Lifestyle

10 Cara Mudah Menjadi Keren Buat Pria Dewasa!

Cara mudah menjadi keren untuk pria
(Last Updated On: )

Hai bro. Mungkin lo semua pernah dengan kata orang bahwa penampilan yang keren bisa meningkatkan kepercayaan diri? 

Itu ada benarnya kok bro. Berdasarkan pengalaman gw pribadi, gw merasa lebih pede saat mau ketemu sama orang ketika melihat diri gw lebih rapi dan enak dipandang di cermin (catatan: bukan narsis ya!)

Istilah ‘keren’ sendiri sebenarnya gak ada patokan yang baku bro. 

Ada yang mengganggap kalau keren itu berpenampilan ala street punk dengan segudang aksesoris di tangan dan kepala. Ada juga yang mengganggap kalau keren itu pakai kemeja rapi, bersih, dan ada samar-samar wangi parfumnya.

Well, terlepas dari standar baku tentang penampilan keren, gw rasa lo juga setuju kalau keren = enak dilihat sama orang lain, kan?

Nah, kali ini gw akan bahas 10 pertanyaan yang paling sering diajukan kepada gw tentang cara mudah menjadi keren bagi pria!

1. Gimana Caranya Tahu Pakaian yang Cocok Biar Tampil Keren?

Cara Tampil Keren - Gunakan Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

Jawabannya: Pakai yang sesuai dengan bentuk tubuh lo bro!

Gw pernah merasa bingung memilih pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh. Tapi setelah belajar lebih banyak, gw tahu kalau ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti warna, potongan, dan bahannya. 

Contoh gampangnya, kalau lo pakai baju slim fit tapi bentuk badan lo agak berlemak di perut, tampilan lemak lo akan sedikit mengganggu bro. Lo bisa atasi ini dengan pakai outerwear biar tetap terlihat keren.

Lo bisa menemukan tips lebih detail dengan klik ini ya: 7 Bentuk Tubuh Pria. 

2. Kok Kadang Ada yang Melihat Gw dengan Tatapan Aneh Ya?

Kesalahan Berpakaian Pria

Asal lo bukan habis melakukan tindakan kejahatan, bisa jadi ada yang menyadari sesuatu yang gak enak dalam penampilan lo.

Gw pernah melihat banyak pria yang salah memilih atau memadukan pakaian. Misalnya, memakai celana pendek dengan kaus yang terlalu pendek. 

Semua orang bisa melakukan kesalahan seperti ini kok bro. Gw dulu sering pakai oversized shirt buat menutupi badan yang ‘belum kurus’, tapi akibatnya malah penampilan gw dianggap aneh sama teman gw 🙁

Coba baca lebih detil di sini supaya lo juga terhindar dari kesalahan-kesalahan tersebut ya: Kesalahan Berpakaian yang Jarang Disadari Pria. 

3. Harus Sediain Berapa Banyak Duit Buat Tampil Keren?

Bawa Uang Tunai Lebih Saat Pergi Berlibur

Eits, tenang bro. Jadi keren itu gak berarti harus keluarin duit banyak kok.

Memang benar kalau lo punya duit nganggur banyak, lo bisa alokasikan buat beli jam Rolex atau belo sepatu Nike Air Max original biar terkesan branded dan meningkatkan prestige.

Tapi, ada kok beberapa tips mudah supaya lo masih bisa stylish dengan uang terbatas. Jangan sampai lo ngutang ke pinjol hanya demi pengen terlihat keren ya.

Follow Instagram Mas Kulin

Yuk langsung aja cek detilnya di link ini bro: Cara Tampil Keren dengan Hemat!

4. Cukup Gak Sih dengan Baju dan Celana Bagus Buat Jadi Keren?

Manfaat Mengunakan Topi

Bagus atau gak itu relatif ya bro. 

Kalau lo merasa kurang puas hanya dengan baju dan celana, tentunya lo bisa menambah beberapa aksesori atau fashion item lain buat menunjang penampilan lo.

Dalam beberapa kesempatan, fashion item yang lo pakai bisa menjadi statement bahwa lo orang yang percaya diri, berkharisma, atau bersahabat bro.

Coba temukan beberapa fashion item yang cocok buat lo di artikel ini ya: 10 Fashion Item untuk Pria Keren!

5. Emangnya Wangi Pengaruh Buat Jadi Keren?

Merk Parfum Pria Paling Enak

Gw sering ketemu sama orang yang bilang kalau mereka ilfeel saat ketemu orang yang ‘baunya gak enak’ (Catatan: ini gak untuk menyinggung komunitas tertentu lho).

Bau yang gak enak ini, seperti bau keringat, bisa mengganggu konsentrasi lawan bicara lo bro karena dia jadi lebih fokus sama bau, bukan penampilan maupun apa yang sedang lo bicarakan.

Nah, salah satu trik untuk meningkatkan impresi keren lewat bau adalah memakai parfum.

Sayangnya, banyak pria yang salah memakai parfum sehingga aromanya justru gak bertahan lama. Gw pun pernah mengalami hal itu kok, tapi ternyata ada triknya lho biar wanginya bertahan. 

Langsung aja cek di artikel ini bro: Cara Memakai Parfum Agar Tahan Lama! 

6. Grooming Penting Gak Sih?

Pengertian Grooming Secara Sederhana

Penting lah Sob! Pakaian yang pas memang bisa membantu lo terlihat keren, tapi tingkat kekerenan lo bakal naik berkali-kali lipat kalau tubuh lo terawat dengan baik.

Tapi oh tapi, sama dengan berpakaian, ada aja kesalahan yang mungkin pernah atau sering lo lakukan secara gak sadar sehingga efeknya berbalik. Bukannya bikin keren, malah bikin impresi orang lain ke lo jadi turun 🙁

Salah satu contohnya adalah bulu. 

Dulu ada teman gw yang bulu telinganya dibiarkan tumbuh panjang gak terkendali, dan itu bikin beberapa orang lain terlihat sedikit terganggu sih.

Yuk buruan cek dulu beberapa kesalahan grooming ini supaya hati tetap tenang: Kesalahan Umum Grooming Para Pria!

7. Perlu Pakai Pomade Gak Sih Biar Jadi Keren?

Gaya Rambut Pendek Quiff
Sumber: Pomade.co.id

Hmm, jawabannya sedikit tricky bro. Jawabannya bisa iya dan bisa gak.

Kalau pomade yang lo punya gak cocok buat rambut dan aktivitas lo, pomade justru bisa bikin penampilan lo terlihat kacau. 

Pomade yang gak pas juga akan bikin aura keren lo kurang maksimal bro. Misalnya, lo lebih baik memakai pomade wax-based yang mengkilap kalau pergi kondangan sore-malam biar rambut lo yang bagus jadi statement.

Jangan keburu puyeng dulu ya bro. Buat yang memang pengen pakai pomade, coba belajar sebentar cara memilih pomade yang pas di artikel ini ya: Cara Memilih Pomade untuk Pria!

8. Wajah Gw Kusam Nih. Bisa Tetap Jadi Keren Gak?

Rajin Cuci Muka

Bisa aja sih bro, gak harus sampai oplas kok.

Baik pria maupun wanita sebenarnya sama-sama perlu merawat wajahnya dengan baik. Ingat bahwa saat berbicara, mayoritas orang akan fokus pada wajah lo Sob.

Dulu, gw wajah gw juga sering berminyak dan banyak jerawat. Setelah gw paham kalau tipe kulit gw memang tipe wajah berminyak, gw jadi lebih ngerti rutinitas perawatan wajah apa yang harus gw lakukan.

Hasilnya, wajah gw gak kusam berminyak dan jerawatnya jarang keluar kayak dulu lagi bro.

Coba pelajari sebentar yuk untuk teknik merawat wajah yang pas di artikel ini: Cara Mudah Merawat Wajah untuk Pria.

9. Apakah Penampilan Fisik Aja Cukup Buat Jadi Keren?

Toxic Masculinity

Gak juga sih bro. Sikap dan mentalitas lo bisa berpengaruh.

Kalau soal menjaga sikap baik dan tata krama, kayaknya lo sudah paham ya. Tapi, pernah dengan soal toxic masculinity gak?

Secara simpel, ini kurang lebih sikap dan cara pandang yang mendewakan – tapi merugikan untuk banyak orang – tentang bagaimana pria seharusnya berpikir dan berperilaku.

Buat yang suka nonton TV series, mungkin lo pernah nonton 13 Reasons Why? Salah satu karakter antagonisnya, Bryce Walker, bisa dibilang sebagai contoh penggambaran pria dengan kadar toxic masculinity yang tinggi.

Hati-hati karena bisa jadi lo punya sifat toxic ini secara gak sadar dalam perilaku sehari-hari. Ini bisa membuat orang di sekitar lo ‘menjauh’ atau gak mau mengenal lo lebih dalam, terlepas dari sekeren apa penampilan fisik lo di mata mereka?

Coba baca lebih detil tentang pengertian dan cara menghindarinya di artikel ini ya: Toxic Masculinity Pada Pria.

10. Jadi Beneran Gak Perlu Pakai Barang Branded Biar Jadi Keren?

Tabungan dan Investasi

Yah seperti yang udah gw bilang sebelumnya, sesuaikan dengan kondisi keuangan lo aja Sob.

Kalau memang lo merasa tetap perlu penunjang barang bermerk mahal, termasuk pakai gadget flagship kekinian, silakan aja selama lo punya duitnya.

Atau kalau gak punya, cobain deh buat mulai nabung atau berinvestasi mencapai tujuan tersebut.

Buat yang mau nyoba berinvestasi, gak perlu takut memulai bro. Ada beberapa panduan mudah supaya lo gak salah melangkah ya.

Investasi juga berguna kok buat lo memenuhi tujuan lain selain membeli barang bermerk, seperti menyiapkan dana di masa depan buat beli PS5 atau ngumpulin DP apartemen incaran lo.

Segera cek aja artikel gw di sini ya: Panduan Investasi Buat Pemula.

Nah itulah ulasan mengenai berbagai pertanyaan yang sering masuk ke gw tentang cara mudah menjadi keren buat para pria.

Setelah membaca artikel ini, semoga lo sudah memperoleh gambaran untuk menjadi lebih keren dan percaya diri.

Nah, gw juga berharap lo sudah memahami bahwa memperhatikan grooming dan penampilan bukanlah hal yang memalukan. Justru, itu adalah hal yang baik untuk memperlihatkan rasa sayang pada diri sendiri dan membuat diri lo terlihat lebih menarik dan percaya diri.

Terakhir, gw pengen menekankan bahwa yang terpenting adalah memperlakukan orang lain dengan baik dan menghormati mereka. 

Jangan biarkan diri lo terjebak dalam toxic masculinity dan jadilah pria yang memiliki sikap dan perilaku yang baik dan bijaksana. Kerennya lo jangan hanya dari luar, tapi juga dari dalam ya 🙂

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar cara menjadi keren, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Selamat mempraktekkan berbagai tips yang udah dibagikan ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *