Fashion

Mengapa Desain Busana Bisa Membuat Penampilan Makin Keren?

Desain Busana Kaos Pria

Bro, kalau kalian sedang santai, biasanya apa busana yang kalian gunakan? Apakah gaya berpakaian kasual dengan hanya mengenakan kaos dengan desain busana sederhana atau tetap tampil sedikit lebih formal dengan kemeja?

Gw pribadi lebih suka mengenakan kaos sebagai busana yang gw pakai di waktu santai. Selain karena tidak ingin terlihat mencolok dengan tampilan rapi, gw ingin busana gw mendukung ketika gw harus berada di tempat-tempat seperti warung makan pinggir jalan ataupun sekadar ke minimarket.

Namun, meskipun hanya memakai kaos, terkadang kita juga bingung hendak mengenakan kaos yang mana. Banyak sekali kaos yang cocok digunakan untuk sehari-hari, terutama apabila lo koleksi berbagai macam tipe kaos.

Menurut gw, kaos yang paling nyaman untuk dipakai santai hanya ada sedikit pilihan. Kaos o-neck dan kaos v-neck menjadi opsi utama gw. Itu pun nggak polos begitu saja.

Desain busana lo, terutama kaos, bisa diterapkan ketika lo bersantai. Jika lo suka pakai kaos, lo bisa mencari kaos kesukaan lo dengan berbagai macam pilihan desain dan gambar yang lo suka, yang layak untuk lo koleksi.

 

Keuntungan Mengenakan Kaos dengan Desain Busana Menarik

Kaos dengan Desain Busana Unik

Gw pribadi sebagai penyuka kaos tentunya tidak hanya mengoleksi satu macam kaos saja. Mulai dari yang polos sampai dengan yang memiliki desain busana yang menarik pun gw koleksi.

Untuk kaos dengan desain busana menarik memiliki berbagai keunggulan daripada kaos polos nih bro. Setelah gw amati dan tanya pendapat orang-orang di sekitar gw, kaos dengan desain menarik itu ternyata ada kesan mendalam yang ditinggalkan.

 

1. Tampil Lebih Mencolok

Kaos dengan Desain Custom Bisa Mencolok

Kalau lo memiliki kaos dengan gambar yang menurut lo menarik, cobalah pakai itu di keramaian. Setidaknya, lo bikin orang-orang melirik ke gambar yang ada di kaos lo.

Sengaja ataupun tidak sengaja, gambar atau corak yang ada di kaos lo itu berhasil membuat diri lo tampil lebih mencolok dalam keseharian lo. Tapi ingat, variasikan dengan kaos lo yang lain.

 

2. Terlihat Mengikuti Tren

Tampak mengikuti tren

Jika lo menggunakan kaos dengan desain tertentu mengikuti situasi yang akan lo hadapi, lo pasti akan dianggap terlihat mengikuti tren oleh orang-orang yang melihat lo.

Misalkan, lo pakai kaos dengan gambar karakter anime dan datang ke festival Jepang, lo tentunya dianggap mengikuti tren anime yang sedang populer.

Lo juga bisa pakai kaos dengan tulisan pepatah ataupun kata-kata mutiara, seperti yang sedang tren belakangan ini.

 

3. Memberi Kesan Tersendiri

Graphic Tee tampak unik dan stoknya terbatas

Pakaian itu menunjukkan jati diri lo. Gw setuju sama pendapat ini, soalnya gw sendiri pernah dianggap orang yang membosankan karena gaya berpakaian gw itu-itu aja.

Makanya, lo sebaiknya mengenakan pakaian yang menurut lo cocok dengan karakter lo. Meskipun untuk santai, kaos lo juga bisa jadi cerminan karakter lo, dengan menambahkan desain yang cocok.

Lo bisa memiliki kesan kalau lo berjiwa muda dengan mengenakan pakaian berwarna cerah dengan desain yang mencolok namun tidak norak. Kesan childish kadang pula orang sematkan apabila lo mengenakan kaos dengan desan karakter anime atau kartun.

Begitupun dengan karakterisasi lain, lo bisa sesuaikan gaya lo dengan desain busana dan padu padan dengan aksesoris lain yang tepat.

 

4. Tidak Terkesan Membosankan

Kaos desain tidak membosankan

Mungkin dengan kaos polos lo akan terlihat tidak mencolok, tetapi ada kesan membosankan apabila lo tampil dengan kaos yang itu-itu saja.

Follow Instagram Mas Kulin

Kalau lo memiliki beberapa kaos dengan gambar yang berbeda, lo bisa bereksperimen dengan pilihan desain yang ada di kaos lo. Sehingga lo nggak akan terlihat membosankan dan tampil lebih menarik di mata orang lain.

Kesan menarik juga akan timbul apabila kaos yang lo pakai ternyata disukai oleh orang yang melihat. Lo akan mendapat nilai tambah di mata mereka.

 

5. Unik dan Terbatas

Lo tahu nggak, kalau misalkan lo beli kaos dengan desain tertentu, kaos itu sebenarnya cukup unik.

Karena, desain kaosnya hanya untuk saat-saat tertentu aja. Sebagai contoh, kaos yang dijual pada suatu acara dikhususkan sebagai kenang-kenangan kalau lo pernah datang ke acara itu.

Oleh karena itulah, kaos yang lo miliki itu terbatas alias limited edition. Di situlah letak keunikan kaos yang lo punya.

 

Cek juga: Suka Merah? Intip Tips Mix & Match dengan Busana Merah!

 

Tips Bergaya dengan Graphic T-Shirt

Apabila kaos polos lebih mudah dipadupadankan dengan busana lain, lo memiliki tantangan tersendiri untuk kaos dengan desain khusus.

Tantangan paling sederhana yaitu dari masalah desain sendiri. Jangan sampai kaos yang lo punya itu memiliki gambar yang terkesan norak dan tidak cocok dengan bentuk tubuh lo.

Oleh karena itu, lo harus jeli memilih desain kaos yang nantinya akan lo pakai. Sekali salah memilih akan merusak karakter yang selama ini sudah lo bangun.

 

1. Pilih yang Desainnya Fokus di Bagian Dada

Beri fokus desain pada da

Salah satu tujuan desain yang lebih terfokus pada bagian dada adalah supaya dada terlihat lebih bidang karena dengan adanya desain, fokus orang lain yang melihat pun akan tertuju ke sana.

Dengan desain yang lebih terfokus di bagian dada, secara tidak langsung akan memberikan efek kalau dada lebih lebar daripada bagian lain dalam tubuh, sehingga tubuh lo terlihat lebih proporsional.

Selain itu, desain juga terlihat lebih indah apabila posisinya di kaos bagian atas. Karena ukuran tubuh bagian atas lebih fix daripada bagian yang lain, jadi tidak mengganggu kualitas gambar ataupun tulisan yang dihasilkan.

Sebagai contoh desain yang terfokus pada bagian dada adalah kaos yang bertuliskan kata-kata mutiara. Lo bisa cari kata-kata yang sesuai dengan diri lo, kemudian pakai kaosnya ke tempat yang ingin lo tuju untuk bersantai.

 

2. Hindari Desain yang Fokusnya di Daerah Perut

HIndari desain kaos yang fokusnnya di o

Pernah lihat kaos yang memiliki desain di bagian tengah hingga bawah? Mungkin terlihat bagus apabila kaosnya sedang dipajang atau digantungkan, tetapi belum tentu bagus untuk lo kenakan.

Apabila lo memiliki tubuh yang kurus, mungkin tidak akan terlalu bermasalah meski fokus orang yang melihatnya akan lebih terganggu karena pandangan terlalu ke bawah.

Berbeda hal dengan lo pemilik tubuh gemuk ataupun skinny fat, lo harus hindari kaos seperti ini karena desain busana yang terfokus ke bagian perut akan membuat perut lo terlihat lebih lebar dan pasti akan ada orang yang berkomentar, “Lo gemukan ya?”

Biasanya, kaos-kaos dengan desain fullprint yang harus lebih lo perhatikan sebelum lo membeli. Cocokkan dengan bentuk tubuh lo, agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

 

3. Pilih Kaos dengan Dasar Hitam atau Putih

Kaos hitam putih

Warna hitam ataupun putih merupakan warna netral dan cocok dipakai di berbagai suasana. Begitupun dengan kaos. Apabila lo memiliki desain, pastikan desain yang lo punya itu bisa cocok diterapkan di salah satu warna tersebut.

Jika memungkinkan, lo bisa bikin dua desain. Ada yang cocok diterapkan di kaos warna hitam, ada pula yang cocok diterapkan di kaos warna putih.

Dengan begitu, kaos berwarna netral milik lo akan terlihat lebih menarik dan unik karena desain yang lo punya.

 

4. Gunakan Warna Monochrome untuk Outer dan Bawahan

Kaos monochrome

Lo udah punya berbagai kaos bergambar dan desain yang unik? Kini saatnya padu padankan busana lo dengan yang lain.

Warna monochrome bisa lo terapkan di outfit yang lo punya supaya gambar ataupun tulisan yang ada di kaos lo terlihat lebih menonjol.

Contohnya, lo punya kaos hitam bergambar. Coba padukan dengan celana berwarna krem muda dan juga jaket berwarna senada. Atau sebaliknya, kaos putih bergambar yang dipadukan dengan jaket atau kemeja hitam tanpa dikancing dan celana chino hitam.

Perhatikan penampilan lo di cermin, sudahkah pantas? Jika dirasa kurang, padukan lagi dengan sepatu ataupun topi dan aksesoris lain
seperti jam atau gelang berwarna monochrome ataupun netral supaya pusat perhatian tetap ada di kaos lo.

 

Cek juga: Tips Berpakaian Kece Bagi Pria Skinny Fat

 

Cara Memperoleh Kaos dengan Desain Busana Menarik

Dari segala macam penjelasan yang sudah gw kasih di atas, lo yang belum punya kaos dengan desain busana yang menarik pasti penasaran, di mana bisa mendapatkan kaos berkualitas seperti itu.

Sebenarnya, kaos bergambar itu banyak di pasaran, tetapi nggak semuanya berkualitas. Ada yang desainnya terkesan norak sehingga tidak menarik buat pembeli.

Nah, dari hasil penjelajahan gw, lo bisa beli kaos dengan desain yang berkualitas di beberapa tempat berikut:

 

1. Beli dari Distro

Kaos distro

Buat lo yang biasa membeli pakaian di distro, pasti lo banyak melihat deretan kaos yang terpajang di sana. Namun, ada saja kaos distro yang kesannya tidak laku lantaran setiap lo datang ke sana, lo selalu melihat kaos itu masih terpajang.

Siapa tahu, kaos itu justru yang paling laris di pasaran sehingga masih ada stok dan yang terpajang itu menandakan kalau kaosnya masih tersedia.

Meskipun demikian, alangkah baiknya lo pilih kaos yang sesuai dengan keinginan lo, karena kaos yang terpajang ataupun yang laku belum tentu cocok dengan karakter lo.

 

2. Beli dari Toko Pakaian Komersial

Toko pakaian komersial

Apabila lo menginginkan kaos bergambar yang sedang tren, lo bisa pergi ke toko pakaian komersial dan mencari kaos yang sesuai dengan keinginan lo.

Biasanya, toko pakaian komersial menjual pakaian yang sedang tren dengan mengambil dari produsen yang memproduksi pakaiannya secara massal.

Meskipun begitu, kualitasnya terkadang diragukan apabila kaos yang lo inginkan tidak terjamin kualitasnya lantaran produksi massal tersebut.

 

3. Buat Sendiri Desainnya

Kaos yang menggunakan banyak jalan

Cara yang paling mudah adalah lo bikin desain sendiri versi lo, kemudian hubungi jasa print kaos custom, kemudian pesan sesuai keinginan lo.

Sebelum mulai mencetak kaos, lo perlu menentukan metode cetak yang sesuai dengan keinginan lo, entah itu sablon manual, DTG (direct-to-garment), polyflex, ataupun versi glow in the dark.

Untuk desain busana, lo bisa memanfaatkan jasa freelancer kalau merasa ribet membuat sendiri desainnya. Salah satu yang gw rekomendasikan adalah Fastwork.id (bisa cek di sini: https://fastwork.id/fashion-design ).

Fastwork.id - Salah satu penyedia Jasa Desain Busana

Situs ini merupakan situs tempat berkumpulnya berbagai freelancer dengan berbagai macam keahlian. Freelancer dengan kemampuan desain busana
cukup mudah ditemui di sini dengan harga yang terjangkau 🙂

Keuntungan utama Fastwork adalah cepat dan mudahnya menemukan freelancer dengan jenis dan harga yang sesuai budget lo. Lo bisa cek profil mereka dan chat dulu sebelum melakukan deal proyek desain busana yang lo mau bro.

Oh ya, pastikan lo melakukan deal dan pembayaran lewat situs Fastwork. Kalau diajak melakukan transaksi di luar situs ini, ada kemungkinan lo bisa kena tipu 🙁

 

Cek juga: Tips Padu Padan Warna Sepatu Sesuai Warna Pakaian

 

Nah itulah ulasan mengenai pentingya desain busana dalam membuat penampilan lo semakin kece sehari-harinya.

Dari berbagai macam desain busana kaos, yang harus lo perhatikan adalah kualitas bahan kaos dan kualitas gambar yang ada di kaos lo. Apabila lo salah perawatan, bisa-bisa gambarnya cepat rusak dan kaosnya jadi tidak enak dilihat lagi.

Padu padan dengan kaos atau kemeja yang didesain khusus memang sedikit lebih sulit dibandingkan busana yang bermotif polos atau hanya memiliki motif sederhana. Namun, potensial kekecean lo akan menjadi semakin tinggi saat desain yang digunakan sudah tepat.

Untuk berjaga-jaga, baca juga tulisan gw di sini tentang cara menghindari kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan pria dalam berpakaian sehari-hari.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar desain busana, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *