Fashion

11 Jenis Tas Pria untuk Bikin Penampilan Makin Kece!

Jenis Tas Pria Ransel

Adakah di sini yang tidak suka memakai tas saat pergi ke mana-mana? Sebenarnya sah-sah aja bro, tapi apakah lo gak pakai tas karena merasa gak perlu atau gak tahu jenis tas pria yang pas untuk gaya berpakaian yang sedang lo kenakan?

Ada banyak tas keren untuk pria yang bisa kita pakai sehari-hari.

Tas yang dulunya hanya berfungsi untuk membantu membawa barang, kini sudah berevolusi menjadi pelengkap gaya.

Setiap jenis tas lebih cocok dipadukan dengan gaya berpakaian tertentu (formal, semi-formal, maupun kasual). Oleh karena itu, gak ada salahnya jika lo mengetahui berbagai model tas pria jaman sekarang.

Untuk pembahasan mengenai jenis tas pria kali ini, Mas Kulin membaginya menjadi tiga bagian jenis tas pria sesuai cara memakainya. Silakan terus geser ke bawah ya 🙂

 

Bagian 1: Model Tas Punggung Pria

Nah di bagian pertama ini, kita akan membahas mengenai model tas punggung pria yang sering kita jumpai sehari-hari.

Tas punggung merupakan jenis tas yang paling umum digunakan oleh pria. Saat sekolah, kuliah, bekerja, atau traveling, lo akan menjumpai banyak banget pria yang menggunakan tas punggung.

Sedikit catatan, tas punggung secara umum tidak cocok digunakan untuk gaya berpakaian formal ke acara resmi. Cek berbagai kesalahan berpakaian pria yang sering dilakukan agar lo bisa lebih tahu lengkapnya.

 

1. Tas Ransel / Backpack

Jenis Tas Pria - Tas Ransel Pria Backpack

Sepertinya hampir semua orang pernah memiliki dan menggunakan tas ransel. Minimal, jaman sekolah dulu deh.

Tas ransel atau yang sering kita kenal dengan istilah backpack merupakan tas yang dipakai di punggung dengan kapasitas yang besar. Oleh karena itu, tas jenis ini sering banget dipakai untuk aktivitas sehari-hari.

Jenis tas ransel yang lo pakai sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhan lo.

Jika lo menggunakannya untuk ke kantor, gunakan tas ransel yang memiliki kompartemen untuk menaruh laptop dan dokumen kantor.

Kalau dipakai untuk traveling ala kadarnya, gunakan tas ransel yang punya banyak saku dan kompartemen untuk menaruh berbagai perlengkapan. Lebih bagus lagi kalau lo pakai tas yang punya kain pelindung hujan untuk melindungi tas tersebut saat turun hujan.

 

2. Tas Rucksack

Gambar Tas Rucksack Pria
via lombergbags.com

Tas rucksack sebenarnya memiliki bentuk yang mirip dengan backpack pada umumnya.

Perbedaannya begini bro. Kalau tas ransel umumnya ditutup dengan menggunakan risleting, maka tas rucksack ditutup dengan tali serut.

Lo cukup menarik kuat tali serut tersebut (seperti ikat pinggang) agar tas rucksack lo tertutup rapih.

Tas jenis ini lebih cocok digunakan untuk aktivitas kasual sehari-hari bro. Hati-hati ketika menaruh tas rucksack di sembarang tempat karena tas ini cenderung lebih mudah dibuka dibandingkan dengan tas ransel.

Follow Instagram Mas Kulin

 

3. Tas Carrier / Carrier Bag

Tas Travel Pria - Travel Carrier Bag

Nah kalau tas yang satu ini terkenal banget di kalangan camper dan hiker.

Tas carrier memiliki kapasitas yang jauh lebih besar daripada tas ransel dan rucksack karena digunakan untuk membawa banyak peralatan camping dan naik gunung.

Selain itu, tas ini juga memiliki banyak saku dan tali khusus untuk membawa tenda atau sejenisnya yang digulung.

Tas jenis ini tentu hanya cocok digunakan ketika lo melakukan traveling ke alam sana. Kalau lo pakai tas ini untuk jalan-jalan di mal yah sebenarnya kurang cocok sih bro, kecuali untuk numpang mampir beli mie instan buat dimakan saat camping di gunung :p

Cek juga: Tips Traveling Dalam Kota yang Mudah DIlakukan!

 

Bagian 2: Model Tas Selempang Pria

Bagian kali ini membahas tas yang cara pakainya diselempangkan di salah satu anggota tubuh (pundak, pinggang, bahu).

Kalau dulu tas selempang pria lebih umum dijumpai yang cara pakainya diselempangkan di bahu, maka tas selempang jaman sekarang justru banyak yang dipakai di pinggang atau diselempangkan di depan badan.

Kebanyakan model tas selempang pria lebih cocok jika lo gunakan dalam gaya berpakaian kasual atau semi-formal, meski ada jenis yang cocok juga untuk gaya formal.

 

1. Tas Kurir / Messenger Bag

Model Tas Selempang Pria - Tas Messenger Pria

Kalau tas ransel merupakan tas punggung yang paling klasik, maka tas kurir merupakan tas selempang yang paling klasik.

Bagi yang penasaran kenapa namanya tas kurir, tas ini dulunya digunakan oleh para kurir pembawa pesan dan barang sambil mengendarai sepeda.

Tas selempang ini memiliki kapasitas yang lumayan besar (beberapa model memiliki kapasitas yang setara tas ransel).

Cara pakai tas kurir secara umum adalah dengan diselempangkan di pundak secara menyilang melewati tubuh lo. Jangan dibebankan di salah satu bahu saja karena beban tas yang berat dapat mengganggu struktur tulang tubuh lo.

Tas jenis ini lebih cocok digunakan untuk gaya berpakaian kasual dan semi-formal, baik dalam aktivitas sehari-hari maupun untuk pergi ngantor.

Jika lo memakai tas berbahan kulit, tas tersebut dapat membantu menambah kesan formal gaya berpakaian lo.

 

2. Sling Bag

Tas Jaman Sekarang - Sling Bag Pria
via lowyat.net

Tas selempang kecil ini mulai populer di jaman sekarang, sekaligusnya favoritnya Mas Kulin.

Bagi lo yang tidak suka membawa banyak barang tapi ingin tampil gaya, sling bag bisa jadi salah satu solusi paling kece buat lo.

Tas selempang jenis ini dapat ditaruh di depan atau belakang badan. Ada juga yang dipakai di depan pinggang, sehingga jenis yang ini sering disebut tas pinggang.

Jika lo menaruhnya di belakang, maka lo perlu waspada agar jangan sampai isinya dicopet yah 🙁

Sling bag lebih cocok digunakan untuk gaya berpakaian kasual, misalnya dengan kaos.

Warna pakaian yang cocok digunakan saat memakai sling bag adalah yang berwarna kontras dari warna sling bag. Hal ini akan memberikan penekanan lebih pada tampilan sling bag lo yang kece.

Cek juga: Panduan Pemilihan Warna Sepatu Pria Sesuai Pakaian yang Digunakan!

 

3. Tas Satchel

Jenis Tas Selempang Pria - Tas Satchel Pria

Tas yang satu ini sebenarnya memiliki bentuk yang mirip dengan tas kurir.

Perbedaan utama ada pada bahan tasnya yang terbuat dari canvas.

Bahan tersebut membuat tas satchel lebih cocok digunakan untuk gaya kasual. Warna tas satchel yang gelap akan menambah kesan maskulin, sedangkan warna yang terang akan menambah kesan gaya berpakaian yang berani dan edgy.

Tas ini umumnya memiliki saku dalam jumlah yang banyak sehingga cocok untuk dibawa dalam aktivitas sehari-hari yang tidak perlu menggunakan gaya berpakaian formal.

 

4. Tas Hobo / Shoulder Bag

Tas Pria Masa Kini - Tas Hobo Pria Shoulder Bag
via chinapcars.com

Di antara semua model tas selempang, mungkin hanya tas jenis ini saja yang cocok digunakan untuk gaya berpakaian formal.

Tas hobo umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil dari tas messenger, tapi masih lebih besar dari sling bag.

Tas ini biasanya dipakai dengan cara digantungkan di salah satu bahu karena tidak digunakan untuk membawa banyak beban berat.

Jika lo ingin memakai tas hobo dalam nuansa acara formal dan resmi, maka gunakan yang berbahan kulit. Tas hobo yang berbahan canvas lebih cocok digunakan untuk gaya berpakaian kasual atau semi formal.

Cek juga: Tips Berpakain untuk Hari Pertama Kerja untuk Memberi Impresi yang Baik!

 

Bagian 3: Jenis Tas Pria Modern – Tas Jinjing dan Tenteng Pria

Jika kebanyakan jenis tas punggung dan tas selempang pria merupakan tas ‘klasik’ yang sudah ada sejak dulu, maka tas jinjing dan tenteng merupakan jenis yang bisa kita sebut model tas pria jaman sekarang.

Selain briefcase, kebanyakan tas jenis ini tadinya tidak umum lo jumpai untuk digunakan oleh pria. Malah sebagian di antaranya dulu lebih sering digunakan oleh wanita.

Berkat kemajuan jaman, banyak pria yang mulai beralih menggunakan tas jinjing atau tenteng dalam gaya sehari-hari mereka. Seluruh gaya berpakaian punya jenis tas jinjing dan tenteng adalannya masing-masing.

Nah, mana nih yang lo suka atau baru tahu di bawah ini?

 

1. Briefcase / Businessman Bag

Jenis Tas Kantor Pria - Briefcase

Tas pria ‘klasik’ untuk kategori ini adalah briefcase.

Lo pasti sering melihat tas jenis ini di banyak film, karena para pekerja kantor yang menggunakan setelan business formal (jas, dasi, kemeja, pantofel) sangat cocok menggunakan briefcase dan memberi kesan gagah.

Jenis tas ini biasanya terbuat dari bahan kulit (bisa asli atau imitasi).

Briefcase biasanya digunakan untuk membawa dokumen-dokumen, peralatan kantor, dan bisa juga laptop berukuran kecil.

Kalau lo mau pergi meeting dengan setelan business formal, maka briefcase menjadi salah satu tas wajib yang lo perlu bawa buat menambah gaya.

Cek juga: Cara Menyemir Sepatu Kulit agar Tampak Mengkilap!

 

2. Tas Tote / Tote Bag

Model Tas Jinjing Pria - Tote Bag Pria
via pinterest.com

Kalau briefcase digunakan untuk setelan business formal, maka tas tote digunakan untuk menciptakan tampilan classy pada gaya semi formal.

Tas tote merupakan salah satu jenis tas pria masa kini yang kadang masih dipersepsikan sebagai tas wanita oleh sebagian orang awam 🙁

Di Indonesia sendiri tas ini sudah lumayan populer digunakan oleh para pria bro.

Bahan tas tote biasanya terbuat dari canvas dan berbentuk persegi panjang vertikal.

Berbeda dengan briefcase yang minim motif, tas tote umumnya memiliki desain yang lebih berani. Cocok nih buat lo yang pengen tampil lebih edgy.

 

3. Tas Duffel / Carryall Bag

Macam-macam Tas Pria Moderm - Tas Duffel Pria

Kalau briefcase biasanya dipakai untuk meeting dan ngantor dalam setelan formal, maka tas duffel biasanya dipakai untuk business trip atau business traveling.

Tas duffel umumnya terbuat dari bahan kulit, memiliki pegangan untuk dibawa secara dijinjing dan tali panjang untuk dibawa secara selempang.

Tas satu ini biasanya digunakan untuk bepergian jarak jauh sambil memberi kesan classy.

Oleh karena itu, lo yang sering melakukan business trip namun perlu berpakaian rapi sebaiknya menggunakan jenis tas ini (kalau gak perlu koper).

 

4. Clutch Bag

Tas Pria Kekinian - Handbag Pria Clutch
via lelong.my

Ini dia satu lagi jenis tas pria yang sering jadi korban salah persepsi orang awam.

Mas Kulin jadi teringat dengan sebuah komenter netizen di unggahan salah satu foto selebgram pria yang memegang tas jenis ini, di mana dia menyebutkan tas ini aneh karena dipakai oleh pria.

Clutch atau kadang disebut handbag pria ini dulunya memang lebih sering dipakai oleh wanita bepergian ke mana-mana. Jadi kalau lo merasa kurang nyaman memakai tas ini, ya tidak apa-apa.

Tas jenis ini biasanya digunakan untuk membawa kebutuhan yang esensial saja, seperti dompet, handphone, buku tulis, dan barang-barang kecil lainnya.

Clutch cocok digunakan dalam acara formal maupun kasual.

Cek juga: Jenis-jenis Sepatu Pria untuk Gaya Sehari-hari!

 

Nah itulah beberapa jenis tas keren untuk pria yang perlu lo ketahui untuk pelengkap gaya sehari-hari.

Tas merupakan Fashion Gear pelengkap gaya berbusana yang lo kenakan sehari-hari. Jika digunakan dengan benar, maka lo akan tampil makin keren!

Jika lo punya saran lain dalam menggunakan tas untuk gaya sehari-hari, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

4 thoughts on “11 Jenis Tas Pria untuk Bikin Penampilan Makin Kece!”

  1. Aku sebenarnya suka dengan tote bag, tapi suami aku lebih suka tas satchel. Aku baru tahu kalau tas untuk pria ternyata ada sebanyak ini jenisnya, lumayan untuk jadi inspirasi kado buat suami

    1. Terima kasih sudah berkunjung sis. Kalau butuh tips untuk memilih tips yang pas untuk kado suami silakan mampir lagi ya 🙂

    1. Hai bro, tas Satchel yang jadi model di atas harusnya mudah ditemukan di marketplace sih. Coba aja ketik ‘Tas Satchel coklat’ di marketplace hijau atau merah. Semoga ketemu yah dan mampir-mampir lagi ke sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *