Fashion

Tips Mudah Memilih Model Kerah Baju Pria untuk Penampilan Keren

Model Kerah Baju Pria

Hai bro, pernahkah lo memperhatikan kalau ada berbagai macam model kerah baju pria di luar sana? Pernahkah lo merasa kalau setiap model kerah tersebut bisa memberikan impresi yang berbeda saat lo kenakan?

Nah, salah satu cara paling mudah biar lo tampil keren adalah lewat style fashion. Dari sekian banyak model fashion, baju kemeja adalah item wajib yang harus lo punya.

Tapi lo sebaiknya ga asal-asalan memilih baju kemeja karena ada detail penting yang mesti diperhatikan. Detil ini adalah kerah baju.

Setiap setelan baju pria biasanya punya model kerah yang beda-beda. Jadi biar ga salah kostum, sebaiknya lo sesuaikan style yang dipake sama model kerahnya.

Selain itu, model kerah baju juga bisa dibedakan dari pilihan outfit dan aktivitas lo sehari-hari. Ini penting karena secara ga sadar, model kerah baju akan ngaruh banget sama penampilan dan kesan lo di mata orang lain.

Dan biar lo semakin paham model kerah baju pria, dalam artikel ini gw akan menjelaskan secara detil setiap jenis dan tips penggunaannya. Langsung aja bro, ikuti penjelasan di bawah ini.

 

Model Kerah Baju Pria Berdasarkan Style

Pertama, model kerah bisa dibedakan dari style fashion yang lagi dipake. Umumnya, style ini dibagi dalam 3 kategori, yaitu formal, semi-formal dan casual.

Saran gw, jangan sampe model kerah baju lo ketuker antara masing-masing kategori ini biar lo ga tengsin. Gimana pembagian model kerah  berdasarkan style ini? Check it out!

 

1. Formal

Model Kerah Formal
Sumber: hugoboss.com

Dalam acara formal, semua outfit yang lo pake mesti sesuai dan match sama tema acaranya. Karena outfit lo bisa langsung menggambarkan etika dan kepribadian di mata orang lain.

Hal ini pun juga berlaku buat model kerah baju. Perlu lo tahu, ternyata style berpakaian formal juga punya model kerah tersendiri dan sebaiknya lo pahami dulu.

Salah satu model kerah yang paling cocok sama style formal adalah tab collar. Ciri khas model ini yaitu ada kancing atau klip di tengah yang berfungsi buat menyambung kerah.

Ketika memilih tab collar, sangat disarankan lo kombinasikan sama dasi buat menyangga ikatan kerah. Disini, lo akan semakin pede buat dateng ke acara formal karena akan terlihat classy dan manly di mata para wanita.

 

2. Semi-Formal

Model Kerah Semi Formal
Sumber: armani.com

Semi-formal adalah acara yang ga terlalu resmi, tapi tetep ada batasan-batasan yang ga boleh dilanggar. Di sini, style berpakaian dan bahasa yang lo gunakan sebaiknya tetap dijaga kesopanannya.

Perlu lo tahu, style semi-formal ini juga punya model kerah tersendiri. Salah satu yang cocok adalah model spread collar.

Bisa dibilang model kerah ini paling umum digunakan sama mayoritas pria untuk kegiatan sehari-hari. Misalnya kayak pergi ke kantor atau dateng ke pesta teman.

Ciri utama spread collar ujung kerah yang tajam dan jaraknya lebar. Keuntungan dari model ini adalah lo bisa combine sama berbagai bentuk dasi.

Tapi jika ingin kelihatan lebih santai, spread collar juga cocok dipakai tanpa dasi alias polosan. Yang jelas, wibawa lo bakal makin kelihatan dengan model kerah ini dan tinggal sesuaikan aja sama acara yang lo datengin.

Follow Instagram Mas Kulin

 

3. Casual

Model Kerah Baju Pria Kasual
Sumber: mainlinemenswear.com

Style terakhir yang bisa lo aplikasikan ke aktivitas sehari-hari adalah casual. Biasanya lo pilih style ini ketika sedang santai, misalnya hangout bareng teman atau pas lagi belanja di mall.

Style casual bakal match sama model kerah cubban collar. Daun kerah di model ini ga full mengelilingi leher.

Jadi, ruang gerak lo akan lebih bebas dan lebih fleksibel dengan model cubban collar. Selain itu, kesan yang akan langsung muncul adalah sporty dan trendy.

Cubban collar juga aman dipakai ketika lo lagi solo travelling. Efek positifnya adalah lo bisa tampil keren di mata para wanita sesama traveler dan bisa jadi bikin mereka tertarik buat jalan bareng.

 

Cek juga: Inspirasi Style Simple Kasual untuk Para Pria

 

Model Kerah Baju Pria Berdasarkan Outfit

Selain berdasarkan style berpakaian, model kerah juga bisa lo pilih dengan lebih detail. Caranya adalah menyesuaikan sama outfit yang mau lo pake.

Jenis outfit pun juga beda-beda, ada yang termasuk formal dan casual. Untuk itu, lo sebaiknya pilih model kerah yang cocok agar bisa menunjang pilihan outfit-nya.

Biar lo ga penasaran, langsung saja simak tips memilih model kerah yang sesuai sama outfit di bawah ini. Sikat bro!

 

1. Jas

Jenis Kerah Jas Pria
Sumber: deoveritas.com

Jika lo sering datang ke acara-acara formal atau ketemu sama orang penting, setelan jas pasti adalah outfit yang biasa lo pake. Pilihan outfit ini memang identik sama aktivitas resmi.

Sebagai kombinasi dari setelan jas, lo sebaiknya memilih kemeja dengan model kerah yang sesuai. Hal ini penting karena jika sampai ga padu, bisa-bisa lo malah kelihatan aneh.

Jas adalah jenis outfit yang spesifik banget. Dan salah satu model kerah yang bakalan cocok adalah point collar.

Model ini sering juga disebut dengan forward point collar. Jadi lo ga perlu bingung karena dua istilah tersebut merujuk pada model kerah yang sama.

Ciri khas model kerah ini adalah ujung kerah yang berjarak. Kalo dibandingkan dengan spread collar, model point collar punya jarak antar kerah yang lebih pendek.

Ketika lo memilih point collar, jangan lupa buat meng-combine sama dasi dan celana bahan kain. Sebisa mungkin juga pilih kemeja dengan tone warna yang mirip sama setelan jas.

Keuntungan dari model kerah baju point collar ditambah dengan outfit jas adalah aura elegan lo akan makin keliatan. Model ini tepat dipilih pas ketemu sama klien atau atasan karena lo akan dicap sebagai pria yang berkelas dengan selera tinggi.

 

2. Kemeja Polos

Kerah Kemeja Polos
Sumber: pinterest.com

Ketika datang ke acara yang santai, outfit kemeja adalah pilihan terbaik. Lo akan kelihatan keren tapi tetep bisa mobile saat beraktivitas.

Tiap kemeja umumnya punya model kerah yang beda. Untuk itu, lo sebaiknya juga mempertimbangkan model kerah ini pas lagi mau beli.

Kalo pengen menonjolkan kesan effortless, maka band collar adalah pilihan tepat. Model ini sering juga disebut kerah Shanghai karena bentuknya memang identik dengan kerah baju dari negara Tiongkok.

Yang bikin band collar beda dari model lain adalah dari segi tampilannya. Kemeja dengan model kerah band collar ga punya daun kerah sama sekali.

Lo bakal cocok kalo combine model kerah ini sama jaket parka. Disini, identitas milenial lo akan semakin muncul dan punya daya tarik yang lebih di mata para wanita.

 

Cek juga: Berbagai Inspirasi Merk Pakaian Lokal yang Sebaiknya Lo Ketahui

 

3. Kemeja Berdasi

Kemeja Berdasi
Sumber: flickr.com

Kemeja berdasi adalah tampilan yang pasti udah sering banget lo lihat, apalagi kalo lo pekerja kantoran. Outfit ini termasuk dalam style formal yang biasa dipakai pria sehari-hari.

Sebenarnya ada banyak model kerah yang cocok dipadukan sama aksesoris dasi, contoh paling umum adalah pin collar. Untuk model kerah baju yang satu ini, looks-nya emang mirip dengan model tab collar.

Yang jadi pembeda adalah model pin collar punya lubang di masing-masing daun kerah yang bisa lo fungsikan buat masang aksesoris tambahan. Dan untuk pilihan dasi, lo bisa padukan model kerah ini sama dasi panjang berbahan katun.

Dengan kombinasi ini, lo akan kelihatan classy dan sedikit vintage. Jadi ketika datang ke acara-acara penting, jangan ragu buat milih model kerah pin collar karena banyak kesan positif yang bisa lo dapetin secara langsung.

 

4. Kaos

Kaos Berkerah
Sumber: thefashiontag.com

Penting buat lo tahu, ternyata kaos juga punya pilihan model kerah tersendiri. Contohnya adalah turtleneck shirt dan polo shirt.

Turtleneck shirt identik dengan model kerah band collar, yaitu ga punya daun kerah alias polosan. Model ini bakalan cocok dipake pas lo lagi liburan ke tempat yang dingin.

Kemudian untuk polo shirt, ada banyak pilihan model kerah yang bisa lo coba. Yang paling umum adalah polo dengan kerah spread collar, tetapi sekarang juga sudah banyak online shop yang jual polo shirt with band collar.

Outfit polo shirt bisa lo pilih buat variasi pas dateng ke kampus. Disini, kesan yang bisa muncul adalah lo pria yang easy going tapi tetap aware sama penampilan.

 

Cek juga: Model Kaos Pria Jaman Sekarang, Sudah Tahu?

 

Model Kerah Baju Pria Berdasarkan Aktivitas

Pilihan model kerah juga bisa lo sesuaikan sama aktivitas sehari-hari. Karena berbagai aktivitas tersebut mengharuskan buat ketemu sama banyak orang, jadi jangan sampai lo salah milih model kerah baju.

Ingat, first impression itu penting. Dan buat dapetin kesan yang baik di mata orang lain apalagi para wanita, gw akan jelasin model kerah yang cocok sama berbagai jenis aktivitas biar lo ga dicap salah kostum.

 

1. Ke Kantor

Model Kerah Baju Pria Kantoran
Sumber: hespokestyle.com

Outfit umum buat para pekerja kantoran adalah baju kemeja. Dan ga sedikit juga kantor yang mewajibkan karyawannya make aksesoris tambahan seperti dasi.

Di sini, lo sebaiknya memilih model kerah yang sesuai. Kalo emang di kantor lo boleh memakai baju kemeja biasa, coba pilih model kerah spread collar atau button down collar.

Seperti yang udah dijelasin sebelumnya, spread collar bisa dibilang model yang paling gampang dicari pas lo lagi belanja di fashion store. Ini karena model spread collar memang dipakai di banyak jenis kemeja kantoran.

Tapi kalo lo emang tertarik pake kemeja yang bervariasi, ga ada salahnya buat coba baju dengan kerah button down collar. Ciri model ini adalah adanya 2 kancing tambahan di masing-masing ujung kerah bagian bawah.

Dan ternyata, pilihan model button down collar punya banyak efek positif yang bisa lo rasakan langsung. Salah satunya adalah lo bisa dapetin smart-casual looks tanpa harus menghilangkan kesan formal.

 

2. Kuliah

Jenis Kerah Baju Pria untuk Kuliah
Sumber: pinterest.co.uk

Pilihan style baju pas lo dateng ke kampus tentu lebih fleksibel dibanding ke kantor. Boleh dibilang, kampus adalah contoh tempat semi-formal.

Disini, lo punya banyak pilihan baju dengan model kerah yang beragam. Contohnya kayak band collar dan cuban collar.

Band collar akan memberi lo kesan trendy dan kekinian. Sedangkan kalo pengen tampil pake style 80’s, maka cuban collar cenderung lebih cocok.

Walaupun terlihat vintage, cuban collar masih tetep menonjolkan classy looks. Jadi, tinggal sesuaikan saja model kerah mana yang sesuai sama style favorit lo karena masing-masing punya keunggulan yang bisa dicoba.

 

3. Hangout

Jenis Kerah Baju Pria untuk Hangout
Sumber: ashleyweston.com

Tujuan utama hangout adalah asik-asikan bareng temen. Maka dari itu, sebaiknya lo gausah pake baju yang terlalu formal.

Tapi sebaiknya lo juga nyesuain baju dan model kerah yang lo pake sama tempat hangout. Jika memang cuma nongkrong di cafe, lo bisa pake turtle neck shirt atau kaos polo.

Pilihan model kerah ini bikin lo nyaman pas bercanda dan chit-chat bareng teman. Tapi kalo emang tujuan hangout lo ke mall, sebaiknya pake kemeja biar keliatan rapi dan charming.

Model kerah yang bisa lo coba adalah regular collar yang dikombinasikan dengan luaran sweater. Biar semakin keren, padukan dengan bawahan celana chinos gelap biar aura manly lo makin keliatan.

 

Cek juga: Cara Mudah Menjaga Kesehatan Rambut Sehari-hari

 

Nah itulah ulasan mengenai berbagai tips memilih model kerah baju pria yang bisa lo coba terapkan sehari-hari.

Model kerah baju memang bisa menjadi salah satu faktor penting untuk membuat penampilan lo terlihat lebih kece, tapi masih ada lagi faktor lainnya bro. Salah satunya adalah menggunakan pakaian yang pas sesuai bentuk tubuh lo.

Bila lo bingung mencari baju seperti apa yang pas buat lo, silahkan kunjungi panduan sederhana mencari ukuran baju pria yang pas buat lo ya.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar cara menjaga kesehatan rambut pria, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *