Grooming

15 Model Rambut Pria Jepang Buat Penampilan Keren

Model Rambut Pria Jepang

Hai bro, senang nonton anime atau dorama Jepang? Penasaran untuk mengikuti model rambut pria Jepang yang berseliweran di acara-acara yang lo tonton tersebut?

Oke, lo pastinya sudah tidak asing dengan istilah rambut adalah mahkota kepala. Istilah ini sebenarnya tidak cuma relate sama wanita saja karena seorang pria pun perlu banget punya rambut yang keren dan sehat.

Untuk mendapatkan rambut pria yang keren tersebut, banyak pilihan model rambut yang bisa lo coba. Saat ini, salah satu model yang sedang hype dan cukup populer di Indonesia adalah model rambut pria Jepang.

Mungkin selama ini lo lebih familiar dengan model rambut pria Korea. Tapi kalau tertarik untuk mencoba tampilan yang beda dan lebih tidak mainstream, gaya rambut pria Jepang layak banget buat dijajal.

Tapi sebelum lebih jauh membahas apa saja model rambut pria yang lagi trending di Negeri Sakura tersebut, sebaiknya lo ketahui dulu apa saja keunggulannya. So, simak dulu penjelasannya di bawah ini.

 

Keunggulan Model Rambut Pria Jepang

Di tengah semakin populernya model rambut ala pria Jepang di Indonesia sekarang ini, tentu ada banyak faktor penyebabnya. Faktor yang dimaksud adalah keunggulannya yang tidak akan didapat di model rambut lain.

Jadi, kalau selama ini lo hanya fokus dengan model rambut barat dan Korea saja, coba simak dulu penjelasan keunggulan gaya rambut Jepang di bawah ini. Siapa tahu lo akan semakin tertarik dan ingin segera mencobanya.

 

1. Terlihat Lebih Stylish

Kalau lo pernah nonton film Jepang dengan genre action seperti Crows Zero, salah satu hal yang sangat ikonik adalah model rambut dari setiap pemainnya. Mereka bisa terlihat keren dan macho di film tersebut dengan gaya rambut yang beda dari kebanyakan pria.

Menariknya lagi, model rambut tersebut sebenarnya simpel dan gampang buat ditiru. Lo tinggal datang ke barbershop langganan dan bilang gaya rambut yang ingin lo coba, misal poni atau rapi klimis.

Yang jelas, lo bakalan terlihat lebih stylish dan fresh. Dengan begini, jangan heran kalau nantinya lo bakal sering dilirik oleh para wanita karena punya point of interest yang beda dari pria lain.

 

2. Perawatan Mudah

Salah satu faktor yang sering menghambat pria untuk berganti gaya rambut adalah anggapan bahwa perawatannya sulit dan butuh banyak effort. Tapi kalau lo mengadopsi rambut pria Jepang, semua anggapan seperti itu sebaiknya segera lo lupakan.

Selain terlihat stylish, pilihan model rambut ini ternyata hanya perlu treatment yang sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri. Caranya pun tidak jauh beda dengan perawatan rambut secara umum, seperti rutin keramas dan memakai conditioner.

Jadi, lo tidak perlu mengeluarkan uang berlebih buat datang ke salon. Akan semakin baik kalau lo selalu melakukan langkah preventif seperti memakai pelindung kepala tiap beraktivitas di bawah matahari biar kesehatan rambut tetap terjaga.

 

3. Tampil Beda

Keunggulan ketiga ini bisa dibilang adalah poin utama yang bakal lo dapatkan jika memilih model rambut dari Negeri Jepang. Di sini, lo akan terlihat beda dengan mayoritas pria lain di tongkrongan dan punya daya tarik tersendiri.

Biar semakin perky, lo bisa menambahkan atribut lain seperti cat rambut dengan warna soft atau light. Efek positifnya adalah lo bisa mendapatkan kesan sebagai orang yang easy going dan selalu ingin mencoba hal-hal baru.

 

Cek juga: Ingin Mewarnai Rambut? Cek Warna yang Cocok Buat Lo di Sini!

 

Berbagai Gaya Rambut Pria Jepang

Setelah mengetahui apa saja keunggulan yang langsung bisa lo dapatkan ketika memilih gaya rambut pria Jepang, jangan ragu lagi buat mencobanya. Di sini, ada banyak opsi model yang bisa lo pilih.

Follow Instagram Mas Kulin

Lo bisa gunakan beberapa pertimbangan saat menentukan. Misalnya menyesuaikan dengan tampilan outfit atau bisa juga sesuai aktivitas sehari-hari. Yang jelas, kombinasi yang tepat akan semakin memunculkan kesan trendy dan manly pada diri lo.

Biar tidak semakin penasaran, langsung aja simak pilihan 15 gaya rambut ala pria Jepang di bawah ini. Check it out!

 

1. Poni

Rambut poni Jepang Cowok
Sumber: hairstyleweekly.com

Pilihan gaya rambut yang pertama adalah poni. Model yang satu ini sangat ngetren di kalangan pria Jepang dan layak buat lo coba.

Style poni bisa diterapkan untuk semua jenis rambut, baik ikal ataupun lurus. Lo juga bisa memilih apakah prefer model full poni atau poni yang disisir belah samping.

Yang membuat style rambut ini digemari mayoritas pria Jepang adalah perawatannya yang mudah. Di sini, lo hanya perlu mengatur panjang poni sesuai keinginan tiap bulannya sesuai kenyamanan tanpa harus memodifikasi rambut bagian atas.

Selain itu, rambut poni akan sangat cocok buat pria dengan dahi lebar. Banyak pria yang terlihat lebih charming dengan pilihan model ini.

 

2. Comb Hair

Comb Hair Gaya rambut Pria Jepang
Sumber: menhairstylenow.com

Gaya rambut yang satu ini sebenarnya masih erat hubungannya dengan poni. Ciri utama comb adalah menyisir rambut ke bagian samping.

Kebanyakan pria di Jepang mengkombinasikan comb hair dengan gaya poni samping. Jadi, terlihat jelas perbedaan volume di kedua sisi rambut dimana satu bagian pasti lebih panjang.

Style comb hair cocok kalau lo pengen tampil macho dan lebih maskulin. Biar semakin ekstetik, cobalah mengkombinasikannya dengan kacamata frame bulat.

 

3. Belah Pinggir

Belah Pinggir Cowok Jepang
Sumber: pinterest.com

Model rambut belah pinggir juga cukup populer di Negara Jepang. Mereka yang memilihnya umumnya merupakan kelas pekerja yang sibuk dengan rutinitas sehingga tidak punya banyak waktu untuk menata rambut.

Kelebihan style belah pinggir adalah mudah untuk diatur, bahkan bisa terlihat rapi tanpa harus disisir. Lo yang punya tipikal rambut lurus kemungkinan besar bakal cocok dengan opsi ini.

Kesan yang muncul adalah sedikit kontemporer dan rapi. Lo juga bisa terlihat lebih fresh ketika beraktivitas sehari-hari dengan model rambut belah pinggir.

 

Cek juga: Gaya Rambut Pendek Pria Terbaru Untuk Bikin Penampilan Kece

 

4. Messy Hair

Gaya rambut Messy Hair pria Jepang
Sumber: ragsagainstthemachine.com

Di antara model rambut yang sudah disebutkan di atas, bisa dibilang model inilah yang paling sesuai dengan jiwa kaum milenial. Messy hairjauh dari kesan rapi dan bahkan lebih terlihat acak-acakan.

Walaupun begitu, lo justru bisa tampil keren dan kekinian. Kebanyakan pria di Jepang memilih model rambut messy hair ketika menghadiri kegiatan informal, seperti party atau sedang travelling.

Menariknya lagi, messy hair mudah dikombinasikan dengan berbagai model lain, misalnya undercut, klasik, atau quiff. Jadi kalo lo termasuk orang yang easy going and fun, jangan ragu untuk mencoba model rambut yang satu ini.

 

5. Medium Undercut Hair

Medium Undercut - Gaya rambut Pria Jepang
Sumber: shorthaircutsmodels.com

Model rambut berikutnya yang tidak kalah menarik adalah undercut. Yang satu ini sangat cocok diaplikasikan ke medium hair.

Medium undercut hair dicirikan dengan potongan rapi di bagian bawah dan samping rambut. Di bagian atas, lo bebas untuk mengaturnya apakah ingin terlihat natural, rapi, atau sedikit messy.

 

6. Medium Bowl Cut

Medium Bowl Cut untuk Model Rambut Pria Jepang
Sumber: allthingshair.com

Buat lo yang ingin tampil hipster dan sedikit nyentrik, cobalah model rambut medium bowl cut. Style ini cukup digemari pria muda di Jepang dan semakin dikenal melalui personel K-pop.

Namun sebenarnya tren medium bowl cut sudah dikenal sejak tahun 60-an dan sangat melekat dengan personil The Beatles. Supaya semakin stylish, lo bisa berikan sedikit sentuhan warna di rambut “mangkok” tersebut.

 

7. Buzz Cut

Buzz Cut Model Rambut Cowok Jepang
Sumber: pinterest.com

Ada beberapa pilihan model rambut yang bisa membuat looks terlihat rapi. Kalau lo cari yang paling simpel dan praktis, buzz cut adalah opsi tepat.

Buzz cut adalah gaya rambut cepak dengan panjang sekitar 1-2 cm saja. Model ini cocok buat lo yang sibuk dengan rutinitas dan cuma punya waktu minim untuk menata rambut.

 

8. Curtains Hair

Gaya rambut cowok Jepang Curtains Hair
Sumber: 2hairstyle.com

Kalau lo sering nonton drama Korea, seharusnya sudah tidak asing dengan model rambut yang satu ini. Tetapi ternyata, curtains hair juga cukup disukai kaum milenial di Negeri Sakura.

Curtains hair dicirikan dengan tampilan rambut yang sedikit panjang dengan belahan di tengah atau sedikit menyamping. Kesan yang bisa lo dapatkan adalah lebih trendy dan charming.

 

Cek juga: Inspirasi Gaya Rambut Panjang Untuk Pria Macho

 

9. Comma Hair

Comma Hair untuk Pria Jepang
Sumber: kpopmap.com

Style comma hair bisa dibilang juga identik dengan boyband Korea. Hal ini juga yang juga membuat model rambut ini banyak dilirik para remaja Jepang.

Sesuai namanya, comma hair punya tampilan rambut depan berupa poni yang membentuk lengkungan, mirip dengan tanda koma. Bahkan, gaya rambut ini sering disebut paling disukai oleh para wanita karena membuat pria terlihat lebih manis tanpa meninggalkan kesan casual.

 

10. Slicked Back

Slicked back untuk model rambut pria
Sumber: menhairstylenow.com

Style yang berikutnya ini merupakan modifikasi dari model undercut. Ciri utamanya adalah rambut bagian samping dan belakang yang dibuat lebih tipis dibanding bagian atas.

Kemudian rambut disisir full ke arah belakang. Agar lebih mudah dibentuk, sebaiknya tambahkan gel atau pomade secukupnya.

Slicked back cocok buat lo yang ingin terlihat maskulin dan manly. Sebagai variasi, lo bisa minta barberman untuk memberikan sentuhan gradasi tipis di bagian samping.

 

11. Mullet Hair

Mullet Hair gaya khas pria jepang
Sumber: haircutinspiration.com

Gaya rambut mullet sempat sangat populer di era 80-an. Di tahun 2020, tren ini kembali booming akibat dipakai oleh beberapa personel boyband Korea serta aktor laga Jepang.

Mullet hair punya tampilan medium di bagian depan dan atas kepala, namun bagian belakang dibiarkan panjang. Lo yang tertarik dengan style classic dan kontemporer, jangan ragu buat coba style yang satu ini.

Cek juga: Model Rambut Pria Korea buat Inspirasi Jadi Oppa!

 

12. Quiff Hair

Quiff Hair gaya rambut pria Jepang
Sumber: lovehairstyles.com

Opsi model rambut selanjutnya kalau lo ingin mendapatkan kesan klasik adalah quiff hair. Model ini sangat identik dengan legenda musik rock and roll, yaitu Elvis Presley.

Disini, terlihat jelas perbedaan volume rambut di bagian samping dan atas. Quiff hair dicirikan dengan bagian atas rambut yang ditata  membumbung tinggi.

 

13. Middle Part

Gaya rambut Middle Part untuk Pria Jepang
Sumber: pinterest.com

Buat lo yang punya tekstur rambut lembut dan mudah diatur, kemungkinan besar style middle part akan cocok. Model rambut ini juga termasuk simpel dan tidak perlu perawatan khusus.

Ciri utama middle part adalah tampilan belah tengah dan dikombinasikan dengan poni. Di Jepang, style ini ngetren di kalangan anak muda dan remaja karena bisa menghadirkan kesan fun dan charming.

 

14. Dandy Hair

Dandy Hair Cowok Jepang
Sumber: menhairstyleworld.com

Style rambut berikutnya yang identik dengan pria di Asia Timur adalah dandy hair. Model ini ditandai dengan poni yang diatur searah dan bisa membuat lo tampil lebih cool.

Di sini, poni diatur dengan panjang yang sama. Untuk bagian sampingnya bisa menyesuaikan keinginan, apakah ingin dipotong tipis atau dibiarkan natural saja.

 

15. Medium Curly

Medium Curly Pria Jepang
Sumber: daisukesalon.com

Pilihan gaya rambut yang terakhir ini cocok untuk lo yang punya rambut ikal alami. Medium curly punya karakteristik volume rambut tebal di bagian atas dan dibiarkan natural.

Agar semakin keren, rambut bagian samping sebaiknya dipotong tipis. Di Jepang, style medium curly cukup menarik minat pria karena membuat mereka tampil beda dan punya daya tarik tersendiri.

 

Cek juga: Tips Merawat Wajah Kering dan Kusam untuk Pria

 

Nah itulah ulasan mengenai berbagai model rambut pria Jepang yang bisa lo tiru.

Apapun bentuk gaya rambut yang ingin lo tiru, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan rambut lo ya bro. Terkadang, terlalu sering mengubah gaya rambut dalam waktu dekat (apalagi jika melibatkan produk styling) bisa menyebabkan kerusakan pada rambut.

Bagi lo yang tertarik, bisa cek tulisan di sini mengenai cara-cara menjaga kesehatan rambut yang benar ya.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar perawatan kulit wajah kering dan kusam, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *