Fashion

15 Kesalahan Berpakaian Pria yang Sering Membuat Gagal Keren!

Kesalahan Berpakaian Pria

Sebagai pria yang ingin praktis, kemungkinan besar lo pernah melakukan kesalahan berpakaian pria yang tidak pernah lo sadari. Secara natural, kita memang merupakan makhluk yang menggunakan apa saja yang terasa nyaman dan malas untuk ribet memikirkan baju yang matching.

Waduh bro, hati-hati dengan pikiran seperti itu ya. Mas Kulin memang pernah juga mengalami masa di mana kalau pakai baju dan celana ya seenak yang gw mau saja. Padahal ada beberapa akibat fatalnya lho. Baca terus ya ke bawah untuk tahu lebih lanjut.

 

Akibat Fatal Saat Salah Dalam Berpakaian

“Ah ngapain cowok pusing-pusing mikirin cara berpakaian? Seenak gue aja kali mau pakai seperti apapun juga!”. Apakah lo termasuk yang berpikiran seperti itu? Yah, Mas Kulin dulu juga sempat cuek sama gaya dan cara berpakaian bro, tapi hasilnya fatal!

Pusat Perhatian Gosip
via differencebetween.net

Ini dia beberapa konsekuensi fatal yang harus lo tanggung ketika salah dalam cara berpakaian:

 

1. Menjadi Pusat Perhatian (Dalam Arti Negatif)

Aduh ini salah satu akibat yang fatal banget bro. Memang kadang selera fashion lo terlalu edgy sehingga banyak menarik perhatian orang, dan mungkin lo cuek aja. Tapi, apakah lo yakin teman-teman sekitar lo gak terganggu?  Jika teman-teman lo gak suka menjadi pusat perhatian karena jalan bareng dengan lo, maka mereka juga menjadi gak betah untuk hangout bareng lo bro..

 

2. Kehilangan First Impression yang Baik

Berpakaian yang baik dan benar (bukan hanya formal tapi juga kasual) bertujuan untuk memberikan impresi yang baik pada lawan bicara. Kesalahan berpakaian dapat membuat lo terlihat aneh dan mengganggu kesan baik yang ingin lo tangkap oleh lawan bicara lo. Mas Kulin pernah gagal saat wawancara kerja karena salah memakai baju 🙁 Sayang, kan.

Cek juga: Inspirasi Berpakaian untuk Wawancara Kerja yang Tepat!

 

3. Terlihat Kekanakan

Terlihat kanak-kanak atau childish berbeda dengan terlihat awet muda. Kebanyakan wanita tidak suka dengan pria yang kekanakan, dan itu akan terlihat dari impresi mereka saat melihat baju yang lo kenakan terlalu besar.

Cek juga: Cara Gampang Membuat Wajah Awet Muda Khusus Pria Dewasa!

 

Berbagai Kesalahan Berpakaian yang Sering Dilakukan Pria

Sudah paham beberapa konsekuensi fatal di atas? Nah, Mas Kulin sudah merangkum beberapa kesalahan berpakaian pria yang sering terabaikan dan bisa bikin malu. Perlu dicatat pula bahwa kesalahan ini terjadi dalam konteks aktivitas sehari-hari (jalan-jalan kasual, pergi ke kantor).

Cek langsung untuk kesalahan fashion pria umum di bawah ini ya:

 

1. Menggunakan Kaos Kaki Saat Memakai Sendal

Kesalahan Berpakaian Pria - Kaus Kaki dan Sandal Dipakai Bersamaan
via independent.co.uk

Hampir semua jenis sendal dirancang untuk memberi perlindungan minimal pada kaki dengan gaya santai. Kaos kaki membuat gaya berpakaian lo terlihat ‘maksa’. Kalau hanya jalan-jalan di dalam rumah atau memang sedang sakit, ya masih bisa ditolerir deh bro.

 

2. Menggunakan Dasi yang Terlalu Panjang atau Terlalu Pendek

Cara Memakai Dasi yang Benar - Panjang Dasi di Mata Ikat Pinggang
via theclose.com

Salah mengukur panjang dasi dapat berakibat fatal pada setelah formal lo bro. Panjang dasi yang benar adalah tepat di kepala ikat pinggang lo. Jika dasi yang lo kenakan terlalu panjang atau terlalu pendek, maka lo akan memberikan kesan kurang profesional.

 

3. Menggunakan Dasi saat Memakai Kemeja Lengan Pendek

Cara Berpakaian untuk Pria yang Salah - Dasi dengan Kemeja Lengan Pendek
via theoffice.wikia.com

Hal ini memang sering menjadi perdebatan di antara kalangan Menswear Stylist. Secara umum, dasi tidak cocok jika digunakan bersama kemeja lengan pendek kecuali untuk profesi tertentu, seperti pramusaji (untuk mencegah lengan baju kotor dan tetap tampak profesional). Style ini tidak tepat jika lo gunakan untuk pergi ngantor.

Gaya ini masih bisa lo gunakan kalau ingin tampil ala vintage. Triknya adalah menggunakan dasi berwarna lebih gelap dari kemeja yang lo pakai, lalu gunakan skinny tie atau dasi yang lebarnya kecil.

 

4. Membiarkan Ujung Celana Tergerai

Cara Memakai Celana Panjang yang Benar - Panjang Celana di Atas Sepatu
via ties.com

Nah ini dia salah satu kesalahan berpakaian ‘favorit’-nya Mas Kulin yang juga banyak dilakukan oleh pria lain. Kalau lo punya celana (mau bahan kain atau jeans) kepanjangan dan menutupi sebagian dari sepatu lo, impresi yang terlihat orang lain adalah messy alias berantakan sob 🙁

 

5. Memakai Skinny Jeans bagi Si Kurus

Kesalahan Berpakaian untuk Pria Kurus - Menggunakan Celana Pensil atau Skinny Jeans
via theidleman.com

Celana pensil alias skinny jeans memang sempat ngetren beberapa waktu lalu, tapi coba lo perhatikan baik-baik para penggunanya. Bagi yang badannya kurus, mereka jadi makin terlihat kerempeng. Jika lo berbadan kurus, maka hindari jenis celana ini agar tidak terlihat seperti lidi berjalan.

Cek juga: Trik Berpakaian Bagi Pria Kurus Agar Terlihat Lebih Berisi!

 

6. Warna Ikat Pinggang dan Sepatu yang Gak Matching

Kesalahan dalam Setelan Baju Formal - Warna Ikat Pinggang dan Sepatu Beda
via indochino.com

Ini berlaku untuk gaya berpakaian formal yang memang ‘haram’ hukumnya menggunakan variasi warna terlalu banyak. Perbedaan warna ikat pinggang dan sepatu akan membuat kontras yang menyebabkan berkurangnya kesan profesionalitas lo bro.

 

7. Memakai Baju dengan Model Deep V-Neck

Penggunaan Baju Pria yang Tak Tepat- Kaos Deep V Neck
via thedailybeast.com

Pernah lihat cowo lain yang pakai kaos dengan V-Neck terlalu bawah sehingga bagian dadanya (dan bulunya) terlihat jelas? Mungkin maksudnya mau menarik perhatian para wanita di sekitarnya, tapi penampilan seperti itu malah membuat mayoritas dari mereka ilfeel lho bro. Kalau lo punya dada bidang, minim bulu, dan lagi di pantai, silakan aja kalau mau pamer dengan baju model ini.

8. Menggunakan Sepatu Lusuh

Kesalahan Memakai Sepatu Pria - Menggunakan Sepatu Lusuh
via ashleyweston.com

Nah Mas Kulin juga pernah melakukan kesalahan ini. Akibatnya, Mas Kulin dianggap orang malas dan tidak teratur bro. Selalu siapkan setidaknya dua pasang sepatu di rak sepatu lo. Kalau sepatu sudah kotor, coba lo cuci. Kalau sudah terlalu lusuh, menabunglah untuk membeli yang baru.

Cek juga: Berbagai Macam Sepatu Pria yang Kece Banget untuk Penampilan Lo!

 

9. Mengancing Seluruh Kancing Jas

Cara Memakai Jas yang Benar - Lepaskan Kancing Bawah
ties.com

Penggunaan jas untuk setelan gaya berpakaian formal ada aturannya bro. Jika ada dua kancing, maka kancinglah yang paling atas saja. Jika ada tiga kancing, maka lo bisa mengancing yang atas, tengah, atau keduanya. Namun, kancing bawah tidak boleh dikancing. Salah menerapkan aturan ini akan mengurangi kesan profesionalitas lo.

 

10. Menggunakan Banyak Warna Cerah

Cara Memilih Pakaian yang Salah - Baju Cowok Norak
via ashleyweston.com

Kecuali lo mau pergi ke pesta dengan tema warna-warni, menggabungkan banyak warna cerah saat berpakaian justru menimbulkan kesan norak bro. Usahakan agar lo tidak mencampuri lebih dari tiga warna dominan. Kalau mau aman, gunakan warna yang berada dalam satu keluarga (contoh: baju biru muda dengan jeans biru tua).

 

11. Salah Matching Jenis Kaus Kaki dengan Sepatu

Kesalahan Memakai Kaos Kaki - Salah Matching Kaos Kaki dan Sepatu
via alancook.wordpress.com

Aturan umumnya, gunakan kaos kaki panjang yang menutupi mata kaki ketika lo menggunakan sepatu formal untuk acara formal. Kan gak lucu kalau bulu kaki lo kelihatan saat lo duduk mengangkat kaki 🙁 Oh ya, khusus setelan formal, warna kaos kaki yang bisa lo pilih hanya putih atau hitam atau yang mendekati hitam ya bro.

Untuk sepatu yang kasual seperti sneaker, lo bisa menggunakan kaus kaki normal atau pendek (yang tidak menutupi mata kaki). Untuk jenis sepatu yang memang didesain pendek di bagian penutup mata kaki seperti loafer, lo bahkan bisa tidak menggunakan kaos kaki sama sekali.

 

12. Menggunakan Tas Punggung Saat Memakai Jas

Kesalahan Berpakaian Formal - Pakai Backpack dan Jas
via acquiremag.com

Tas punggung alias backpack memang membuat penampilan lo jadi cool bro. Tapi, tunggu dulu. Tas punggung cocok untuk gaya kasual dan semi-formal, tapi tidak untuk penampilan formal dengan setelan jas. Kesan profesionalitas lo akan berkurang drastis. Gunakan tas tangan atau tote bag jika lo menggunakan jas.

 

13. Memakai Baju yang Kebesaran

Kesalahan Berpakaian Sehari-hari bagi Pria - Pakai Baju Kebesaran
via manfashionhub.com

Baju yang kebesaran memang sering digunakan dalam pemotretan OOTD (Outfit of The Day) para fashion enthusiast, terutama yang menggunakan street style (dan butuh trik tersendiri). Namun untuk sehari-hari, menggunakan baju yang kebesaran tanpa mengerti triknya malah memberikan kesan childish. Gunakan pakaian yang pas di tubuh lo untuk menghindari kesan tersebut.

 

14. Mengabaikan yang Tak Terlihat

Kesalahan Fatal Berpakaian untuk Pria - Memakai Kaos Kaki Bolong
via millenialmoneyman.com

Dua hal yang tak begitu terlihat adalah kaus kaki dan celana dalam. Mas Kulin pernah menahan malu karena menggunakan kaus kaki yang berlubang dan kebetulan harus membuka sepatu karena memasuki area khusus tanpa sepatu (misalnya restoran yang lesehan).

Satu lagi adalah celana dalam. Memang dalam keadaan normal, celana dalam gak akan terlihat oleh orang di sekitar kita. Namun kalau kebetulan lo sedang membungkuk dan celana atau baju lo ketarik sehingga bagian celana dalam lo terlihat, malu gak sih kalau ketahuan lo memakai celana berwarna pink motif bunga-bunga?

 

15. Kebanyakan Memakai Aksesoris

Kesalahan Berpakaian yang Sering Dilakukan Pria - Terlalu Banyak memakai Akasesoris
via gq.com

Pernah lihat om-om yang memakai cincin batu akik di seluruh jari tangan (dan kaki) di tambah gelang dan perhiasan lain di sekujur tubuh? Yah kalau lo memang lagi mau pamer di acara sosialita atau melakukan suatu performance sih silakan aja bro. Tapi kalau dalam aktivitas sehari-hari, kurang disarankan untuk memakai aksesoris terlalu banyak karena terkesan berlebihan.

Cek juga: Berbagai Jenis Jam Tangan Pria yang Sesuai untuk Gaya Sehari-hari!

 

Sudah Sadar Kesalahan Berpakaian yang Sering Lo Lakukan?

Pernah atau sedang melakukan kesalahan di atas? Yah santai aja bro. Untuk berikutnya usahakan untuk tidak diulangi ya. Ikuti terus tips lain tentang Casual Men’s Lifestyle di blog ini agar penampilan lo selalu kece dengan praktis. Pastinya, maskulin banget bro!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *