Fashion

#LocalPride – 10 Merk Baju Lokal dengan Kualitas Terbaik

Merk Baju Lokal Pria

Hai bro, lagi mencari merk baju lokal buat tampil kece sehari-hari?

Perkembangan fashion di Indonesia saat ini makin variatif dan banyak pilihan yang cukup menarik. Dari semua jenis fashion itu, baju adalah contoh yang perkembangannya paling signifikan.

Hal ini cukup wajar karena baju adalah barang yang selalu dipake tiap hari. Bahkan tiap event atau kegiatan yang lo ikutin butuh style baju tertentu agar bisa matching.

Dengan demand yang begitu besar, para produsen baju lokal juga gak mau tinggal diam. Mereka kini semakin aktif buat menawarkan pilihan baju dengan banyak jenis tapi desainnya tetap kece.

Sebelum memutuskan buat beli, sebaiknya lo pahami dulu berbagai merk baju lokal terbaik khususnya buat para pria. Tapi lo juga mesti tahu apa saja keunggulan dari merk baju lokal biar semakin yakin ketika memilih, jadi simak dulu penjelasannya di bawah ini.

 

Keunggulan Produk Baju Lokal

Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan ketika lo pengen beli baju baru. Yang jelas, kualitas menjadi faktor yang ga boleh diabaikan.

Terus gimana dengan produk baju lokal? Apa saja keunggulannya dibanding produk impor? Biar lo ga makin penasaran, langsung aja ikuti pembahasannya berikut ini.

 

1. Kualitas Bersaing

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kualitas adalah salah satu faktor krusial ketika milih baju buat dipake sehari-hari. Hal ini karena baju dengan kualitas terbaik sudah pasti nyaman dan tahan lama walaupun pemakaian rutin.

Para produsen baju lokal tentu paham banget akan hal tersebut. Maka dari itu mereka kini berlomba-lomba buat memproduksi baju dengan kualitas di atas rata-rata.

Faktor yang menjadi perhatian utama adalah bahan dan jahitan. Dari segi bahan misalnya, kini merk baju lokal menawarkan pilihan bahan yang nyaman dipakai dan tidak mudah rusak ketika dicuci.

Bahkan beberapa produk baju lokal juga udah punya pasar sampe ke luar negeri alias ekspor. Sebagai contoh jersey utama dari beberapa klub sepak bola terbaik di dunia ternyata diproduksi secara langsung di Indonesia.

Dari contoh itu, bisa dibilang negara lain pun sudah mengakui kualitas dari baju buatan Indonesia. Jadi lo ga perlu ragu lagi buat make produk lokal karena sudah terbukti dari segi kualitas dan durabilitasnya.

 

2. Harga Terjangkau

Selain kualitas, harga juga faktor yang jadi pertimbangan utama mayoritas orang ketika membeli baju. Mereka pasti pengen dapet baju dengan kualitas istimewa tetapi harganya juga ga terlalu mahal.

Dengan membeli merk baju lokal, lo bisa dapet semua hal tersebut. Bahkan harga yang ditawarkan bisa selisih sampai setengahnya jika dibandingkan sama produk luar, padahal dari segi kualitas ga beda jauh.

Jadi kalo lo pengen dapet baju, kaos, jaket, atau celana yang berkualitas tetapi harganya murah, merk lokal adalah solusinya. Biar lebih jelasnya, langsung saja datang ke fashion store terdekat atau cek kisaran harganya di online shop resmi.

 

3. Desain Variatif

Desain baju adalah hal yang dilihat pertama kali dilihat ketika lo dateng ke sebuah store atau cuma scroll di online shop. Maka dari itu, desain adalah parameter penting karena berhubungan langsung sama first impression dari buyer.

Produsen baju lokal pun menyiasati hal tersebut dengan menghadirkan desain baju yang variatif dan ga monoton. Pemilihan desain juga didasarkan dengan selera umum masyarakat Indonesia sehingga aman dipake buat kegiatan sehari-hari dan ga terkesan norak.

Follow Instagram Mas Kulin

Tinggal lo pilih saja desain yang paling favorit, bisa dari motif ataupun warna. Yang jelas dengan merek baju lokal lo udah bisa terlihat makin stylish dan fashionable.

 

Cek juga: Mengapa Desain Pakaian itu Penting untuk Diperhatikan?

 

Pilihan Merk Baju Lokal Terbaik

Merk baju lokal umumnya hadir dalam konsep distro. Sasaran utamanya memang anak-anak muda yang aware sama tampilan dan pilihan style.

Dengan semakin berkembangnya local clothing saat ini, akibatnya adalah muncul banyak merek baru dengan keunggulannya masing-masing. Lalu apa saja merk baju lokal yang bisa dijadikan pilihan utama? Langsung saja, simak penjelasannya di bawah ini.

 

1. Erigo

Merk Baju Lokal - Erigo
Sumber: erigostore.co.id

Merk yang satu ini bisa dibilang sudah cukup familiar bagi kebanyakan anak muda. Erigo sering aktif dalam berbagai event local clothing dan booth mereka sering dijadikan incaran utama para penggila fashion.

Dulunya, merk ini bernama Selected & Co dan baru di tahun 2013 berubah jadi Erigo. Kebanyakan produknya terinspirasi dari kebiasaan travelling yang sampai sekarang juga masih hype di kalangan anak muda.

Jadi kalo lo nyari celana dan baju yang nyaman dan bisa digunakan buat banyak kegiatan, Erigo bisa dijadikan solusi. Lo bisa langsung kunjungi Instagram Erigo buat lihat produk terbaru yang ready stock.

 

2. RSCH

Baju RSCH
Sumber: behance.net

Merk asal Bandung ini awalnya dikembangkan oleh sekumpulan anak muda yang hobi bermain skateboard. RSCH berdiri sejak tahun 1997 dan memiliki nama awal Ouval Research.

RSCH udah punya banyak peminat tetap. Produk yang paling sering dicari adalah kaos dengan desain simpel, yaitu tulisan RSCH di bagian tengah.

Dalam industri local clothing, RSCH bisa dibilang adalah salah satu pionir awal. Karakteristik utama dari produk mereka adalah desain yang kontemporer dengan sentuhan perspektif unik sehingga terkesan punya eksklusivitas tersendiri.

 

3. WADEZIG!

Merk Fashion Lokal Bandung WADEZIG!
Sumber: fuckyeahwadezig.tumblr.com

Berbeda dengan RSCH, WADEZIG! dibentuk oleh komunitas seni rupa dan desain. Merk ini sering juga disebut dengan WDZG!.

Karena pemrakarsanya emang orang yang paham seni, maka produk WDZG! kuat dari segi artistik dan ketajaman detail. Tapi mereka juga masih keukeh (bersikeras) untuk menjaga idealisme dari setiap produk yang dihasilkan.

Oh ya, WDZG! berasal dari Bandung bro. Selain itu, beberapa produk WDZG! sudah sampai diekspor ke luar negeri karena memang kualitasnya bisa bersaing dan desainnya beda dari yang lain.

 

Cek juga: Inspirasi Gaya Fashion Pria Korea untuk Sehari-hari

 

4. Starcross

Merk Baju Starcross
Sumber: amigogroup.shop

Starcross juga termasuk pemain lama di dunia clothing lokal. Mereka menyediakan produk baju buat pria dan wanita dengan ciri khasnya adalah desain yang anti mainstream.

Sebagai brand lama, sampai saat ini Stracross udah punya lebih dari 70 outlet di seluruh Indonesia. Produknya pun selalu mengikuti fashion dan tren yang lagi booming.

Tidak hanya baju, lo juga bisa nyari jenis fashion lain kayak celana, topi, tas, dan sepatu di outlet Starcross. Bahkan beberapa produk tersebut sudah ada yang dikirim ke Jepang dan memiliki penggemar tersendiri di sana.

 

5. UNKL347

Brand Pakaian Lokal UNKL347
Sumber: fatasama.com

Merk ini juga pasti udah sering lo lihat dipake sama temen-temen di sekolah atau di kampus. UNKL347 termasuk merk baju lokal yang memiliki penggemar fanatik karena produknya yang simpel, tetapi justru itulah kekuatannya.

Produk-produk seperti baju, tas, dan celana yang dihasilkan oleh UNKL347 ter-influence oleh dunia surfing, musik, skateboard, dan desain grafis. Mereka tidak terlalu menonjolkan desain yang rumit dengan tujuan agar pemakainya terlihat lebih elegan tapi tetap stylish saat menggunakan produk dari UNKL347.

Brand asal Bandung ini juga udah punya banyak store di berbagai kota. Buat lo yang penasaran sama produk-produk dari UNKL347, langsung aja kunjungi store yang paling deket dari rumah.

 

6. Screamous

Merk Kaos Lokal Screamous
Sumber: mavemagz.com

Lagi-lagi kota Bandung mempunyai merk baju lokal yang cukup famous di Indonesia, Merk ini adalah Screamous. Lo yang suka pake street style fashion dijamin bakal cocok dengan produk dari merk ini.

Produk Screamous yang jadi incaran para fashion hunter adalah kaos dan topi. Tapi produk lain kayak celana, jaket, dan dompet juga ga kalah keren.

Yang menarik, kaos Screamous ternyata dibanderol cukup murah. Untuk dapetin kaos dengan bahan yang nyaman dan desain yang keren, lo cukup keluarin budget sekitar 100 ribuan aja.

 

Cek juga: Cara Berpakaian yang Modis Tapi Simple untuk Pria

 

7. Bloods

Brand Baju Lokal Bloods
Sumber: blogfahmihdyt.blogspot.com

Bloods termasuk merk baju lokal yang juga udah lama meramaikan industri fashion. Brand ini juga berasal dari kota Bandung.

Disini, lo bisa dapetin kaos, celana, jaket, sweater, topi, sampe kemeja. Bloods emang terkenal lengkap menawarkan semua jenis outfit biar peminatnya ga repot pindah-pindah store buat nyari barang yang diinginkan.

Karakteristik utama dari produk Bloods adalah kualitas dan desain sablon yang beda dari merk lain. Untuk store-nya sendiri sudah tersebar di berbagai kota besar, misal Jakarta, Jogja, Semarang, Solo, dan Tangerang.

 

8. Cosmic

Brand Fashion Lokal Cosmic
Sumber: cosmicclothes.net

Cosmic sudah berdiri dari tahun 2001 dan berada di bawah Injoynesia Corp. Brand asal Bandung ini mengedepankan produk fashion dengan nuansa happy, art, dan full creativity.

Kalo pengen melihat langsung variasi produk Cosmic, lo bisa dateng ke store-nya yang ada di hampir setiap kota. Berbagai jenis pakaian merk Cosmic juga sudah diekspor ke negara tetangga, seperti Brunei, Malaysia, Australia, Singapura, dan Malaysia.

 

9. Peter Says Denim

Merk Baju Pria Lokal Peter Says Denim
Sumber: Shopee.com

Kalo lo nyari merk baju lokal yang sudah mendunia, maka Peter Says Denim adalah jawabannya. Lo juga past udah ga asing dengan brand yang satu ini karena peminatnya hampir dari semua kalangan umur.

Salah satu kekuatan utama dari Peter Says Denim adalah kualitas produk yang ditawarkan. Lo bisa dapetin jeans premium kualitas terbaik dengan harga yang lebih terjangkau kalo dibandingin sama produk luar.

Walaupun belum begitu lama terjun di industri lokal, Peter Says Denim udah punya pasar tersendiri. Kebanyakan orang yang make outfit dari PSD ini merasa punya prestige yang beda karena kualitas produk yang mereka gunakan sudah diakui dunia.

 

10. Dreambirds Artwear

Brand Baju Lokal Dreambirds Artwear
Sumber: foreveryoungforevergold.wordpress.com

Merk ini punya ciri khusus yaitu logo dengan bentuk kepala burung hantu. Pemilihan lambang ini bukan tanpa alasan, yaitu karena kedua founder-nya memang menyukai binatang burung.

Dreambirds Artwear sudah berdiri sejak tahun 2009. Produk yang ditawarkan kental dengan unsur seni dan terkenal punya artwork yang keren.

Buat lo yang domisilinya di Jakarta, langsung aja dateng ke offline store-nya di daerah Kemang. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Untuk kaos misalnya, lo bisa bawa pulang kaos keren dengan harga kisaran 150 ribu rupiah aja.

 

Cek juga: Berbagai Merk Sepatu Lokal untuk Koleksi Footwear Lo!

 

Nah itulah ulasan mengenai berbagai merk baju lokal berkualitas baik yang bisa jadi inspirasi buat lo pakai sehari-hari.

Selain melihat merk, ada beberapa faktor penting lain yang perlu lo perhatikan. Pertama, pastikan baju yang lo gunakan mudah dipasangkan dengan pakaian yang sudah lo miliki. Kedua, baju yang lo kenakan perlu sesuai dengan bentuk tubuh lo.

Bila lo memiliki bentuk tubuh yang gemuk, pastikan untuk mengecek di sini tips berpakaian bagi pria bertubuh gemuk ya.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar merk baju lokal, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *