Health

Cara Mudah Mengatasi dan Menyamarkan Man Boobs

Man Boobs Pria

Hai bro, pernah melihat pria dengan man boobs? Atau mungkin lo sendiri yang memilikinya?

Memang, membesarnya payudara pada pria akan membuat kebanyakan dari mereka tidak percaya diri dengan penampilannya. Teman gw waktu SMP ada yang punya man boobs dan sering jadi korban ejekan, jadi gw bisa paham kalau punya man boobs itu gak bisa dibilang enak.

Munculnya man boobs biasanya menandakan berat badan lo bertambah. Apalagi, kalo lo orangnya males banget buat olahraga.

Nah, sebenernya perlu lo ketahui penyebab munculnya man boobs bukan cuma karena berat badan atau timbunan lemak berlebih, tapi ada berbagai faktor lain juga yang bisa menjadi pemicunya.

Di artikel ini, gw bakal kupas tuntas seputar man boobs serta cara mengatasi dan tips berpakaian untuk menyamarkan man boobs.

Apa Itu Man Boobs?

Man boobs merupakan kelainan kondisi pada payudara pria yang membesar seperti layaknya wanita. Secara medis, kondisi ini disebut dengan gynaecomastia. Kondisi kelainan ini bisa dialami pria dewasa maupun yang masih muda (seperti yang gw singgung di awal artikel soal teman SMP gw) .

Buat lo yang masih muda dan sudah memiliki man boobs, selain karena faktor pubertas, bisa jadi dipicu juga oleh pola hidup dan makan lo yang tidak dijaga. Mumpung masih muda, ada baiknya lo mulai mengubah pola makan dan kebiasaan lo, bro.

Kebanyakan pria juga sering merasa malu meminta saran dokter untuk menangani keluhan ini. Walau memang kondisi ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan, karena man boobs bukanlah kondisi yang permanen dan bisa lo hilangkan asal lo punya niat, bro.

Penyebab Man Boobs

Berikut penyebab munculnya man boobs yang perlu lo ketahui, yaitu:

 

1.   Hormon

Pada banyak kasus, kelainan hormonal menjadi faktor paling utama yang menyebabkan membesarnya payudara pada pria. Seperti yang kita ketahui, pria dan wanita sama-sama memiliki hormon esterogen. Namun, ketika produksi hormon esterogen pada pria lebih tinggi daripada hormon testosteron, maka payudara pria akan membesar seperti wanita.

Ketidakseimbangan hormon estrogen dan testosteron ini memang sangat berpengaruh terhadap membesarnya payudara pria.

 

2.   Obesitas

Seperti yang tadi di awal udah gw bahas sedikit tentang adanya faktor bertambahnya berat badan yang juga menjadi penyebab membesarnya payudara pria, faktor tersebut memang benar, bro.

Dengan bertambahnya berat badan lo, maka akan semakin banyak penumpukan lemak di dada sehingga dada pria terlihat membesar.

Pria yang berat badannya bertambah dan tidak diikuti dengan olahraga rutin memiliki kemungkinan besar untuk memiliki man boobs. Apalagi, pada pria dengan kelebihan berat badan atau obesitas. Kebayang kan, bro?

Selain itu, obesitas pada pria juga meningkatkan tingkat hormon estrogen dalam darah dan menekan produksi testosteron sehingga mengakibatkan jaringan payudara kian berkembang.

 

3.   Usia

Kondisi seperti man boobs ini bisa terjadi pada usia berapa saja seperti gw bilang di awal. Namun seringkali terjadi di masa pubertas, di mana pada saat itu terjadi perubahan hormon.

Menurut penelitian, 70 persen anak laki-laki mengalami man boobs saat mereka melalui masa puber. Selain itu, man boobs juga sering dialami oleh pria berusia lanjut. Perubahan hormon akibat proses penuaan memicu munculnya man boobs.

Follow Instagram Mas Kulin

 

4.   Konsumsi Alkohol

Kebiasaan mengonsumsi alkohol memang tidak baik bagi tubuh. Salah satu akibatnya adalah munculnya man boobs bagi pria.

Alkohol ternyata mengandung phytoestrogen yang membuat tubuh menghasilkan estrogen. Makin banyak alkohol yang lo minum, makin banyak pula estrogen yang tertimbun di badan lo, bro.

 

5.   Efek Samping Steroid

Konsumsi steroid anabolik yang biasanya kita kenal dengan istilah doping sangat memengaruhi pertumbuhan payudara pada pria.

Doping kita kenal dengan khasiatnya yang mampu meningkatkan performa olahraga para atlet dan binaragawan dan penggunaannya sudah tentu ilegal.

6.   Efek Samping Obat

Menurut beberapa jurnak kesehatan, sejumlah obat-obatan tertentu dapat memberi efek samping munculnya man boobs. Meski kasus ini cukup langka terjadi, lo tetap harus lebih berhati-hati dalam penggunannya.

Obat-obatan tersebut termasuk di antaranya, obat anti kerontokan rambut untuk mengatasi kebotakan pria, obat antibiotik tertentu, obat antidepresan trisilik dan anti-testosteron spironalaktan.

7.   Adanya Tumor yang Tidak Terdeteksi

Tumbuhnya tumor, seperti tumor testis dan pituitari dapat memengaruhi produksi hormon sehingga dapat mengubah keseimbangan hormon pada pria.

Jika tubuh pria tidak menghasilkan cukup hormon testosteron dan justru hormon esterogen yang jumlahnya lebih banyak, maka ketidakseimbangan hormon ini dapat memicu munculnya man boobs.

8.   Hormon Bawaan dari Ibu Saat Melahirkan

Anak yang berusia di bawah lima tahun juga bisa mengalami pembesaran payudara. Hal ini terjadi karena sebagian hormon esterogen dari ibu mereka ikut melekat pada darah mereka dan terbawa saat proses melahirkan.

Cek juga: Tips Menjaga Penampilan di Rumah Untuk Meningkatkan Produktivitas

 

Dampak Memiliki Man Boobs

Dampak Memiliki Man Boobs

Munculnya man boobs pada pria secara tidak langsung memengaruhi psikologis orang tersebut. Berikut dampak yang sering terjadi jika pria memiliki man boobs, yaitu:

1. Mengurangi Rasa Percaya Diri

Percaya diri seorang pria bisa menciut seketika saat menyadari dirinya memiliki man boobs. Mereka biasanya akan berusaha untuk menyamarkan bentuk man boobs supaya tidak terlalu terlihat. Penampilan memang memengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang, apalagi saat berhadapan dengan kaum wanita.

2. Merasa Tidak Puas dengan Bentuk Badannya

Man boobs identik dengan pria gemuk, maka dari itu pria yang memiliki man boobs selalu merasa tidak puas dengan bentuk badannya yang membesar.

3. Kemungkinan Terkena Penyakit Serius

Man boobs memang bukan kondisi serius, namun tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter jika lo memiliki kondisi kelainan ini. Pada beberapa kasus, munculnya man boobs merupakan pertanda seseorang mengidap penyakit serius, seperti tumor testis atau tumor pituitari.

Cek juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok Pada Pria

 

Cara Mengatasi Man Boobs

Makanan Sehat untuk Mengatasi Man Boobs

Selanjutnya gw akan share beberapa cara mengatasi man boobs yang bisa lo coba seperti berikut ini:

1.   Olahraga

Cara terbaik untuk mengatasi man boobs adalah dengan rutin berolahraga. Ada beberapa pilihan olahraga yang tepat untuk mengecilkan man boobs, diantaranya:

· Olahraga Kardio

Kardio sangat efektif untuk mengencangkan tubuh, walau tidak fokus hanya di bagian dada. Namun dengan rutin melakukan kardio, lemak di tubuh lo akan cepat berkurang.

· Push Up

Rutin melakukan push up akan sangat membantu lo untuk bisa mengencangkan otot dada.

· Dumbbell

Selain push up, lo juga bisa tambahkan latihan menggunakan dumbbell untuk mengencangkan otot bagian dada.

 

2.   Menjaga Pola Makan

Selain olahraga, mengubah dan menjaga pola makan juga penting banget buat lo yang ingin menghilangkan man boobs. Lo harus mengurangi lemak dan kalori makanan untuk menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak berlebih di area dada.

Lo harus mulai mengurangi konsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi dan menggantinya dengan makanan yang kaya akan protein dan nutrisi.

Jadi, lo sudah harus menghindari makan junk food dan mulai untuk rajin makan sayuran, buah-buahan dan susu rendah lemak.

3.   Kurangi Konsumsi Alkohol

Selanjutnya lo harus mengurangi, bahkan berhenti mengonsumsi alkohol. Zat yang terkandung pada alkohol sangat berpengaruh pada tubuh lo. Selain membuat payudara lo membesar, alkohol juga membuat perut lo gampang buncit.

4.   Konsultasi ke Dokter

Jika usaha-usaha yang lo lakukan dirasa masih belum cukup untuk bisa menghilangkan man boobs, ada baiknya lo berkonsultasi dengan dokter.

Dokter bisa melakukan diagnosis dan mengidentifikasi sumber yang memicu munculnya man boobs. Penanganan dan pengobatan medis yang cepat dan tepat, akan sangat menyelamatkan lo jika ternyata ada penyakit serius yang lo derita.

Cek juga: Mengenal Toxic Masculinity dan Cara Mengatasinya

 

Cara Menyamarkan Man Boobs

Tips Berpakaian untuk Pemilik Man Boobs

Man boobs memang membuat pria terganggu dengan kemunculannya dan banyak dari mereka memutar otak untuk menutupi man boobs. Nah, gaya fashion yang benar bisa membantu agar lo tetap pede saat bepergian dan bertemu dengan orang lain bro.

Berikut ini cara menyamarkan man boobs dalam berpakaian:

1.   Tidak Memakai Kaos Ketat.

Memakai kaos ketat harus sangat dihindari buat lo yang memiliki man boobs, karena payudara lo akan ‘nyeplak’ banget dan secara estetika agak kurang sedap dipandang. Jadi lebih baik lo pilih kaos yang ukurannya pas untuk badan lo, bro.

2.   Memakai Baju Bermotif Sedikit atau Minimal

Cara ini cukup efektif untuk menyamarkan area tubuh yang tampak bermasalah, seperti man boobs. Lo harus berhati-hati memilih motif pada baju. Cukup yang simple dan kecil dengan warna yang selaras.

3.   Memakai Baju Berwarna Tidak Mencolok

Inget, jangan dulu pakai baju yang berwarna terang dulu sampai akhirnya lo bisa menghilangkan man boobs. Pemakaian warna terang akan sangat memperlihatkan payudara lo yang membesar. Jadi sembunyikan bentuk payudara lo dengan memakai baju berwarna gelap atau tidak mencolok.

4.   Tidak Memakai Baju Berwarna Putih

Baju berwarna putih bisa membuat dada lo terlihat lebih besar. Warna putih memang selalu dihindari orang berbadan gemuk, karena akan membuat badan mereka terlihat semakin besar. Jadi ada baiknya lo memakai baju dengan warna-warna netral atau gelap.

5.   Memakai Pakaian dengan Garis Vertikal

Garis vertikal pada baju dapat membuat ilusi pada tubuh menjadi terlihat ramping dan itu sangat membantu lo yang memiliki man boobs.

6.   Memakai Sweater atau Jaket

Menutupi man boobs dengan memakai baju tebal, seperti sweater atau jaket juga bisa menunjang penampilan lo.

7.   Tidak Memakai Aksesoris yang Menjadi Pusat Perhatian

Ini penting Sob, apalagi aksesoris yang membuat area dada menjadi perhatian, seperti kalung berukuran besar.

Walau sebenernya lo ingin terlihat keren dengan memakai aksesoris, tetapi memakai kalung besar dan panjang justru akan membuat perhatian orang jatuh pada dada lo, bro. Jadi sebaiknya lo pakai aksesoris yang minimalis saja dulu untuk bisa tampil stylish.

Cek juga: Model Rambut Ikal Pria Paling Ngetren

 

Tips Tambahan Seputar Man Boobs

Konsultasi dengan Dokter Tentang Man Boobs

Berikut tips seputar man boobs yang perlu lo lakukan jika memiliki keluhan man boobs, yaitu:

1.   Hindari Pemicu Man Boobs

Bro, kalo lo memiliki man boobs dan terganggu dengan kemunculannya, ada baiknya lo segera mengetahui apa saja yang menjadi pemicunya seperti yang udah dijelaskan sebelumnya di artikel ini.

Bisa jadi itu karena makanan, kurangnya olahraga, konsumsi obat-obatan tertentu, konsumsi alkohol, dan lain-lain yang sudah gw bahas sebelumnya.

Untuk mencegah resiko mengalami man boobs, ada baiknya untuk sedikit demi sedikit lo mengurangi konsumsi makanan kurang menyehatkan dan alkohol, serta memulai untuk berolahraga.

2. Ubah Pola Gaya Hidup

Man boobs mungkin menjadi pertanda kalo lo harus segera mengubah kebiasaan buruk pada pola hidup lo, baik itu pola makan atau pola tidur lo.

Ingat bro, dua faktor itu sangat berpengaruh besar lo bisa mengalami obesitas.

3. Cobalah Konsultasi ke Dokter atau Ahli Kesehatan.

Dokter akan menyarankan lo untuk mempertimbangkan melakukan sedot lemak, jika segala usaha yang sudah lo lakukan masih tidak memberikan hasil yang signifikan.

Terkadang penurunan berat badan atau perawatan medis tidak mampu mengatasi payudara yang membesar atau berlemak pada pria. Dokter ahli bedah memberikan alternatif prosedur yang bisa membantu lo menyingkirkan lemak berlebih di area dada.

Cek juga: Berbagai Bentuk Tubuh Pria dan Gaya Berpakaian yang Pas

Nah itulah ulasan mengenai man boobs serta cara mengatasi atau sekedar menyamarkan bentuknya.

Sekalipun mengganggu bentuk tubuh sehari-hari, penggunaan pakaian dan gaya hidup yang tepat dapat membantu lo buat tetap pede sehari-hari

Sebagai tambahan, lu bisa mengkombinasikan tips berpakaian di atas dengan gaya berpakaian lain yang sesuai bentuk tubuh lo. Misalnya kalau lo berbadan gemuk, cek tips berpakaian yang pas untuk pria gemuk di sini.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar Man Boobs, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *