Grooming

10 Model Rambut Panjang Pria Paling Keren Buat Lo

Model Rambut Panjang Pria

Hai bro, buat pembaca setia blog gw, mungkin lo melihat bahwa banyak artikel yang ngebahas tentang model rambut pendek buat pria (karena gw sendiri berambut pendek sih). Nah, biar adil, kali ini gw mau membahas tentang model rambut panjang pria nih.

Tren model rambut panjang pria selalu aja berubah mengikuti perkembangan zaman. Buat lo para generasi 90-an, pasti pernah mengalami atau malah ikut-ikutan tren rambut gondrong.

Style rambut gondrong dulu dibuat populer oleh rockstar barat kayak Axl Rose dan Slash. Lo pasti juga setuju dong kalo pria berambut panjang ala sang rockstar terlihat keren banget waktu itu.

Tapi, banyak juga orang-orang yang punya anggapan kalau pria gondrong terkesan nakal dan ga bisa diatur. Ini karena para pria di zaman dulu cuma sekedar panjangin rambut doang, ga dirawat dan belum banyak variasi model rambut panjang. Jadi, mereka yang awalnya pengen keren malah jadi keliatan semrawut.

Nah, beberapa tahun terakhir, tren pria berambut panjang kembali hits lagi nih bro. Banyak macem-macem model keren yang bisa lo coba.

Dan yang bikin tambah asyik, banyak banget keuntungan yang bisa lo dapetin dengan style rambut gondrong dan ga bakalan lo dapet dengan model rambut pendek.

Gw jelasin lengkap nih buat lo semua biar makin yakin buat manjangin rambut. Check this out!

 

Keuntungan Pria Berambut Panjang

Sama seperti berambut pendek, punya rambut panjang juga tentu ada kelebihannya sendiri bro. Misalnya nih:

 

Idola Para Wanita

Faktor ini sering ga dipahami banyak pria. Para wanita ternyata punya rasa interest tersendiri sama pria berambut panjang.

Kok bisa? Gini nih bro gw jelasin. Wanita pada dasarnya suka perhatian. Sedangkan pria berambut panjang yang tidak berantakan adalah tipe pribadi yang umumnya detail-oriented, di mana mereka akan selalu mengusahakan buat menjaga rambutnya biar tetap keren, gak kusam, rontok, atau kusut.

Bayangin, pria gondrong sama rambutnya sendiri aja ngasih perhatian penuh. Kebayang dong kalo memberi kasih sayang ke wanita gimana?

Selain itu para wanita sering nganggep kalo pria gondrong itu unique. Biasanya tipe pria ini ga akan jauh-jauh dari dunia art.

Biasanya, pria gondrong itu identik sama jago main musik, ngelukis atau seorang seniman panggung. Simpelnya nih, pria gondrong sering kali dianggap kreatif oleh kaum hawa.

Pas PDKT, pria gondrong akan cenderung melakukan cara yang unik dan gak monoton. Inilah yang wanita suka. They don’t expect what will you do, and just give her some surprises!

Belum lagi kalo udah pacaran, mereka sering inisiatif ngajak jalan ke tempat yang ga mainstream kayak museum atau galeri. Di sana, para wanita bakalan diceritain sejarah benda-benda antik atau macem-macem lukisan kuno yang dipajang. Yang pasti, gw jamin hubungan lo ga bakal ngebosenin bro.

 

Terlihat Bebas dan Idealis

Pria gondrong selalu punya pemikiran sendiri yang susah ditebak. Mereka gak akan sekedar ikut-ikutan tren yang lagi hype kayak pria mainstream yang selalu gonta-ganti model rambut aneh-aneh.

Pas lagi rame belah samping, mereka buru-buru ke barbershop ganti model rambut. Eh gak lama, pas lagi hits model poni ala boyband korea, mereka juga ikut-ikut ganti.

Follow Instagram Mas Kulin

Belum lagi para pria mainstream ini bahkan rela ngabisin waktu keluar masuk barbershop cuma buat nyari pomade. Padahal ya, belum tentu cocok dipakai di rambut mereka. Ya resiko sih bro, soalnya kan mereka cuma ikut-ikutan apa aja yang lagi tren.

Hal-hal kayak gitu gak akan berlaku buat pria gondrong bro. Mereka yakin aja sama gaya rambutnya sendiri, ga cuma sekedar ikut-ikutan model rambut yang lagi tren di kampus (misalnya).

Coba deh lo punya rambut gondrong, pasti bakal pede aja gitu sama rambut lo sendiri dan ga akan neko-neko. Kerennya lagi, wanita-wanita akan ngeliat lo sebagai orang yang idealis, macho, dan berkarakter.

 

Pribadi yang Menarik dan Unik

Kalo lagi di tempat umum, pria gondrong pasti akan jadi center of interest karena memang populasinya ga banyak. Lo bakalan dianggap punya sesuatu yang beda.

Secara ga langsung, lo bakalan bikin para wanita penasaran. Ibaratnya, rambut panjang lo udah punya pesona sendiri di mata wanita.

Nah ini kesempatan yang harus lo ambil. Kasih perhatian balik ke mereka. Tunjukin kalo lo emang pribadi yang unik dan beda dari yang lain. Siapa tahu tuh wanita sukses lo jadiin gebetan.

 

Cek juga: Trik Berpakaian untuk Meningkatkan Produktivitas saat WFH

 

Model Rambut Panjang Pria dengan Gaya Rambut Man Bun

Buat lo yang pengen nyoba model rambut panjang, gw rekomendasiin buat pilih model rambut panjang pria man bun. Gaya rambut ini bisa dibilang lagi jadi tren di seluruh dunia beberapa tahun terakhir.

Di berbagai negara, gaya rambut ini punya isitilah yang beda-beda. Ada yang pakai istilah hipster bun, bro bun atau top knot. Tapi basic-nya ga beda jauh.

Man bun punya karakteristik yang unik. Lo bisa punya rambut panjang namun tetap praktis, fleksibel, dan ga ganggu aktivitas.

Tampilan basic-nya adalah mengikat rambu panjang lo di bagian mahkota kepala dan dibentuk ponytail. Selebriti top hingga atlet dunia terlihat keren waktu tampil di depan publik pake gaya rambut ini.

David Beckham dan Leonardo di Caprio adalah contoh selebritis dunia yang mempopulerkan gaya rambut ini. Di Indonesia, ada nama Chico Jericho dan Pasha Ungu yang juga sempat ramai jadi omongan karena pake gaya rambut man bun.

Nah, buat lo yang mulai tertarik sama man bun, jangan khawatir bro. Gw akan jelasin variasi gaya rambut panjang pria yang bisa lo terapin dengan basic model man bun. Kita simak bareng-bareng bos!

 

1. Undercut Man Bun

Gaya Rambut Undercut Man Bun
Sumber: Quora.com

Pengen tampil keren tapi ga ribet? Lo bisa jadiin model undercut man bun sebagai solusi.

Model ini bisa dibilang gabungan antara undercut dan basic man bun dimana rambut samping lo bakal dipotong pendek tapi tetap dengan ikat ponytail di bagian belakang.

Gaya rambut ini bisa jadi solusi bagi lo yang pengen tampil gondrong tapi ragu-ragu karena gampang ngerasa gerah.

 

2. Curly Man Bun

Gaya Rambut Curly Man Bun
Sumber: Hairstylecamp.com

Lo semua yang punya basic rambut keriting bisa cobain gaya curly man bun.

Tipsnya, di awal lo bisa pake mousse buat ngatur volume dan bikin rambut lebih mudah diatur. Contoh artis Indonesia yang sukses keliatan lebih keren dengan gaya rambut ini adalah Dul Jaelani.

 

3. Sloopy Man Bun

Model Rambut Pria Man Bun - Sloopy Man Bun
Sumber: Haircutinspiration.com

Model ini cocok buat pria dengan rambut lurus panjang.

Ciri model ini adalah posisi ponytail atau cepol rambut agak di bagian bawah kepala belakang.

 

4. Low Man Bun

Gaya Rambut Low Man Bun
Sumber: Pinterest.com

Mirip dengan sloopy, low man bun juga sering dipilih sama pria berambut lurus.

Kayak namanya, cepol rambut untuk model ini berpusat di bagian bawah kepala belakang. Percaya atau engga, style ini bikin lo makin berkharisma di mata wanita!

 

5. Macho Man Bun

Gaya Rambut Panjang Pria - Macho Man Bun
Sumber: Machohairstyles.com

Nah, buat lo yang pengen tampil gahar dan makin jantan, gw jamin macho man bun bakal jadi gaya rambut yang cocok.

Ciri utama macho man bun adalah gaya rambut lo bakalan dibiarin berantakan dan sering dibarengi sama tampilan brewok panjang. Dengan style ini, lo akan jadi tambah seksi di mata wanita tapi tetap maskulin!

 

Cek juga: Cara Menumbuhkan Brewok Biar Tampil Macho

 

6. Full Bun

Model Rambut Panjang Pria - Full Bun
Sumber: Hairmanz.com

Full bun bisa jadi pilihan tepat waktu lo pengen tampil keren dengan rambut panjang tapi tetap dalam balutan formal.

Cara membentuknya, kumpulkan rambut panjang lo di mahkota kepala dan ikat dengan elastic band. Mahkota kepala harus ada di bagian tengah antara rambut belakang dan depan.

 

7. Messy Bun

Contoh Model Man Bun - Messy Man Bun
Sumber: Pinterest.com

Style ini tidak jauh beda kalo dibandingin sama full bun. Bedanya, messy bun lebih keliatan natural.

Kalo lo termasuk orang yang sibuk dan ga punya waktu buat ngatur rambut, gw saranin pilih model ini karena bakal lebih praktis. Walaupun terlihat ngasal, gaya rambut ini tetep cocok kalo lo paduin sama setelan formal.

 

8. Slicked Back Man Bun

Contoh Gaya Man Bun Pria - Slicked Back Man Bun
Sumber: Coolmenshair.com

Slicked back cocok kalo lo pengen tampil keren di acara formal dimana rambut panjang lo disisir rapi ke belakang.

Gw sarankan untuk menambahkan sedikit pomade biar rambut lo makin klimis dan teratur.

 

9. Half Man Bun

Gaya Rambut Half Man Bun
Sumber: Edgystyl.com

Sering juga disebut samurai bun. Gaya ini gw rekomendasiin buat lo yang ga pengen aktivitasnya keganggu karena punya rambut panjang.

Cara bentuknya, pertama-tama lo buat setengah ponytail di atas kepala. Abis itu biarin setengah rambut di bagian belakang terurai, gak usah lo ikat. Gaya ini bakalan fit banget sama tipe rambut tebal.

 

10. Fade Man Bun

Model Rambut Panjang Keren untuk Pria - Fade Man Bun
Sumber: Pinterest.co.uk

Nah, lo pada yang pengen jadi pusat perhatian di kampus dan kantor, cobain deh gaya ini. Fade man bun bisa dibilang variasi model man bun paling anyar.

Dari pengalaman yang udah-udah, gaya ini sukses bikin pria jadi full stylish. Tapi buat catatan, jika lo pilih gaya rambut fade man bun, lo harus merelakan bagian belakang rambut dipotong pendek.

 

Cek juga: Tren Rambut Pendek Pria Paling Baru Tahun Ini!

 

Tips Perawatan Rambut Panjang Pria

Ada beberapa tips jitu buat lo yang pengen punya rambut panjang sehat dan keliatan keren. Di bawah ini gw jelasin lengkap tips-tips ampuh perawatan rambut panjang pria. Yang jelas ga perlu biaya mahal, bro!

 

1. Pilih Produk Perawatan Yang Sesuai

Jangan asal pakai sembarangan barang dan brand bro. Inget, semua rambut panjang mesti punya treatment khusus.

Gw kasih contoh paling simpel. Misalnya pas lo hangout ke mall dan mampir ke merchant peralatan rambut. Pas mau beli sisir, pastiin dulu gimana karakteristik rambut lo.

Kalo emang mudah rontok, belilah sisir yang geriginya lebar. Ini buat ngejaga biar rambut lo ga mudah rontok pas disisir. Cara simpel kayak gini yang perlu dilakukan dengan serius bro.

Terus pas lo mau buat ponytail, usahakan jangan asal pake iket rambut. Cuma karena alasan ga pengen ribet, lo malah pede pake karet gelang bekas nasi goreng buat ngiket rambut. Norak bro!

Hal-hal kayak gini nih yang ga lo sadari bakalan ngerusak tekstur rambut. Modal dikit lah, pake elastic band yang dilapisi kain. Tinggal cari motif atau warna sesuai favorit lo biar keliatan makin charming.

 

2. Sering-Sering Keramas

Ini nih yang suka bikin para pria mikir dua kali buat panjangin rambut. Kebanyakan pria pas rambutnya pendek mungkin cuma kepikiran dalam seminggu sekali atau dua kali aja buat keramas.

Padahal kalo rambut panjang lo pengen sehat, seenggaknya dua hari sekali lo harus keramas. Bahkan kalo rambut lo tipe yang berminyak, para hairstylist nyaranin buat keramas tiap hari.

Tapi jangan sembarang keramas bro, harus step by step
biar lo mendapat hasil yang maksimal. Caranya, pertama sisir dulu rambut sebelum keramas dan pastiin rambut lo ga kusut.

Kalo udah, lo bisa mulai basahin pake air hangat dulu. “Harus air hangat?” Yoi bro, cara ini berguna banget buat buka pori-pori di kulit kepala.

Habis itu, gunakan shampo yang sesuai sama jenis kulit kepala lo. Pijit pelan-pelan selama beberapa menit. Kalo udah, bilas rambut dengan air dingin.

“Loh, kok air dingin?”

Nah, ini gunanya buat nutup pori-pori setelah vitamin dari shampo yang lo pake masuk di kulit kepala bro 🙂

 

3. Jangan Asal Ngeringin Rambut

Buat pria berambut pendek, pasti biasa kalo ngeringin rambut pake handuk yang digosok-gosokin ke kepala.

Nah, kalo rambut lo panjang, tinggalin cara jadul ini. Menggosok rambut pake handuk ternyata bikin rambut lo cepet kusut dan bercabang.

Cara yang bener, biarin dulu air di rambut lo hilang. Lo bisa bikin tambah cepat kering dengan cara digoyang-goyangin. Kalo udah agak kering, baru lo boleh pake handuk. Tapi ya tetep ga boleh digosok, cukup dibelai-belai mesra aja ya, bro!

 

4. Potong Rambut Rutin

Rambut panjang bukan berarti ga boleh dipotong sama sekali.

Lo tetap harus ke barbershop paling ga satu atau dua bulan sekali. Bilang ke hairstylist-nya kalo lo cuma pengen treatment perawatan rambut gondrong dan dia pasti udah ngerti. Cukup potong beberapa centimeter aja di ujung rambut buat ngilangin potensi rambut bercabang.

 

Cek juga: Tips Mudah Menata Rambut Sehari-hari

 

Nah itulah ulasan mengenai berbagai model rambut panjang pria yang bisa kalian coba.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pria dengan rambut panjang punya kharismanya sendiri. Asalkan lo siap untuk rajin merawat rambut lo, maka model rambut panjang apapun yang lo inginkan akan membuat lo tampak lebih kece.

Oh ya, kalau lo khawatir rambut panjang bisa bikin ketombean, maka tenang aja bro. Cek langsung tulisan gw di sini tentang cara membasmi ketombe di rambut secara alami.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar model rambut panjang pria, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

2 thoughts on “10 Model Rambut Panjang Pria Paling Keren Buat Lo”

  1. Di masa ga kemana-mana kayak sekarang rambut makin panjang dan mulai butuh ekstra care, eh muncul postingan lu disini. Thanks berat mas kulin infonya mantep poll, jd dpt ide buat model rambut panjang gw.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *