Fashion

#LocalPride – 10 Merk Sepatu Lokal Kebanggaan Indonesia Berkualitas Mantap

Merk Sepatu Lokal

Hai bro, lagi mencari merk sepatu lokal untuk lo pakai dan gunakan sehari-hari?

Sepatu sudah menjadi aksesoris utama yang bisa menunjang outfit sehari-hari. Pemilihan sepatu yang tepat juga otomatis membuat tampilan lo makin kece.

Dengan semakin meningkatnya geliat dan antusias fashion di Indonesia, wajar aja sekarang udah banyak pilihan brand atau produk sepatu dengan ciri dan keunggulan masing-masing. Brand tersebut dibagi jadi 2 kategori umum, yaitu lokal dan luar.

Karena peluang bisnis yang begitu terbuka, para produsen sepatu lokal pun gak mau kalah dengan brand luar. Kualitas produk yang dihasilkan juga makin baik dan bisa bersaing, bahkan beberapa justru lebih bagus.

Namun sebelum membahas berbagai merk sepatu lokal terbaik Indonesia, sebaiknya lo pahami dulu apa saja keunggulan dari produk tersebut. Penasaran? Langsung aja simak penjelasan di bawah ini, bro!

Keunggulan Produk Sepatu Lokal

Sebenarnya ada beberapa faktor yang membuat orang-orang kini tertarik sama merk sepatu lokal. Jika dulunya yang jadi standar kualitas adalah sepatu merk luar, kini banyak orang yang justru lebih bangga kalo pake sepatu buatan dalam negeri.

Terus apa aja keunggulan produk sepatu lokal yang membuatnya makin diminati? Inilah penjelasannya.

1. Harga Terjangkau

Ketika lo pengen beli barang, salah satu faktor yang jadi pertimbangan sudah pasti harga. Apalagi jika lo bisa dapet barang yang murah tetapi kualitasnya mumpuni, pasti rasa kepuasannya dobel.

Ini juga yang bikin merk sepatu lokal memiliki banyak peminat tetap, bahkan dari semua kalangan. Harga yang ditawarkan cenderung lebih murah tapi jauh dari kata murahan.

Jadi kalo lo masih punya anggapan kalau merk sepatu lokal murah tapi ga awet sebaiknya buang jauh-jauh. Karena kini para produsen lokal fokus buat menghadirkan sepatu yang nyaman dipakai, trendy, namun harganya tetap terjangkau.

Bahkan harga yang ditawarkan bisa selisih sampai 50% kalo dibandingin sama barang import. Jadi kalo emang budget lo terbatas tapi pengen nyari sepatu yang kualitasnya di atas rata-rata, produk sepatu lokal bisa dijadikan solusi.

2. Desain Variatif

Selain harga, tampilan dan desain sepatu juga termasuk faktor penting ketika memilih. Hal ini wajar banget karena pilihan desain sepatu yang eye catching bisa bikin lo tampil lebih impressive di mata orang lain.

Para produsen sepatu lokal tentu paham akan hal ini. Maka dari itu, mereka menawarkan berbagai jenis sepatu dengan desain yang stylish dan kekinian.

Desain tersebut umumnya dibikin beda dari brand luar, sehingga lo bisa dapet prestige tersendiri. Bahkan masing-masing brand lokal punya ciri khusus, jadi orang-orang bisa langsung ngeh merk yang lagi lo pake.

Jadi lo bisa pilih sepatu dengan desain yang menarik sama beda dari yang lain. Dan dari berbagai jenis sepatu yang ada, sepatu kanvas bisa lo jadikan pilihan utama kalo nyari yang opsi desainnya paling variatif dan ga monoton.

3. Kualitas Bersaing

Inilah contoh keunggulan utama dari merk sepatu lokal. Kini kualitas yang ditawarkan bisa diandalkan buat pemakaian jangka panjang.

Bahkan beberapa merk lokal sering disebut ga kalah kualitasnya dibanding merk sepatu raksasa dunia kayak Nike dan Adidas. Hal ini dibuktikan dengan beberapa brand luar yang mulai melirik merk sepatu lokal buat ngajak kolaborasi.

Follow Instagram Mas Kulin

Kualitas sepatu sendiri biasanya dilihat dari beberapa parameter, contohnya kayak tekstur bahan, jenis insole dan outsole, sama durabilitasnya. Dan ketika memilih merk sepatu lokal, lo udah bisa dapetin semua parameter itu dengan harga yang ga bikin dompet tipis.

Cek juga: Cara Membersihkan Sepatu Kulit yang Benar

 

Pilihan Merk Sepatu Lokal

Ada banyak merk sepatu lokal yang sudah diakui kualitasnya. Bahkan ketika ada event sneakers di kota-kota besar, banyak orang udah antri sebelum event dimulai dan ada juga yang sampe rela nginep biar bisa dapet sepatu yang diincar.

Hal itu membuktikan kalo industri sepatu lokal sudah mulai jalan dan terus berkembang. Kalo dulunya orang-orang males pake merk sepatu lokal, sekarang justru malah bangga buat nunjukin identitasnya.

Terus apa aja merk sepatu lokal yang menawarkan kualitas terbaik? Gausah bingung milih, langsung aja gw kasih rekomendasinya di bawah ini.

1. League

Sepatu League
Sumber: Twitter.com/League_world

Merk yang satu ini pasti udah ga asing buat kebanyakan orang. League adalah salah satu contoh merk lokal yang menonjolkan konsep sporty dan lifestyle untuk setiap produk yang ditawarkan.

Merk ini mulai meramaikan industri footwear di Indonesia sejak tahun 2003. Di awal memang fokusnya adalah memproduksi sepatu olahraga buat semua umur.

Sampai saat ini, League masih eksis dan justru peminatnya semakin banyak. Apalagi setelah menghadirkan alternatif pilihan sneakers dengan desain yang stylish dan ga hanya terbatas pada produk olahraga aja.

Dengan umur yang sudah lebih dari 15 tahun, membuktikan kalo produk League teruji kualitasnya dan punya pangsa pasar yang solid. Dari segi harga, merk ini juga sangat terjangkau yaitu kisaran 300 ribu aja.

Dengan harga segitu, lo udah dapet sepatu yang nyaman dipakai buat aktivitas sehari-hari. Keunggulan lain adalah store League gampang banget ditemui hampir di semua daerah, jadi lo bisa datang kapanpun buat memilih sepatu sesuai keinginan.

2. Piero

Merk Sepatu Lokal - Piero
Sumber: Neighbourlist.com

Sama kayak League, merk yang satu ini juga pasti udah familiar banget. Piero udah hadir sejak tahun 2000-an dan sukses bersaing dengan brand luar sampai sekarang.

Kelebihan utama produk sepatu Piero adalah dari kualitas yang ditawarkan. Contohnya kayak jenis sol dari bahan phylon yang sangat ringan.

Selain itu, outsole-nya juga udah didesain menyerupai bentuk kaki orang Indonesia jadi nyaman banget ketika dipakai. Piero juga menawarkan banyak pilihan produk, dari essentials, classic, sampe active.

Lo bisa pilih produk yang sesuai sama kegiatan sehari-hari. Untuk harganya juga worth it banget, yaitu kisaran 200-500 ribu aja.

3. Compass

Sepatu Compass
Sumber: Nestia.com

Inilah salah satu merk sepatu yang hype-nya paling gila. Di beberapa event sneakers, booth Compass hampir pasti punya antrian pembeli paling panjang.

Mungkin banyak yang ngira kalo Compass adalah merk baru dalam dunia footwear di Indonesia. Padahal merk ini sudah ada dari tahun 1998.

Tetapi emang ga lama setelah berdiri, Compass stuck dan baru bangkit lagi di tahun 2017. Ciri utama produk sepatu Compass adalah label checklist yang sekilas mirip Nike di bagian samping.

Produk andalannya yaitu Gazelle yang terbuat dari bahan kanvas. Jenis ini jugalah yang paling diburu para kolektor sneakers.

Tampilan Gazelle juga mirip Converse dengan warna utama hitam, biru, dan putih. Dan buat dapetin sepatu keren ini, lo cuma perlu ngeluarin budget 300-500 ribu aja.

Cek juga: Cara Membuat Warna Sepatu Kembali Putih Setelah Sempat Menguning

4. Buccheri

Sepatu Buccheri
Sumber: Gotomalls.com

Mungkin banyak dari lo yang ngira kalo Buccheri adalah merk sepatu luar. Padahal brand ini asli Indonesia dan sudah ada dari tahun 1980.

Kalo lo sering main ke mall, pasti udah sering liat store Buccheri. Produk andalannya adalah sepatu dengan bahan leather dan suede buat pria dan wanita.

Tapi Buccheri juga terus berinovasi yang dibuktikan dengan hadirnya produk sneakers dengan kombinasi kedua bahan tersebut. Dan bisa dibilang sasaran customer-nya adalah segmen menengah atas.

Harga yang ditawarkan berkisar 500 ribuan ke atas. Untuk ukuran merk sepatu lokal, harga ini termasuk high rate tapi tetep sebanding karena lo bisa dapetin tampilan yang classy dan elegan secara langsung.

5. Wakai

Sepatu Wakai Asli dari Indonesia
Sumber: Masses.com

Dari segi bahasa, Wakai berarti “anak muda” dalam bahasa Jepang. Tapi bukan berarti ini merk luar karena ternyata asli dari Indonesia.

Wakai cocok buat lo yang sehari-hari tampil easy going dan casual. Produk yang ditawarkan adalah sneakers dan slip on shoes yang cocok buat semua gender.

Desain Wakai juga terkenal cukup eye catching dan nyaman buat dipake di aktivitas yang banyak gerak. Lo ga perlu khawatir tentang harganya karena sangat terjangkau, yaitu cuma sekitar 300 ribuan aja.

6. Brodo

Sepatu Pria Brodo Merk Lokal
Sumber: Neighbourlist.com

Brodo dikenal dengan produk outdoor shoes dan boots. Tapi merk ini juga menawarkan produk terbarunya yaitu sneakers dengan kualitas mumpuni.

Untuk desainnya sendiri, Brodo menawarkan pilihan yang variatif dengan corak kekinian. Kalo lo pengen tampil formal maupun casual, ga perlu repot-repot keluar masuk store lagi karena Brodo udah menawarkan semua pilihan tersebut.

Dengan kualitas produk yang di atas rata-rata, Brodo memberikan harga mulai dari 300 ribuan aja. Dari harga segitu, lo udah bisa dapetin sepatu yang nyaman dipakai dan bikin outfit makin kece.

7. Tomkins

Sepatu Tomkins
Sumber: Alibaba.com

Tomkins adalah merk sepatu lokal yang juga sudah malang melintang di dunia footwear. Produk andalannya adalah sneakers dengan beragam pilihan warna.

Sasaran customers Tomkins adalah semua usia. Dan perusahaan produsen Tomkins ternyata dulunya juga membuat brand sepatu internasional kayak Puma, Fila, dan Reebok.

Jadi, lo ga perlu ragu lagi akan kualitas produk Tomkins karena udah punya standar internasional. Store-nya pun gampang banget ditemui di pusat-pusat perbelanjaan.

Dan bisa dibilang Tomkins adalah sepatu yang banyak dipake anak sekolah. Harganya pun sangat murah, bahkan dimulai dari rentang 100 ribuan aja.

Cek juga: Berbagai Jenis Sepatu Pria untuk Inspirasi Gaya Sehari-hari

8. Geoff Max

Sepatu Geoff Max
Sumber: mypicturesstudio.blogspot.com

Geoff Max juga merupakan contoh merk lokal yang sedang digandrungi banyak anak muda. Bahkan banyak musisi tenar yang terang-terangan memakai produk dari Geoff Max.

Desain sneakers merk ini memang sangat cocok jika dipakai milenial. Kelebihannya adalah bahan model yang variatif dan tentu saja harganya yang terjangkau.

Buat dapetin produk Geoff Max, lo cukup ngeluarin dana mulai 200 ribuan aja. Maka dari itu ga heran kalo merk ini banyak diburu oleh kolektor sneakers di Indonesia.

9. Word Division

Sepatu Merk Word Division
Sumber: Carousell.com

Kalo lo nyari sepatu yang desainnya keren dan ga mainstream, maka Word Division bisa dijadikan solusi tepat. Merk asal Bandung ini mengadopsi desain Vans dengan tambahan corak petir di sisi samping.

Word Division bisa bikin tampilan lo makin casual ala skateboarder. Buat lo yang emang suka aktivitas outdoor, merk ini bakalan cocok banget.

Selain desain yang keren, Word Division juga menawarkan kenyamanan yang maksimal. Untuk harganya sendiri ada di kisaran 300-400 ribuan.

10. NAH Project

Sepatu Nah Project dari Indonesia
Sumber: Nahproject.com

Pilihan merk yang terakhir ini sempat booming setelah dipakai sama Presiden Jokowi buat kegiatan blusukan. Tentu bukan tanpa alasan kalo sampe level Presiden aja milih produk ini.

Keunggulan utama yang ditawarkan NAH Project adalah bahan yang nyaman, fleksibel, dan lentur sehingga enak aja kalo dipake buat jalan jauh. Tapi bukan hanya itu karena desainnya juga menarik dan bisa adaptif buat semua usia.

Dengan semua keunggulan tersebut, ternyata lo ga perlu mengalokasikan budget besar. Cukup dengan 300 ribuan aja lo udah bisa mengoleksi produk sepatu original NAH Project.

Cek juga: Produk Perawatan Rambut Lokal yang Kualitasnya Menyaingi Merk Global!

Nah itulah ulasan mengenai berbagai merk sepatu lokal berkualitas baik yang bisa jadi inspirasi buat lo pakai sehari-hari.

Saat membeli sepatu, pastikan lo mencari jenis dan warna yang bisa matching dengan gaya pakaian lo sehari-hari bro. Jadi, tampilan lo akan tampak lebih kece setiap harinya.

Silahkan cek di sini buat lo yang penasaran bagaimana cara matching pakaian dengan warna sepatu yang mudah dilakukan ya.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar merk sepatu lokal, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *