Lifestyle

8 Cara Menyetir Mobil yang Nyaman Sekaligus Aman

Cara Menyetir Mobil yang Nyaman

Bro, apakah lo baru punya mobil atau mungkin masih belajar menyetir mobil?

Aktivitas mengemudi mobil di jalan tentunya berbeda total dengan saat lo main mobil di tempat permainan semacam Game Master donk. Keahlian mengemudi lo tidak bisa menjadi patokan utama bahwa perjalanan pasti lancar dan enak.

Selain itu, tentunya lo perlu juga memperhatikan keamanan saat berkendara. Salah sedikit, nyawa bisa menjadi taruhan bro. Jadi jangan sampai menyetir ugal-ugalan juga ya.

Beberapa waktu yang lalu, gw sedang menggunakan jasa taksi online.

Ada satu hal yang cukup mengganggu gw, yaitu aroma di mobilnya yang penuh bau seperti bau muntah. Gw kurang paham apakah itu disebabkan oleh pewangi mobilnya yang sudah kadaluwarsa, atau memang ada yang sempat muntah di mobilnya.

Yah pastinya gak nyaman banget kalau aroma di mobil lo tidak sesuai dengan yang lo suka.

Oleh karena itu, gw jadi terinspirasi untuk membahas cara menyetir mobil yang nyaman bagi diri sendiri maupun penumpang lain di tulisan kali ini.

Cara Menyetir Mobil yang Nyaman

Persiapan dan Cara Menyetir Mobil yang Nyaman Sekaligus Aman

Seperti yang disinggung sebelumnya, keahlian mengemudi yang jago sampai lo ke mana-mana bisa memegang setir dengan satu tangan bukanlah faktor utama dalam kenyamanan berkendara.

Cobalah lakukan beberapa hal di bawah ini supaya perjalanan menjadi nyaman bagi pengemudi maupun penumpang.

1. Persiapan Diri yang Pas

Tentunya sebelum lo memulai perjalanan, ada beberapa persiapan diri yang bisa lo lakukan agar menyetir mobil menjadi nyaman sentosa:

  • Pastikan lo sudah istirahat yang cukup sebelumnya. Kalau lo harus menyetir dalam keadaan mengantuk atau terlalu lelah, sebaiknya bawa teman untuk jadi penumpang yang bisa membantu membuat lo tetap sadar
  • Siapkan botol air minum di tempat yang mudah dijangkau. Kalau perjalanan cukup panjang, tentunya lo butuh minum donk
  • Taruh uang receh di dekat saku pintu atau area persneling untuk ongkos parkir, pengamen jalanan, dan pengeluaran kecil lainnya agar lo tidak perlu repot mengeluarkan dompet
  • Pastikan SIM dan STNK sudah lo bawa untuk berjaga-jaga
  • Terakhir, pastikan lo mengecek dulu rute perjalanan di aplikasi peta sebelum berangkat kalau lo gak yakin arah perjalanannya atau bersiap-siap untuk mencari rute alternatif

2. Siapkan Playlist Lagu

Tahukah lo bahwa lagu dapat mempengaruhi mood saat menyetir kendaraan?

Lagu terbaik untuk disetel selama perjalanan adalah lagu yang lo memang suka genre-nya.

Hanya saja, gw kurang menganjurkan untuk menyetel musik dengan beat rendah (slow music) kalau kondisi lo sedang agak lelah agar tidak sampai mengantuk.

Sebaliknya, musik dengan beat kencang seperti EDM atau metal mungkin kurang pas diputar kalau lo menjadi supir dalam perjalanan panjang yang membawa penumpang. Jadi biar mereka bisa istirahat sepanjang perjalanan.

Kalau sudah puyeng sama pemilihan lagu, setel saja channel radio favorit lo.

 

Cek juga: Model Kaos Pria Jaman Sekarang yang Wajib Lo Ketahui!

3. Gunakan Pengharum Mobil

Pengharum mobil sangat mempengaruhi kenyamanan berkendara di dalam mobil. Hal ini sempat gw singgung di bagian awal artikel ini, karena berpengaruh juga terhadap penumpang..

Pastikan pengharum mobil yang lo gunakan segera diganti kalau memang sudah habis.

Jika lo gak ganti dan lo kebetulan suka merokok atau minum alkohol di mobil, baunya akan sulit hilang dan bisa jadi mengganggu orang yang ikut menumpang mobil lo.

Sebagai tambahan, kopi biasanya merupakan aroma paling netral untuk mengusir aroma-aroma kurang sedap di dalam mobil

4. Jaga Kebersihan Mobil

Kebersihan juga menjadi faktor penting saat lo akan berkendara bro, baik dari segi eksterior maupun interior mobil.

Kalau tiap hari lo sering melihat mobil lo debuan dan banyak bercak tanah, bawaannya lo akan semakin malas membersihkan mobil (dan bisa jadi berimbas ke kondisi mesin mobil yang dibiarkan kotor).

Selain itu, interior mobil yang jarang dibersihkan dapat mengundang aroma tidak sedap (bau apek) dan serangga seperti kecoak!!

Sekalipun lo gak masalah dengan hal-hal tersebut, orang yang mungkin akan ikut menumpang mobil lo bisa merasa risih.

Follow Instagram Mas Kulin

Cek juga: Urutan Penggunaan Produk Perawatan Wajah Sesuai Jenis Kulit Lo!

5. Penggunaan Ponsel

Nah, di jaman sekarang, smartphone tentunya merupakan hal yang hampir tidak terpisahkan dengan kegiatan sehari-hari, termasuk saat berkendara.

Kalau lo menggunakan ponsel untuk menunjukkan peta, gunakan mode suara dan taruh ponsel di dashboard (tidak menghalangi meteran) atau pasang stand holder.

Harga stand holder murah kok, jadi lo bisa investasi sedikit kalau memang tipe perjalanan lo bakal sering membutuhkan smartphone untuk membuka aplikasi peta.

Oh ya satu lagi, terimalah telepon masuk dengan mode loudspeaker. Memegang smartphone sambil menyetir sangat kurang disarankan karena lumayan mengurangi daya konsentrasi, bro.

6. Perhatikan Posisi Duduk

Pastikan posisi duduk lo nyaman. Kalau lo lebih suka sandaran tegak, maka buatlah menjadi tegak. Begitu pula kalau lo lebih nyaman dengan kondisi sedikit bersandar.

Jika perlu, lo bisa juga beli bantalan di daerah leher untuk menjaga posisi tubuh. Bantalan tersebut membuat senderan menjadi lebih nyaman, plus bisa menjadi dekorasi interior.

Ini sebenarnya sudah pasti harus dilakukan, tapi pastikan lo maupun penumpang yang duduk di kursi depan menggunakan sabuk pengaman. Jangan ragu untuk mengingatkannya kalau sampai beberapa detik mobil mulai berjalan, dia masih belum memasang sabuknya.

Sekedar mengingatkan, berkendara yang nyaman tentunya harus aman juga bro.

7. Penghalang Matahari

Dalam kondisi yang terik, atau lo menyetir ke arah matahari, pastikan untuk menurunkan penghalang matahari yang terletak di atas lo.

Kalau lo paksa untuk tetap menyetir biasa, takutnya sesekali mata lo terkena ‘silau’ dari terik cahaya matahari dan bisa mengganggu aktivitas menyetir.

Kalau gak mau repot sambil agak bergaya, gunakan kacamata hitam alias sunglasses.

 

Cek juga: Cara Memilih Frame Kacamata Pria yang Pas Buat Muka Lo!

8. Mobil yang Tepat

Jenis mobil yang lo gunakan juga sangat mempengaruhi kenyamanan saat mengemudi.

Sebagai contoh, sebagian orang mungkin lebih nyaman dengan mobil manual karena merasa ‘lebih ada art menyetirnya’. Ini bakal kerasa banget kalau menyetir di jalan yang gak rata dan kepadatan lalu lintasnya tidak jelas.

Gonta ganti gigi memang lumayan seru buat sebagian orang, tapi sebagian yang lain mungkin lebih suka tancap gas dan rem saja biar gak ribet. Buat mereka, mobil matic adalah pilihan yang tepat.

Selain itu, merk mobil tertentu sudah memiliki ciri khas pada desain interior mobilnya. Akibatnya, bisa jadi lo akan lebih cocok mengendarai mobil dengan merk tertentu.

Misalnya, kalau lo lebih suka mobil yang punya tampilan dashboard digital, lo mungkin bakal cocok dengan model Toyota Sienta.

Kalau lo penasaran dengan Toyota Sienta terbaru yang beredar khusus di Surabaya, lo bisa baca keterangannya lebih lanjut di bawah ya.

Toyota Sienta, Mobil Keluarga Terbaru yang Aman dan Nyaman

Bagi lo yang tinggal di Surabaya, memiliki mobil bisa jadi pilihan wajib sebab pusat ekonomi di Jawa Timur tersebut memiliki suhu udara yang bisa dibilang cukup membuat kulit terbakar (jangan lupakan pakai sunblock sebelum bepergian).

Salah satu mobil yang bisa dijadikan pilihan adalah All New Sienta. Harga Sienta Surabaya ini bisa dibilang cocok untuk menjadi mobil keluarga maupun mobil untuk beraktivitas harian.

Harga Sienta Surabaya bisa jadi akan menjadi harga yang termahal di daerah Jawa Timur, karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Surabaya merupakan pusat ekonomi sekaligus ibukota Provinsi Jawa Timur. Tentunya hal ini diseimbangkan dengan rata-rata pendapatan penduduk yang lebih tinggi dibandingkan daerah lain.

Lo mungkin bisa mengesampingkan harga toyota Sienta Surabaya saat sudah mengetahui hal-hal baru yang ada di mobil keluarga dari Toyota ini. Pasalnya, mobil ini sebenarnya adalah versi upgrade dari Sienta lama yang sudah terkenal cukup nyaman.

Lalu apa saja yang berubah dari mobil ini? Apakah hanya harganya atau ada hal yang menarik lainnya? Yuk simak pembahasannya di bawah.

1. Muat 7 Orang

Dari versi yang lama hingga terbaru, yaitu All New Sienta, mobil ini memang memiliki bentuk yang besar.

Bukan tanpa alasan, besarnya ukuran ini ditujukan agar mobil ini dapat memuat lebih banyak penumpang. Kapasitas standar mobil ini adalah 7 orang penumpang.

Hal ini tentulah sebanding dengan harga Sienta Surabaya mengingat kapasitas penumpangnya.

2. Serba Digital

Harga Sienta Surabaya bisa jadi bukan faktor yang menjadi pertimbangan utama, karena versi terbaru dari Sienta ini ternyata juga telah mendapatkan pembaharuan dari sistem antar muka di bagian dashboard.

Ini adalah hal yang sangat menarik, karena Toyota sangat update alias mencoba untuk menjadi kekinian.

Dulu mungkin pengatur suhu pendingin udara menggunakan cara konvensional, seperti digeser atau diputar. Namun di All New Sienta ini, pendingin udara alias AC dapat diatur secara digital.

Tak habis disitu saja, mobil ini juga telah dilengkapi dengan smart start button yang sangat memudahkan pengemudi untuk menyalakan dan mematikan mesin. Lumayan praktis kan?

Untuk memudahkan parkir, harga Sienta Surabaya ini juga ternyata sudah termasuk fitur kamera belakang yang sangat berguna ketika lo mau parkir. Fitur ini tampaknya sudah menjadi kewajiban, karena sangat bermanfaat agar bagian belakang mobil tidak mengalami benturan serta melihat kondisi belakang ketika sedang parkir.

Sistem audio dari All New Sienta juga sangat up-to-date.

Bayangkan jika harga Sienta Surabaya mahal tetapi tidak memiliki fitur yang satu ini, dimana sistem audionya sudah diubah menjadi sebuah sistem layar sentuh yang memiliki ukuran layar seluas 7 inci.

Dengan semua fitur canggih di atas, wajar sih harga Toyota Sienta Surabaya menjadi cukup layak jika dihargai sedikit lebih mahal.

3. Harga Toyota Sienta Surabaya

Kalau lo sudah mulai tertarik, lo bisa mengunjungi Auto2000 terdekat di daerah lo.

Belum diketahui secara pasti berapa harga Toyota Sienta Surabaya, tetapi kita bisa mematoknya dari harga resmi yang sudah keluar di wilayah Jakarta.

Jika dibandingkan, Jakarta dan Surabaya tentu bukan daerah yang berbeda jauh. Keduanya juga menjadi pusat bisnis, sehingga kedua harga Sienta Surabaya dan Jakarta kemungkinan besar tidak jauh berbeda.

Perlu lo ketahui jika All New Sienta hadir dan terbagi menjadi 15 tipe dengan kisaran harga On The Road (OTR) mulai dari Rp. 237 juta hingga Rp. 302 juta. Sesuai dengan informasi di situs auto2000.co.id, berikut ini tipe-tipe mobilnya:

  • ALL NEW SIENTA 1.5 E M/T (BLACK TRIM) Rp 237 jt
  • ALL NEW SIENTA 1.5 G M/T Rp 249 jt
  • ALL NEW SIENTA 1.5 G M/T (BLACK TRIM) Rp 249 jt
  • ALL NEW SIENTA 1.5 E CVT (BLACK TRIM) Rp 255 jt
  • ALL NEW SIENTA 1.5 V M/T Rp 264 jt
  • ALL NEW SIENTA 1.5 V M/T (BLACK TRIM) Rp 264 jt
  • ALL NEW SIENTA 1.5 V M/T (FROMAGE TRIM) Rp 264 jt
  • ALL NEW SIENTA 1.5 G CVT Rp 267 jt
  • ALL NEW SIENTA 1.5 G CVT (BLACK TRIM) Rp 267 jt
  • ALL NEW SIENTA 1.5 V CVT (BLACK TRIM) Rp 282 jt
  • ALL NEW SIENTA 1.5 V CVT (FROMAGE TRIM) Rp 282 jt
  • ALL NEW SIENTA 1.5 V CVT Rp 282 jt
  • ALL NEW SIENTA 1.5 Q CVT (BLACK TRIM) Rp 302 jt
  • ALL NEW SIENTA 1.5 Q CVT (FROMAGE TRIM) Rp 302 jt
  • ALL NEW SIENTA 1.5 Q CVT Rp 302 jt

Semua tipe di atas dapat dibeli dengan cara diangsur. Periode angsuran maksimalnya adalah 60 bulan. Jika lo ingin mengetahui simulasi cicilan dari tiap tipe All New Sienta, maka langsung saja akses di auto2000.co.id , atau lo juga bisa mengunjungi dealer resmi Toyota Auto2000 terdekat.

 

Cek juga: Urutan Penggunaan Produk Perawatan Wajah Sesuai Jenis Kulit Lo!

Nah itulah berbagai cara menyetir mobil yang nyaman untuk lo terapkan sehari-hari, baik saat ada penumpang lain maupun tidak.

Jadilah supir yang baik bagi orang lain maupun diri sendiri serta patuhi aturan lalu lintas bro selama mengemudi. Keselamatan merupakan hal utama dalam berkendara, jadi pastikan agar lo selalu waspada saat menyetir ya.

Buat lo yang sedang memikirkan untuk membeli mobil, cobalah mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum benar-benar membelinya agar tidak menyesal di kemudian hari.

Jika lo punya pertanyaan atau tips lain seputar cara mengemudi mobil yang nyaman, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Salam Semangat,

Mas Kulin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *