Fashion

#DiRumahAja – 10 Tips Berpakaian dan Menjaga Penampilan untuk Pria Selama WFH

Tips Berpenampilan Selama Kerja di Rumah

Bro, apakah tempat kerja lo masih memberlakukan dan memperpanjang masa Work From Home gara-gara pandemi Covid-19?

Yup, di masa-masa physical distancing seperti sekarang ini, memang banyak kegiatan yang dibatasi. Untungnya teknologi sekarang sudah cukup canggih, jadi sebagian pekerjaan memang bisa dilakukan secara remote.

Buat lo yang tetap harus bekerja di kantor, gw doakan semoga tetap sehat dan selalu jaga kebersihan ya.

Nah, untuk lo yang memang harus bekerja dari rumah secara full-time, mungkin sudah sering mendengar tips menjaga produktivitas selama bekerja dari rumah ataupun tips menjaga kesehatan di rumah.

Kali ini, gw mau membahas tips menjaga penampilan untuk pria selama kerja dari rumah. Hmm, apakah informasi ini memang diperlukan ya?

 

Alasan Pentingnya Menjaga Penampilan untuk Pria Selama Work From Home

Pentingnya Menjaga Penampilan untuk Pria Selama Bekerja di Rumah

Sebelum lo menutup artikel ini karena mengira gak penting, baca dulu sebentar ya kenapa penting banget kita tetap menjaga penampilan selama bekerja di rumah.

Ada dua alasannya:

  1. Lo dapat melatih otak untuk membiasakan ‘mode bekerja’ saat menggunakan pakaian yang pas untuk bekerja. Ini dapat membantu menjaga produktivitas lo
  2. Penampilan yang baik dan sehat dapat membantu memberikan sinyal positif kepada lawan bicara saat lo melakukan online video call ataupun video conference.

Tahukah lo bahwa pakaian yang dikenakan selama bekerja dapat mempengaruhi produktivitas? Salah satu hasil risetnya bisa dicek di artikel ini.

Oleh karena itu, mengenakan pakaian yang biasa lo kenakan untuk bekerja ke kantor dapat lo terapkan juga untuk bekerja di rumah, sehingga otak lo tetap terbiasa dengan ‘mode bekerja’.

Kemudian, sinyal positif yang maksud di atas itu macam-macam bro. Saat lo melakukan video call dengan bos, business partner, ataupun calon klien, maka tetap saja penampilan yang terlihat akan menjadi first impression mereka terhadap lo seperti pertemuan tatap muka umum.

Jadi, jangan meremehkan penampilan selama masa ini ya bro.

 

Cek juga: Cara Mudah Menjadi Ganteng

 

Tips Menjaga Penampilan Selama Work From Home

Semoga lo sudah sadar ya pentingnya menjaga penampilan meskipun bekerja di rumah.

Pada umumnya, penampilan yang dimaksud adalah pakaian yang dikenakan maupun penampilan daerah muka dan kepala.

Yuk cek berbagai tipsnya di bawah ini.

 

1. Gunakan Bawahan yang Santai

Berhubung bagian bawah kita hampir pasti tidak akan terlihat saat melakukan sesi online meeting, lo bisa menggunakan celana yang santai.

Salah satu pertimbangan penting adalah menggunakan celana yang membuat lo nyaman untuk duduk dalam waktu yang lama, jadi celana pendek ataupun celana chino bisa menjadi pilihan yang tepat bro.

Follow Instagram Mas Kulin

Gw kurang menyarankan menggunakan celana dengan motif terlalu gombrang (berlebihan), sebab tetap ada kemungkinan kecil celana lo akan terlihat saat tidak sengaja berdiri di sesi video call 🙂

 

2. Pakai Atasan Gaya Kasual

Gaya Penampilan Kasual Saat Work From Home

Untuk atasannya, gw bagi menjadi tiga macam ya: kasual, semi-formal, maupun formal. Kita bisa mengabaikan pentingnya mix-match
dengan pakaian lain (sepatu, celana) saat masa bekerja dari rumah karena bagian tersebut nyaris tidak terlihat.

Untuk gaya kasual di sini, lo gak perlu menggunakan outerwear bro. Soalnya lo diam terus di rumah. Outerwear juga berpotensi membuat lo lebih gerah di rumah yang justru dapat menurunkan produktivitas lo.

Kaos merupakan pilihan yang tepat. Jika lo sangat yakin gak akan melakukan video call di hari tersebut, lo bisa juga memakai sleeveless t-shirt (kaos lengan buntung). Apalagi bila lo mudah merasa di rumah (seperti gw).

Tambahan: lo bisa atur jadwal untuk menggunakan kaos biasa di weekday (Senin hingga Kamis), sedangkan masa weekend menggunakan kaos yang lebih santai lagi (sleeveless t-shirt atau bahkan gak pakai baju, terserah sih).

Ini berguna untuk membiasakan otak lo mengingat weekend, karena di masa ini kita cenderung abai dengan hari kerja dan hari libur bro.

 

3. Pakai Atasan Gaya Semi-Formal

Atasan gaya semi formal seperti polo shirt atau kemeja tipis dengan mandarin collar lebih cocok dilakukan untuk semua situasi sih bro, terutama ketika dresscode kantor lo sebenarnya memang formal atau business dresscode.

Bila dibandingkan atasan kasual, atasan semi-formal lebih mudah membantu otak untuk membuat lo dalam ‘mode bekerja’. Namun, pastikan bahwa lo menggunakan atasan yang nyaman ya.

Kaos polo dan kemeja lengan pendek dari bahan katun sangat disarankan untuk membuat tubuh tetap enak untuk bergerak dan tidak membuat lo berkeringat.

Selain itu, gaya semi-formal umumnya cocok digunakan (dan dimaklumi) saat lo melakukan video call dengan business partner, investor, ataupun klien (orang-orang eksternal perusahaan) di masa seperti ini.

Bila lo akan melakukan wawancara kerja, maka gaya semi-formal jauh lebih disarankan untuk dipakai dibandingkan gaya formal untuk semua jenis perusahaan, kecuali lo melamar ke perusahaan yang sudah jelas-jelas mencantumkan formal dresscode untuk sesi interview ya.

 

Cek juga: Tips Berpakaian Kece untuk Interview

 

4. Pakai Atasan Gaya Formal

Atasan dengan gaya formal seperti kemeja lengan panjang dan jas kurang disarankan saat bekerja dari rumah, karena cenderung membatasi ruang gerak bro.

Bila lo ingin melakukan online video call dengan ‘orang penting’, kemeja lengan pendek masih cukup sopan kok. Apalagi di masa seperti sekarang di mana mayoritas orang-orang tersebut juga bekerja dari rumah.

Bila memang ada keharusan untuk menggunakan gaya formal, saran gw hanya gunakan selama call saja. Setelah itu, gantilah ke atasan yang lebih kasual bro, atau minimal lepaskan jaket dan kancing di kerah kemeja.

Untuk gaya ini, gunakan bawahan celana chino agar nuansa formal masih tetap terjaga.

 

5. Siapkan Selendang atau Scarf

Bila lo kedinginan, maka selendang dan scarf (syal) bisa menjadi alternatif dari outerwear bro.

Penggunaan selendang membuat nuansa kerja lo lebih kasual, dan lo bisa mudah melepasnya kapanpun kalau mulai merasa kepanasan tanpa kena keringat (jadi gak harus dicuci terlalu sering).

Selain itu, di negara tropis kita jarang menggunakan scarf sebagai bagian dari gaya berpakaian.

Nah, ini kesempatan buat lo pamer gaya dengan scarf, karena memang masih masuk akal menggunakan scarf di rumah 🙂

 

6. Cukur Rambut Sendiri

Bila lo merasa rambut sudah terlalu gondrong dan gak nyaman, maka ini saatnya mencukur rambut bro.

Namun, di masa physical distancing seperti sekarang, lo mungkin malas keluar untuk mencari barbershop yang masih buka.

Kalau gak ada orang di rumah yang bisa bantu, maka gak ada salahnya lo mencoba untuk praktek mencukur rambut lo sendiri bro.

Sekedar menggunting pendek masih bisa dilakukan kok tanpa harus punya keahlian seperti para barber. Cek link di bawah ya untuk penjelasan lengkapnya.

 

Cek juga: Cara Mencukur Rambut Sendiri untuk Pria

 

7. Mandi di Pagi dan Malam Hari

Iya bro, gw tau kalau beberapa di antara lo malah hepi karena gak usah pergi keluar sama sekali berarti gak usah mandi. Beberapa teman gw ada yang seperti ini soalnya :p

Begini bro, mandi ini punya dua pengaruh positif:

  • Penampilan sudah pasti. Kalau mendadak lo diminta online video call sama si bos atau klien, setidaknya lo sudah cukup layak untuk tatap muka online.
  • Membuat tubuh lebih segar. Ini pengaruhnya ke produktivitas kerja lo bro. Gw pribadi merasa jauh lebih segar dan produktif setelah mandi. Lo bisa coba sendiri. Kalau memang gak pengaruh, setidaknya bisa memikirkan manfaat terkait penampilan ya.

 

8. Gunakan Pelembab

Saat ini, interaksi melalui video call bisa jadi lebih sering dilakukan daripada saat lo kerja di kantor. Hal ini berarti muka lo akan sangat menjadi sorotan selama melakukan panggilan.

Nah, pelembab muka atau moisturizer berfungsi untuk membuat kulit muka lo gak terlihat kusam dan kering bro. Biar gak ‘mengganggu’ lawan bicara lo.

Selain itu, pelembab juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit lo bro. Untuk lengkapnya, lo bisa cek tulisan ini ya.

Buat lo yang butuh tahu lebih dalam tentang perawatan kulit muka pria, silakan klik link di bawah.

 

Cek juga: Tips Penggunaan Skincare untuk Berbagai Tipe Kulit Muka

 

9. Tidur Cukup

Pentingnya Istirahat Saat Kerja di Rumah

Gak bisa dipungkiri bahwa masa kerja di rumah ini membuat sebagian dari kita lupa dengan jam kerja (termasuk si bos).

Akibatnya, ada kecenderungan jam tidur kita bergeser dan mengakibatkan jumlah jam istirahat kita menjadi berkurang. Hal ini bisa memicu munculnya kantung mata yang tentunya mengganggu penampilan bro.

Untuk mengantisipasinya, lo bisa coba menerapkan jam tidur siang. Berhubung lo tidak melakukan perjalanan pergi dan pulang, maka lo bisa mengganti waktu ini ke jam istirahat siang.

Selain itu, lo bisa pasang ‘alarm tidur’ bro. Fungsinya untuk mengingatkan lo kalau sudah harus berhenti kerja atau sekedar pengingat untuk segera tidur.

 

10. Siapkan Pomade

Sebenarnya pomade ataupun hair styling product lain bukan hal yang wajib lo siapkan kalau mau bekerja dari rumah sih.

Seperti yang sudah disinggung-singgung sebelumnya, penampilan yang terpenting adalah area kepala dan pundak karena bisa jadi lo perlu melakukan video conference atau video call.

Gunakan pomade untuk mempertahankan style rambut lo seperti ketika bekerja normal bro.

Oh ya, gw sarankan lo gak perlu pakai pomade kalau tidak ada rencana untuk video call, atau lo hanya melakukannya untuk call rutin dengan tim kerja lo sih (kecuali lo bener-bener merasa kurang pede tanpa menata rambut ya).

Jadi pomade lo bisa dihemat selama masa work from home ini 🙂

 

Cek juga: Apakah Pomade Merusak Kesehatan Rambut?

 

Nah itulah ulasan mengenai cara berpakaian sekaligus menjaga penampilan untuk pria selama masa kerja di rumah.

Oh ya bro, tips di artikel ini juga berguna buat lo yang memang bekerja dari rumah full-time kok, jadi gak hanya selama periode kerja dari rumah saja ya.

Bagi lo yang tertarik untuk memulai karir dengan bekerja dari rumah, coba deh baca tulisan gw di sini mengenai cara mendapatkan penghasilan dari internet.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar celana dalam pria, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

6 thoughts on “#DiRumahAja – 10 Tips Berpakaian dan Menjaga Penampilan untuk Pria Selama WFH”

  1. Setelah baca artikel ini Jadi kepikiran tampil keren juga sekarang… he..eh
    maklum sudah enam tahun ini WFH..
    Makasih Bro sudah berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *