Lifestyle

Yuk Kenali NowMe, Live Commerce Pertama di Asia Tenggara dengan Konsep Unik

NowMe Live Commerce Banner

Hai bro, lo tipe yang suka belanja barang secara online atau harus belanja di tokonya langsung?

Gw pribadi termasuk keduanya sih. Belanja di toko langsung memang enak karena lo bisa menyentuh dan mencoba barang yang ingin lo belanjakan, namun belanja secara online juga ternyata banyak keuntungannya lho.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kecanggihan teknologi yang membuat kita mampu membeli (dan menjual) secara online telah memberikan banyak keuntungan dan melahirkan banyak lapangan pekerjaan baru. Beberapa teman gw ada yang sudah berhenti kerja kantoran dan full fokus pada usaha jualan barang online lho 🙂

Berhubung baru beberapa waktu yang lalu gw belanja online, gw jadi terinspirasi untuk membuat tulisan lagi tentang kegiatan ini.

Toh, pria juga sebenarnya sama-sama senang belanja seperti wanita, dan pastinya kita harus bisa memilah barang apa, kapan dan di mana kita berbelanja untuk mendapatkan kepuasan belanja yang maksimal 🙂

Nah, gw kebetulan menemukan sebuah platform belanja online menarik untuk dibahas kali ini, namun gak ada salahnya kalau lo mendapat pencerahan dulu mengenai sepintas aktivitas belanja online ini.

 

Keuntungan Belanja Online

Pria Menggunakan Laptop untuk Belanja Online

Belanja melalui channel online memang sudah semakin populer dilakukan sejak beberapa tahun belakangan, terutama berkat maraknya perkembangan situs-situs eCommerce.

Ini lho beberapa keuntungan utama belanja dengan media online:

 

1. Hemat Waktu

Salah satu keuntungan terbesar dari belanja online adalah menghemat waktu yang diperlukan untuk pergi ke toko offline dan berkeliling di dalamnya untuk mencari barang yang diinginkan.

Bukan hanya itu saja, saat ini kebanyakan situs jualan online (terutama eCommerce besar) sudah mendukung berbagai jenis metode pembayaran (tunai atau COD, transfer bank, kartu kredit, bahkan e-Money).

Seluruh kemudahan ini sangat menghemat waktu, sehingga lo bisa melakukan kegiatan lain atas penghematan yang lo lakukan.

 

2. Bisa Memanfaatkan Promo

Toko offline juga punya promo sih, tapi toko online (terutama eCommerce) senang banget memanjakan calon pembelinya dengan hujan promo untuk membuat mereka menjadi konsumen setia.

Selama lo hanya belanja barang yang lo perlukan, berbagai promo ini bisa lo manfaatkan untuk menghemat duit dan tabungan lo 🙂

 

3. Mudah Membandingkan Ulasan

Satu hal yang lo tidak bisa lakukan saat belanja di toko offline adalah mengetahui dan membandingkan berbagai ulasan konsumen lain yang sudah berbelanja di sana.

Saat belanja online, lo bisa mengecek informasi testimoni dari pelanggan lain untuk menilai apakah produk (atau toko online) tersebut memang layak untuk dibeli.

Ini berguna banget, terutama untuk barang-barang seperti elektronik, skincare, dan sneakers.

 

4. Interaksi Langsung Antara Penjual dan Pembeli

Sebagian besar media penjualan online memungkinkan lo untuk berinteraksi langsung antara penjual dan pembeli lewat chat atau fitur diskusi produk.

Selain menghemat waktu, interaksi juga berguna agar lo bisa mengetahui lebih jelas keunggulan atau fitur produk yang ingin lo beli.

Ada juga jenis interaksi langsung penjual dan pembeli dalam bentuk live video (seperti live call), namun konsep interaksi ini masih terhitung baru di Indonesia maupun Asia Tenggara.

Platform eCommerce yang mengusung konsep interaksi seperti ini disebut Live Commerce, dan salah satu pionirnya di Asia Tenggara adalah NowMe.

Yuk cek lebih lanjut tentang platform belanja online unik ini di bagian berikutnya.

(Catatan: Seluruh tampilan screenshot aplikasi NowMe di artikel ini diambil dari versi global untuk kebutuhan ilustrasi saja. Tampilan versi aplikasi Indonesia mungkin akan berbeda / mengalami penyesuaian)

 

Cek juga: Tips Hemat Belanja Online yang Gak Bikin Tekor

 

NowMe, Live Commerce Pertama di Asia Tenggara

Seperti yang disebutkan sebelumnya, NowMe merupakan platform eCommerce dengan konsep yang tergolong baru di Asia Tenggara, tentunya termasuk Indonesia.

Follow Instagram Mas Kulin

Sebagai informasi, NowMe didirikan pada tahun 2018 di Malaysia dan memang sudah didapuk sebagai platform live commerce pertama di wilayah Asia Tenggara. Lo bisa cek acara grand launching mereka di video ini.

Konsep utamanya sendiri adalah ‘Everyone can LIVE to Sell’, jadi sudah cukup jelas bahwa NowMe membawa aktivitas livestreaming sebagai konsep utama berjualan di dalamnya. Tentunya lo tetap bisa menemukan atau menjual barang dengan cara biasa seperti platform eCommerce lain, tapi ya sayang aja kalau fitur utamanya malah gak dimanfaatkan 🙁

Di Indonesia, NowMe akan berfokus pada pemenuhan kebutuhan UKM/UMKM, termasuk dari sisi edukasi dan kemitraan. Hal ini sebagai wujud keikutsertaan NOWME menjadi bagian dari gerakan 6 Juta UKM/UMKM Go Digital di tahun 2020.

Oh ya, kategori produk yang nantinya akan tersedia di NowMe ini cukup beragam, mulai dari produk fashion (pria maupun wanita), kecantikan, elektronik, perabotan, hobi, dan masih banyak lagi.

Kategori produk NowMe Online

Dengan membawa konsep Live Shopping di Asia Tenggara dan juga Indonesia, gw pribadi merasa akan ada perubahan yang positif bagi ekosistem ritel online kita.

 

Pihak-Pihak yang Terlibat dalam Ekosistem NowMe

Jika aktivitas penjualan online umumnya hanya melibatkan penjual dan pembeli (serta penyedia platform untuk situs eCommerce), maka ada lumayan banyak pihak yang terlibat di ekosistem NowMe.

Tentunya setiap pihak ini akan memiliki keuntungannya masing-masing, jadi lo bisa cek keuntungan yang akan lo terima sebagai salah satu pihak dalam ekosistem NowMe.

 

1. Penyedia Platform

Ekosistem partner NowMe Online

Sebagai penyedia platform dengan konsep marketplace, belanja dan berjualan di situs ini tidak akan membuat kita was-was seperti saat menggunakan media sosial atau platform iklan baris online.

NowMe menekankan konsep ekosistem ritel yang dulu diperkenalkan oleh Jack Ma, pendiri dan CEO dari Alibaba Group: Pembeli → Penyedia Platform ← Penjual . Namun, akan ada tambahan berbagai mitra seperti influencer, streamer, dan agen.

Dengan mengusung konsep ini, lo tidak perlu khawatir dengan pengelolaan arus uang yang berpotensi dicurangi oleh salah satu pihak (seperti yang dulu sering terjadi pada saat konsep marketplace belum booming).

 

2. Penjual Barang

Konsep Seller Center dan Inventory Management pada NowMe Online

Penjual barang tentunya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam ekosistem belanja online.

Sebagai penjual online, ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk memasarkan produk yang ingin lo jual. Misalnya: membuat situs sendiri, menggunakan media sosial, atau menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization) dengan artikel untuk mendatangkan calon pembeli ke situs lo.

Nah, tahukah lo bahwa teknik pemasaran dengan konten video adalah satu jenis konten yang belakangan paling efektif untuk mendatangkan traffic dan calon pembeli?

Kita memang sudah berada di era konten visual, sehingga tidak heran jika media sosial berbasis visual seperti Instagram dan YouTube sangat-sangat booming dan laku digunakan untuk memasarkan barang atau jasa.

Platform NowMe yang mengusung konsep Live Shopping tentunya bakal menjadi salah satu penyedia toko online yang perlu lo coba, karena konten video sangat bagus digunakan untuk menarik traffic.

Kalau lo takut live dan kesulitan memasarkan di sini, gak perlu khawatir. Untungnya streamer dan influencer (akan segera dibahas setelah ini) merupakan bagian tidak terpisahkan dari ekosistem NowMe dan bakal membantu memasarkan produk lo 🙂

Selain itu, NowMe menyediakan sistem tracking penjualan dan persediaan barang yang cukup canggih dan mudah digunakan oleh para penjual. Jadi, lo bisa mudah mengecek kalkulasi pendapatan dan stok barang lo di sini.

 

3. Pembeli Barang

Tampilan feed atau home pada aplikasi NowMe Online

Sebagai platform Live eCommerce yang masih mengusung tema marketplace, tentunya ada banyak fitur yang bisa lo temukan di sini.

Salah satu yang paling unik adalah lo bisa mengecek barang yang sedang disiarkan pada timeline aplikasi seperti gambar di atas. Barangkali ada barang yang sedang dipromosikan oleh streamer atau seller favorit lo.

Selain itu, lo bisa memberikan review atas barang yang lo beli, mengecek review pembeli lain, menemukan produk asli yang berkualitas dengan harga bersahabat, dan yang paling penting: lo bisa berinteraksi langsung dengan penjualnya.

Pada beberapa situs eCommerce, lo bisa sih bertanya kepada si penjual melalui direct chat atau fitur diskusi produk. Hanya saja, karena ada fitur Live Shopping di sini, lo bisa langsung bertanya bagian yang lo tidak mengerti atau ingin ketahui lebih lanjut saat produk tersebut diperagakan.

Gw akui ini merupakan salah satu cara unik berbelanja online yang sangat ingin gw rasakan 🙂

Ini sangat mirip dengan jaman dulu saat TV shopping masih lumayan hot. Lo bisa telepon langsung saat produk sedang diperagakan di TV. Seru kan?

 

4. Penyiar / Streamer

Streamer di NowMe Online

Bila lo adalah orang yang tidak canggung tampil di depan kamera, maka NowMe merupakan salah satu platform yang pas untuk mengasah skill pemasaran lo.

Selain mendapatkan penghasilan sebagai streamer, lo juga bisa membangun perlahan personal branding lo sebagai seorang penyiar berbakat.

Bila lo merupakan seseorang yang masih belajar menjadi penyiar, bergabung di sini bisa lo manfaatkan untuk berlatih dan membangun kepercayaan diri sebagai calon streamer tersohor di masa depan 🙂

Lo bisa memilih kategori produk yang ingin lo siarkan dan fokus pada kategori tersebut, kemudian berinteraksi langsung dengan penonton.

Dengan begini, perlahan-lahan lo bisa membangun nama sebagai seorang expert di kategori produk yang lo jual.

 

5. Influencer

Tampilan profil user NowMe Online

Sebagai influencer yang membantu memasarkan produk di NowMe, lo juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan yang cukup menarik.

Selain tentunya menambah pundi-pundi penghasilan dari endorsement, lo bisa menambah jaringan atau koneksi dengan brand maupun sesama influencer.

Punya banyak koneksi tentunya sangat menguntungkan buat lo. Siapa tahu kan nantinya ada kerjasama lain atau kolaborasi dengan sesama influencer yang bakal menambah nilai positif buat channel lo.

Di NowMe terdapat social feature seperti media sosial pada umumnya seperti tampak pada tampilan screenshot di atas. Lo juga bisa membuat postingan untuk mempromosikan produk tertentu kepada follower-follower di aplikasi NowMe. Menarik juga ya

Oh ya, gw dapat info kalau sebentar lagi NowMe bakal mengadakan event gathering influencer pertamanya di Indonesia. Nah lumayan kan buat menambah koneksi.

 

6. Agen / Affiliate

Agent atau Affiliate pada NowMe Online

Apakah lo tahu cara mendapatkan passive income di era digital? Nah, situs belanja online seperti ini bisa menjadi passive income untuk banyak pihak yang disebutkan sebelumnya, atau lo bisa fokus menjadi agen dari NowMe.

Singkatnya, agen atau affiliate akan mendapatkan komisi ketika orang yang ia tawari untuk mengecek suatu barang di situs NowMe melakukan transaksi pembelian yang valid.

Cara paling umum yang dapat dilakukan oleh agen adalah membangun situs atau blog dan menanam affiliate link yang ditujukan ke situs NowMe. Selama situs tersebut masih aktif dan NowMe masih beroperasi, kegiatan ini dapat menjadi passive income hingga akhir hayat.

Ada tiga tingkat agen pada NowMe: VVIP, MVP, dan Master. Biasanya akan ada tabel komisi yang dapat diperoleh agen serta tracking system untuk mengetahui berapa banyak pembeli dan jumlah penjualan yang ia sumbangkan, namun saat tulisan ini dibuat gw belum menemukan informasi besaran komisi dan keuntungan dari tiap tingkatan agen.

Lo bisa pantengin terus situs NowMe atau media sosialnya untuk mendapatkan informasi yang paling up-to-date ya.

 

Cek juga: Cara Pria Tampil Stylish Tanpa Bikin Dompet Jebol

 

Nah itulah ulasan mengenai platform Live Commerce pertama yang akan hadir di Indonesia dan turut serta meramaikan pasar perdagangan online.

Gw pribadi cukup senang dengan hadirnya platform ini, soalnya gw sudah lumayan bosan dengan konsep jualan online yang itu-itu aja.

Keuntungan utama yang akan gw rasakan, terutama sebagai pembeli, adalah saat mereka nanti mulai mengangkat produk grooming pada pria dan juga fashion. Selama ini gw suka kesulitan kalau mau membeli baju online karena ribet jika sampai salah ukuran.

Oh ya, meskipun pengalaman belanja di sini pasti bakal menarik, jangan lupa untuk menjaga kondisi keuangan lo ya. Cek tulisan gw di sini untuk berbagai tips keuangan yang bisa diterapkan generasi milenial.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar NowMe, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

4 thoughts on “Yuk Kenali NowMe, Live Commerce Pertama di Asia Tenggara dengan Konsep Unik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *