Fashion

12 Model Kaos Pria Jaman Sekarang yang Wajib Lo Ketahui!

Model Kaos Pria Jaman Sekarang bentuk V Neck

Bro, kalian ada yang pake kaos sebagai busana utama sehari-hari?

Iklim Indonesia yang panas bikin kita yang tinggal di kota-kota besar di Indonesia lebih memilih pakaian yang tipis supaya nggak gampang panas.

Meskipun kaos itu awalnya hanya menjadi pakaian dalam tentara Inggris dan Amerika pada abad ke 19 sampai awal abad 20, tetapi modelnya semakin berkembang dan menjadi tren gaya kasual para pria jaman sekarang.

Gw sendiri lebih suka pake kaos sebagai busana sehari-hari. Namun, masih banyak banget orang yang menyepelekan kaos karena terkesan kurang sopan dan nggak rapi ๐Ÿ™

Padahal, pakai kaos juga bisa kelihatan keren kok, tergantung jenis kaos yang lo gunakan serta pakaian lain yang lo kenakan untuk memaksimalkan kekecean lo.

Kalau kalian pengen pake kaos tapi bingung milihnya, di tulisan kali ini gw akan membagikan berbagai bentuk dan model kaos pria jaman sekarang supaya lo punya banyak inspirasi pilihan kaos untuk dipakai sehari-hari.

Model Kaos Pria Jaman Sekarang Menurut Motifnya

Kaos pria secara umum dapat kita kategorikan berdasarkan motif bajunya. Berikut ini jenis kaos pria yang umum lo temui sehari-hari:

1. Kaos Polos O-Neck

Model Kaos Pria O-Neck

Kaos ini merupakan model yang paling simpel dibandingkan dengan model kaos lainnya. Nggak ada gambar ataupun corak yang terdapat pada kaos. Benar-benar polos, seperti bayi yang masih kecil :p

Kaos ini bisa menjadi dalaman untuk jaket kulit ataupun denim. Nggak hanya itu, kaos polos ini juga bisa dipadukan dengan kemeja flanel yang lagi naik daun itu.

Kalian hanya perlu mengkombinasikan warna yang cocok supaya lebih enak dilihat. Padukan dengan koleksi pakaian yang lain, dan kalian bakal kelihatan lebih trendi.

Banyak orang terkenal yang pake model kaos ini. Rio Ferdinand, mantan bek Manchester United dan Timnas Inggris juga pake kaos O-Neck untuk gaya kasualnya lho.

Nggak hanya Rio, almarhum Paul Walker juga pernah pake kaos polos O-Neck waktu main di serial film Fast and Furious.

2. Kaos Polos V-Neck

Model Kaos V-Neck

Kaos ini memiliki kesamaan dengan O-neck mulai dari motif, bahan, dan perpaduan pakaian,

Perbedaannya dengan kaos O-neck hanyalah pada kerah bagian lubang leher depannya yang meruncing dan terlihat seperti huruf V.

Kalau kalian masih ingat dengan Mark Zuckerberg, bos Facebook yang kemana-mana pake kaos, ini dia model kaosnya.

Di Indonesia, Kaesang Pangarep, wirausahawan sekaligus anak bungsu Presiden Jokowi, juga pake kaos V-Neck buat kegiatannya sehari-hari.

Buat kalian yang kurus, kaos V-Neck ini sangat cocok digunakan sehari-hari karena memberi kesan โ€˜lapangโ€™ di bagian atas tubuh.

Cek juga: Tips Berpakaian Keren untuk Pria Kurus

3. Kaos Raglan

Model Kaos Raglan

Kaos ini cukup unik karena punya warna yang beda antara bagian badan dan lengan. Selain itu, jahitannya juga diagonal dari ketiak sampai ke bagian dekat kerah kaos.

Kaos raglan umumnya tersedia dalam bentuk lengan panjang, tetapi ada juga yang lengan pendek. Variasi juga dilakukan dengan menambah beberapa buah kancing di bagian dada.

Ariel, vokalis band Noah, sering terlihat menggunakan kaos ini waktu lagi nyantai. Dia bahkan sempat jadi model salah satu merk kaos raglan.

Raffi Ahmad juga kadang pake kaos ini saat menjadi pembawa acara, supaya kesannya santai, nggak formal-formal banget.

4. Kaos Bergaris

Model Kaos Bergaris

Dari namanya aja udah ketahuan kalo kaos ini motifnya bergaris, baik horizontal ataupun vertikal. Ada yang garisnya tipis, ada juga yang tebal.

Umumnya kaos motif ini hanya ada garis terbentang dari atas ke bawah ataupun kiri ke kanan, tetapi ada juga yang miring dari kanan atas ke kiri bawah ataupun sebaliknya.

Follow Instagram Mas Kulin

Kaos ini cocok digunakan tanpa paduan atasan lain, hanya butuh perpaduan dengan celana yang warnanya senada ataupun lebih gelap.

Tapi, ada juga yang mengkombinasikan kaos ini dengan jaket bomber dan celana chino supaya kelihatan lebih retro.

Nggak hanya itu, kelebihan kaos ini adalah bisa menutupi kekurangan dalam tubuh lo lho. Pake kaos bergaris vertikal agar terlihat lebih kurus dan tinggi, atau kaos bergaris horizontal supaya badan terlihat lebih berisi.

Kaos bergaris yang paling terkenal yaitu kaos jersey milik Juventus, AC Milan, dan Inter Milan. Tiga klub papan atas Italia ini sukses mempopulerkan kaos bergaris yang tak lekang dimakan zaman.

5. Kaos Distro

Model Kaos Distro

Kaos inilah yang biasa dijual di distro (distribution outlet) dan outlet baju yang ada di mana-mana. Berbagai gambar dan corak yang ada di bagian depan ataupun belakang membuat kaos ini terlihat ramai dan mencolok.

Kaos distro ini cocok dipakai untuk kalian semua yang ingin tampil santai ketika hangout bareng teman ataupun keluarga.

Setiap orang, bahkan kalian sendiri, sebenarnya bisa membuat desain kaos distro supaya kelihatan unik dan tampil beda. Mulai dari tulisan sederhana, logo, sampai muka lo semua pun bisa dijadikan desain kaos distro.

Keunikan ini membuat bisnis kaos distro menjamur di mana-mana, salah satunya kota Bandung yang terkenal sebagai pusat mode.

Pembawa acara terkenal seperti Raffi Ahmad bahkan membuat kaos distro dengan desain khusus untuk dijual di tokonya.

Kaos distro secara motif punya kemiripan dengan Graphic Tee karena sama-sama mengusung desain tertentu pada kaosnya. Namun, kaos distro dibuat lebih eksklusif karena hanya diproduksi dalam jumlah terbatas, sedangkan Graphic Tee ada yang diproduksi komersial (contohnya merk-merk Uniqlo UT).

Cek juga: Jaket Denim versus Jaket Kulit, Mana yang Lo Pilih?

Model Kaos Pria Jaman Sekarang Menurut Bentuknya

Selain motif, kaos pria juga dapat dibedakan berdasarkan bentuk atau pelengkap yang menjadi bagian tak terpisahkan dari bajunya. Ini dia kaos pria yang mudah lo jumpai sehari-hari berdasarkan modelnya.

1. Kaos Lengan Pendek (Short Sleeve Shirt)

Model Kaos Lengan Pendek

Pada umumnya, kaos itu memiliki lengan pendek yang ujungnya di atas ataupun hingga siku. Kaos distro adalah contoh kaos berlengan pendek yang umum dijumpai.

Kaos ini populer dan umum dijumpai di distro hingga toko obralan, dari bahan katun yang longgar hingga spandex yang slim-fit dan membentuk keseluruhan tubuh.

Ada banyak kaos pria lengan pendek jenis ini, mulai dari kaos polos tanpa motif, bergaris vertikal dan horizontal, pake corak ataupun gambar, sampai ke bahan jersey yang digunakan oleh pemain sepakbola.

Roger Federer, petenis top dunia, juga pake kaos ini waktu bertanding. Dia juga bisa dapat duit tambahan dari sponsor yang tertempel di bagian dadanya.

2. Kaos Lengan Panjang (Long Sleeve Shirt)

Model Kaos Lengan Panjang

Bro, pernah lihat orang menggunakan kaos (bukan jaket) lengan panjang?

Sebenarnya gw juga baru belakangan ini sih menyadari ada beberapa teman gw yang suka pakai kaos jenis ini. Contoh kaos yang tipenya lengan panjang, misalnya kaos raglan.

Umumnya, kaos lengan panjang itu bagian lengannya sampai ke pergelangan tangan atau bisa lebih. Ada yang ujungnya diberi karet seperti yang ada pada jaket olahraga, tetapi ada juga yang tidak.

Kaos polos lengan panjang dengan satu atau perpaduan dua warna juga biasa digunakan sebagai kaos dalam dan dipadukan dengan baju lengan pendek.

Biasanya, para pesepakbola yang bermain di Eropa menggunakan kaos polos lengan panjang sebagai baju dalam jersey mereka sewaktu bertanding di musim dingin.

Daniel Mananta juga mendirikan usaha pakaian cowok yang casual. Produk utamanya adalah kaos raglan berlengan panjang dengan logo brand terkenal miliknya: Damn! I Love Indonesia.

3. Kaos Polo (Polo Shirt)

Model Kaos Polo

Kalian pengen menggunakan kaos tapi yang ada kerahnya supaya kelihatan agak formal?

Nah, kaos Polo jawabannya. Ada kerah dan 2 hingga 3 kancing vertikal hingga ke dada.

Kaos ini biasanya menggunakan bahan lacoste, tetapi ada juga yang menggunakan katun. Ada juga yang melengkapi kaos polo dengan kantong supaya terlihat lebih elegan dan menambah tingkat fungsionalnya.

Ada beberapa selebriti dan olahragawan yang mengenakan kaos model ini. Pegolf seperti Tiger Woods biasanya mengenakan kaos polo ketika bertanding.

Aktor Mission Impossible, Tom Cruise, juga terlihat nyaman pake kaos polo ini waktu lagi liburan bareng keluarganya.

4. Kaos Singlet (Sleeveless Shirt)

Model Kaos Singlet

Jika kaos lain bisa digunakan tanpa pelapis kemeja ataupun jaket, kaos singlet umumnya digunakan di bagian dalam, sebagai pelapis kemeja.

Namun, seiring perkembangan bentuk dan model kaos singlet yang semakin bervariasi dan bercorak, kaos ini bisa juga dipake tanpa pelapis pakaian lain.

Hanya saja, perlu diingat bahwa penggunaan kaos ini hanya cocok untuk aktivitas kasual. Kalau lo punya tubuh yang lumayan kekar atau punya tato dengan gambar bagus di lengan, pakai kaos singlet tanpa ditutupi pakaian lain bisa menambah daya tarik kalian.

Vin Diesel dalam serial film Fast and Furious terlihat mencolok dengan tubuh kekarnya yang hanya dilapisi kaos singlet.

Bagi penggila band Rock zaman dulu, Freddie Mercury pun sering menggunakan kaos singlet ketika manggung.

Cek juga: Mau Pakai Kacamata? Cek Jenis Frame yang Cocok Buat Lo di Sini!

5. Kaos Berkancing (Henley T-shirt)

Model Kaos Berkancing

Model kaos seperti ini sedikit kurang umum apabila dibandingkan dengan kaos polo, meskipun sama-sama memiliki kancing. Perbedaannya hanyalah kaos ini tidak memiliki kerah.

Kaos Henley juga tersedia dalam berbagai model, mulai dari singlet, kaos raglan lengan pendek, ataupun kaos polos lengan panjang.

Selebriti Hollywood juga banyak yang pake kaos berkancing kayak gini. Yang paling populer adalah Chris Evans. Pemain film Captain America itu sering kelihatan pake kaos Henley di berbagai kondisi.

Daniel Radcliffe juga pernah terlihat pake kaos berkancing dengan motif raglan waktu lagi hangout bareng teman-teman selebnya.

6. Kaos Berkantong (Pocket T-shirt)

Model Kaos Berkantong

Merupakan variasi dari model kaos lain, kaos ini memiliki kantong di bagian dada sebelah kiri. Biasanya, warna kantongnya dibuat mencolok agar terlihat berbeda.

Namun, ada kalanya kaos ini memiliki warna kantong yang sewarna dengan bagian tubuhnya agar kelihatan lebih kalem dan tidak merusak mata.

Terus, fungsi kantongnya apa?

Biasanya kantong pada kaos hanya digunakan untuk menyimpan barang kecil dan ringan. Contohnya seperti name tag, uang, ataupun pulpen. Terkadang, kantong tersebut tidak perlu difungsikan untuk penyimpanan barang, cuma jadi hiasan aja.

Robert Pattinson beberapa kali mengenakan kaos polo berkantong sewaktu dia memerankan Edward Cullen dalam Twilight Saga, baik polos ataupun dipadukan dengan jaket.

7. Kaos Bertudung (Hooded T-shirt)

Model kaos pria jaman sekarang - Kaos Bertudung

Kaos dengan tutup kepala mungkin sama jarang terlihatnya dengan kaos berkancing di Indonesia.

Memang ada kaos yang memiliki tutup kepala seperti jaket hoodie, namun belum begitu populer digunakan karena kalau terkena hujan, bahannya menyerap air dan membuat kaos menjadi berat.

Kaos bertudung biasanya tersedia dalam model kaos lengan panjang. Fungsi tudungnya lebih digunakan untuk melindungi kepala dari sinar matahari langsung, bukan hujan. Biasanya bermotif polos, tetapi ada juga yang bergambar walaupun sederhana.

Kaos ini masih bagus sih untuk dipakai di Indonesia. Kalau lo pengen terlihat agak beda dari yang lain, cobalah pake kaos jenis ini untuk nongkrong bareng temen-temen lo.

Arie Kriting, komika yang terkenal sejak menjadi 3 besar di Stand Up Comedy, pernah terlihat pake kaos bertudung berwarna kuning waktu lagi nyantai.

ย 

Cek juga: Berbagai Macam Fashion Item Pria buat Lo yang Gak Suka Ribet!

Nah itulah berbagai model kaos pria jaman sekarang yang mungkin aja lo baru tahu sebagian doank.

Kaos-kaos di atas itu cukup umum dijumpai dan masih cocok digunakan di Indonesia. Sederhana, tetapi kelihatan keren saat lo menggunakan kaos yang pas sesuai kesan yang ingin kalian tampilkan.

Supaya mudah dapat inspirasi jenis atau penggunaan kaos yang pas, sering-sering deh main ke akun media sosial artis dan olahragawan terkenal. Mereka biasanya suka posting tampilan mereka sehari-hari, dan sebagian di antaranya senang dengan gaya kasual.

Berhubung harga kaos cenderung murah dan terjangkau, lo bisa beli beberapa jenis kaos berbeda untuk dikombinasikan dengan pakaian lain seperti celana dan outerwear.

Pastikan juga bahan kaos yang lo gunakan nyaman dikenakan ya. Periksa berbagai kesalahan gaya berpakaian pria secara umum supaya kalian gak gagal keren ๐Ÿ™‚

Jika lo punya pertanyaan atau tips lain seputar model kaos pria, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecekย cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Salam Semangat,

Mas Kulin

4 thoughts on “12 Model Kaos Pria Jaman Sekarang yang Wajib Lo Ketahui!”

    1. Betul bro, hitam memang salah satu warna netral paling bagus yang hampir tidak pernah salah untuk dikombinasikan dengan warna apapun. Terima kasih dan sering-sering mampir ๐Ÿ™‚

    1. Haha iya bro, gw juga sebenarnya baru belakangan mengetahui kalau kaos yang beda warna di daerah lengan itu kaos raglan namanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *