Fashion

Tips Memilih Frame Kacamata Pria Terbaik Sesuai Bentuk Wajah

Frame Kacamata Pria Terbaik sesuai Bentuk Wajah

Bro, apakah lo sedang kebingungan mencari frame kacamata pria terbaik yang cocok digunakan untuk wajah lo?

Style bukan hanya milik wanita. Pria juga terkadang memakai aksesoris untuk menunjang penampilannya. Berbagai macam pernak-pernik dicoba, mulai dari topi, gelang, kalung, lensa kontak, hingga kacamata.

Nah, di antara lo semua mungkin ada yang memang memiliki gangguan pada mata sehingga butuh menggunakan kacamata, atau ada juga yang kurang percaya diri dengan wajahnya.

Lo bisa mencoba menyiasatinya dengan cara menggunakan kacamata yang tepat atau lensa kontak agar bisa memperbaiki penampilan.

Keduanya sama-sama membuat perubahan di daerah mata, namun pastinya ada beberapa keuntungan kalau lo menggunakan kacamata dibandingkan softlens atau lensa kontak.

Selain itu, penggunaan kacamata bisa memodifikasi persepsi orang lain pada bentuk wajah lo. Oleh karena itu, ada beberapa pria yang memang terlihat lebih ganteng saat menggunakan kacamata.

Yuk lanjut baca untuk mengetahui keuntungan lain serta panduan memilih frame kacamata yang pas buat lo ๐Ÿ™‚

ย 

ย 

Keuntungan Menggunakan Kacamata

Frame Kacamata

Seperti yang disinggung sebelumnya, ada banyak keuntungan menggunakan kacamata dibandingkan lensa kontak, baik bagi lo yang memiliki gangguan pada mata maupun tidak.

Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan kacamata sehari-hari:

ย 

ย 

1. Mata Terlindung dari Debu

Kalau lo pakai kacamata, otomatis daerah mata lo akan tertutup lensa. Nah, kacamata itu bisa jadi pelindung mata lo dari polusi, debu, dan sinar matahari berlebih yang bisa bikin mata lo jadi iritasi, kemasukan debu, dan gangguan mata lainnya.

Buat lo yang kerja di ruangan ber-AC, kacamata bisa membantu menghambat suhu udara dingin yang bisa bikin mata lo kering dan cepat lelah.

ย 

ย 

2. Tidak Menyebabkan Iritasi Mata

Beda dengan lensa kontak yang langsung menempel di kornea mata, kacamata tidak โ€˜melakukanโ€™ kontak langsung dengan mata.

Oleh karena itu, jarang ada kejadian mata terkena iritasi akibat mengugunakan kacamata.

ย 

ย 

3. Pemakaian Lebih Mudah

Lo pasti udah tau kalau pakai lensa kontak itu lebih ribet daripada pakai kacamata. Kalau kacamata, lo bisa lepas di manapun, nggak seperti lensa kontak yang butuh tempat yang steril.

Selain itu, membersihkan kacamata juga lebih gampang. Cukup menggunakan kain bersih kalau kacamatanya berdebu.

ย 

ย 

4. Lebih Ekonomis

Dari harga, meskipun ada kacamata yang harganya sampai jutaan, tapi masih lebih awet kalau dibandingkan dengan lensa kontak yang harus ganti setiap beberapa bulan.

Kacamata hanya butuh ganti lensa kalau misalkan resepnya berubah. Lo masih bisa pakai frame yang sama, kecuali kalau frame kacamatanya patah atau lo pengen ganti frame sesuai dengan keinginan lo.

ย 

ย 

5. Wajah Lebih Berkarakter

Banyak bentuk frame kacamata yang tersedia di pasaran, mulai dari kotak, bulat, oval, sampai cat eye, supaya wajah lo bisa kelihatan lebih berkarakter.

Kacamata juga bisa dipakai siapa aja, nggak peduli berapa usia lo.

ย 

Cek juga: Tips Memilih Topi Pria Sesuai dengan Karakter dan Bentuk Wajah

ย 

ย 

Tips Memilih Frame Kacamata Pria Terbaik Sesuai Bentuk Wajah Lo

Nah, pilih kacamata yang tepat ternyata gak bisa sembarangan bro. Lo perlu sesuaikan dulu dengan bentuk wajah lo, supaya lebih enak dilihat orang lain.

Gw sudah membuat pembahasan lebih detil mengenai cara mengetahui bentuk wajah di tulisan ini, jadi lo bisa sempatkan diri untuk mengeceknya. Atau kalau gak mau ribet, gw bakal ngasih ulang sepintas ciri-ciri tiap bentuk wajah.

Nah, berikut ini gw mau ngasih tips berupa panduan umum buat lo semua yang pengen milih frame kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah lo.

ย 

ย 

1. Wajah Bulat

Frame Kacamata Pria Terbaik untuk Wajah Bulat

Buat lo semua yang punya bentuk wajah yang bulat dengan lebar wajah atas dan bawah hampir sama dan tidak ada garis rahang, lo bisa memilih kacamata yang sedikit lebih lebar dari wajah, supaya pipi lo kelihatan lebih tirus.

Follow Instagram Mas Kulin

Kalau lo kurang familiar dengan berbagai bentuk dan model frame kacamata, gw sarankan untuk pilih frame model cat eye. Frame ini bisa bikin wajah lo kelihatan lebih tirus dan dagu lebih tajam.

Nggak hanya model itu, lo juga bisa pilih frame kacamata yang punya sudut memanjang seperti persegi panjang untuk memberikan efek wajah kelihatan lebih panjang dibandingkan kalau lo nggak pakai kacamata.

Nah, yang harus dihindari bagi lo yang punya wajah bulat adalah memilih frame kacamata tanpa sudut seperti oval dan bulat, soalnya bisa bikin wajah lo kelihatan makin lebar.

Kalau lo bingung pilih kacamata yang cocok, salah satu rekomendasi yang pas adalah kacamata Nike tipe 7084 nih. Frame persegi panjang yang tebal dengan bagian lengan kacamata yang terdiri dari dua warna bikin tampilan lo lebih sporty.

ย 

ย 

2. Wajah Oval

Frame Kacamata untuk Wajah Oval

Perbedaan bentuk wajah bulat dan oval adalah bentuknya lebih memanjang, meskipun garis rahang juga nggak terlalu kentara. Tapi lo termasuk beruntung, soalnya pilihan kacamatanya lebih banyak.

Lo mau pilih frame model persegi, cat eye, persegi panjang, oval, atau bulat sekalian juga sebenarnya nggak apa-apa, asalkan bagian lengan frame itu posisinya nggak terlalu rendah.

Kalau posisinya terlalu rendah, wajah lo bakal terlihat terlalu lonjong dan makin aneh. lo pasti nggak mau pakai kacamata yang justru malah ngerusak penampilan lo kan?

Kalau contoh frame kacamata pria yang cocok, gw rekomendasiin merk Oakley yang tipe base plane nih. Modelnya sederhana tapi terlihat elegan. Ada banyak warna lain yang bisa dipilih kalau lo mau warna selain hitam.

ย 

ย 

3. Wajah Persegi

Frame Kacamata untuk Wajah Persegi

Kebalikan dari wajah yang bulat, lo yang punya tipe wajah persegi memiliki lebar yang sama dan ada garis rahang yang kelihatan menonjol. Tulang pipi juga lebar dan seluruh sudut wajah juga kelihatan jelas.

Nah, kalau begitu, lo harus pilih frame kacamata yang berbentuk bulat atau oval. Lo juga bisa pakai kacamata tipe aviator supaya bentuk wajah kelihatan lebih seimbang.

Kalau lo punya rahang yang kelihatan jelas, bisa pakai kacamata dengan lensa lebar. Gw sarankan sih lo pakai kacamata Gucci yang tipe Aviator metal glasses supaya bentuk wajah lo bisa lebih lembut.

Begitupun sebaliknya, kalau wajah lo berbentuk persegi tapi kelihatan lebih lembut, bisa menggunakan kacamata yang ukuran lensanya lebih kecil. Contoh yang gw rekomendasikan adalah kacamata Ray Ban tipe RB6439 dengan 7 pilihan warna supaya lo punya banyak alternatif.

Kalau mau model oval yang sederhana, lo bisa pilih merk Chanel yang tipe 2187J. Frame ini memiliki dua jenis warna serta fokus warna yang lebih gelap ke frame sekeliling lensa, supaya wajah persegi bisa diperlembut dengan kacamata oval ini.

Pastikan kalau model kacamata tidak terlalu mencolok agar karakter khas kalian lebih menonjol keluar ya.

ย 

ย 

4. Wajah Oblong

Frame Kacamata untuk Wajah Oblong
Bentuk Frame Teardrop

Bagi lo yang punya wajah berbentuk persegi tetapi sudutnya tidak tajam atau tegas, lo termasuk pemilik wajah berbentuk oblong. Ada dua tipe kacamata yang bisa lo pakai.

Lo bisa pilih kacamata dengan frame tebal atau berlensa besar. Bentuk kacamata itu bisa membantu lo menyeimbangkan bentuk wajah yang lo punya. Kacamata bergaya vintage yang biasanya ada di model ini.

Pakai lensa model teardrop dan memiliki bentuk yang cembung juga bisa lebih menonjolkan rahang dan tulang pipi.

Untuk kacamata teardrop, gw rekomendasiin lo pilih merk Ray Ban, karena merk itu paling terkenal dengan kacamata tipe teardrop.

Namun, kalau lo ingin yang frame tebal, lo bisa pilih Oakley yang tipe Holbrook. Frame tebal dengan lensa yang cukup lebar akan membuat wajah lo terlihat lebih lembut.

ย 

ย 

5. Wajah Segitiga

Frame Kacamata untuk Wajah Segitiga

Lo yang punya wajah berbentuk segitiga, biasanya rahang atau dagunya lebar dengan dahi yang lebarnya lebih kecil daripada rahang. Garis rahangnya juga bisa membulat ataupun menyudut tajam.

Kacamata yang cocok buat lo yaitu yang memiliki penekanan di atas, karena struktur wajah lo lebih berat di bawah. Coba pakai kacamata yang punya frame lebih tebal di bagian atas, supaya bisa mengimbangi rahang dan dagu.

Lensa model teardrop juga bisa dipakai kalau lo mau memberi efek lebar pada bagian mata.

Tapi kalau lo mau mendapat hasil terbaik, coba pakai kacamata bertipe browline supaya bisa menambah efek lebar pada keseluruhan bagian atas wajah.

Untuk tipe browline, lo bisa coba pakai Oakley tipe Truss Rod 0.5. Lensanya yang cukup lebar dengan frame yang tebal di bagian atas membuat kacamata ini bisa jadi pilihan.

Lo juga bisa pakai Nike yang tipe 7928 atau 7929 untuk tipe kacamata yang fokus kepada frame bagian atas.

ย 

ย 

6. Wajah Diamond

Frame Kacamata untuk Wajah Diamond
Contoh bentuk frame cateye yang tidak begitu melengkung ke atas

Pemilik wajah bertipe diamond biasanya memiliki ciri-ciri bentuk dagu yang terlihat jelas, tulang pipi lebar, dan dahi yang kelihatan sempit.

Lo bisa pakai kacamata bergaya retro dan frame berbentuk kotak supaya seimbang dengan bentuk dagu yang runcing.

Selain itu, bisa cari kacamata dengan detail yang kreatif dan unik, tetapi harus lebih menonjolkan bagian atas supaya bagian bawah wajah lo terlihat lebih lembut.

Soal pemilihan warna kacamata, bentuk wajah diamond lebih bebas dalam menggunakan warna apapun selagi bisa menyeimbangkan dengan warna pakaian yang lo pakai.

Nah, untuk tipe wajah diamond, salah satu jenis yang bisa gw rekomendasikan adalah kacamata Dolce & Gabbana tipe DG3305. Bentuk persegi dengan detail warna yang unik membuat lo kelihatan mencolok, tetapi tidak menghilangkan kesan elegan apabila lo pilih yang warna gelap.

ย 

Cek juga: Panduan Model Rambut Pendek Pria Sesuai Bentuk Wajah

ย 

ย 

Tips Merawat Kacamata agar Awet

Buat lo semua yang pakai kacamata sebagai kebutuhan sehari-hari, pasti pengen kacamatanya awet kan?

Gw punya tips penting tentang cara merawat kacamata buat lo semua yang bisa dicek di bawah ini.

ย 

ย 

1. Simpan Kacamata dengan Baik dan Rapi

Apabila lo lagi nggak pakai kacamata, taruh kacamata di tempat yang datar dan pastikan kalau bagian lensa tidak berada di posisi bawah agar lensa tidak lecet ataupun buram.

Kalau biasa bawa kotak kacamata kemana-mana, malah lebih bagus lagi.

Biasakan simpan kacamata pada kotaknya agar jika sewaktu-waktu lupa menaruh, lo sudah kebiasaan menyimpan di kotaknya, jadi pasti kotaknya duluan yang dicari.

ย 

ย 

2. Bersihkan Lensa dengan Cairan Pembersih Kacamata dan Kain Khusus

Selain kacamata, lo juga sebaiknya punya cairan pembersih kacamata supaya kalau lensanya kotor, lo bisa segera membersihkannya sendiri.

Seandainya nggak beli cairan pembersih, lo bisa gunakan air keran untuk mencucinya. Ingat, harus air yang mengalir ya, supaya debu lebih mudah terangkat.

Kalau kacamata berdebu dan lupa membawa cairan pembersih, lo bisa menggunakan kain khusus kacamata yang biasanya disertakan di kotaknya sewaktu membeli.

Kain khusus kacamata ini paling berperan penting dalam menjaga kebersihan kacamata lo, karena bisa digunakan untuk mengelap kacamata yang basah ataupun membersihkannya dari debu yang menempel ketika lo beraktivitas dengan menggunakan kacamata.

ย 

ย 

3. Lepas dan Pakai Kacamata dengan Kedua Tangan

Jika lo biasa nonton film dan melihat pemain filmnya melepas kacamata menggunakan satu tangan dan menariknya ke samping, itu justru bisa merusak kacamata karena engsel dan siku kacamata lebih rentan rusak.

Dalam melepas dan memakai kacamata, biasakan menggunakan kedua tangan. Lo bisa pegang kedua sisi kacamata di dekat engsel ketika sedang memakai ataupun melepasnya secara lurus dengan wajah.

ย 

Cek juga: Tips Merawat Wajah Sesuai Jenis Kulit untuk Pria

ย 

ย 

Nah itulah berbagai tips memilih frame kacamata pria terbaik sesuai bentuk wajah lo.

Dari berbagai bentuk wajah dan contoh frame kacamata pria yang tersedia, adakah yang sesuai keinginan lo? Atau lo malah punya selera sendiri tentang kacamata yang cocok dengan kebutuhan lo?

Gw mau kasih saran satu lagi nih. Ada kalanya lo tidak perlu menggunakan kacamata untuk membuat penampilan menjadi lebih kece.

Ini saran yang mungkin terdengar aneh untuk ditulis di artikel tentang kacamata, tapi beberapa orang gw lihat memang mukanya kurang cocok
jika diberikan aksesoris seperti kacamata (sayangnya gw termasuk ke dalam kelompok orang ini).

Berhubung minus di mata gw gak begitu besar, gw hanya menggunakan kacamata saat bekerja di depan laptop atau pergi ke tempat yang belum pernah gw kunjungi. Sisanya gw berusaha tidak menggunakan kacamata, termasuk kalau sedang difoto :p

Jangan paksa menggunakan kacamata kalau memang lo malah merasa kurang pede. Lo bisa ikuti cara gw di atas, atau gunakan lensa kontak sehari-hari. Lo juga bisa mempertimbangkan untuk laser mata (menghilangkan minus atau plus pada mata) jika memungkinkan.

Jika lo punya pertanyaan atau tips lain seputar perawatan wajah pria, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

ย 

Salam Semangat,

Mas Kulin

2 thoughts on โ€œTips Memilih Frame Kacamata Pria Terbaik Sesuai Bentuk Wajahโ€

  1. Kebetulan saya berencana mau pakai kacamata. Jadi lumayan tahu frame kacamata yang harus saya pilih. Makasih kk informasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *