Lifestyle

15 Cara Tampil Keren dan Ganteng yang Gampang Dilakukan!

Cara Tampil Keren dan Maskulin

Jaman dulu, Mas Kulin masih teringat dengan persepsi kaum pria di mata kebanyakan masyarakat. “Cowok manly itu gak suka dandan, berantakan, doyan gebet cewek, olahraga favoritnya pasti sepakbola dan tinju”, merupakan persepsi agak ngaco yang banyak menempel di pemikiran orang-orang sekitar kita, atau malah lo sendiri.

Untungnya jaman sekarang sudah cukup banyak peningkatan dari sisi persepsi terhadap kaum adam bro. Pria yang disebut keren dan maskulin itu ada macam-macam. Lo gak harus memaksakan diri menjadi flirty ke tiap cewek atau nongkrongin semua pertandingan bola kalau memang lo gak suka. Emang enak yah memaksakan diri menjadi ‘orang lain’ yang berlawanan jauh dari kepribadian asli lo?

Kali ini, Mas Kulin akan membagikan beberapa cara tampil keren dan ganteng agar lo terlihat menarik dan maskulin sehari-hari. Mudah banget kok bro. Panduannya dibagi menjadi tiga bagian agar lebih mudah dibaca: Fashion, Grooming, dan Attitude. Monggo terus dibaca ke bawah ya.

 

Bagian 1: Gaya Berpakaian Pria Keren dan Menarik!

Hal pertama yang bisa lo lakukan untuk meningkatkan kegantengan lo adalah menggunakan gaya berpakaian atau style yang tepat. Pastikan agar lo tidak melakukan kesalahan-kesalahan sepele tapi fatal yang sering dilakukan pria dalam berpakaian. Ketika lo melakukan kesalahan dalam bergaya, badan lo akan terlihat aneh sehingga tingkat kekerenan lo juga akan berkurang drastis!

Berikut ini tips yang dapat lo lakukan untuk tampil semakin kece:

 

1. Gunakan Pakaian yang Ukurannya Pas

Cara tampil keren - Gunakan Pakaian dengan Ukuran Pas

Apapun tipe badan lo, pakaian yang tepat untuk dikenakan sehari-hari adalah pakaian yang besarnya pas di badan lo. Ketika lo menggunakan baju dan celana yang terlalu ketat atau besar, bentuk tubuh lo akan terlihat ‘aneh’ sehingga orang di sekitar lo akan mengerenyitkan dahi mereka saat melihat lo, bukannya kagum dan terpesona dengan gaya lo.

Memang ada sedikit pengecualian tertentu di mana menggunakan pakaian yang oversized atau ketat justru lebih menguntungkan atau menarik perhatian. Dalam konteks aktivitas sehari-hari, ukuran pakaian yang disarankan tetap yang ukurannya pas di badan.

Cek juga: Panduan Berpakaian bagi Pria Kurus agar Terlihat Berisi dan Keren!

 

2. Perhatikan Sepatu yang Digunakan

Tips tampil keren - Perhatikan Sepatu yang Dikenakan

Mungkin lo merasa kalau sepatu bukan sesuatu yang harus terlalu diperhatikan karena posisinya ada di bawah kaki. Salah besar bro! Orang lain (terutama wanita) selalu melihat penampilan lo sekilas dari atas hingga ke bawah.

Jika lo menggunakan sepatu yang tidak pas (misalnya, lo pakai sepatu kets ketika datang ke acara kantor yang formal) atau sepatu lo kotor, maka impresi orang lain akan turun drastis terhadap lo. Lo akan dicap messy, dan aura kegantengan lo jadi berkurang. Sayang banget kan? Mulai sekarang, rajinlah merawat sepatu kets dan menyemir sepatu kulit lo.

Cek juga: Panduan Memilih Warna Sepatu yang Matching untuk Pakaian yang Dikenakan!

 

3. Siapkan Outerwear

Cara tampil ganteng - Gunakan Outerwear

Bagi yang masih asing, outerwear merupakan pakaian yang biasanya dikenakan untuk menutupi baju utama (kaos atau kemeja) yang lo kenakan di tubuh. Contoh outerwear antara lain adalah jas, jaket, hoodie, blazer, cardigan, dan sebagainya.

Penggunaan outerwear yang tepat akan menambah nilai kegantengan lo. Selain itu, outerwear juga berguna untuk menyembunyikan tampilan kusut kaos atau kemeja yang gak sempet disetrika yang sedang lo kenakan.

Cek juga: Model Jaket Pria Jaman Sekarang yang Cocok untuk Lo!

 

4. Sesuaikan Gaya Berpakaian dengan Momen yang Tepat

Panduan agar tampak keren - Gaya Berpakaian yang Tepat

Biarpun lo sudah memilih baju dan aksesoris bermerk mahal, tidak lusuh, dan merasa tampil super keren, semua itu bisa sirna sekejap ketika lo salah menggunakan gaya berpakaian di momen tertentu. Kenapa bisa begitu?

Contohnya paling sederhana, lo pergi ke kolam renang dengan setelan jas super rapih dengan tujuan mau berenang (bukan jadi bodyguard artis tertentu). Orang-orang di sekitar lo akan cenderung turun impresinya terhadap lo.

Contoh lain yang masih hangat, beberapa waktu lalu ada yang datang wawancara kerja ke kantor Mas Kulin dengan pakaian super rapih (jas formal, sepatu pantofel). Berhubung kantor Mas Kulin termasuk startup yang dress code nya sangat kasual, banyak orang yang melihatnya jadi mengerenyitkan dahi karena merasa pakaiannya gak pas. Dalam keadaan begini, impresi dia sebagai ‘aneh’ jadinya menutupi impresi dia sebagai ‘orang ganteng’. Jadi, hati-hati ya.

Cek juga: Inspirasi Gaya Berpakaian untuk Wawancara Kerja bagi Milenial!

 

5. Perhatikan Pria Lain yang Menjadi Role Model

Cara menjadi keren - perhatikan kolega pria yang punya gaya berpakaian bagus

Jika lo punya kolega di kantor, atau sedang berjalan-jalan di luar atau mungkin selebriti pria yang sedang beken, maka perhatikan mereka yang tampak menarik. Lihat apa yang menurut lo membuat orang tersebut menarik secara fisik. Apakah hanya sekedar wajah ganteng, selera berpakaian, atau mungkin cara memakai aksesoris (topi, jam tangan, kalung, dan sebagainya) yang terlihat pas?

Lo bisa contek inspirasi gaya berpakaian dari orang tersebut, atau bahkan konsultasi langsung dengan orangnya. Umumnya, orang yang memiliki selera berpakaian bagus meski gak terlalu ganteng akan lebih terlihat menarik dibandingkan orang yang ganteng tapi cara berpakaiannya berantakan banget. Tingkatkan kepercayaan diri dan ambil inspirasi dari orang-orang tersebut untuk gaya berpakaian lo.

Cek juga: Cara Pria Tampil Stylish dengan Tetap Hemat!

 

Bagian 2: Perawatan Tubuh yang Perlu Dilakukan Pria

Apabila style berpakaian lo sudah kece, maka aura kegantengan lo sudah naik minimal 33%. Saatnya lo mulai menata diri dengan memperhatikan tubuh lo lebih baik. Pernah dengar istilah Grooming? Kalau belum atau lo masih asing banget dengan perawatan dasar tubuh pria, lo bisa coba cek di sini.

Untuk dasarnya, berikut ini beberapa perawatan tubuh yang bisa lo lakukan untuk meningkatkan penampilan lo secara drastis.

 

1. Rawat Baik Brewok dan Kumis

tips tampil macho - pelihara dan rawat brewok

Apakah terdapat brewok dan kumis di wajah lo? Jika rambut di wajah lo bersih dan rapi, maka penampilan lo akan terlihat semakin menarik. Brewok juga memiliki fungsi untuk meningkatkan nilai maskulinitas dan kedewasaan seorang pria.

Follow Instagram Mas Kulin

Bagi lo yang gak brewokan dan minder dengan muka, brewok bisa menjadi alternatif yang sangat ampuh untuk membuat wajah lo terlihat lebih menarik. Jika lo sudah memiliki brewok atau kumis tapi merasa malas untuk merawatnya, maka sebaiknya lo cukur habis bro. Brewok dan kumis compang-camping akan menurunkan drastis penampilan lo.

Cek juga: Cara Mudah Menumbuhkan Brewok Khusus Pria yang Sulit Menumbuhkannya!

 

2. Pilih Model Rambut yang Cocok

cara tampil ganteng - miliki model rambut yang cocok sesuai bentuk muka

Sadar atau tidak, banyak pria yang terlihat jauh lebih menarik karena model rambut yang digunakan pas dengan bentuk muka. Rambut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kepala sehingga dapat ‘memanipulasi’ wujud seseorang menjadi lebih menarik atau lebih buruk di mata mereka yang melihatnya.

Untuk mendapatkan model rambut yang mengeluarkan aura kegantengan lo hingga maksimal mungkin butuh beberapa percobaan. Pastikan lo memeriksa dulu panduan umum model rambut pria sesuai bentuk wajah berikut. Lakukan eksperimen sampai lo merasa puas dengan satu model rambut tertentu.

Cek juga: Berbagai Gaya Potongan Rambut Pendek Pria Paling Ngetren!

 

3. Gunakan Parfum yang Tepat

Tips untuk tampil menarik - Gunakan Parfum Pria

Aroma tubuh juga memiliki pengaruh yang tinggi terhadap impresi seseorang. Pria yang wajahnya biasa aja tapi bersih dan wangi akan menarik banget di mata wanita dibandingkan dengan yang ganteng tapi lusuh dan bau. Gunakan parfum yang wanginya memang lo suka dan gak terlalu menyengat agar tidak mengganggu orang di sekitar lo (kecuali lo bekerja atau pergi ke tempat yang punya bau tajam).

Lo perlu mengenali beberapa jenis parfum agar lo gak salah beli dan pakai. Misalnya, kalau lo pakai body spray ke kantor, maka lo harus sering semprot setiap sejam atau dua jam sekali supaya wanginya bertahan. Yang paling pas buat ngantor dengan durasi 8 jam adalah eau de perfume.

Biar gak salah beli, lo bisa cek juga beberapa rekomendasi parfum pria murah yang paling laris untuk jadi panduan buat lo. Ini berguna kalau lo bingung aroma parfum apa yang cocok buat lo gunakan. Pastikan juga agar lo membeli parfum yang asli ya, bukan yang palsu atau refill.

Cek juga: Cara Membedakan Parfum Asli dan Palsu!

 

4. Pakai Skincare dan Lotion

Cara agar terlihat menarik - gunakan skin care
via theidleman.com

Kecuali lo menggunakan pakaian astronot, sebagian kulit tubuh lo pasti akan terlihat dari luar. Oleh karena itu, menjaga agar kulit tubuh lo tetap bagus merupakan hal yang mesti lo lakukan kalau mau tampil keren. Area kulit ini ini merupakan area perawatan tubuh yang memang paling sering luput dari perhatian kaum Adam 🙁

Cara menjaga kulit tubuh lo secara basic sebenarnya mudah kok bro. Pertama, pastikan lo cukup minum agar kulit lo terlihat lembab. Kedua, gunakan skincare yang mengandung moisturizer (pelembab) jika tipe kulit lo kering. Ketiga, gunakan skincare yang mengandung tabir surya (sunscreen) kalau lo banyak beraktivitas di tempat dengan sinar matahari terik.

 

5. Jaga Kebersihan Wajah

Tips tampil menarik bagi lawan jenis - rajin cuci muka

Sekalipun lo gak merasa punya wajah ganteng, jangan biarkan wajah lo kotor dan kebersihannya gak lo pedulikan. Para pria yang wajahnya bersih justru terlihat menarik di mata orang lain. Bagi lo yang punya masalah kebersihan kulit, lo bisa mulai konsultasi dengan dokter kulit untuk membersihkan wajah lo.

Bagi lo yang memiliki kulit wajah berminyak, pastikan agar rajin mencuci muka untuk mencegah timbulnya jerawat. Umumnya, cuci muka dilakukan dua kali sehari untuk membersihkan kotoran menumpuk pada wajah. Kalau wajah bersih dan muka lo tampak awet, orang-orang di sekitar lo (terutama para wanita) akan merasa kalau lo ganteng banget!

Cek juga: Cara Menjaga Wajah Terlihat Awet Muda bagi Pria Dewasa!

 

Bagian 3: Sikap dan Perilaku Pria Maskulin

Sudah capek-capek bergaya dan merawat tubuh, aura keren lo masih bisa sirna hanya karena sikap dan perilaku lo yang gak macho. Memangnya apa aja sih yang menjadi sikap perilaku pria maskulin? Simak langsung di bawah ini ya.

 

1. Tegap dan Kontak Mata

Sikap pria maskulin - berjalan tegap

Pria maskulin berjalan dengan tegap kemanapun ia melangkah. Berjalan dan berdiri tegap menampilkan rasa percaya diri yang tinggi, sehingga orang-orang di sekitar dan lawan bicara lo akan lebih kagum terhadap lo. Apabila postur badan lo memang bongkok, usahakan untuk berjalan dengan pandangan mata menghadap ke depan.

Ketika berbicara dengan seseorang, tatap matanya untuk mempertahankan ‘koneksi’ antara lo dengan dia. Berbicara dengan menatap lawan bicara (asal gak berlebihan) juga memberi kesan sopan dan lawan bicara akan merasa dihargai. Bukan itu saja, lo bisa membuat lawan bicara lo menjadi lebih tertarik kepada lo lewat kontak mata. Konon, cinta itu dari mata turun ke hati :p

 

2. Hargai Orang Lain

Ciri pria maskulin - menghargai orang lain

Pria maskulin akan menghargai orang-orang di sekitarnya, terlepas dari apakah dia sesama pria ataupun wanita. Hindari mengumpat, mengeluarkan kata-kata tidak pantas, atau mengejek seseorang berdasarkan kekurangan yang dia miliki (apalagi jika lo tidak terlalu mengenal orangnya). Jangan sampai perbuatan lo merambah menjadi bullying bro.

Sebagai pria maskulin, lo juga perlu belajar untuk bertindak dan mengambil keputusan dengan kepala dingin. Jika lo ringan tangan atau melakukan kekerasan terhadap sesama ataupun pasangan, maka lo gak manly banget bro 🙁 Buktikan bahwa sebagai pria lo bisa mengendalikan diri.

 

3. Jaga Kebersihan dan Kebugaran Tubuh

Cara tampil maskulin - Jaga Kebugaran Tubuh

Tidak hanya penampilan luar, pria maskulin juga perlu menjaga tubuh dari dalam. Ketika lo sehat dan bugar, aura kegantengan lo akan lebih mudah terpancar bro. Jika lo terlihat letih lesu, daya tarik lo akan berkurang cukup drastis.

Rajinlah melakukan olahraga seperti pergi nge-gym atau jogging saat Car Free Day. Kalau malas, lo juga bisa kok melakukan olahraga ringan di kamar sendiri seperti push up dan sit up. Lumayan kan sekalian bentuk badan jadi lebih bagus.

Cek juga: Cara Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan Panjang!

 

4. Tersenyum

Syarat tampil rupawan - rajin tersenyum

Konon, tersenyum itu mencerahkan dunia di sekitar lo. Mereka yang melihat lo tersenyum akan terbawa pengaruh juga menjadi lebih bahagia. Alhasil, impresi terhadap kegantengan lo meningkat. Bukan itu saja, senyum merupakan cara lain untuk menunjukkan kepercayaan diri, dan kepercayaan diri akan membuat aura kegantengan lo semakin memancar deras (maaf kalau sedikit terdengar lebay).

Oh ya, tersenyum juga dapat membakar kalori lho. Seringlah tersenyum sebagai bagian dari program diet lo 🙂 Bagi lo yang punya gigi bagus, jangan malu untuk menampilkan gigi lo ketika tersenyum. Para wanita pasti akan mudah klepek dengan pria yang senyumnya menawan dengan gigi bagus.

Cek juga: Cara Hidup Sehat yang Dapat Mendatangkan Kebahagiaan!

 

5. Menjadi Diri Sendiri

Cara terlihat menarik di mata wanita - jadilah diri sendiri

Satu hal penting terakhir yang merupakan sikap pria maskulin adalah menjadi diri sendiri. Ketika lo memaksa penampilan dan gaya hidup lo seperti orang lain (misal: selebriti favorit), maka lo akan kehilangan identitas. Menjadi diri sendiri itu membuat diri lo lebih nyaman dan menikmati hidup sehari-hari, sehingga lo lebih semangat dan percaya diri.

Contoh, Mas Kulin sendiri gak senang dengan tampil berpakaian kelewat formal ke kantor ataupun pergi jalan-jalan (Professional atau Gentleman Style). Yah oleh karena itu juga blog ini lebih fokus pada Casual Men’s Lifestyle dengan berbagai inspirasi dan tips yang praktis untuk para pria dari sisi fashion, grooming, maupun gaya hidup 🙂

Cek juga: Cara Memberikan Impresi yang Baik di Hari Pertama Kerja!

 

Nah itulah berbagai tips agar lo terlihat manly dan ganteng maksimal! Meskipun sebagian besar cara di atas mudah dilakukan, tetap saja lo butuh usaha dan kemauan untuk melakukannya. Pada dasarnya, setiap pria dilahirkan dengan muka ganteng kok (sekalipun yang terang-terangan bilang lo ganteng mungkin cuma ibu lo). Tinggal bagaimana caranya kita memaksimalkan kegantengan kita.

Mas Kulin sendiri melihat beberapa teman dan kolega pria yang secara wajah biasa saja, tapi tetap cukup disukai dan bahkan beberapa cewek ngegebet dia. Ketika dia berhasil mencampurkan gaya berpakaian, grooming, dan attitude yang tepat, maka aura kegantengan pria tersebut memang terasa pekat bro!

Oleh karena itu, ikuti terus tulisan lain di blog Mas Kulin ya. Pastinya, maskulin banget bro!

2 thoughts on “15 Cara Tampil Keren dan Ganteng yang Gampang Dilakukan!”

  1. Gue pribadi emang suka pake baju slim fit yang sesuai sama bentuk tubuh. Kecuali untuk menghindari kedinginan atau terik matahari, gue nggak akan pakai outer wear (tapi tetep dibawa di tas). Gue orangnya nggak suka kegerahan soalnya.

    Soal insiden interview itu, it happened to me. Kita nggak bisa nyalahin mereka mas, bisa jadi it is their first time so they don’t have any clue. Daripada dipandang aneh, try to appreciate aja 🙂

    1. Haha iya bro. Kalau gampang gerah atau keringetan, pakai outerwear memang bisa bikin gak enak. Jadi bisa disesuaikan dengan sikon tubuh juga sih.

      Yup, salah dresscode itu cuman akan menarik perhatian sebentar kok. Gak akan sampai dipandang aneh apalagi dibuat gagal interview-nya :))

      Untuk interview kerja, sebaiknya memang lakukan googling dulu sih untuk dapat bayangan dresscode dan culture calon perusahaan. Btw, ini ada artikel inspirasi busana untuk persiapan interview kerja yang semoga bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *