Grooming

7 Cara Menumbuhkan Brewok dengan Mudah dan Cepat!

Panduan Menumbuhkan Brewok Secara Cepat

Nah sesuai janji di artikel sebelumnya, kali ini Mas Kulin akan kembali membahas soal grooming. Bicara grooming, apakah lo masih ingat area perawatan tubuh pria yang paling mendasar? Salah satu area tersebut adalah rambut di wajah, di mana brewok atau jenggot menjadi yang paling populer dibicarakan di kalangan para kaum Adam.

Pertumbuhan rambut dan brewok sangat dipengaruhi oleh dua jenis hormon, yatu testosteron dan DHT (DiHydroTestosterone). DHT merupakan hormon seks yang berkontribusi terhadap pertumbuhan rambut, kesuburan, perkembangan otot, dan sebagainya. Setiap pria memiliki kedua jenis hormon ini, di mana semakin banyak dimiliki maka semakin banyak pula rambut dan brewok yang akan lo miliki.

Keberadaan brewok di tubuh lo secara normalnya dipengaruhi oleh gen. Buat lo yang sedang mencari cara menumbuhkan brewok dengan mudah sekalipun tidak punya gen brewok, jangan khawatir. Itu tetap bisa dilakukan kok. Kali ini Mas Kulin akan mengupas tuntas berbagai tips menumbuhkan brewok yang mujarab buat lo.

 

Keuntungan Memiliki Brewok

Keuntungan Memiliki Brewok - Makin Mesra dengan Pasangan

Sebelum masuk ke cara menumbuhkan brewok, mungkin di antara kalian ada yang berpikir apa saja keuntungan memiliki brewok bagi pria. Ketika punya brewok, lo otomatis harus siap dengan konsekuensi menjaga dan memelihara brewok lo agar rapi dan sehat setiap hari. Jika tidak, maka konsekuensinya adalah brewok tersebut justru membuat impresi terhadap penampilan lo menjadi negatif, bukannya positif.

Untuk memperkuat komitmen lo menumbuhkan dan memelihara brewok, Mas Kulin akan bagikan beberapa keuntungan yang dimiliki oleh para pria brewokan:

 

1. Tampak Lebih Maskulin

Brewok dipercaya sebagai salah satu lambang maskulinitas oleh masyarakat umum. Oleh karena itulah banyak merk produk atau jasa yang terkait gaya hidup pria menggunakan lambang atau siluet brewok dalam logo mereka. Bagi lo yang merasa agak feminim ataupun ingin semakin terlihat macho, brewok merupakan salah satu alternatif terbaik untuk meningkatkan nilai maskulinitas lo.

 

2. Membuat Nyaman Pasangan

Sebagian wanita menyukai pria yang memiliki brewok. Alasannya karena dapat dielus-elus, tampak lebih macho, dan memberi sensasi berbeda dalam ciuman maupun hubungan seks. Memang tidak semua wanita suka dengan pria berjenggot, jadi bagi lo yang sudah punya pasangan coba konsultasikan dulu dengan pasangan lo ya. Gak lucu kan kalau pasangan lo ternyata alergi sama bulu jenggot lo dan minta putus 🙁

 

3. Terlihat Lebih Dewasa

Keberadaan brewok dapat membuat seorang pria tampak lebih tua dan dewasa dari penampilannya. Bagi lo yang memiliki tipe muka baby face dan ingin terlihat lebih dewasa, brewok merupakan salah satu solusi yang paling mujarab. Buat lo yang bekerja di lingkungan korporat dan ingin berada di puncak karir, tampil lebih dewasa dengan brewok merupakan keuntungan yang dapat membantu lo di sana.

 

Cara Menumbuhkan Brewok Secara Alami

Sama seperti cara meluruskan rambut untuk pria, ada dua cara umum yang dapat digunakan untuk menumbuhkan brewok dengan cepat. Cara pertama adalah yang alami, sehingga kemungkinan reaksi alergi dapat diminimalisir. Berikut ini beberapa bahan yang dapat lo gunakan untuk menumbuhkan brewok secara alami:

 

1. Minyak Kemiri

Cara Menumbuhkan Brewok dengan Minyak Kemiri
via taawunherbal.com

Bagi para penggemar brewok tentu sudah tidak asing lagi dengan minyak kemiri. Minyak ini dipercaya sebagai bahan alami paling berkhasiat dibandingkan bahan-bahan organik lain untuk menumbuhkan brewok. Lo bisa dapatkan minyak kemiri dengan mudah dari penjual obat tradisional atau beli secara online.

Cara menggunakan minyak kemiri untuk menumbuhkan brewok dengan mudah adalah sebagai berikut:

  • Cuci muka lo hingga bersih dengan air dingin atau hangat
  • Oleskan minyak kemiri secukupnya di daerah leher, dagu, dan pipi
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  • Basuh dan cuci muka lagi hingga bersih
  • Lakukan hal ini sebanyak 2 kali seminggu. Hasilnya akan terlihat dalam 2 hingga 4 minggu

 

2. Mentega

Cara menumbuhkan jenggot dengan mentega
via hipwee.com

Tahukah lo bahwa jaman dulu mentega dipercaya dapat menyuburkan rambut? Meskipun sekarang mentega jarang digunakan sebagai bahan alami penyubur rambut, mentega masih dipercaya berkhasiat untuk menumbuhkan brewok. Hal ini dikarenakan mentega mengandung banyak protein yang berguna untuk pertumbuhan rambut.

Satu hal penting yang harus lo ingat adalah mentega berbeda dengan margarin. Mentega merupakan olahan dari susu sapi (lemak hewani), sedangkan margarin merupakan lemak nabati. Cek baik-baik keterangan yang ada di kemasan, apakah itu mentega atau margarin.

Langkah menggunakan mentega untuk menumbuhkan brewok adalah sebagai berikut:

  • Cuci wajah lo hingga bersih dengan air dingin atau hangat
  • Oleskan mentega ke daerah pipi, leher, dan dagu (atau daerah yang lo inginkan) secara tipis saja
  • Diamkan selama 30 menit lalu basuh kembali dengan air bersih
  • Lakukan ini sebelum tidur agar hasilnya lebih maksimal
  • Lo bisa lakukan secara rutin setiap hari hingga hasilnya terlihat jelas

 

3. Telur Udang

Cara menumbuhkan brewok dengan cepat menggunakan telur udang
via inovasee.com

Jika kedua bahan alami konvensional sebelumnya tidak cocok dengan kulit lo, maka lo bisa beralih ke bahan yang sedikit tidak konvensional. Bahan alami pertama tersebut adalah telur udang, terutama yang masih mengandung lendir dari induk udangnya. Lo bisa dapatkan bahan ini di pasar tradisional.

Cara menggunakan telur udang untuk menumbuhkan brewok adalah sebagai berikut:

  • Seperti biasa, cuci muka lo hingga bersih dengan air dingin atau hangat
  • Ambil segenggam telur udang, lalu oleskan lendir telurnya ke daerah yang lo inginkan (leher, pipi, dagu)
  • Diamkan selama setengah jam sebelum dicuci bersih
  • Lakukan ini secara rutin setiap hari selama 1 hingga 2 minggu

 

4. Tarantula

Spiderman beraksi
Iya bro ini bukan tarantula. Tapi karena gambar aslinya bisa membuat sebagian pembaca merasa gak enak, jadi pakai yang ‘sebangsa’ saja ya :p (via coolshop.dk)

Nah bahan yang satu ini mungkin terdengar lebih ekstrem ya, tapi konon paling berkhasiat. Tapi, tenang dulu bro. Jangan bayangkan lo membiarkan kepala lo dilewati tarantula berjalan. Yang digunakan adalah minyak ekstra tarantula, namun mendapatkannya memang susah-susah gampang.

Lo perlu cek pedagang emperan di daerah penjual obat-obatan tradisional. Biasanya pedagang-pedagang brewokan menjualnya. Atau, lo juga bisa membuatnya sendiri dengan tarantula yang masih fresh. Bakar tarantula dan ambil minyak yang muncul saat proses pembakaran. Proses ini agak ribet sih, jadi kalau mau lebih praktis coba cari yang sudah jadi saja.

Cara menggunakan minyak tarantula untuk menumbuhkan brewok adalah sebagai berikut:

  • Sekali lagi, cuci muka lo sampai bersih dengan air dingin atau hangat
  • Oleskan minyak tarantula ke daerah yang lo inginkan untuk tumbuh brewok
  • Diamkan selama 30 menit lalu basuh hingga bersih
  • Lakukan sehari sekali dan lihat hasilnya dalam waktu 1 minggu

 

Cara Menumbuhkan Brewok dengan Obat Pabrikan

Cara yang berikutnya adalah menggunakan obat-obatan atau minyak yang diproduksi secara pabrikan/sintetik (meskipun ada yang masih mengandung bahan organik). Keuntungan penggunaan obat untuk menumbuhkan brewok adalah cenderung lebih cepat dibandingkan yang alami, namun tentu harganya lebih mahal dan potensi alergi yang lebih tinggi.

Untuk cara pakai, pastikan lo memeriksa instruksi yang ada di setiap produk dan jangan lupa cuci muka yang bersih sebelum menggunakan produk penumbuh brewok.

 

1. Minyak Penumbuh Brewok Komersil

Cara menumbuhkan brewok dengan krim Wak Doyok
via lazada.co.id

Cara paling mudah namun perlu keluar sedikit biaya ekstra adalah menggunakan minyak komersil yang sudah terkenal. Untuk minyak penumbuh brewok komersil, merk yang paling terkenal antara lain penumbuh brewok Wak Doyok dan Zam Zam. Keduanya kebetulan berasal dari Negeri Jiran alias Malaysia. Jika ada waktu, Mas Kulin akan coba buat ulasan mendalam untuk produk tersebut.

 

2. Minyak Minoxidil

Cara menumbuhkan jambang dengan cepat menggunakan minyak minoxidil
via mrbundle.co.uk

Selain minyak komersil di atas, jenis obat lain yang banyak digandrungi kaum Adam untuk urusan penumbuh brewok adalah minyak minoxidil (kadang disebut juga Rogaine). Minyak ini juga sudah cukup diakui keampuhannya di dunia. Namun ada efek sampingnya. Saat lo berhenti minum, brewok yang tumbuh akibat minum ini akan mudah rontok. Jadi lo perlu menggunakan minyak ini secara rutin.

Sebagai tambahan informasi, minoxidil ada yang sifatnya untuk dioles (biasanya disebut minyak minoxidil) dan ada yang sifatnya dikonsumsi / diminum (biasanya hanya minoxidil). Pastikan saat lo membeli minoxidil, perhatikan cara konsumsinya ya. Penggunaan minoxidil kadang dibarengi dengan biotin untuk mempercepat proses pertumbuhan brewok.

Satu informasi tambahan lagi, minoxidil yang sifatnya dikonsumsi juga dapat digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut.

 

3. Minyak Firdaus

Cara membuat brewok tumbuh lebat dengan minyak firdaus
via yossitrixie.blogspot.com

Satu lagi jenis obat yang terkenal untuk menumbuhkan brewok adalah minyak Firdaus. Minyak ini memiliki cukup banyak kandungan kimia seperti Allantoin, Resorcinol, dan sebagainya. Minyak ini memiliki cara pemakaian dan hasil yang mirip dengan menggunakan bahan alami. Namun karena memiliki banyak kandungan kimia, segera hentikan pemakaiannya kalau timbul alergi.

(Catatan: Jika terjadi gatal sebentar, itu masih merupakan reaksi yang wajar saat menggunakan produk penumbuh brewok. Apabila timbul ruam, gatal tak berhenti, atau kulit terasa panas terus-menerus, maka itulah gejala kulit lo memberikan reaksi alergi)

 

Tips Aktivitas yang Dilakukan Selama Proses Pertumbuhan Brewok

Baik alami maupun obat pabrikan, ada beberapa hal yang perlu lo lakukan atau tidak lakukan agar pertumbuhan brewok lo terjaga. Kunci utamanya adalah merangsang produksi hormon testosteron lebih tinggi dari biasanya, jadi pertumbuhan brewok lo bisa lebih cepat. Simak beberapa aktivitas yang lo bisa lakukan di bawah ini.

 

1. Konsumsi Makanan yang Tepat

Tips menumbuhkan jenggot - Konsumsi Makanan yang Tepat

Gak hanya dari luar, lo juga bisa merangsang pertumbuhan brewok dari dalam tubuh dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Perbanyak konsumsi telur, ikan salmon, bayam, dan tiram. Makanan-makanan tersebut mengandung banyak gizi seperti protein, kalsium, dan zinc yang berguna untuk pertumbuhan rambut dan brewok.

 

2. Tidur yang Banyak

Tips menumbuhkan brewok dengan cepat - tidur yang cukup

Lho, kok tidur? Lo gak salah baca bro. Tubuh memproduksi hormon testosteron lebih banyak ketika lo tidur. Semakin lama lo tidur, semakin banyak pula hormon testosteron yang akan diproduksi tubuh lo. Jika lo sulit menambah jam tidur, maka setidaknya jaga agar lo tidak kekurangan tidur (minimal 7 jam sehari untuk pria dewasa). Tidur yang cukup juga berguna untuk membuat tubuh tetap fresh.

 

3. Olahraga

Cara menumbuhkan brewok dengan cepat - Olahraga yang cukup

Olahraga juga dapat meningkatkan produksi hormon testosteron. Jenis olahraga yang paling banyak meningkatkan hormon ini adalah resistance training, seperti angkat beban atau berenang. Kalau di rumah, lo bisa gunakan dumbell atau alat-alat berat lainnya. Kalau gak ada, olahraga biasa juga sudah lumayan kok. Pastikan agar lo minum air yang cukup bro, jangan sampai dehidrasi karena memaksakan olahraga.

 

4. Jangan Terlalu Cepat Dicukur

Tips saat menumbuhkan jenggot - Jangan Cukuran Terlalu Cepat

Ada kepercayaan di masyarakat kita bahwa kumis dan brewok yang dicukur justru akan tumbuh makin lebat. Kepercayaan tersebut belum ada bukti secara ilmiah bro. Sebaiknya, tunggulah sampai jenggot lo tumbuh secara sempurna untuk lo bentuk (Umumnya sebulan). Kalau lo cukur terlalu dini, nanti tumbuhnya jadi tidak teratur dan lo jadi harus lebih sering menggunakan bahan penumbuh brewok di atas.

 

5. Hindari Stres

Tips menumbuhkan jenggot yang benar - Hindari Stres

Stres sering terabaikan tapi sebenarnya memiliki pengaruh yang sangat tinggi bagi penampilan bro. Untuk rambut dan brewok, tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan kerontokan dan menekan produksi testosteron. Jaga diri lo agar terhindar dari stres demi pertumbuhan brewok yang maksimal.

 

Nah itulah panduan menumbuhkan brewok secara cepat dan mudah dilakukan bagi para pria. Perhatikan baik-baik aktivitas yang perlu lo lakukan selama pengaplikasian penumbuh brewok agar hasilnya maksimal ya.

Oh ya, brewok juga cocok bagi lo yang punya bentuk wajah panjang seperti Oblong atau Berlian. Padukan dengan model rambut yang tepat, maka penampilan lo akan kece maksimal! Bagi yang punya saran lain untuk menumbuhkan brewok, silahkan bagikan di kolom komentar ya.

Cek juga tulisan lain seputar Casual Men’s Lifestyle di blog ini. Pastinya, maskulin banget bro!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *