenis gaya. Kalau lo menggunakan sepatu warna hitam, maka lo hampir pasti aman deh pergi ke manapun dengan gaya berpakaian apapun.

Warna hitam kurang cocok jika warna dominan pakaian lo adalah coklat dan abu-abu terang.

Oh ya, warna sepatu hitam merupakan warna yang membantu memberikan kesan ‘profesional, dewasa, mantap’. Hal ini mengakibatkan warna hitam merupakan warna favorit dalam gaya berpakaian pria.

Apakah lo termasuk yang suka gaya berpakaian serba hitam?

 

2. Warna Coklat

pakai warna coklat sebagai warna sepatu netral

Selain hitam, warna coklat merupakan warna sepatu netral yang populer digunakan pria.

Warna coklat kurang cocok dipadukan dengan pakaian formal yang didominasi warna abu gelap. Warna abu dan coklat menyebabkan kontras yang mengurangi kesan gaya formal.

Hal ini dikarenakan warna coklat merupakan warna aman yang paling informal dibandingkan warna netral lainnya.

Sedikit tambahan, warna sepatu coklat merupakan warna yang dapat memberikan kesan ‘muda, sedikit informal, rileks’. Oleh karena itu, warna sepatu coklat sangat sering dipakai untuk gaya semi formal

Jika lo menyemir sepatu lo hingga tampak mengkilap, maka sepatu kulit berwarna coklat dapat menjadi pilihan yang sangat tepat untuk gaya berpakaian formal.

Follow Instagram Mas Kulin

Cek juga: Panduan Menyemir Sepatu Kulit agar Tampak Mengkilap!

 

3. Warna Burgundy

Sepatu kulit berwarna burgundy

Pernah mendengar warna burgundy?

Dalam fashion pria, warna burgundy sebenarnya sering lo lihat. Itu lho, warna yang seperti coklat tapi agak gelap. Kadang mendekati ungu talas.

Cek gambar di atas agar lo dapat bayangan ya.

Warna burgundy hanya kurang cocok untuk gaya berpakaian serba hitam (apalagi jika lo sedang mengenakan setelan formal).

Untuk pengetahuan tambahan, warna burgundy merupakan warna yang bisa memberikan kesan ‘fleksibel, kreatif, classy’. Penggunaan sepatu berwarna burgundy sangat cocok pada acara-acara formal yang bersifat sosial dan networking karena kesan tersebut.

Cek juga: Tips Mudah Tampil Ganteng Bagi yang Gak Merasa Ganteng!

 

Bagian 2: Memilih Warna Sepatu Sesuai Warna Pakaian untuk Gaya Kasual

Bagian ini lebih dikhususkan pada pemilihan warna sepatu untuk gaya kasual (karena blog ini memang lebih difokuskan untuk gaya kasual).

Bagi lo yang menyukai atau akan mengenakan gaya formal, jangan khawatir. Tips pemilihan warna untuk gaya formal akan disinggung di bagian berikutnya.

 

1. Warna Putih Sebagai Warna Aman

panduan memilih warna sepatu pria - gunakan putih sebagai warna netral untuk gaya kasual

Pada gaya kasual, sepatu dengan warna putih cenderung aman digunakan.

Kelebihan utama menggunakan sepatu warna putih adalah lo akan tampak lebih menarik perhatian, apalagi jika lo menggunakan gaya berpakaian monochrome (hitam putih).

Kekurangan sepatu warna putih adalah mudah kotor.

Jika lo ingin memakai sepatu berwarna putih sebagai gaya utama berpakaian lo, maka lo harus siap untuk sering membersihkannya. Sedikit noda pada sepatu akan membuat penampilan lo terkesan ‘tidak bersih’ bro.

 

2. Warna Netral untuk Celana Jeans

Tips memilih sepatu pria untuk celana jeans - pakai warna netral

Jika lo menggunakan celana jeans, apalagi jika lo memilih bahan denim untuk mendominasi gaya berpakaian lo, maka gunakan warna sepatu netral.

Warna sepatu netral sudah dijelaskan di bagian sebelumnya: hitam, coklat, dan burgundy.

Yang perlu lo perhatikan ketika menggunakan celana jeans adalah jenis sepatunya. Gunakan sneakers dan loafer untuk memberi kesan kasual, atau lo bisa pakai boat shoes kalau mau menggunakan gaya semi formal.

Sebagai catatan, warna putih juga masih cocok digunakan kalau lo mau tampil kasual.

Cek juga: Panduan Jenis Sepatu Pria yang Cocok untuk Gaya Berpakaian Sehari-Hari!

 

3. Warna Senada dengan Warna Celana Panjang Selain Jeans

Cara memilih warna sepatu pria sesuai warna pakaian - gunakan yang warnanya senada

Apakah lo ingin menggunakan celana panjang jogger atau celana chino?

Kabar baiknya, jenis-jenis celana tersebut lebih leluasa untuk dipadupadankan dengan berbagai macam warna sepatu yang akan lo gunakan.

One Style Color dapat lo gunakan untuk memaksimalkan penampilan lo. Contohnya, lo menggunakan dominasi warna merah pada baju dan celana lo, maka sepatu yang lo gunakan akan tampak lebih matching ketika menggunakan warna dalam kelompok merah juga.

Jika warna pakaian lo bukan didominasi satu warna tertentu, maka ada sedikit tambahan panduan warna yang perlu lo perhatikan.

Gunakan warna sepatu yang lebih gelap dari warna celana lo, sehingga bagian atas pakaian lo akan tampak lebih menarik daripada bagian bawah.

Cek juga: Inspirasi Berpakaian Pria untuk Interview Kerja yang Benar!

 

4. Warna Edgy untuk Celana Pendek

Sepatu untuk gaya sporty dan kasual dapat memakai sepatu berwarna berani seperti biru, merah, kuning, dan sebagainya

Kabar baik bagi lo yang suka bepergian dengan celana pendek

Jika menggunakan celana olahraga atau celana selutut (bukan yang berbahan denim), maka lo akan cukup aman memakai warna yang gak netral (kuning, merah, ungu, atau warna dan motif berani lain).

Yup, inilah kesempatan lo untuk memakai sepatu dengan warna yang cukup edgy 🙂

Hanya saja, kulit lo akan lebih terekspos ketika memakai celana pendek. Cek di bagian berikutnya untuk menyesuaikan warna sepatu dengan warna kulit.

Oh ya, ada sedikit saran tambahan. Gunakan aksesoris yang warnanya sepadan dengan warna sepatu (dan kalau bisa, warna utama pakaian lo). Lo bakal tampak makin kece bro. Aksesoris yang digunakan umumnya adalah jam tangan dan topi.

Cek juga: Jenis-Jenis Jam Tangan Pria yang Tepat untuk Gaya Berpakaian yang Pas!

 

Bagian 3: Tips Tambahan untuk Pemilihan Warna Footwear

Selain panduan soal pemilihan warna sepatu yang disesuaikan dengan warna pakaian, ternyata ada beberapa hal lain yang dapat mempengaruhi pemilihan warna sepatu lho.

Silakan baca beberapa tips tambahan di bawah agar jangan sampai gaya berpakaian lo terkesan berantakan hanya karena padu padan warna yang kurang pas.

 

1. Pemilihan Warna Kaos Kaki

Sepatu formal sebaiknya tidak menggunakan kaos kaki berwarna warni kalau tidak mau disebut eksentrik

Kaos kaki merupakan ‘jembatan’ antara sepatu dengan celana lo.

Tergantung gaya berpakaian yang lo gunakan, kaos kaki bisa terlihat dan bisa juga tidak terlihat oleh orang lain.

Warna kaos kaki putih cocok digunakan dalam gaya berpakaian dan sepatu kasual. Warna hitam dan abu gelap lebih cocok digunakan untuk gaya berpakaian dan sepatu formal. Pastikan lo menggunakan kaos kaki panjang ya untuk gaya formal.

Di luar itu, silakan berkesperimen sendiri bro. Penggunaan warna kaos kaki yang senada dengan warna yang mendominasi gaya berpakaian lo akan membantu untuk membuat penampilan lo lebih kecek.

Cek juga: Kesalahan Berpakaian Pria yang Sering Tidak Disadari tapi Berakibat Fatal!

 

2. Miliki Minimal Dua Pasang Jenis Sepatu yang Berbeda Warna

Miliki beberapa sepatu pria cadangan

Sejago apapun lo dalam memiilih warna sepatu dan pakaian, tetap saja sangat disarankan agar lo punya lebih dari satu jenis sepatu.

Sepatu kets berwarna hitam cocok digunakan untuk hampir semua gaya, tapi terlihat kurang profesional dalam acara-acara formal. Sepatu pantofel coklat terkesan keren dalam mayoritas gaya berpakaian, tetapi gak cocok kalau lo memakai celana pendek.

Apapun gaya berpakaian yang menjadi andalan lo sehari-hari, lo tetap perlu minimal dua pasang jenis sepatu yang berbeda.

Supaya gak terlihat membosankan, sebaiknya warna sepatu yang lo miliki juga berbeda (misalnya hitam dan coklat). Jadi lo akan punya banyak variasi style dengan memanfaatkan sepatu yang lo miliki.

Cek juga: Tips Tampil Stylish Dengan Tetap Hemat!

 

3. Memilih Warna Sepatu Sesuai Warna Kulit

cara memilih sepatu sesuai warna kulit

Siapa sangka warna kulit dapat mempengaruhi pemilihan warna sepatu yang pas.

Jika lo pemilik kulit coklat (yang umumnya dimiliki sebagian besar penduduk Indonesia), maka lo bisa sedikit lega karena mayoritas warna sepatu akan aman untuk lo pakai. Warna netral yang dijelaskan di bagian pertama merupakan warna sepatu yang paling cocok untuk lo gunakan.

Bagi lo yang punya kulit gelap, sebaiknya gunakan sepatu dengan warna yang gelap juga.

Jika ingin menggunakan warna terang, hindari kombinasi banyak warna karena keseluruhan penampilan lo akan terlihat aneh.

Lalu tambahan bagi yang warna kulitnya putih banget, lo bisa coba untuk lebih berani dengan warna-warna kalem seperti pastel, hijau, dan oranye.

Sebagai catatan, pemilihan warna sepatu berdasarkan warna kulit ini lebih relevan ketika lo menggunakan gaya berpakaian yang mengekspos banyak bagian tubuh (celana pendek, kaos lengan pendek atau sleeveless, dan sebagainya).

 

4. Pakai Warna Netral untuk Sepatu di Style Formal

Sepatu untuk Gaya Formal

Tips yang ini sebenarnya sedikit merangkum lagi pembahasan tentang warna sepatu netral.

Gaya berpakaian formal secara umum memiliki keterbatasan dalam pemilihan warna yang tepat. Warna yang ‘benar’ untuk digunakan adalah ketiga warna netral yang dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Lo bisa saja memakai warna lain kalau memang ingin tampil eksentrik 🙂

Jika lo takut kebingungan memilih mana warna sepatu netral yang cocok untuk setelan formal yang lo pakai, kuncinya adalah satu: Warna sepatu sebaiknya lebih gelap dibandingkan warna setelan formal lo.

Dengan berpegang pada kunci tersebut, kesan profesional lo dalam balutan setelan formal akan terjaga dengan baik.

 

Nah itulah beberapa tips yang dapat lo terapkan untuk memilih warna sepatu sesuai warna pakaian yang lo kenakan.

Pemilihan warna sepatu maupun kombinasi dengan pakaian yang lo kenakan pada dasarnya tetap perlu lo coba sendiri bro. Tidak ada yang 100% benar dan salah dalam kombinasi berpakaian. Kalau lo merasa cocok dan pede dengan penampilan lo, maka silahkan teruskan.

Jika lo punya pengalaman lain yang bisa membantu memilih warna sepatu pria yang pas, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

24 thoughts on “Panduan Memilih Warna Sepatu Pria Agar Terlihat Matching!”

    1. Hahaha that’s okay bro. Memang mirip beberapa orang menanggap sepatu kets hitam identik sama jaman sekolah dulu. Kalau situ merasa begitu, gw sarankan bro pakai kets hitam campur warna lain (putih, biru, merah, etc). Biar bro gak terlalu merasa seperti memakai sepatu jadul sih.

    1. Sebenarnya masih tergantung lagi di occasion apa, tapi warna olive green kurang lebih cocok dengan:
      – warna pakaian senada. Ini selalu kombinasi warna paling aman. Jadi gunakan baju dan celana yang warnanya mirip dengan olive green (intinya masih hijau).
      – Kalau bukan pakai celana jeans (misal: joger atau chino), bisa gunakan warna yang netral atau monochrome (hitam, putih, abu)
      – Kalau mau sedikit edgy, kombinasi warna hijau, oranye, dan coklat bisa digunakan bro. Masih cukup masuk.

    1. Hai bro, sepatu converse warna gray cocok sama atasan warna putih, silver, abu, dan semacamnya kok. Warna celana biru masih agak netral, jadi tidak begitu masalah. Cuman itu beneran mau pakai kemeja dengan celana pendek bro? Kemeja + Celana pendek umumnya lebih pas digunakan kalau lo bepergian ke daerah pantai sih.

    1. Hai bro, kalau soal warna, sepatu yang warnanya abu-abu bakal cocok dipadukan dengan:
      – Celana dan baju warna abu-abu atau putih (monochromatic style)
      – Celana hitam dan baju warna abu-abu (neutral color style)

  1. lagi mau beralih dari warna hitam, mau coba warna cerah yang menggambarkan gairah anak muda, warna apa yang cocok ya buat sepatu, celana sering ganti² chino dan jeans. warna maroon hitam cocok ga ya, apa nanti keliatan aneh, atau hitam putih aja

    1. Hai bro, kalau mau menggambarkan ‘young spirit’, warna putih cerah lebih disaranin sih, dan pakainya sneakers. Bisa juga ada unsur hitamnya (tapi dominan putih). Sebenarnya ini juga tergantung sih sama warna celana lo. Mungkin buat mudahnya, lo bisa kasih gw warna celana yang lo sering pakai, serta jenis baju dan warna yang lu rencana mau gunakan.

      Warna maroon hitam di sepatu sedikit sulit buat mix match ke pakaian, dan kesannya bukan ‘young spirit’ sih. Lebih ke ‘classy’.

    1. Hai bro, warna merah marun akan cocok dengan:
      – Warna merah darah atau merah gelap lain (monochromatic)
      – Warna hijau tua atau agak gelap (Complementary)
      – Warna ungu tua / magenta (analogous)

      Nah, warna baju dan celana yang lo mau bisa pilih di ntara 3 jenis di atas.
      – Monochromatic: cari baju dan celana yang warnanya juga masih merah. Kalau lu mau tampil lebih menarik perhatian, bisa pakai merah yang agak terang
      – Complementary: Sepatu dan baju / outer sebaiknya merah, celananya bisa hijau tua supaya imbang warnanya. Kalau mau dibalik (atasan hijau, bawah merah), sebenarnya juga bisa, tapi siap-siap beberapa orang akan cenderung melihat ke bawah (merah).
      – Analogous: Sama kaya complementary
      – Neutral combination: Ini kombinasi yang selalu aman kalau merasa kurang pede sama yang di atas. Pakai warna hitam atau abu-abu.

      Semoga membantu

    1. Hi bro, sneakers coklat muda umumnya cocok dengan:
      – Warna coklat muda/tua (celana chino atau cargo coklat bakalan pas banget)
      – Warna biru pucat atau hijau kebiruan (teal)
      – Warna netral seperti abu dan putih juga cocok bro.

      Bisa pakai kombinasi warna-warna di atas ya ke celana dan baju yang lo punya.

    1. Hi bro, kalau untuk hi-res yellow, cocoknya dipadukan dengan:
      – Kombinasi warna netral (putih atau hitam) untuk main aman
      – Warna violet (complementary style)
      – Warna hijau pastel (analogous style)

      Mungkin sekedar tambahan, warna hi-res yellow itu condongnya ke warna cerah, jadi cocoknya di tipe busana kasual, dan tentunya perlu agak siap untuk ‘menarik perhatian’ kalau lo pakai yang complementary atau analogous style. Silakan gunakan kombinasi celana dan atasan/outer yang warnanya disebut di atas ya bro, yang lo merasa paling enak. Semoga membantu

  2. Halo bro, saya mau nnya untuk sepatu pantofel coklat cocok dipadankan dengan celana dan baju warna apa ya biar keliatan formal tp ttp menunjukkan jiwa muda gitu..
    Terimakasih

    1. Hai bro, untuk tampilan formal, berarti penampilan lumayan dibatasi di jenis celana dan baju ya. Untuk warna:
      – Gunakan variasi warna coklat yang senada (tampilan monochromatic), misalnya khaki
      – Gunakan warna biru (agak kontras dengan terang/gelapnya sepatu) untuk tampilan complementary. Disarankan untuk atasannya saja. Celana bisa pakai warna netral (abu) atau krem atau putih pucat

      Kalau mau kesan muda, pakainya warna yang agak cerah (untuk variasi warna yang disebut di atas ya)

  3. Kalo sepatu warna navy cocok nya pake celana apa ya,emm misalkan saya mau pake celana Chino warna moca dan sya padukan dengan sepatu warna navy apa itu cocok?

    1. Hai bro,
      – Kalau celana chino moca, maka sepatunya lebih cocok yang warnanya Teal (untuk komplemen warna). Atau kalau mau monochromatic, berarti masih di sekitar coklat. Pantofel, loafer, atau boots yang warna coklat bakal pas banget
      – Kalau sepatunya yang warna navy, celana chinonya lebih cocok yang warnanya agak gelap juga di antara kuning dan coklat (untuk komplemen warna). Contohnya warna gold atau coklat yang lebih tua. Kalau mau lebih ngejreng sedikit, lo bisa pakai celana chino yang warnanya teal.

    1. Hi bro, warna krim cocok sama:
      – Analogous: Warna Violet muda, tapi rasanya sepatu jarang sih yang warnanya seperti ini (dan agak ngejreng kalau lo pakai sehari-hari)
      – Monochromatic: Warna emas tua atau coklat pucat (bukan coklat susu). Ini lebih pas sih buat sehari-hari.
      – Complementary: Warna-warna pastel. Misalnya pink pucat. Ini cocoknya kalau lu mau pemotretan dengan nuansa pastel sih. Kalau buat sehari-hari kurang pas.

      Semoga membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *