Fashion

10 Jenis Kain Baju Kaos yang Perlu Lo Ketahui

Jenis Kain Baju Kaos

Hai bro, pernahkah lo terpikir bahwa jenis kain baju kaos yang lo kenakan dapat mempengaruhi penampilan lo?

Ada banyak pilihan outfit yang bisa lo pakai untuk kegiatan sehari-hari. Tetapi faktor yang paling utama adalah menyesuaikan jenis outfit dengan event yang lo ikuti biar tidak dianggap salah kostum.

Salah satu jenis outfit yang paling basic dan menjadi favorit kebanyakan orang adalah kaos. Baik pria maupun wanita, kaos adalah item wajib yang harus ada di koleksi lemari pakaian.

Tapi apakah lo tahu ternyata kaos terdiri dari bahan yang bermacam-macam? Hal ini cukup krusial untuk diketahui karena setiap jenis bahan baju kaos punya karakteristik dan fungsi yang beda satu sama lain.

Dan sebelum lebih jauh membahas tentang detail jenis bahan kain kaos, sebaiknya lo ketahui dulu apa saja keuntungan memakai kaos dan pentingnya memahami variasi bahannya. Biar tidak semakin penasaran, langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini bro!

 

Keuntungan Memakai Kaos

Mungkin ada sebagian orang yang masih ragu mengenakan kaos untuk keluar rumah karena dianggap terlalu santai dan jauh dari kesan formal. Anggapan ini sebenarnya tidak terlalu tepat, asalkan lo tahu kapan momen yang pas.

Selain itu, ada banyak keuntungan yang bisa langsung lo dapatkan ketika memilih outfit kaos. Apa saja keuntungan tersebut? Inilah penjelasannya.

 

1. Lebih Praktis

Keuntungan pertama ketika lo memakai kaos adalah lebih praktis dibandingkan jenis pakaian lain. Jadi, sangat cocok buat lo yang sibuk dengan aktivitas sehari-hari dan hanya punya sedikit waktu luang.

Menariknya lagi, lo tetap terlihat keren ketika memakai kaos misalnya pas lagi hangout bersama teman di café atau mall. Kesan yang muncul adalah easy going dan casual.

Kalau di-compare dengan outfit lain seperti kemeja atau blazer, desain kaos pun jauh lebih variatif. Tetapi pastikan juga lo selalu menyesuaikan dengan acara yang dihadiri agar selalu mendapatkan kesan positif.

 

2. Lebih Nyaman

Salah satu faktor penting yang mendasari pemilihan pakaian adalah kenyamanan. Karena dipakai dalam jangka waktu lama, pasti akan sangat mengganggu jika baju tidak nyaman sehingga menyebabkan aktivitas terganggu.

Di sinilah letak poin utama keunggulan kaos. Bahan-bahan kaos umumnya nyaman untuk dipakai di segala kegiatan dan cuaca.

Kemudian selain ringan, bahkan bahan kaos tertentu bisa menyerap keringat dengan baik dan melancarkan sirkulasi udara. Dengan teknologi tersebut, lo akan selalu merasa sejuk sehingga jauh lebih semangat saat berkegiatan.

 

3. Harga Terjangkau

Keuntungan yang terakhir ini berkaitan dengan aspek pengeluaran. Kalau lo compare dengan jenis outfit lain dari segi harga, kaos tentu lebih terjangkau oleh semua kelas ekonomi.

Dengan harga tersebut, lo sudah bisa mendapatkan kaos dengan desain yang menarik dan juga nyaman digunakan. Pilihannya pun juga beragam tinggal sesuaikan saja dengan kesan yang ingin lo dapatkan di mata orang lain.

 

Cek juga: Inspirasi Merk Sepatu Lokal Kebanggaan Indonesia

 

Pentingnya Memahami Berbagai Jenis Bahan Kaos

Kemudian yang juga tidak kalah penting adalah memahami apa saja jenis bahan kaos sebelum membeli. Perlu lo ketahui, tiap-tiap bahan umumnya punya karakteristik yang berbeda dan mungkin saja ada efek samping saat lo gunakan sehari-hari.

Follow Instagram Mas Kulin

Harapannya adalah lo tepat dalam memilih sehingga tidak membeli barang baru secara percuma. Untuk itu, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

 

1. Faktor Alergi

Alergi pakaian adalah hal yang sering terjadi, khususnya menimpa orang-orang dengan kulit sensitif. Kasus semacam ini sebagian besar dipicu karena bahan pakaian yang digunakan mengandung campuran bahan kimia tekstil serta bahan sintetis.

Contohnya seperti karet, logam, formaldehid, serta pewarna pakaian. Bahan-bahan tersebut bisa menimbulkan gejala iritasi seperti gatal dan kulit kemerahan jika memang kulit lo tidak cocok.

Untuk mengatasinya, cobalah pilih kaos dengan bahan organik agar meminimalisir efek samping pada kulit. Bahan seperti serat kapas dan bambu dikenal aman dari efek iritasi karena bersifat anti bakteri.

 

2. Memberikan Kesan Khusus

Faktor penting berikutnya mengapa lo harus memahami karakteristik jenis bahan kaos adalah agar bisa mendapatkan kesan khusus. Perlu lo tahu, masing-masing bahan kaos punya impression yang beda di mata orang lain.

Sebagai contoh kalau lo ingin menonjolkan bentuk tubuh, kaos dengan bahan yang elastis seperti spandek adalah pilihan tepat. Kemudian kalo lo ingin terlihat lebih berkelas di mata orang, kaos berbahan viscose serta kaos polo juga layak dicoba.

 

Cek juga: Merk Baju Lokal untuk Mengisi Wardrobe Lo

 

10 Jenis Kain Baju Kaos yang Ada di Pasaran

Setelah memahami apa saja keunggulan memakai kaos serta efek dari setiap bahannya, maka selanjutnya lo bisa langsung memilih bahan kaos yang paling cocok.

Saat ini, sudah ada puluhan jenis kain baju kaos yang beredar di pasaran dengan keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Banyaknya variasi bahan tersebut merupakan bentuk inovasi yang dilakukan produsen untuk memenuhi demand konsumen yang juga semakin besar.

Lalu apa saja jenis bahan kaos tersebut? Agar semakin paham, langsung saja ikuti pembahasannya di bawah ini.

 

1. Cotton Combed

Kain cotton combed
Sumber: fabric-custom.com

Jenis bahan yang pertama adalah cotton combed. Di kalangan anak muda, bisa dibilang bahan inilah yang paling populer karena sering digunakan untuk membuat kaos secara mandiri.

Seperti namanya, cotton combed diolah dari serat kapas. Ciri utama jenis bahan yang satu ini adalah lembut, tidak berbulu, serta hasil rajutannya rapi.

Cotton combed dibagi ke dalam 4 kategori utama, yaitu 20s, 24s, 30s, dan 40s. Jika dilihat dari bahannya, keempat kategori tersebut sebenarnya sama, perbedaanya hanyalah di ketebalan kain.

Semakin besar angka yang tertera, artinya kaos semakin tipis serta biasanya harganya juga bertambah. Jadi 20s adalah bahan kaos paling tebal, sedangkan 40s paling tipis.

Namun yang paling umum beredar di pasaran adalah cotton combed20s dan 30s. Contoh keunggulan bahan ini yaitu nyaman dipakai karena mampu menyerap keringat serta warnanya tidak mudah luntur.

 

2. Cotton Carded

Jenis bahan baju cotton carded
Sumber: frostex.co.nz

Bahan kaos yang kedua ini sebenarnya sangat mirip dengan cotton combed. Jenisnya pun sama, yaitu meliputi 20s, 30s, hingga 40s.

Aspek pembedanya ada di tampilan fisik, dimana cotton carded permukaanya tidak terlalu halus. Bahan ini cukup diminati karena harganya sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan cotton combed.

Ciri utama cotton carded bisa lo lihat dari teksturnya yang lebih kaku dan kasar. Meskipun tergolong murah, kaos dengan bahan ini tetap nyaman digunakan dan tidak panas karena mampu menyerap keringat dengan baik

 

3. Cotton Slub

Bahan slub cotton
Sumber: thoppia.com

Masih berkaitan dengan bahan serat kapas, variasi bahan yang kedua adalah cotton slub. Ciri utama bahan ini adalah katun lembut dengan tekstur yang sedikit bergelombang.

Jika dibandingkan dengan cotton combed biasa, perbedaan utamanya adalah pada saat proses pembuatan. Cotton slub dibentuk dengan memutar atau melintir serat kapas pada saat produksi sehingga hasil akhirnya permukaan menjadi tidak rata.

Cotton slub juga cukup diminati, khususnya di kalangan anak muda. Buat lo yang ingin tampil lebih elegan tanpa harus meninggalkan kesan casual, kaos dengan bahan ini bisa jadi pilihan tepat.

 

Cek juga: Model Rambut Pria Jepang untuk Andalan Sehari-hari

 

4. Cotton Bamboo

Bahan kain cotton bamboo
Sumber: fibre2fashion.com

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, para penyedia jasa konveksi kaos pun juga berlomba-lomba dalam membuat inovasi. Salah satu hasil inovasi tersebut adalah hadirnya bahan kaos cotton bamboo atau katun bambu.

Bahan ini merupakan kombinasi antara katun dan serat bambu. Karakteristik utama kaos dengan bahan ini adalah sangat ringan, lebih elastis, serta lembut.

Dari segi harga, katun bambu memang sedikit lebih mahal dibandingkan bahan lain. Namun hal tersebut setimpal dengan kelebihan yang bisa didapatkan, contohnya seperti lebih efektif menyerap keringat, anti bakteri, dan lebih ramah lingkungan.

 

5. Polyester

Jenis bahan kain baju polyester
Sumber: fashion-history.lovetoknow.com

Bahan kaos yang berikutnya adalah polyester. Mungkin selama ini lo cuma mengenal polyester sebagai salah satu jenis plastik saja, padahal juga digunakan sebagai bahan pembuat kaos.

Berbeda dari bahan yang sudah dijelaskan sebelumnya, polyester tidak termasuk bahan organik. Bahan utama pembuatannya terdiri dari serat sintetis sisa olahan minyak bumi.

Ada beberapa keunggulan dan kekurangan untuk kaos dari bahan
polyester
. Walaupun disebut-sebut awet dan tahan lama, polyestertidak menyerap keringat secara maksimal sehingga kurang cocok kalau lo pakai di tempat dengan suhu tinggi.

 

6. Viscose

Bahan sintesis viscose untuk pakaian
Sumber: shop.chienvert.com

Kalau lo ingin terlihat lebih classy walaupun cuma memakai kaos, bahan viscose bisa jadi pilihan tepat. Viscose atau sering juga disebut bahan rayon ini diproduksi dari serat sintetis buatan manusia.

Dari segi tampilan fisik, viscose mirip dengan cotton yaitu cukup lembut ketika lo pegang. Ketika lo pakai kaos rayon, kesan yang akan langsung muncul adalah mewah dan berkelas karena serat sintetis tersebut bersifat menambah kecerahan warna.

Untuk harganya, viscose termasuk bahan kaos yang high rate dan cukup sulit didapatkan di pasaran. Keunggulannya adalah kaos ini jauh lebih awet serta tahan kelembaban dan suhu tinggi.

 

Cek juga: Inspirasi Gaya Berpakaian Pria Korea yang Kece Badai

 

7. Cotton Tri Blend

Jenis kain baju kaos - cotton tri blend
Sumber: bc-collection.com

Bentuk inovasi berikutnya dari bahan kaos katun adalah cotton tri blend. Identik dengan namanya, di sini ada tiga bahan yang dicampur ketika proses pembuatan.

Bahan tersebut terdiri dari 3 serat, yaitu katun, polyester, dan rayon. Untuk komposisinya, umumnya polyester memiliki persentase campuran paling banyak, sekitar 50% dan sisanya disempurnakan dengan katun dan rayon.

Campuran tiga serat tersebut ternyata menghasilkan kaos dengan kualitas tinggi. Karakteristik kaos cotton tri blend diantaranya tidak mudah luntur, lebih halus dan lembut, serta memiliki tingkat elastisitas tinggi.

 

8. Spandek

jenis bahan pakaian spandek
Sumber: gloryknitting.en.made-in-china.com

Kalau lo nyari bahan kaos yang memiliki tingkat elastisitas paling tinggi, spandek adalah jawabannya. Bahkan, bahan ini bisa melar sampai 5 kali dari ukuran normal.

Mirip dengan polyester, spandek dibuat murni dari bahan sintetis. Spandek khusus didesain agar kaos bisa berfungsi seperti karet.

Bahan kaos yang satu ini cukup mudah dikenali. Karakteristik yang paling umum yaitu tipis, lebih licin, dan ketat saat lo pakai.

Ternyata kaos spandek ini juga sangat nyaman ketika dipakai dan tidak membatasi ruang gerak. Namun contoh kekurangannya adalah daya serapnya sedikit kurang baik dan membutuhkan perawatan khusus saat mencuci dan menyetrika.

 

9. Teteron Cotton

bahan pakaian teteron cotton
Sumber: sehlitextiles.com

Bahan kaos yang juga dibuat dari hasil campuran dua bahan adalah teteron cotton. Di sini, bahan utamanya terdiri dari cotton dan polyester.

Untuk komposisinya, umumnya polyester hadir lebih dominan dengan persentase campuran lebih dari 60%. Karakteristik kaos dengan bahan teteron cotton adalah lebih tahan lama dan tetap mempertahankan bentuk aslinya walaupun sudah lo pakai berulang kali.

Namun karena memang didominasi oleh polyster, memakai kaos berbahan ini tidak cukup baik untuk menyerap keringat. Akan tetapi, teteron cotton tetap layak dipilih sebagai daily outfit karena selain awet, harganya juga cukup terjangkau.

 

10. Polo

bahan kaos polo
Sumber: blog.printsome.com

Jenis bahan kaos yang terakhir adalah polo. Mungkin lo sudah cukup familiar dengan istilah ini atau malah sering memakainya sehari-hari.

Kaos polo dibuat dengan menggunakan bahan yang bernama pique. Ciri utama bahan ini yaitu tekstur rajutan yang padat dan terdiri dari serat katun, teteron cotton, serta polyester.

Keunggulan bahan pique tersebut adalah mampu menyerap keringat dengan baik sehingga cocok digunakan untuk aktivitas di luar ruangan. Jadi kalo lo nyari jenis bahan yang nyaman dan cocok digunakan baik untuk acara formal dan semi-formal, kaos polo bisa dijadikan pilihan utama.

 

Cek juga: Hobi Online Masyarakat Indonesia yang Sedang Ngetren

 

Nah itulah ulasan mengenai berbagai jenis kain baju kaos yang sebaiknya lo ketahui biar gak salah memilih kaos yang pas.

Saat mencari pakaian yang tepat, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan selain dari jenis kainnya. Salah satunya adalah model kerah baju yang pas buat lo kenakan. Kerah ternyata bisa mempengaruhi impresi atas penampilan lo juga lho 🙂

Di luar itu, lo mungkin ingin mengecek juga tips mudah berpakaian sesuai bentuk tubuh lo. Biar lo gak perlu pusing memikirkan terlalu banyak hal untuk mencari baju yang pas, bro.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar jenis kain baju kaos, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

 

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *