Health

7 Tips Hidup Sehat Mudah dengan Diet Vegetarian!

Hidup Sehat Diet Vegetarian

Beberapa waktu yang lalu, salah satu teman Mas Kulin bercerita tentang kenalannya yang terkena stroke akibat darah tinggi, padahal masih muda.

Orangnya sering merokok, minum alkohol, dan kebetulan senang makan daging merah.

Mendengar cerita tersebut, gw merasa bersyukur memilih gaya hidup vegetarian bro, karena gw sendiri juga punya keturunan darah tinggi 🙁

Oleh karena itu, gw putuskan untuk menulis seputar tips terkait diet vegetarian untuk hidup sehat.

Tapi sebelumnya, kita cek dulu ya manfaat dan berbagai jenis vegetarian di dunia ini.

 

Manfaat Menjadi Vegetarian

Manfaat Menjadi Vegetarian

Emangnya makan daun-daunan doank bakal ngejamin sehat? Gw makan daging aja sehat kok!”, ucap seorang teman gw dulu ketika mengetahui kalau gw vegetarian.

Yah pada dasarnya kalau makan cukup dengan gizi seimbang, tubuh lo pasti sehat kok (asal gaya hidup lo juga dijaga).

Menjadi seorang vegetarian punya beberapa manfaat tambahan dibandingkan mereka yang ‘kaum pemakan segala’ bro:

  • Menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan kanker. Menjadi vegetarian juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat karena berkurangnya konsumsi lemak jahat serta meningkatnya konsumsi vitamin dan antioksidan.
  • Menjaga berat badan yang lebih ideal, karena konsumsi banyak sayur dan buah yang memiliki serat baik untuk saluran pencernaan lo
  • Terhindar dari risiko racun dan penyakit dari daging hewani. Selain adanya kemungkinan parasit yang menjangkiti daging hewan, memakan daging hewan yang ‘stres’ karena dipotong dapat memicu adrenalin yang memproduksi hormon stres dan steroid, yang menjadi racun bagi kita
  • Meningkatkan hormon dan libido seksual. Selain itu, menurut penelitian, bau tubuh yang dikeluarkan seorang vegetarian cenderung lebih memikat dibandingkan pemakan daging.
  • Membuat kulit lebih sehat karena banyaknya konsumsi antioksidan dan mineral yang melancarkan peredaran darah dan menjaga pigmen kulit tetap sehat. Konon vegetarian lebih mudah tampak awet muda lho.
  • Lebih hemat karena harga daging cenderung mahal dibandingkan harga sayur dan buah. Uang makan gw sehari bisa setengahnya lebih murah dibandingkan teman gw yang kaum pemakan daging 🙂

Cek juga: Cara Mudah Membedakan Parfum Asli dan Palsu agar Gak Tekor!

 

Berbagai Jenis Vegetarian

Berbagai Jenis Vegetarian

Bro, ‘kaum pemakan daun-daunan’ ini sebenarnya ada banyak macamnya.

Bahkan, masih banyak orang yang tidak tahu perbedaan vegetarian dan vegan.

Vegan sebenarnya termasuk di dalam kelompok vegetarian dan punya batasan makanan dan gaya hidup yang lebih ketat dibandingkan kelompok vegetarian yang lain.

Nah, berikut ini beberapa tipe vegetarian yang perlu lo ketahui:

  • Lacto Ovo Vegetarian: Tidak makan bentuk daging apapun (termasuk seafood ya), namun masih memakan telur, susu, dan produk turunannya seperti keju dan mayones. Ini bentuk vegetarian yang paling umum.
  • Lacto Vegetarian: Tidak makan bentuk daging dan telur apapun. Masih makan produk susu dan turunannya seperti keju. Biasanya konsumsi susu perlu lebih banyak untuk menutup gizi yang kurang dari telur.
  • Ovo Vegetarian: Tidak makan bentuk daging dan susu apapun. Masih makan produk hewani dari telur dan turunannya. Kebalikannya lacto vegetarian, ovo vegetarian sebaiknya mengkonsumsi telur lebih banyak. Namun, berhati-hatilah dalam mengkonsumsi kuning telur agar tidak lebih dari 2 butir per hari.
  • Flexitarian: Ada dua bentuk flexitarian. Pertama, menjadi vegetarian pada hari tertentu saja setiap minggu. Kedua, mengurangi dan tidak makan sama sekali mayoritas jenis daging (misalnya stop makan daging sapi, daging merah, ikan, tapi masih makan ayam)
  • Pesco Vegetarian: Tidak makan daging, telur, dan susu serta turunannya, namun masih makan produk ikan.
  • Vegan: Yang paling ketat karena tidak memakan produk hewani sama sekali, bahkan sebagian vegan tidak makan madu (karena ‘produk lebah’). Vegan juga dapat merambah ke gaya hidup, seperti tidak memakai produk dari kulit binatang asli.

Cek juga: Inspirasi Gaya Kasual Pria Keren Sehari-hari yang Mudah Ditiru!

 

Cara Menjalani Diet Vegetarian yang Benar

Setelah mengetahui manfaat dan tipe vegetarian yang mungkin ingin lo coba, saatnya untuk lo mengetahui cara menjalankan diet vegetarian yang benar.

Kebanyakan orang yang baru memulai diet vegetarian cenderung cepat meninggalkan gaya hidup ini karena tidak bisa bertahan 🙁

Supaya lo bisa konsisten menerapkan diet vegetarian, inilah beberapa tips yang bisa lo lakukan:

 

1. Tentukan Tujuan Diet Vegetarian

Tentukan Tujuan Diet Vegetarian

Ada banyak alasan seseorang mengikuti diet vegetarian, mulai dari sekedar ikut-ikutan teman hingga alasan kesehatan.

Sama seperti menabung, lo butuh suatu tujuan atau goal yang bisa lo pegang agar diet vegetarian yang akan lo lakukan bisa konsisten dijalankan.

Biasanya setelah tujuan tercapai, lo akan sudah terbiasa menjalani hidup vegetarian sehingga tidak akan kesulitan untuk terus mempraktekkan gaya hidup vegetarian.

Contoh tujuan yang bisa lo contek antara lain: menurunkan berat badan atau menjaga tensi darah agar tetap normal (seperti gw).

Kalau mau lebih ekstrim, lo bisa ikuti metode self improvement untuk tetap on track dalam goal lo, misalnya dengan menulis goal dan mencetaknya besar-besar dan dipajang di kamar.

 

2. Mulai dengan Menjadi Flexitarian

Makanan Flexitarian

Salah satu alasan mereka yang berhenti melakukan diet vegetarian adalah tidak kuat untuk tidak makan daging lagi.

Biasanya ini terjadi karena tubuh lo kaget dengan tidak adanya asupan daging dalam jangka waktu tertentu (apalagi kalau lo senang banget makan daging tadinya).

Untuk mengatasinya, mulailah dengan menjadi flexitarian dulu bro.

Misalnya nih, mulailah dengan memilih 1 hari per minggu untuk menjalani diet vegetarian yang lo inginkan, lalu pelan-pelan tambah jumlah harinya hingga akhirnya lo menjadi vegetarian hampir setiap hari.

Ada juga sih alternatif yang agak mahal, yaitu konsumsi daging vegetarian (daging palsu yang dibuat dari jamur atau produk tumbuhan) setiap hari bro.

 

3. Buat Rencana Makan Sehari-hari

Buat Rencana Menu Makanan

Saat menjalankan diet vegetarian, rencana makan sehari-hari menjadi lumayan penting untuk lo pikirkan bro.

Seorang vegetarian bisa kekurangan gizi yang dia butuhkan dari daging sehingga penggantinya perlu dipikirkan.

Tergantung jenis diet vege yang akan lo jalankan, lo bisa menambah asupan susu atau telur.

Bisa juga mengganti daging dengan tahu dan tempe ditambah kacang-kacangan, karena kandungan protein nabatinya lumayan tinggi bro.

Lo bisa cek blog-blog yang membahas menu diet vegetarian untuk mengetahui makanan apa saja yang perlu lo makan sehari-harinya, karena kalau dibahas semua dalam satu tulisan akan menjadi kepanjangan 🙂

Cek juga: Tips Merencanakan dan Mengelola Keuangan Ala Milenial Sekarang!

 

4. Siapkan Buah Sebagai Cemilan

Cemilan Buah

Buat yang suka ngemil asinan, keripik dan makaroni pedas, yuk mulai kurangi.

Kalau siang hari, lo bisa ganti camilan dengan makan buah pisang (atau buah lain yang lo suka).

Pisang jadi buah favorit gw karena lumayan bisa mengganjal perut dan punya kandungan anti oksidan yang cukup tinggi.

Kalau malam hari, lo bisa ngemil semangka, melon, atau apel untuk menjaga perut tetap terisi.

Oh ya, camilan buah ini lebih baik yang tidak diolah supaya kandungan gizinya tetap terjaga utuh ya.

 

5. Perbanyak Porsi Lauk saat Makan

Makanan Vegetarian Porsi Besar

Apakah lo masih mudah merasa lapar saat menjalani diet vegetarian?

Makanan vegetarian cenderung memiliki lemak dan kalori yang lebih rendah dibandingkan daging asli.

Oleh karena itu, lo bisa perbanyak porsi lauk pauknya (seperti tahu tempe) untuk mengganjal perut tanpa takut berat badan malah naik.

Jika bentuknya gorengan, sebaiknya ganti dengan yang dipanggang atau dibakar. Minyak dari gorengan tetap menyimpan lemak jenuh, jadi hati-hati jika mengkonsumsinya terlalu banyak 🙁

Jangan lupa untuk ngemil sehat seperti yang dijelaskan sebelumnya agar perut tetap enak bro.

 

6. Ajak Teman untuk Ikutan

Makan Bersama Teman

Terkadang punya teman yang sama-sama menjalankan diet vegetarian bisa menjadi motivasi untuk konsisten melakukan diet ini bro.

Kalau ada ‘teman seperjuangan’, kalian bisa saling menyemangati dan mengingatkan untuk tetap menjalankan gaya hidup vegetarian dengan benar.

Alternatifnya, bisa juga gabung dengan komunitas vegetarian (biasanya sih vegan yang lebih butuh ini karena lumayan ketat pantangannya).

Lo bisa bertukar informasi soal tips dan menu makanan untuk tetap konsisten menjalankan diet vegetarian.

 

7. Konsisten Menjalankan Hidup Sebagai Vegetarian

Jalani Diet Konsisten

Yang terakhir adalah kembali ke konsistensi menjalankan diet vege bro.

Saat lo mulai merasa lelah, ingat-ingat kembali tujuan lo menjalani gaya hidup ini.

Saran gw adalah menjadi Flexitarian bertahap atau Pesco Vegetarian dulu sampai lo benar-benar terbiasa sebelum menjadi vegetarian yang lo inginkan sepenuhnya.

Kalau punya teman dekat atau pasangan (gak harus yang juga menjalankan diet ini), bisa minta mereka untuk menyemangati lo untuk terus konsisten menjalani gaya hidup ini.

Cek juga: Cara Mudah Mengatasi Stres di Kerjaan Sehari-hari!

 

Nah itulah berbagai tips hidup sehat dengan cara menjalankan diet vegetarian.

Semoga saja tulisan ini bisa menjadi inspirasi bagi lo yang ingin mulai menjalani hidup sebagai seorang vegetarian.

Jika lo tidak memilih gaya hidup vegetarian juga tidak apa-apa bro, asalkan sehari-harinya lo menjaga kesehatan tubuh. Kesehatan merupakan investasi yang berharga buat masa depan.

Bagi lo yang ingin menjalani hidup sehat, bisa juga baca tulisan gw yang lain mengenai tips umum hidup sehat sehari-hari.

Jika lo punya tips lain tentang diet vegetarian, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *