Fashion

Kombinasi Warna Baju dan Celana Pria Terbaik Buat Penampilan Lo

Kombinasi Warna Baju dan Celana Pria

Hai bro, apakah lo suka bingung kombinasi warna baju dan celana pria yang pas di badan lo? Tenang, lo gak sendirian kok. Ini merupakan salah satu pertanyaan yang sering masuk ke gw lewat komentar blog atau DM di Instagram.

Fashion tentunya bukan cuma buat kaum wanita saja bro. Padu padan kombinasi pakaian juga tersedia buat kaum pria, meskipun perlu diakui jika gaya berpakaian pria jauh lebih praktis ketimbang wanita.

Penampilan merupakan representatif dari kepribadian lo sendiri. Upaya menunjukkan jati diri dapat lo wujudkan melalui pemilihan warna, seperti memasangkan antara warna hangat dengan golongan warna dingin atau netral.

Dari segi psikologi nyatanya warna juga bisa mempengaruhi perasaan dan perilaku bro. Alasannya warna mampu mencerminkan emosi tersembunyi dari alam bawah sadar. Masing-masing warna mewakilkan emosi dan kondisi kejiwaan yang berbeda.

So, sebelum kita masuk ke macam-macam kombinasi warna baju dan celana pria yang pas, cek dulu yuk psikologi warna berikut ini.

 

Arti Warna Baju dan Celana Pria Berdasarkan Pandangan Psikologi

Psikologi Warna

Tindakan atau perilaku seseorang pada dasarnya memang dipengaruhi oleh perasaan bro. Pastinya lo pernah merasa lebih percaya diri ketika mengenakan busana tertentu. Indikasinya beragam bisa karena warna pakaian, model pakaian, ataupun bahan pakaian itu sendiri.

Indera penglihatan selain mengantarkan cahaya dan pantulan refleksi benda. Berfungsi juga mengirimkan sinyal warna ke otak. Proses ini bisa lo sebut dengan korteks visual. Selain itu respon manusia satu sama lainnya terhadap warna tidak akan serupa. Usia, gaya fashion, jenis kelamin, hingga latar belakang budaya cukup berperan mempengaruhi respon kita pada warna.

Misalkan buat sebagian orang, warna merah melambangkan keberuntungan. Sejumlah relasi gw akan mengenakan warna merah saat menyambut Imlek. Ada juga yang mengenakan warna putih ketika akan melaksanakan kegiatan ibadah, soalnya warna putih memang identik dengan perlambang suci.

Berikut sejumlah warna-warna secara psikologis yang dianggap memberikan banyak pengaruh atas perilaku seseorang. Ketahui juga artian warna baju atau celana yang mungkin sering lo pakai.

 

1. Hitam

Warna hitam sangat erat hubungannya dengan kesan misterius. Ketika hitam menjadi pilihan untuk baju. Secara otomatis lo akan terkesan lebih maskulin, kuat, misterius, dan berani. Jangan heran jika lewat warna hitam lo merasa lebih kuat dan percaya diri ketika beraktivitas.

Sementara itu di sejumlah tempat menganggap pakaian hitam sebagai lambang berkabung. Oleh karenanya penting buat lo memastikan konsep dan tujuan pada saat berpakaian. Sekedar tambahan tips nih bro, pilihan warna ini juga membuat tubuh terlihat lebih atletis bagi pria lho.

 

2. Putih

Warna putih mampu memberikan ketenangan pada perasaan bro. Lantaran warna tersebut mengantarkan perasaan damai, polos, sehat dan suci. Di sejumlah acara keagamaan mayoritas orang mengenakan baju putih yang membuat perasaan tenang.

Putih juga mengesankan sebuah lembaran baru dalam kehidupan. Emosi tersebut di bawah sadar juga dipergunakan oleh mereka yang akan menikah bro. Agar tidak membosankan putih perlu dikombinasi dengan warna lain pada pakaian kasual, semi formal dan formal.

 

3. Merah

Warna merah yang mencolok diterima mata sebagai korteks visual. Warna ini membantu otak menghasilkan respon seperti semangat dan gairah untuk memulai aktivitas.

Merah sejatinya juga memberi perasaan kuat dan melambangkan emosi romantis seperti cinta.

 

4. Biru

Teori warna psikologi menjelaskan bila warna biru melambangkan stabilitas manusia. Bahkan sejumlah survei menjelaskan, jika seseorang merasa lebih produktif dengan pakaian warna biru. Pasalnya efek visual yang diterima otak kemudian memberikan lo perasaan tenang, stabil, dan individual.

 

5. Kuning

Memilih warna kuning mewakilkan perasaan bawah sadar lo yang hangat, suka menarik perhatian, energik, semangat dan ceria. Kuning memang mampu mengangkat mood yang sedang turun.

Follow Instagram Mas Kulin

Sayangnya, pakaian yang terlalu kuning justru akan terkesan monoton. Jadi lo perlu berhati-hati mengkombinasikan warna kuning untuk celana ataupun baju. Sedikit aksen kuning pada penampilan mampu merubah kesan secara signifikan.

 

6. Coklat

Warna coklat rupanya mewakili sejumlah perasaan bawah sadar manusia. Meskipun selama ini coklat dipersepsikan sebagai warna alam dan melambangkan kekuatan pria.

Gw pribadi merasa jika coklat juga mampu mengangkat perasaan sentimentil. Misalnya, sesekali gw memilih warna coklat ketika ingin menyendiri atau merasakan kegalauan.

 

7. Hijau

Hijau sangat erat hubungannya dengan alam dan mampu mengangkat kesan sejuk. Ketika lo memilih kombinasi warna hijau pada pakaian. Sejatinya tubuh memberi tanda jika membutuhkan saat untuk lebih santai bro.

Berdasarkan sudut pandang psikologi, hijau diartikan sebagai warna yang membantu seseorang mengendalikan emosinya. Efek dari rasa santai yang di ciptakan membuat alam bawah sadar lo berupaya untuk menstabilkan emosi. Umumnya manusia yang lebih santai akan mudah untuk diajak berkomunikasi.

 

Cek juga: Inspirasi Kombinasi Pakaian Pria dengan Dasar Warna Merah

 

Pilihan Warna Pakaian Ini Bisa Pengaruhi Perasaan

Kesan yang Timbul dari Warna

Pendapat seseorang terhadap warna bisa jadi berbeda. Ada alasan yang menjadikan pemahaman akan arti warna lantas tak sama. Ajaran keluarga, tradisi, lingkungan tempat tinggal, merupakan sejumlah alasan yang membuat persepsi kita tidak seragam.

Sebuah studi menjelaskan bila warna mampu mengubah perasaan yang sebelumnya sedih menjadi lebih gembira. Sebab visualisasi warna yang diterima otak lantas menghasilkan respon bagi tubuh. Misalnya, jantung berdetak seolah-olah bersemangat.

Selain itu warna yang diterapkan pada pakaian menghasilkan efek atraktif dari sekitar. Orang membuat opini tentang karakter kita melalui gaya berpakaian. Sementara style fashion erat kaitannya dengan pemilihan warna.

Jika semua warna memiliki efek yang sama pastinya tidak diperlukan kemampuan padu padan pakaian. Buat lo yang sering bingung menentukan kombinasi baju dan celana, tidak ada salahnya mencoba pilihan warna di bawah ini supaya hari-hari lo lebih bersemangat dan jauh dari kata membosankan.

 

1. Merah Pada Pakaian

Memakai baju atau celana merah sejatinya memerlukan keberanian. Oleh sebab itu rasa percaya diri otomatis meningkat begitu lo mengenakan item merah. Pilihan ini cocok bagi lo yang suka terlihat menonjol di tengah banyak orang.

Merah membuat seseorang merasa lebih seksi dari auranya yang berbahaya. Selama ini kombinasi umum dari warna merah adalah hitam. Padahal, lo bisa juga membuat tampilan merah sedikit lebih kalem dengan memasukkan unsur beige atau krem.

Lo bisa memilih merah untuk kombinasi busana kerja pada sejumlah momen penting. Misalkan harus memberi presentasi di depan klien dan kolega, otomatis lo membutuhkan adrenalin yang cukup untuk tampil percaya diri, dinamis dan komunikatif.

Sementara itu, otak manusia memberikan respon visual yang sama ketika melihat warna merah di mana otak memacu kelenjar adrenalin merangsang detak jantung. Perasaan positif yang bisa lo terima ketika mengenakan baju merah adalah bersemangat, aktif, gembira, dan merasa kuat.

 

2. Kuning Pada Pakaian

Warna kuning melambangkan perasaan semangat, enerjik, kecerian dan kehangatan. Perasaan seperti itu dapat tersampaikan ketika lo mengenakan busana dengan unsur kuning lebih mendominasi. Secara naluri, seseorang akan mendekati mereka yang terlihat mencolok.

Bagi lo yang belum yakin dengan pilihan warna ini, bisa coba memasukkan unsur warnanya sebagai aksen dari aksesori seperti dasi, jam tangan atau sepatu.

Kalau tadi merah dikatakan mampu mempercepat detak jantung, maka reaksi warna kuning pada tubuh manusia justru sebaliknya bro. Jantung akan berdetak lebih lambat seolah memberi waktu pada tubuh untuk istirahat. Idealnya warna kuning dikenakan saat jamuan makan malam dengan keluarga atau pasangan.

Perasaan positif yang warna kuning hasilkan adalah: optimis, percaya diri, antusias, santai, hangat, bebas, bersahabat, dan mendominasi. Itulah mengapa kuning sangat cocok buat lo yang akan berinteraksi dengan keluarga atau pasangan.

 

3. Hijau Pada Pakaian

Hijau pada pakaian juga memberikan perasaan tenang. Sebaiknya lo memilih padanan celana yang netral jika menjadikan warna hijau sebagai baju karena warna ini identik dengan unsur alam. Terdapat perasaan seimbang yang bisa membebaskan seseorang dari rasa tertekan.

Secara keseluruhan hijau sendiri mampu memberikan keseimbangan emosi. Efek tersebut juga berlaku pada baju berwarna hijau. Perasaan positif seperti rasa empati bisa lo terima ketika mengenakan pakaian hijau. Selain itu, hijau juga menghindarkan seseorang dari tingkat stres yang tinggi bro.

 

Cek juga: Tips Mudah Mewarnai Rambut untuk Pria

 

Berbagai Kombinasi Warna Baju dan Celana Pria

Untuk kombinasi warna ini, gw akan pake beberapa istilah kombinasi warna biar mudah dibedakan ya. Istilah ini diambil berdasarkan paduan warna pada roda warna (color wheel).

Roda Warna Color Wheel

Istilah kombinasi warna untuk fashion pria sebaiknya lo ketahui bro. Meski terkesan sederhana, faktanya mengubah penampilan melalui warna memberi dampak besar. Keputusan memilih variasi warna memang hal subjektif masing-masing pribadi.

Lo memiliki kebebasan dalam mengekspresikan diri menentukan pola warna favorit. Supaya tidak salah pengertian ketika menerapkan kombinasi pakaian. Ada baiknya untuk lo memahami arti dari istilah-istilah di bawah ini.

 

1. Monochromatic

Monochromatic berasal dari kata mono yang berarti satu dan chrome yang adalah warna. Tahun ini sepertinya masih menaruh minat terhadap tampilan busana monochromatic. Diperlukan satu warna dasar yang dicampur dengan hitam atau putih.

Meskipun sering diidentikkan dengan hitam dan putih, sebenarnya monochromatic bisa juga memilih warna lain, asalkan pada penggunaannya menghasilkan gradasi warna dengan intensitas berbeda. Contohnya, lo menggunakan warna merah, merah maroon dan merah terang untuk kombinasi pakaian lo.

Penggunaan kombinasi monochromatic bisa membuat lo terlihat lebih cool asalkan pas dengan impresi yang lo ingin sampaikan bro.

 

2. Analogous

Kombinasi Warna Analogous

Skema warna analogous membutuhkan kombinasi warna setidaknya dua. Analogous menggunakan patern yang mendekati warna alam. Jika dipadukan pada pakaian akan membuat harmonisasi penampilan yang enak dilihat orang.

Umumnya lo akan memilih kombinasi analogous ketika sedang membutuhkan perasaan tenang. Warna ini berada dalam lingkaran warna memiliki pemilihan yang dekat.

 

3. Komplementer

Kombinasi Warna Komplementer

Komplementer dapat lo pilih sebagai skema warna yang bertabrakan satu dengan lainya. Wajib memilih satu warna dominan sebelum menentukan kombinasi kontras. Dalam roda warna lo bisa mencari padanan warna komplementer dari sudut 180◦.

Celana berwarna hijau dapat dipadukan dengan warna merah. Baju berwarna oranye bisa juga lo kombinasikan dengan celana biru. Sama halnya juga baju kuning pada skema komplementer cocok dikombinasikan dengan ungu.

 

4. Triadic

Kombinasi Warna Triadic

Istilah warna triadic berarti menggunakan kombinasi tiga warna. Pada roda warna, lo dapat memilih paduan dari sudut 120◦ untuk masing-masing warna.

Kombinasi warna triadic cenderung memberikan kesan yang lebih colorful tanpa terlihat berlebihan bro.

 

5. Tetradic

Kombinasi Warna Tetradic

Jika tadi triadic menggunakan 3 kombinasi warna. Berbeda halnya dengan tetradic yang menggunakan 4 padanan warna berbeda pada pakaian. Agar tidak terlihat mencolok atau berlebihan lo wajib menyusunnya menjadi berpasangan.

Memilih skema tetradic artinya lo lebih banyak mempunyai pilihan variasi warna. Pastikan ada satu warna utama yang akan mendominasi supaya tampilan menjadi seimbang. Lo bisa saja mengkombinasikan dua warna komplementer dalam waktu yang sama supaya menghasilkan tampilan dengan warna kontras seperti hot and cool.

 

Cek juga: Tren Warna Rambut Pria yang Pas Buat Lo

 

Contoh Kombinasi Pakaian Sesuai Warna Favorit

Nah, sekarang kita masuk ke contoh kombinasi warna baju dan celana pria yang pas sesuai pembahasan sebelumnya ya bro.

Lo bisa menggunakan berbagai kombinasi warna seperti komplementer, analogus, triadik, atau lainnya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Cuma biar gak bingung, gw kasih beberapa contoh kombinasi warna yang umum dipakai ya.

Kalau lo bingung, nanti tanyakan aja di kolom komentar langsung yah.

 

1. Kombinasi Warna Dasar Putih

Kombinasi Warna Baju dan Celana Pria Putih

Putih sebagai warna dasar masuk untuk berbagai pilihan warna. Hanya saja, lo butuh penataan yang hati-hati agar tidak terkesan monoton. Padanan klasik untuk baju putih yang kerap gw lihat misalnya warna hitam, biru tua, abu-abu, dan krem.

Buat lo yang ingin menjadikan putih sebagai celana bisa mengkombinasikannya dengan baju berwarna netral. Contohnya seperti krem, biru muda, atau abu-abu. Sehingga pakaian akan terkesan cool dan kalem.

 

2. Kombinasi Warna Dasar Coklat

Kombinasi Warna Pakaian Coklat untuk Pria

Warna coklat untuk pakaian pria bisa memanfaatkan pilihan dari warna komplementer sebagai penyeimbang. Jika lo memilih celana dengan warna coklat muda, coba pertimbangkan untuk mengkombinasikannya dengan warna putih, krem atau biru muda bro.

Sementara padanan bagi pakaian atau celana berwarna coklat tua akan terlihat lebih netral jika memberikan kesan eksklusif atau elegan. Warna yang mencerminkan kesan elegan antara lain merah, hitam atau hijau.

 

3. Kombinasi Dasar Warna Beige atau Krem

Padu Padan Warna Krem Beige untuk Pria

Warna beige yang lembut juga cocok untuk lo aplikasikan pada baju atau celana.

Tampilan lo akan langsung terkesan trendi jika menggabungkan warna beige dengan putih, coklat tua atau muda, merah marun, biru tua atau muda. Sebaiknya, hindari warna kuning karena tidak sesuai dengan karakter beige itu sendiri.

 

4. Kombinasi Dasar Warna Merah

Contoh Bombinasi Warna Pakaian Merah untuk Pria

Merah yang identik dengan perasaan berani membutuhkan padanan yang bisa menyeimbangkan warnanya bro.

Gw menyarankan untuk memasukkan unsur warna netral pada pakaian. Warna putih yang sederhana bisa membuat kesan polos. Merah dengan hitam mengangkat gaya klasik yang lebih manly.

Sementara buat lo yang ingin tampil elegan tanpa terkesan terlalu merah, bisa juga memilih biru tua sebagai padanan. Seimbangkan dengan sejumlah aksesoris seperti jam tangan kulit atau sepatu bergaya oxford.

 

5. Kombinasi Dasar Warna Abu-Abu

Kombinasi Warna Baju dan Celana Pria untuk Warna Abu

Warna abu-abu muda akan terlihat pas membalut tubuh lo dengan pilihan warna lembut seperti warna putih dan biru muda. Sementara untuk abu-abu tua, gw lebih sarankan memilih warna yang bernada gelap bro.

Celana abu-abu juga dapat lo pergunakan pada berbagai acara kasual ataupun formal. Misalkan material celana jeans abu-abu akan terlihat santai saat lo mengenakan t-shirt putih. Sama halnya juga warna kemeja hitam, biru tua, dan merah marun membuat gaya formal menjadi lebih berkelas bro.

 

Cek juga: Pemilihan Warna Sepatu yang Pas dengan Pakaian Biar Penampilan Kece

 

Bonus: Kombinasi Warna Pakaian Berdasarkan Warna Kulit

Urusan memilih kombinasi warna pakaian memang bukan perkara sepele. Selain warna sudah jelas secara psikologi mewakilkan emosi tersembunyi, warna kulit ternyata juga mempengaruhi kombinasi warna untuk baju dan celana bro.

Lo pasti mengetahui jika manusia memiliki karakteristik warna kulit yang beragam. Ada yang berkulit terang, kuning, sawo matang, dan gelap. Orang bisa saja terlihat kusam atau lusuh hanya karena memilih warna yang tidak sesuai warna kulit.

Nah, lo bisa intip tips memilih pakaian dari gw berdasarkan warna kulit pria ya.

 

1. Warna Pakaian Untuk Kulit Gelap

Kulit gelap buat pria itu berkah bro. Lo bisa memilih warna baju yang kontras dengan kulit dan membuat penampilan lebih cerah. Meski demikian pola warna netral juga cocok dipakai pemilik kulit gelap. Hanya saja sebisa mungkin hindari menggunakan baju hitam.

Lebih disarankan buat lo untuk pakai baju dengan warna terang seperti putih, abu-abu, merah, oranye. Saat lo memakai warna-warna demikian membuat tampilan lebih menyegarkan. Ketimbang memakai baju dengan warna tua seperti coklat, biru, ungu dan hijau.

 

2. Warna Pakaian Untuk Kulit Kuning Langsat

Pemilik warna kulit kuning langsat bisa mengandalkan warna-warna yang tidak terlalu mencolok bro.

Pilihan warna pastel seperti biru muda, off white, atau beige akan terlihat menarik buat lo. Sebaiknya justru hindari warna terang seperti kuning dan merah. Warna kuning langsat dengan kedua warna tersebut menghasilkan kesan kusam.

 

3. Warna Pakaian Untuk Kulit Sawo Matang

Buat pria warna kulit sawo matang membuat tampilan lo terlihat eksotis. Memilih warna panas seperti kuning, merah, oranye, dan hijau menjadi ide yang cemerlang. Penampilan lo akan terlihat energik dan cerah.

Sebaliknya hindari sebisa mungkin memakai dominasi warna gelap, sebab warna gelap hanya membuat pemilik kulit sawo matang terlihat kusam. Warna yang sebisa mungkin perlu lo hindari diantaranya adalah abu-abu, hitam, dan coklat.

 

4. Warna Pakaian Untuk Kulit Terang

Warna kulit terang ibarat baju putih yang bisa menerima berbagai warna namun terkesan tricky. Gw lebih menyarankan untuk memilih pola warna alam layaknya hijau, coklat, biru, ataupun merah. Kombinasi warna hangat ataupun dingin akan menghasilkan tampilan kontras yang menarik.

Sebaiknya justru hindari beberapa warna yang terlalu mencolok. Seperti warna-warna neon dan metalik. Termasuk warna yang terlalu muda membuat warna kulit lo akan terkesan pucat.

 

Cek juga: Cara Berpakaian yang Pas untuk Pria Tinggi

 

Nah itulah ulasan mengenai kombinasi warna baju dan celana pria yang gampang buat diingat sehari-hari.

Gw sendiri kadang pake aplikasi kombinasi warna sih buat langsung dapat pasangan warna yang pas bro. Kalau lo males, tinggal bookmark aja artikel ini untuk lo cek lagi kapan-kapan ya.

Selain itu, pastikan juga lo menghindari beberapa kesalahan umum berpakaian buat pria yang sering gak disadari. Sayang kan kalau lo udah pake kombinasi warna yang cocok tapi tetap terlihat norak gara-gara gak tahu apa yang salah di style lo 🙁

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar kombinasi warna baju dan celana pria, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *