Grooming

10 Kesalahan Grooming Pria yang Sepele Tapi Fatal Akibatnya!

Hari gini masih berpikir kalau perawatan tubuh dan kulit itu hanya girls’ things? Wah bro, lo yakin masih hidup di era 2000-an ini?

Perawatan tubuh untuk pria yang kita kenal akrab dengan istilah grooming sesungguhnya sudah banyak menjadi perhatian di kalangan pria kok bro. Pria yang gak bisa merawat diri justru susah dilirik sama wanita lho.

Justru lo yang ketinggalan kalau sama sekali gak peduli soal grooming 🙂

Bagi lo yang masih asing dengan grooming, lo bisa baca tulisan Mas Kulin seputar pengertian grooming secara dasar. Grooming itu gak sekedar potong rambut pendek dan semprot cologne atau cukur jenggot lho.

Nah, grooming juga gak bisa terlalu asal bro. Kali ini Mas Kulin akan bagikan beberapa kesalahan grooming pria yang pernah gw atau teman gw alami sehari-hari.

Namun, cek dulu yuk apa saja yang membuat lo perlu menyadari kalau lo melakukan kesalahan grooming.

 

Beberapa Hal yang Dapat Menyadarkan Lo Salah Melakukan Grooming

Menjadi pusat perhatian karena kesalahan dalam perawatan tubuh pria

Jika lo mengalami setidaknya satu dari beberapa hal di bawah, maka kemungkinan besar ada yang salah dalam rutinitas grooming lo:

 

1. Sikap Orang Lain

Apakah lo merasa kalau teman-teman di kantor atau mungkin kumpulan genk lo memberi tatapan ‘aneh’ setiap melihat lo?

Ada tiga kemungkinan yang menjadi penyebabnya.

Pertama, lo melakukan suatu kesalahan atau aib dan tersebar ke mereka. Kedua, ada yang salah dalam cara lo berpakaian. Ketiga, lo gak sadar kalau bulu hidung lo panjangnya sudah dua sentimeter keluar dari lubang hidung.

Cek juga: Kesalahan Berpakaian Pria yang Sering Bikin Gagal Keren!

 

2. Bau Tidak Enak

Jika lo sigap menangkap orang di sekitar lo sedang menutup hidung atau menghindar dari lo karena sesuatu yang ‘berbau tidak enak’, maka lo perlu mawas diri.

Apakah lo barusan kentut tapi lupa ditahan? Apa lo memang sedang melewati area dengan bak sampah terbuka?

Atau mungkin, lo pakai parfum kebanyakan sehingga baunya membuat orang-orang di dalam ruangan meeting gak bisa konsentrasi dan meeting jadi terpaksa ditunda?

 

3. Pasangan ‘Sedikit’ Menjauh dari Lo

Ketika lo merasa pasangan lo yang tadinya dekat dan nempel kaya perangko mulai menjauhi lo sedikit demi sedikit, maka lo perlu mulai introspeksi diri.

Apakah dia mulai naksir pria selain lo? Atau mungkin, lo selalu membalas dengan kata ‘terserah’ setiap dia tanya mau pergi nge-date ke mana padahal itu jawaban eksklusif yang hanya boleh dilontarkan doi?

Ah, bisa jadi juga seperti ini: apa mungkin dia gak suka dengan brewok lo yang tumbuh terlalu lebat tak beraturan seperti sapu ijuk kadaluwarsa?

 

4. Kulit Wajah Berjerawat

Ciri yang satu ini hampir menjadi bukti mati bahwa ada yang salah dalam rutinitas grooming lo.

Kulit wajah berjerawat biasanya terjadi karena lo tidak menjaga kebersihan muka lo dengan baik. Mas Kulin juga masih agak bermasalah dengan yang satu ini nih 🙂

Oh ya, jerawat masih mungkin terjadi karena alergi. Jika lo tidak makan sesuatu yang menyebabkan lo alergi, maka hampir pasti ada rutinitas grooming yang perlu lo perbaiki.

 

Kesalahan Grooming Pria yang Umum Dilakukan

Sebagian dari kesalahan grooming di bawah ini pasti pernah lo lakukan secara sadar tapi malas diperbaiki.

Bro, pria memang dikenal cuek soal penampilan, tapi sayang kan kalau lo gagal membuat first impression yang baik di depan calon gebetan, calon klien, calon atasan baru, calon partner bisnis, atau calon mertua.

Makanya kali ini perhatikan baik-baik yah kesalahan grooming umum di bawah dan coba perbaiki secepatnya jika lo mengalaminya:

 

1. Membiarkan Rambut dan Brewok Tidak Tertata

Kesalahan grooming pria - Brewok Terlalu Lebat

Rambut yang acak adut tanpa model yang jelas akan memberikan kesan berantakan. Ini berpengaruh banget bro terutama dalam memberikan impresi yang baik di hadapan lawan bicara.

Rambut yang berantakan akan mengaburkan fokus lawan bicara sehingga mereka menjadi lebih sulit untuk diajak bernegosiasi atau melakukan kesepakatan.

Hal yang sama juga terjadi para brewok.

Sebagian pria menumbuhkan brewok agar terlihat keren dan maskulin, namun membiarkannya tumbuh sembarangan akan memberi kesan malas dan berantakan.

Jika lo tidak rajin menjaga brewok dan mencukurnya agar tetap rapi, maka cukur habis saja agar lo tidak terlalu repot mengurusnya.

Cek juga: Panduan Praktis Menata Rambut Sendiri Mudah Sehari-hari Khusus Pria!

 

2. Bulu-Bulu yang Tumbuh Sembarangan

Kesalahan grooming pria - Bulu Hidung Panjang
via adweek.com

Tidak ada yang bulu yang bikin ilfeel selain bulu hidung dan bulu telinga yang tumbuh subur (kecuali untuk sebagian orang tertentu).

Bulu hidung dan telinga tidak perlu dicabut kalau lo takut iritasi.

Mas Kulin kalau sudah melihat ada bulu yang mulai tampak, langsung ambil gunting dan potong sedikit agar tidak terlihat dari luar. Jadi tetap terlihat rapi.

Ada juga sih bulu dada yang katanya juga bisa bikin ilfeel, tapi sebenarnya gak terlalu masalah sih kalau dipamerkan di tempat yang pas (pantai, misalnya). Toh sebagian wanita suka dengan pria berdada bidang dengan bulu dada yang gak berlebihan amat.

 

3. Wangi Parfum yang Menyengat

Kesalahan grooming pria - Terlalu Banyak Semprotan Parfum
via fragrantica.com

Pernah dengan istilah ‘mandi parfum’? Itu merupakan sebutan ketika lo menyemprotkan terlalu banyak parfum ke tubuh lo.

Apapun jenis parfum yang lo gunakan (misalnya body spray, eau de toilette, dan sebagainya), normalnya cukup semprotkan dua hingga tiga kali saja bro. Semprot pada bagian pergelangan tangan dan belakang telinga agar hasilnya maksimal.

Terlalu banyak menyemprot parfum akan membuat orang di sekitar lo terusik dengan wanginya. Paling fatalnya, menyemprotkan parfum terlalu banyak dapat menimbulkan kematian. Oh ya, lo bisa cek perbedaan jenis parfum di sini.

Jika lo memakai wewangian jenis parfum, maka jumlah semprotan yang lo lakukan cukup satu hingga dua semprot saja karena wanginya bertahan sangat lama.

Cek juga: Cara Mudah Membedakan Parfum Asli dan Palsu!

 

4. Kuku Panjang dan Hitam

Kesalahan grooming pria - kuku panjang
via thesun.co.uk

Ini dia yang sering kelewat sama beberapa pria. Teman Mas Kulin salah satu yang gemar membiarkan kukunya tumbuh panjang.

Akibatnya ada beberapa bro. Pertama, doi mengalami kesulitan saat mengetik di laptop atau smartphone-nya. Kedua, doi harus terus menerus membersihkan kotoran kuku yang mudah menumpuk di kukunya.

Yah, kuku panjang gak cuman masalah di penampilan, tapi juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Oh ya satu lagi. Jika lo memiliki gaya hidup aktif (misalnya doyan olahraga), maka memiliki kuku terlalu panjang bisa mempermudah terjadinya cedera kuku lho, seperti kuku patah 🙁

 

5. Kebanyakan Memakai Produk Styling Rambut

Kesalahan grooming pria - Terlalu Banyak mengolesi Pomade Gel
via lifealth.com

Mayoritas hair styling product tidak perlu digunakan secara berlebihan bro.

Cukup oleskan di jari sebanyak bongkahan kecil, usap-usap di tangan, lalu aplikasikan merata ke seluruh bagian rambut yang ingin lo tata.

Ketika lo menggunakan wax atau pomade terlalu banyak, maka rambut lo akan sulit dicuci dan mengakibatkan wax atau pomade tersisa. Ini bisa menjadi penyebab ketombean lho, bahkan dapat berujung pada kebotakan.

Kenali produk yang lo gunakan dan jangan dipakai berlebihan. Pastikan keramas untuk membersihkannya hingga tak bersisa.

Cek juga: Perbedaan Pomade, Wax, Gel, dan Clay yang Wajib Lo Tahu!

 

6. Shaving dengan Air Dingin

Lakukan shaving dengan benar

Nah ini dia kesalahan yang sering dilakukan teman Mas Kulin yang berjenggot.

Air dingin kurang cocok digunakan untuk shaving karena membuat bulu rambut menjadi lebih kaku. Hal ini dapat meningkatkan kecenderungan terjadinya luka pada kulit wajah.

Jangan gunakan air panas karena dapat menyebabkan kulit lo iritasi. Gunakan air hangat (disebut juga suam-suam kuku) agar bulu rambut menjadi lebih lembut.

Satu lagi, pastikan agar alat shaving yang lo gunakan selalu dicuci bersih baik sebelum maupun sesudah melakukan kegiatan mencukur.

 

7. Ogah Pakai Lip Balm

Gunakan lip balm untuk pria
via daman.co.id

Mas Kulin dulu sempat on dan off memakai lip balm, padahal bibir gw sebenarnya agak kering dan mudah terlihat pecah-pecah 🙁

Bagi yang belum tahu, lip balm ini bukan lipstik ya. Jadi jangan salah kaprah mengira kalau ini cuman buat wanita. Lip balm berfungsi untuk membuat bibir lembab, mencegah kekeringan dan bibir pecah-pecah.

Kebanyakan pria agak malas meluangkan sedikit waktu untuk mengoleskan lip balm ke bibir mereka. Padahal, kalau bibir lo lembab dan sedikit glowing, lo akan terlihat lebih seksi lho bro :p

Selain itu, kalau bibir pecah dan lo mengupas kulitnya, bibir bisa terluka dan malah meninggalkan bengkak. Yuk, mulailah menggunakan lip balm agar bibir lo sehat.

 

8. Gak Mau Pakai Skincare

Pria tetap perlu menggunakan skincare
via cheatsheet.com

Hayo ngaku, apakah lo termasuk yang berpikir kalau skincare itu produk buat cewek doank?

Di tempat kerja Mas Kulin sebelumnya, saat ada free test penggunaan skincare, mayoritas cowok freak out gak mau mencoba ketika teman-teman kerja cewek doank yang maju mencoba skincare. Yah mungkin mereka pikir skincare itu khusus cewek jadi pada malu untuk mencoba.

Sesuai namanya, skincare merupakan produk yang ditujukan untuk merawat kulit.

Lo gak mau kan kulit kering dan cepat berkeriput padahal masih muda? Untuk awalnya, lo bisa menggunakan skincare yang mengandung sunscreen (minimum 15 SPF) untuk melindungi kulit dari terik matahari.

Cek juga: Cara Mudah Menjaga Wajah Awet Muda Khusus Pria Dewasa!

 

9. Keramas Terlalu Cepat

Kesalahan grooming pria - keramas terlalu cepat
via theidleman.com

Mas Kulin sejujurnya baru mengetahui hal yang satu ini :p

Ketika sedang mandi dan keramas, apakah lo menggosok rambut lo sebentar saja lalu langsung dibilas atau dibiarkan dulu beberapa saat?

Cara keramas yang benar pada saat mandi adalah menggosok rambut dan kulit kepala dengan jari tangan (bukan kuku!) berkali-kali. Jangan lakukan keramas dengan buru-buru karena kotoran rambut seperti ketombe jadi tidak ikut hilang sepenuhnya.

Keramas terburu-buru juga dapat menyebabkan sisa shampo di rambut tidak ikut terbilas sepenuhnya. Nantinya sisa shampo ini justru menjadi sarang bakteri dan jamur penyebab ketombe lho.

Cek juga: Cara Mudah Menghilangkan Ketombe pada Rambut!

 

10. Malas Cuci Muka

Pria rajin cuci muka
via foreo.com

Kebiasaan mencuci muka penting untuk dilakukan agar wajah bersih dari kotoran yang menumpuk di muka dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Saat selesai mencuci muka, gunakan tisu wajah atau handuk khusus muka. Kalau lo menggunakan handuk mandi, maka ada risiko kuman dan bakteri yang menempel dari badan berpindah ke muka lo.

Bagi yang wajahnya berminyak dan bekerja di ruangan ber-AC, sebaiknya lo mencuci muka lebih sering (pagi, siang saat istirahat, dan saat pulang kerja) agar potensi timbulnya jerawat dapat berkurang.

Cek juga: Cara Mencegah Jerawat Datang Terus Menerus!

 

Nah itulah beberapa kesalahan grooming pria yang sering kita lakukan.

Jika lo punya pengalaman seputar kesalahan grooming sekaligus cara mengatasinya, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *