Grooming

30 Tren Model Rambut Pendek Pria 2019 Buat Inspirasi Lo

Model Rambut Pendek Pria 2019

Setelah masa liburan panjang usai, saatnya memulai aktivitas dengan semangat baru… dan mungkin model rambut baru. Iya gak bro?

Di Indonesia, model rambut yang paling populer di kalangan pria adalah model rambut pendek.

Ada banyak keuntungan dengan memilih model rambut pendek, misalnya mudah ditata, tidak banyak menyerap panas, serta terlihat lebih profesional. Apakah lo sudah merasakan keuntungannya?

Nah sesuai tradisi Mas Kulin, tahun ini gw sudah mencoba merangkum berbagai inspirasi model rambut pendek pria 2019 yang siap lo pelototi dan tunjukkan ke barber langganan lo sebelum dicukur.

Ada beberapa tren yang masih sama dengan tahun 2018, namun banyak juga model rambut pendek yang mulai naik daun.

Cek langsung di bawah untuk inspirasi model rambut pendek favorit lo ya.

 

Tren Model Rambut Pendek Pria 2019

Kalau tahun sebelumnya tren model rambut pendek pria ‘cenderung bermain aman’, maka tahun ini ada perubahan menjadi lebih berani atau edgy bro.

Keputusan untuk memilih model yang relatif aman atau edgy ada di tangan lo. Cek langsung di bawah ya.

 

1. Model Rambut Fade

Dibandingkan dengan undercut, model rambut fade (sering disebut juga taper) punya variasi gaya rambut yang lebih banyak.

Perbedaan utama model rambut ini dengan undercut terletak pada potongan rambut di kedua sisi kepalanya.

Kalau model undercut cenderung mencukur habis atau tipis di kedua sisi kepala, maka fade memberikan gradasi tebal ke tipis ke arah leher (bukan sama rata tipisnya).

Oleh karena itu, model rambut ini sedikit lebih sulit dibuat karena pencukur rambut lo harus teliti membuat gradasi rambut lo agar fade-nya terlihat jelas.

Oh ya, model ini juga cocok buat lo yang memang rambutnya lambat tumbuh. Jadi gradasi tersebut bisa bertahan lebih lama.

Pompadour Fade
Pompadour Fade

 

Low Skin Fade
Low Skin Fade

 

Short Classic Fade
Short Classic Fade

 

Mixed Quiff Fade
Mixed Quiff Fade

 

Long Hair Fade
Long Hair Fade

 

Box Fade
Box Fade

Sedikit tambahan pengetahuan, low skin fade merupakan model fade yang membuat rambut sangat tipis sampai terlihat bagian kulit kepalanya (seperti yang di atas). Cocok buat lo yang pengen terlihat fresh dan muda.

 

2. Model Rambut Klasik / Classic

Model rambut klasik seperti sisir belakang (slicked back) ini mulai kembali populer bro, terutama dengan semakin banyaknya entrepreneur muda yang ingin terlihat profesional.

Keuntungan utama gaya klasik adalah sangat mudah di-maintain sehari-hari, bahkan umumnya lo cukup cukur pendek saja model rambut lo yang sekarang sendiri untuk membuat gaya rambut ini.

Biar lebih mantap, siapkan investasi untuk oil-based pomade agar rambut lo terlihat agak mengkilap.

Seperti yang disinggung di atas, gaya rambut juga cocok dijadikan andalan dalam aktivitas sehari-hari yang sifatnya kasual maupun formal.

Satu lagi, model rambut klasik membuat lo tampak lebih dewasa. Jika lo punya muka yang terlalu muda atau baby face, pertimbangkan untuk memakai model rambut ini.

Slicked Comb Over Hair Fade
Slicked Comb Over Hair Fade

 

Classic Combed Back
Classic Combed Back

 

Buzz Cut with Fade
Buzz Cut with Fade

 

Low Bald Fade with Side Part
Low Bald Fade with Side Part

 

Comb Over Pompadour
Comb Over Pompadour

 

Textured Slicked Back Low Fade
Textured Slicked Back Low Fade

 

3. Model Rambut Curly / Wavy

Bagi yang punya rambut ikal, model rambut berikut cocok banget lo pakai karena memang memanfaatkan tampilan rambut yang ‘belok-belok’.

Model ini menjadi trending, kemungkinan karena popularitas Tom Holland (pemeran Spiderman di Amazing Spiderman) yang sedang naik tahun ini. (Note: Tom sering menggunakan model slicked back curly atau model rambut yang mirip dengan curly combover di bawah).

Model rambut pendek ini sedikit sulit diterapkan pada yang rambutnya lurus, tapi masih bisa dilakukan kok. Lo perlu membuat rambut menjadi lebih keriting dulu.

Keuntungan menggunakan gaya rambut ini adalah membuat tampilan lo lebih muda, kebalikannya model rambut klasik sebelumnya. Selain itu, gaya rambut bergelombang juga memberikan kesan artsy , namun masih bisa digunakan dalam situasi yang formal.

Oh ya, memiliki model rambut yang bergelombang seperti di bawah ini juga membuat lo lebih mudah diingat bro, sebab bentuknya cukup unik dibandingkan model rambut pendek lainnya.

Follow Instagram Mas Kulin

Fade with Curly Fringe
Fade with Curly Fringe

 

Curly Hair Top
Curly Hair Top

 

Mullet Curly
Mullet Curly

 

Curly Mohawk
Curly Mohawk

 

Curly Combover Fade
Curly Combover Fade

 

Fresh Short Curly
Fresh Short Curly

 

4. Model Rambut Mangkok / Bowl Cut

Disadur dari salah satu sumber di luar sana, model rambut mangkok ternyata mulai ngetren lagi bro di kalangan pria.

Model rambut pendek yang satu ini cukup ikonik di kalangan pecinta franchise film Star Trek (ingat karakter Spock di film tersebut?)

Salah satu model rambut yang sangat terkenal untuk bentuk rambut ini adalah Caesar Cut, yang memang diambil dari pemimpin Romawi jaman dulu (Julius Caesar).

Keuntungan menggunakan model rambut ini adalah mudah memberikan first impression yang kuat kepada orang sekitar lo. Beneran 🙂

Tapi bukan itu saja bro. Model rambut ini bisa memberikan kesan misterius dan charming. Silakan coba sendiri deh ya.

Modern Bowl Cut
Modern Bowl Cut

 

Short Caesar Cut
Short Caesar Cut

 

Side Swept Bang with Bowl Cut
Side Swept Bang with Bowl Cut

 

Caesar Cut
Caesar Cut

 

5. Model Rambut Pendek Pria Korea

Model rambut terakhir yang sempat disinggung oleh beberapa pembaca di blog ini adalah model rambut pendek pria Korea.

Kepopuleran boyband Kpop BTS bisa jadi pemicunya, karena banyak banget wanita yang tergila-gila sama boyband tersebut.

Bisa jadi para pria ingin meniru gaya rambut mereka untuk lebih menarik perhatian para wanita, apalagi yang pecinta Kpop.

Selain itu, model rambut ini akan lebih cocok lagi dipakai jika lo menggunakan aksesoris yang mengesankan gaya Korea (misalnya kacamata Korea). Kalau mau totalitas untuk dipanggil Oppa, silakan lakukan bro.

Nah di bawah ini beberapa model rambut pria yang sering digunakan artis-artis papan atas di Korea. Ada yang bisa menebak siapa saja mereka?

Long 4 6 Bangs
Long 4 6 Bangs

 

Wavy Long Bangs
Wavy Long Bangs

 

Slightly Disheveled Quiff
Slightly Disheveled Quiff

 

Slanted Sweep Cut
Slanted Sweep Cut

 

Shaggy Bowl Cut
Shaggy Bowl Cut

 

Messy Slicked Back
Messy Slicked Back

 

Shaggy Black
Shaggy Black

 

Messy Volumed Bangs
Messy Volumed Bangs

Kalau dari gaya-gaya rambut di atas, beberapa persamaan umum gaya rambut pria Korea antara lain bangs (poni) atau shaggy (panjang dan tak beraturan). Model mana yang lo suka?

Cek juga: Cara Memilih Jenis Pomade yang Tepat Sesuai Jenis Rambut

 

Tips Menentukan Model Rambut yang Tepat

Bingung Memilih Model Rambut Pendek Pria 2019

Oke sudah puas dengan berbagai inspirasi model rambut pendek pria 2019 di atas? Nah, apakah sekarang lo malah bingung mana model rambut yang tepat buat lo?

Bingung itu wajar kok bro. Apalagi sebagai pria, rambut itu merupakan mahkota kebesaran untuk kita juga kok (gak hanya wanita saja).

Berikut ini gw bagikan sedikit tips supaya lo gak kebingungan memilih model rambut lagi ya

 

1. Perhatikan Bentuk Wajah

Yup, bentuk wajah lo sangat mempengaruhi kecocokan suatu model rambut bro.

Ada dua fungsi utama menyesuaikan model rambut dengan bentuk wajah lo, yaitu membuat bentuk wajah lo lebih seimbang atau menonjolkan bagian khas dari wajah lo.

Secara sederhana, lo bisa melihat diri di cermin untuk mendapat bayangan bentuk wajah lo: oval, bulat, kotak, berlian, atau segitiga.

Cara lainnya adalah menggambar garis di sekeliling muka dengan sesuatu yang mudah dihapus (contoh: lipstik) dan lihat bentuk yang muncul.

Untuk lengkapnya, lo bisa cek link di bawah ini ya.

Cek juga: Cara Menentukan Model Rambut yang Tepat Sesuai Bentuk Wajah

 

2. Kenali Tipe Rambut

Tipe rambut secara umum dapat dibagi dua macam: yang bergelombang alias Ikal dan yang lurus.

Untuk rambut pendek, sebenarnya sah-sah saja kok mau pakai model manapun tanpa mempedulikan apakah rambut lo bergelombang atau tidak. Sebab semua model rambut pendek di atas pada dasarnya bisa diaplikasikan untuk jenis rambut manapun.

Yang perlu diperhatikan adalah maintenance dari rambut lo.

Maksudnya begini bro. Kalau lo memilih model bowl cut tapi rambut lo sangat ikal, maka lo harus rajin membuat dan mempertahankan rambut lo menjadi lurus dulu. Jadi ada usaha tambahan yang harus lo lakukan.

Hal yang juga berlaku bagi lo yang ingin model rambut curly tapi punya rambut yang lurus.

Nah kebetulan, kalau lo sedang mencari cara meluruskan rambut, langsung klik link di bawah ini ya.

Cek juga: Cara Meluruskan Rambut yang Mudah Dilakukan Siapa Saja

 

3. Periksa Volume Rambut

Ketebalan dari rambut lo juga berpengaruh bro.

Rambut Mas Kulin bukan termasuk yang tebal, jadi akan sangat sulit untuk gw menginginkan model rambut yang butuh banyak volume rambut seperti mohawk atau bowl cut.

Carilah model rambut yang kira-kira sesuai dengan ketebalan rambut lo bro.

Kalau lo sedang berusaha memanjangkan dan menebalkan rambut lo, maka untuk sementara pilihlah model rambut yang cocok untuk rambut tipis (misalnya spiky undercut).

 

4. Konsultasi dengan Pencukur Rambut

Cara ini cocok dilakukan jika lo punya tukang cukur langganan, atau pergi ke barbershop yang tukang cukurnya up-to-date dengan gaya rambut.

Sebelum dicukur, silakan iseng bertanya model rambut pendek apa yang kira-kira cocok dengan muka lo.

Saat dia memberikan beberapa nama model rambut, jangan lupa untuk minta contoh gambar atau segera keluarkan smartphone lo dan googling nama model rambutnya.

Lebih baik lo tidak membuat asumsi sendiri dari namanya. Kalau salah, lo harus bertahan dengan model rambut yang mungkin lo kurang suka sampai saatnya cukuran lagi

Alternatif lain, buka artikel ini dan tunjukkan ke tukang cukur lo gambar-gambar model rambut di atas, dan minta pendapat dia mana yang cocok buat lo 🙂

Cek juga: Pilih Cukur di Salon atau Barbershop?

 

5. Ikuti Blog Gaya Hidup Pria

Per tulisan ini dipublikasikan, blog gaya hidup pria di Indonesia memang belum begitu banyak. Tapi, lo bisa banyak dapat inspirasi ketika mengikuti atau sering membaca blog-blog tersebut.

Salah satunya tentu blog gw di sini – sorry for shameless promotion :p

Blog gaya hidup pria, terutama yang memuat topik grooming atau perawatan tubuh pria, tentu bakal memuat berbagai tips seputar rambut.

Toh, rambut itu faktor penting dalam penampilan seorang pria.

Jangan lupa subscribe ke newsletter Mas Kulin ya buat dapat tips-tips yang up-to-date 🙂

Cek juga: Cara Mudah Menata Rambut Pria Sehari-hari

 

Nah itulah berbagai tren model rambut pendek pria 2019 untuk menjadi inspirasi ketika lo mau cukuran nanti.

Rambut pendek memang mudah dibentuk dan ditata bro. Lo juga mudah kalau mau bereksperimen dengan berbagai gaya rambut.

Jangan ragu untuk mencoba model rambut pendek baru kalau sudah bosan. Lo bisa cek juga tren model rambut pendek pria 2018 untuk dapat inspirasi tambahan. Siapa tau ada yang lo lebih suka.

Jika lo punya pertanyaan atau tips lain seputar model rambut pendek pria, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

(Catatan: Sumber foto gaya rambut diambil dari: trendspotter.com , menhairstylesnow.com , menhairstyletrends.com , dan mens-hairstylists.com)

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

6 thoughts on “30 Tren Model Rambut Pendek Pria 2019 Buat Inspirasi Lo”

    1. Sama-sama gan. Iya model Fade memang agak mirip undercut cuman beda di gradasi, terus buat gaya sehari-hari di acara apapun juga pas haha

  1. hhmm.. ini dia yang saya cari-cari, rencana mau cukur rambut yang cocok. kebetulan rambut saya agak panjang rencana mau saya cukur, setelah baca artikel ini model Shaggy Black asik juga kayaknya… makasih ya min.. referensinya bermanfaat ni.. terus berkarya min, di tunggu artikel2 menarik lainnya. hehehe, sukses selalu.

    1. Sama-sama bro. Shaggy black lumayan seru dan sedikit edgy juga dipakai di sini. Sering-sering mampir untuk cek artikel lain ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *