Fashion

Tips Padu Padan Warna Merah untuk Penampilan Makin Kece

Padu Padan Baju Merah

Bro, sebentar lagi Hari Raya Imlek nih.

Lo tahu kan, kalau Imlek itu identik dengan merah? Buat yang merayakan, sudah ada persiapan apa aja nih dalam menyambut Imlek?

Gw sendiri sih udah mempersiapkan beberapa busana berwarna merah untuk digunakan saat Imlek nanti sih. Tadinya gw sempet bingung mau pakai baju apa, celana apa, aksesoris apa, supaya bisa tampil kekinian tapi tidak terlihat norak :p

Kalau kita pakai busana full merah sebadan, penampilan kita akan terlihat terlalu edgy sih bro. Apalagi kalau yang dipakai dari atas sampai bawah adalah merah terang.

Bagaimana kalau busana merah lo coba dipadu padankan dengan pakaian berwarna lain ataupun ditambahkan dengan aksesoris supaya nggak kelihatan membosankan?

Yuk simak berbagai tips padu padan warna merah di tulisan gw kali ini.

Makna Warna Merah Bagi Pria

Busana Merah pada Pria

Biasanya, pria identik dengan warna-warna yang kalem atau netral seperti biru, cokelat, putih, atau hitam. Namun, nggak sedikit juga pria yang menyukai warna merah dan menjadikan merah sebagai warna favoritnya.

Secara umum, warna merah melambangkan simbol keberanian. Oleh karena itu, banyak film, anime, atau tokusatsu yang tokoh utama atau pemimpinnya menggunakan simbol dan busana merah (contoh gampangnya, seri Power Ranger).

Jika diterjemahkan ke dalam karakterisasi manusia, pemakai busana warna merah, apalagi yang menyukainya, dianggap memiliki emosi yang sulit terkontrol.

Meskipun demikian, kesan protektif dan pelindung terkadang timbul oleh pria pengguna warna merah. Buat lo yang sulit jatuh cinta, mungkin bisa menggunakan warna merah sebagai perwakilan dari sifat lo.

Cek Juga: Pengalaman Konsultasi Masalah Kesehatan Pria di Klinik Digital

 

Padanan Busana Merah

Kalau lo kepikiran untuk menggunakan pakaian berwarna merah pertama kalinya, gw saranin untuk menghindari pakaian yang full berwarna merah tanpa ada motif ataupun warna lain.

Lo bakal jadi pusat perhatian apabila mengenakan warna merah yang terlalu dominan. Jika itu tidak sesuai dengan kepribadian, lo nantinya akan merasa risi dan kurang percaya diri.

Oleh karena itu, gw udah ngumpulin beberapa contoh padu padan busana merah untuk pria.

 

1. Jaket/Sweater Merah

Jaket Merah Pria

Lo udah pernah coba pakai sweater atau jaket berwarna merah untuk kegiatan sehari-hari? Terlihat mencolok, memang. Namun, kalau dipadukan dengan pakaian lain akan terlihat lebih kalem.

Jika warna merah menyala terlihat terlalu mencolok, gunakan jaket atau sweater maroon. Bagian dalam bisa gunakan kaos putih supaya terlihat lebih sejuk. Gunakan celana berwarna gelap seperti navy blue atau hitam supaya tidak terlalu menonjol di keramaian.

Untuk tambahan, lo bisa padukan dengan topi berwarna senada dengan celana dan sepatu yang memiliki sedikit corak merah tetapi berwarna dominan gelap.

 

2. Kaos Merah

Kaos Merah Pria

Lo semua pasti setidaknya punya kaos oblong kan? Gw juga punya, terutama warna merah kesukaan gw. Selain karena cocok digunakan di negara tropis seperti Indonesia ini, kaos juga bisa dikenakan di berbagai situasi.

Kaos merah itu bisa sebagai bahan latihan lo mengenakan busana berwarna merah. Kalau lo punya kaos merah, bisa jadikan pakaian santai dengan celana selutut atau ¾ berwarna krem (beige).

Namun, kalau pergi ke tempat yang membutuhkan gaya berpakaian yang modis, lo bisa padu padankan dengan jaket Harrington berwarna gelap, tetapi dengan resleting yang terbuka.

Pilih celana dan sepatu berwarna netral seperti hitam atau putih supaya terlihat lebih lembut. Niscaya kaos merah lo akan terlihat lebih modis tetapi tidak terlalu mencolok.

 

3. Kemeja Merah

Kemeja Merah Pria

Bicara soal kemeja merah, apa lo punya kemeja flanel kotak-kotak merah? Kemeja itu cocok sekali untuk kondisi casual dan bisa dipadu padankan dengan berbagai jenis pakaian.

Lo bisa padukan dengan celana jeans berwarna biru muda dan kaos oblong berwarna gelap. Pilihan sepatu pun bisa coba gunakan sepatu bertali dengan kerah tinggi apabila punya.

Apabila hendak berpakaian yang lebih resmi, coba pilih blazer berwarna merah yang dipadukan dengan kaos Henley atau kemeja berwarna putih dan celana berwarna gelap dan sepatu yang sewarna.

Follow Instagram Mas Kulin

 

4. Celana Merah

Celana Merah Pria

Lo punya celana berwarna merah? Kalau ingin bepergian secara casual, lo bisa padu padankan celana merah dengan kaos putih dan kemeja jeans. Jangan lupa mengenakan sepatu dengan unsur warna merah.

Atau kalau lo berani, bisa contoh gambar di atas ya.

Namun, pakaian berwarna merah banyak sekali digunakan untuk berolahraga, terutama sweatpants. Lo bisa padukan dengan kaos atau sweater dengan detail atau motif yang sama.

Jangan ketinggalan juga dalam mengenakan sepatu olahraga yang memiliki motif merah dan topi baseball berwarna netral seperti putih agar penampilan lo tetap keren namun tidak terlalu mencolok.

 

5. Sepatu Merah

Sepatu Merah Pria

Kalau lo pakai sepatu merah, siap-siap menjadi pusat perhatian. Karena jika seseorang memakai warna mencolok, pasti akan menjadi pusat perhatian.

Kalau lo punya sepatu merah tetapi masih belum pandai memadu padankan dan akhirnya memilih warna senada supaya lebih aman, lo bisa pakai warna netral supaya warna merah lo terlihat semakin dominan.

Misalnya, lo punya kaos putih dan celana cokelat muda atau krem, lo bisa gunakan sepatu merah supaya lebih mencolok. Atau bisa saja dikombinasikan dengan jeans.

Lo juga bisa mengenakan celana pendek jika ingin terlihat lebih santai. Atau misalkan lo mau lebih formal, lo bisa pakai sneakers merah lo yang dipadu padankan dengan jas berwarna abu-abu beserta celana pasangannya.

 

6. Topi Merah

Topi Merah Pria

Topi sebenarnya hanya pelengkap aksesoris, dan bagi beberapa orang tidak suka pakai topi karena dianggap kurang nyaman (gw salah satunya).

Kebanyakan cowok memilih topi warna netral ataupun bernuansa lembut agar bisa dipadu padankan dengan berbagai pilihan pakaian.

Namun, kalau lo pengen pakai topi berwarna mencolok seperti merah, lo sebaiknya mengenakan pakaian berwarna netral agar topi lo semakin terlihat mencolok, bukan sekadar pelengkap.

Jika ingin mencari aman, lo bisa gunakan warna senada. Namun, kalau mau eksperimen, lo bisa juga menggunakan kaos polo navy blue dengan celana panjang krem dan minta tanggapan ke orang-orang di sekitar lo.

Cek juga: Inspirasi Bentuk Kumis Pria Paling Kece buat Lo

 

Momen yang Cocok Untuk Mengenakan Pakaian Berwarna Merah

Guys, pakaian yang kita kenakan terkadang harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Misalkan, apabila mengunjungi orang yang sedang berduka, jangan menggunakan warna yang mencolok.

Oleh karena itu, kita perlu bijak memilah pakaian supaya tidak dianggap salah kostum. Bicara tentang warna merah, ada beberapa momen yang identik dengan busana berwarna merah.

 

1. Hari Raya Imlek

Changshan - Cheongsam Pria

Warna merah yang melambangkan semangat dan keberuntungan menjadi pertanda baik dalam menyambut tahun baru Imlek. Bicara soal Imlek, ada satu busana yang nggak bisa dipisahkan, yaitu cheongsam.

Untuk pria, kita mengenalnya dengan sebutan changshan. Desainnya beragam, meski yang populer adalah yang sederhana seperti warna merah polos dengan model kancing khas busana negeri panda, membuat changshan menjadi busana pilihan utama pada saat Imlek.

Namun, bagaimana kalau lo nggak pengen pakai changshan dan mau ganti dengan busana lain? Berdasarkan pengamatan gw, lo bisa pakai pakaian apapun selama mengandung unsur merah kalau ikutan merayakan Imlek.

Sweater atau jas merah rasanya cocok untuk digunakan pada saat imlek. Mau coba?

 

2. Hari Valentine

Momen Valentine - Pria Memakai Outer Merah

Cinta yang membara dan berbunga-bunga membuat valentine identik dengan warna pink dan merah. Tidak hanya wanita yang mengenakan busana merah, pria pun bisa juga memakainya apabila ingin terlihat seragam dengan belahan jiwanya.

Kalau lo mau pakai warna merah, sebaiknya kenakan pakaian bernuansa kasual dan modis, tetapi terlihat resmi, karena berdandan yang baik itu sama saja dengan menghormati wanitamu.

Misal, lo pakai jaket merah dengan dilapisi kaos navy atau hitam, dengan celana berwarna sejuk seperti krem ataupun cokelat muda.

Tetapi kalau lo mau terlihat apa adanya, bisa gunakan kaos merah dengan celana hitam atau krem dan juga sepatu converse andalan lo.

 

3. Hari Kemerdekaan Indonesia

Pakaian Serba Merah Putih Saat 17 Agustusan

Khusus di Indonesia, hari kemerdekaan itu berarti identik dengan pakaian berwarna merah atau putih, seperti warna bendera negara kita.

Kalau lo bingung memilih pakaian untuk 17 agustusan, lo bisa pakai kaos ataupun sepatu berwarna merah.

Nah, kalau lo jadi panitia 17 agustusan, lain lagi ceritanya. Lo harus siap dengan kaos atau polo merah dengan celana olahraga yang juga berwarna merah, topi merah, dan juga peluit berwarna merah.

Jika nggak ingin terlihat kaku, bisa ganti dengan kaos putih dan sepatu putih ya bro!

 

4. Hari Raya Natal

Pakaian Santa Saat Natal

Hari raya Natal sebenarnya gak hanya bernuansa agama saja bro. Banyak banget unsur budaya non agama yang sudah identik dengan perayaan Natal, seperti Santa Klaus.

Oleh karena itu pakaian yang cocok digunakan untuk natal yaitu apalagi kalau bukan baju Santa 🙂 Namun, kalau lo nggak terlalu suka tampil mencolok seperti itu, lo bisa coba alternatif lain.

Sebenarnya Natal tidak melulu berkisar di warna merah sih. Warna putih dan hijau merupakan warna lain yang juga sering ada di musim perayaan Natal.

Lo juga bisa pakai kaos merah dengan paduan celana panjang hitam dan sepatu hitam bermotif merah, atau bisa juga sebaliknya, celana merah dengan paduan kaos hitam, sepatu hitam bermotif merah, dengan syal berwarna merah.

Jangan lupa pakai topi santa ya kalau beraktivitas kasual 🙂

Cek juga: Ide Kado Murah Tapi Bermanfaat Jangka Panjang

 

Warna Umum yang Cocok untuk Padu Padan Warna Merah

Sebagai warna yang terlihat mencolok, merah itu sebenarnya sulit apabila dipadukan dengan warna yang juga terang seperti kuning, pink, ataupun hijau.

Solusinya adalah gunakan warna-warna netral ataupun bernuansa kalem. Meskipun demikian, ada beberapa warna yang tetap cocok apabila dipadukan dengan warna merah.

 

1. Putih

Kombinasi Merah Putih

Sebagai warna yang netral, putih sangat cocok dipadukan dengan warna apapun, termasuk merah. Lo bisa memakai kaos putih dengan celana merah, jaket merah, ataupun topi merah.

Paduan warna putih dan merah ini juga menghasilkan kombinasi yang sejuk dipandang, tidak terlalu mencolok, dan tidak mengurangi rasa percaya diri bagi yang mengenakannya.

 

2. Hitam

Kombinasi Merah Hitam

Hitam dan merah juga tidak dapat dipisahkan. Semua warna merah, mulai merah cabe hingga marun, sangat cocok apabila dipadu padankan dengan warna hitam.

Lo punya celana merah? Bisa padukan dengan kaos hitam ataupun sepatu hitam. Punya kaos merah, bisa coba pakai baju hitam.

 

3. Navy Blue

Padu Padan Warna Merah dengan Biru Saat Berbusana

Warna selain warna netral yang juga cocok dipadukan dengan warna merah adalah navy blue, karena memiliki unsur lembut.

Lo bisa kombinasikan kaos merah dengan celana jins warna navy blue, atau celana merah dengan kaos navy blue, bisa juga pakai jaket merah dengan kaos navy blue.

Sebagai tambahan, jika yang lo pakai adalah merah pastel, maka warna biru yang akan cocok dipadukan dengannya adalah biru terang atau pastel
juga.

Cek juga: Tips Padu Padan Warna Sepatu Sesuai Warna Pakaian

 

Nah itulah ulasan mengenai cara padu padan warna merah yang bisa membuat penampilan lo makin kece, baik di masa Imlek ini maupun dalam kegiatan sehari-hari.

Padu padan warna pada pakaian di luar warna netral memang sedikit tricky bro. Cara paling aman ketika lo gak tahu harus pakai warna pelengkap apa adalah menggabungkannya dengan warna netral lain (putih, hitam, cokelat).

Buat lo yang takut melakukan kesalahan saat ingin menciptakan penampilan yang kece, coba cek ulasan gw di sini mengenai berbagai kesalahan pria dalam berpakaian sehari-hari ya.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar padu padan warna merah, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

2 thoughts on “Tips Padu Padan Warna Merah untuk Penampilan Makin Kece”

  1. Dalam persaingan bisnis model warna baju memang berpengaruh untuk pelanggan dan juga paduan warna salah satu yang perlu di pelajari untuk seorang desainer.
    Thanks infonya gan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *