Health

#DiRumahAja – 12 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Kerja dari Rumah

Jaga Kesehatan Tubuh di Rumah

Hai bro, saat ini lo masih work from home atau sudah wajib masuk ke kantor lagi?

Di beberapa perusahaan yang sudah mengambil keputusan duluan untuk kerja dari rumah sejak Maret, ada yang udah mulai masuk lagi. Namun, sepertinya masih banyak juga perusahaan yang memperpanjang masa kerja dari rumah (termasuk kantor gw).

Ada juga kantor yang baru memberlakukan kerja dari rumah semenjak daerahnya mendapat status PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dari Kementerian Kesehatan. Apakah daerah lo salah satunya?

Lo yang bosan kerja kantoran tiap hari pasti senang dong begitu dengar kalau harus ngantor dari rumah, tetapi sebenarnya kerja dari rumah itu ada juga kendalanya. Salah satunya tentu terkait kesehatan. Kok bisa ya?

Nah di tulisan kali ini, gw akan membahas lebih dalam terkait alasannya serta bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh saat lo harus kerja dari rumah. Ini juga berlaku buat lo yang memang full-time kerja remote sih bro.

 

Kendala Kesehatan yang Dialami Ketika Bekerja dari Rumah

Kerja Dari Rumah

Berbagai keuntungan yang didapat ketika lo bekerja dari rumah adalah lo bisa menghemat biaya transportasi yang dikeluarkan, tidak membuang waktu perjalanan, dan yang paling enak adalah lo bisa mengatur jadwal kerja lo sendiri selagi pekerjaan sesuai dengan target.

Namun, ada pula kerugian yang bisa didapat ketika lo bekerja dari rumah.

Kalau lo termasuk tipe extrovert, lo pasti bakalan lebih cepat bosan ketika harus kerja di rumah dan lebih rentan stress lantaran nggak bisa berkumpul dengan rekan kerja seperti biasa.

Ketika lo kerja di rumah, lo juga bakal dihadapkan pada berbagai kendala yang baru lo hadapi, jadi harus adaptasi lagi. Mulai dari kesulitan sinyal, lebih cepat mengantuk, badan lebih cepat capek, dan mata yang lebih mudah lelah.

Kendala itu sebenarnya bisa diatasi, tetapi karena lo belum terbiasa, kemungkinan besar lo bakalan lebih rentan stress karena hal itu mengganggu kinerja kerja lo.

Hal ini mengakibatkan lo akan mengambil waktu lebih lama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dan di akhir hari, lo hanya bisa mengeluh seperti biasanya deh bro 🙁

 

Cek juga: Cara Cukuran Sendiri di Masa Physical Distancing

 

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Kerja dari Rumah

Karena lo kerja di rumah, otomatis pergerakan lo jadi berkurang. Lo bakal lebih malas untuk bergerak dan hal itu sebenarnya nggak baik buat tubuh lo.

Sebagai pria, kita juga harus menjaga penampilan meskipun bekerja dari rumah. Kalau lo jarang bergerak, timbunan lemak akan lebih cepat terlihat. Pada awal-awal masa work from home mungkin nggak terasa, tetapi akan ada perubahan dari minggu ke minggu.

Oleh karena itu, lo wajib menjaga kondisi tubuh, pola makan, dan kesehatan anggota tubuh lo supaya nggak gampang sakit ketika lo kerja di rumah.

Nah, gw coba bagikan ya beberapa pengalaman gw menjaga kesehatan di rumah:

 

1. Sarapan Sehat

Sarapan Sehat di Rumah

Nggak hanya waktu kerja di rumah sih, sebenarnya lo sebaiknya sarapan sehat setiap hari. Namun, ketika lo di rumah, lo butuh asupan yang lebih sehat lantaran berkurangnya kegiatan lo.

Follow Instagram Mas Kulin

Kalau lo rajin bangun pagi, lo bisa mencoba menyiapkan sarapan sendiri yang lebih sehat dan ada waktu sarapan yang lebih lama karena lo nggak perlu menghabiskan waktu untuk jalan ke kantor.

Gw sendiri biasanya makan roti gandum sih dan sereal bro.

Menu sarapan yang sehat dan waktu yang lebih santai membuat nutrisi lebih mudah terserap sehingga lo bisa dapat energi yang lebih baik hingga siang hari dan juga bisa menyiapkan pikiran agar lebih fokus ketika sedang bekerja.

 

2. Berjemur di Pagi Hari

Setelah sarapan, lo juga sebaiknya berjemur. Nggak perlu lama-lama, 10 sampai 15 menit aja. Nggak membantu menyehatkan tulang karena asupan vitamin D, berjemur juga bisa bikin suasana hati lo lebih baik karena mendapat asupan udara segar.

Dengan suasana hati yang baik, secara nggak langsung akan berpengaruh terhadap kinerja lo yang juga bakal lebih baik.

 

3. Selalu Sediakan Air Putih

Minum Air Putih

Seperti hari-hari biasa, tubuh membutuhkan banyak asupan cairan dan yang terbaik adalah dari air putih. Jangan karena lo kerja dari rumah terus lo menggampangkan dan nggak menyediakan air putih di meja kerja lo.

Kalau lo asyik dengan kerjaan, lo bisa lupa untuk minum air putih. Kalau di rumah yang lebih mudah menjangkau makanan dan minuman, lo bisa malas mengambil air.

Sediakan air putih di meja kerja bro. Nggak cuma segelas, lo bisa ambil air putih di botol besar supaya bisa lebih mudah mengisi ulang.

 

4. Atur Posisi Kerja yang Nyaman

Jaga Posisi Duduk saat Kerja dari Rumah

Meskipun di rumah, bukan berarti lo bisa bekerja di manapun dan kapanpun. Posisi kerja yang baik dan nyaman akan sangat mempengaruhi kinerja lo dalam bekerja seharian.

Lo boleh-boleh aja kerja sambil tengkurap di sofa, lesehan di ruang tamu, ataupun rebahan di kasur. Namun, lebih baik kalau lo bekerja seperti posisi duduk lo ketika bekerja di kantor, yaitu dengan kursi dan meja.

Meskipun awalnya nyaman dan enak, tetapi bekerja sembari tengkurap atau rebahan terlalu lama bisa menambah beban dan meningkatkan risiko lo mengalami sakit leher, punggung, ataupun bahu, karena posisi lo bikin otot-otot di sekitar organ itu menjadi kaku.

Nah, makanya mendingan duduk seperti biasa ya, supaya lo nggak lebih gampang capek ataupun malas melanjutkan pekerjaan sehingga kinerja lo menurun.

 

Cek juga: Tips Berpakaian Nyaman untuk Pria Pendek Agar Terlihat Gak Pendek

 

5. Perbaiki Pencahayaan Ruangan ataupun Layar

Berhubungan dengan posisi duduk, lo nggak hanya sekadar duduk di meja lalu kerja ya. Posisi layar harus setidaknya 30 derajat di bawah garis lurus mata, supaya lo bisa mencegah masalah yang berpotensi terjadi pada mata lo.

Selain menurunkan tekanan pada mata, trik ini juga mencegah leher dan pundak lo membungkuk dalam waktu yang lama sehingga bisa mencegah cedera leher dan punggung.

Lo juga harus memakai filter cahaya pada layar monitor atau setidaknya atur pencahayaan monitor lo sehingga mata tidak terlalu cepat lelah.

Sesuaikan cahaya monitor dengan cahaya ruangan, tidak boleh terlalu redup atau terlalu terang sehingga mata bisa tidak nyaman dan cepat perih.

 

6. Batasi Jam Kerja

Di masa-masa seperti sekarang, batas antara jam kerja dan jam istirahat cenderung menjadi ambigu bro.

Bila lo tipe yang sering kelupaan jam kerja, coba gunakan alarm sebagai reminder. Buat reminder berlapis untuk pengingat tambahan bro.

Bagi lo yang jam kerjanya malah merasa sering kelebihan akibat pekerjaan yang terlalu banyak, coba bicarakan dengan atasan lo. Kalau lo biarkan, maka lo berpotensi terkena stres yang cukup tinggi.

Selain itu, usahakan agar jam tidur lo tetap seperti biasa. Pastikan jumlah jam tidur lo tetap cukup di 6 hingga 8 jam per hari agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

 

7. Lakukan Olahraga Rutin

Olahraga di Rumah

Jarangnya bergerak ketika bekerja dari rumah membuat lo bisa lebih cepat capek ketika nanti kembali bekerja di kantor. Makanya, lo harus berolahraga secara rutin supaya stamina tetap terjaga.

Lo bisa jogging di pagi hari sembari berjemur ataupun melakukan pemanasan sederhana. Apabila takut capek, lo bisa berolahraga pada sore harinya.

Kalau takut pergi ke luar karena Covid-19, lo bisa olahraga di dalam rumah. Mulai dari push up, yoga, sit up, dan sebagainya. Coba cari beberapa channel YouTube yang menyediakan latihan olahraga atau body jam bro, seru lho 🙂

Cara lain, lo bisa jogging di luar rumah dengan memperhatikan peraturan physical distancing, yaitu mencara jaga jarak 1 hingga 3 meter dengan orang lain.

 

8. Sesekali Lakukan Peregangan

Kalau lo duduk dan bekerja di depan komputer terus, otot-otot tubuh lo akan kaku. Apalagi kalau lo kerja dari rumah itu kadang posisi duduknya berubah tanpa sadar.

Leher, punggung, pinggang, dan bahu akan lebih cepat terasa kaku apabila lo nggak melakukan peregangan. Sesekali lakukanlah peregangan agar otot tidak kaku.

Ada tiga peregangan yang harus dilakukan supaya tubuh tidak cepat lelah, yaitu peregangan tulang belakang, hamstring (pinggul – paha), dan leher. Peregangan tulang belakang bisa dilakukan ketika lo bangun pagi dan bisa sekalian menggeliat.

Peregangan leher dilakukan setidaknya 2 hingga 3 kali sehari agar tidak kaku. Begitu pun dengan peregangan hamstring.

 

9. Sediakan Makanan Sehat untuk Cemilan

Siapkan Cemilan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Kalau di kantor, lo suka ngemil apa gak bro? Keripik kentang, batagor, atau mungkin kacang?

Yang perlu lo ketahui adalah cemilan semacam itu sebenarnya tidak sehat karena tingginya jumlah kalori. Sebaiknya lo mengganti cemilanmu dengan yang lebih sehat.

Nah, keuntungan lain kalau lo kerja di rumah nih. Lo bisa bikin cemilan favorit yang bisa dimakan selagi lo bekerja.

Kalau lo suka buah, lo bisa mencoba menjadikannya snack. Buah mulai dari apel, pir, pisang, buah naga, tomat, ataupun kiwi bisa menemanimu melewati hari dan juga jauh lebih sehat ketimbang cemilan kemasan yang bisa didapatkan di minimarket.

Kalau mau menu selain buah, lo bisa makan roti gandum dengan selai ataupun telur rebus. Praktis kan?

 

Cek juga: Cara Mudah Menjalani Hidup Sehat Sebagai Vegetarian

 

10. Berikan Jeda Sesekali untuk Menjaga Kesehatan Mata

Ketika lo bekerja di depan layar, mata lo adalah salah satu organ tubuh yang paling keras bekerja, terutama saat kerja dari rumah selama ini. Kadang lo harus memberikan waktu supaya mata bisa beristirahat.

Lo bisa mengurangi tingkat kecerahan pada layar komputer atau beristirahat sejenak tiap 20 hingga 30 menit sekali. Kalau mata kering, lo juga bisa pakai obat tetes mata meskipun cara ini kurang disarankan.

Jika di rumah lo ada pemandangan yang menghadap ke jalan raya, atau setidaknya ada jarak pandang yang luas, maka lo bisa istirahat dengan melihat pemandangan tersebut bro. Supaya mata lebih lemas.

 

11. Sempatkan untuk Mengobrol dengan Keluarga

Sosialisasi Bersama Keluarga

Karena lo bekerja dari rumah, pasti ada anggota keluarga yang setidaknya menyapa. Ingat, jangan mentang-mentang kerja dari rumah, kita jadi lupa bersosialisasi dengan keluarga.

Cobalah atur waktu kerja lo sehingga sisanya bisa dipergunakan dengan berinteraksi.

Cobalah mengobrol dengan keluarga, atau jika lo berada di perantauan, lo bisa menelepon atau melakukan video call. Cara itu cukup ampuh untuk mengobati kerinduan lo berbicara dengan orang lain.

Selain itu, lo juga bisa mendapat semangat moril dari keluarga karena hubungan yang tetap terjaga.

 

12. Saring Informasi yang Masuk

Berbagai berita kurang baik terkadang bisa membuat lo semua mengalami tekanan psikosomatis sehingga seakan-akan lo sakit, padahal sehat.

Oleh karena itu, batasi informasi negatif yang masuk. Carilah berita atau informasi yang menyenangkan di hati lo sehingga lo nggak gampang stress dan mudah kehilangan mood.

Kesehatan mental tidak kalah pentingnya dengan kesehatan fisik bro. Keduanya harus berimbang supaya kita bisa melewati masa kerja dari rumah ini selama pemberlakuan physical distancing ini.

Sebagai tambahan, coba lo mulai mengikuti beberapa akun meme atau akun yang senang membagikan gambar-gambar kucing dan anjing (terserah selera lo). Lumayan untuk menghibur diri bro.

 

Cek juga: Sudah atau Hampir Usia 30-an? Cek Berbagai Hal yang Perlu Diketahui

 

Nah itulah ulasan mengenai tips menjaga kesehatan tubuh selama masa kerja di rumah ini.

Satu hal yang gw rasakan selama masa physical distancing ini adalah beban stres akibat pekerjaan sangat mudah menyerang bro.

Bila stres yang lo alami bersumber dari pekerjaan, maka lo bisa mencoba menerapkan beberapa tips berikut terkait meringankan stres. Kalau gak ada yang pas, silahkan tanyakan di kolom komentar bro, mungkin gw bisa bantu memberikan tips.

Oh ya, baca juga seluruh tulisan gw terkait berbagai aktivitas #DiRumahAja di sini ya.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar menjaga kesehatan tubuh, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

4 thoughts on “#DiRumahAja – 12 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Kerja dari Rumah”

  1. Sangat menginspirasi dan lengkap. Emang kerja di rumah bae bikin banyak dampak. Salah satunya jadi kurang gerak, dan tidak bugar. Tapi buat olahraga males. Huhuhu

    1. Haha bener banget bro. Memang kadang jadi males sih. Solusi tambahan, bisa juga putar streaming body jam atau body dance di channel-channel fitnes, terus gerak bareng sama keluarga. Lumayan fun kok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *