Health

10 Cara Menjaga Kesehatan Rambut Pria yang Mudah dan Ampuh

Cara Menjaga Kesehatan Rambut Pria

Hai bro, apakah lo pernah terpikir bahwa topik seputar rambut itu gak cuman sekedar pomade dan ketombe saja? Ternyata, cara menjaga kesehatan rambut pria juga topik yang penting untuk lo perhatikan lho.

Punya rambut yang sehat dan kuat adalah idaman hampir setiap orang. Hal ini karena rambut sangat berpengaruh terhadap penampilan, baik pria ataupun wanita.

Jadi buat lo yang masih berpikiran kalau perawatan rambut hanya khusus buat wanita, sebaiknya segera ganti mindset jadul seperti itu. Sebagai pria, penting juga buat punya rambut yang sehat, terawat, dan indah ketika dipandang.

Ada beberapa cara menjaga kesehatan rambut pria yang mudah dan terbukti ampuh. Cara tersebut dibagi ke dalam 2 jenis, yaitu menggunakan bahan alami dan tips perawatan sehari-hari yang mencakup hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Namun sebelum membahas itu semua, ada baiknya lo pahami dulu faktor apa saja yang bisa memicu rambut menjadi tidak sehat. Untuk lebih jelasnya, langsung saja ikuti pembahasannya di bawah ini.

 

Faktor Penyebab Rambut Tidak Sehat

Ada beberapa ciri utama rambut pria dengan kategori tidak sehat, contohnya seperti bercabang, kering, rontok, dan banyak ketombe. Disadari atau tidak, hal ini ternyata dipicu oleh beberapa faktor yang sebenarnya bisa dihindari dengan mudah.

Jika sampai mengalami problem
semacam itu, sudah pasti akan mengganggu kegiatan sehari-hari. Lebih buruknya lagi, lo jadi tidak pede pas ketemu orang padahal aktivitas yang lo lakukan menuntut untuk berinteraksi secara intens.

Maka dari itu, sangat penting untuk memahami faktor penyebab rambut tidak sehat. Lalu apa saja faktor tersebut? Inilah penjelasannya.

 

1. Terpapar Sinar Matahari

Buat lo yang sering beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya kasih perhatian lebih buat rambut. Perlu lo tahu, rambut yang terpapar sinar matahari secara langsung dengan intensitas tinggi bisa memicu munculnya masalah-masalah baru.

Pada dasarnya, rambut dengan kasus semacam ini akan kehilangan kelembapannya. Jika sampai tahap ekstrem, rambut akan kekurangan air sehingga nantinya menjadi kering, kusam, dan pecah-pecah.

Sebelum semua masalah ini terjadi, akan lebih baik kalau lo lakukan tindakan pencegahan. Ada beberapa cara efektif yang bisa diterapkan dan tidak membutuhkan effort berlebih.

Pertama adalah dengan menggunakan penutup kepala ketika berada di luar ruangan. Cara ini ampuh buat menghalangi kontak langsung antara rambut dengan sinar matahari serta terhindar dari polusi debu dari lingkungan sekitar.

Selain itu, lo juga bisa lebih intens memakai conditioner agar rambut terjaga kelembapannya. Tapi jangan lupa untuk memilih conditioner pria yang cocok sama karakteristik rambut lo agar bisa bekerja secara maksimal.

 

2. Produk Shampo Tidak Cocok

Faktor yang kedua ini sering tidak disadari oleh mayoritas pria. Umumnya mereka beranggapan bahwa semua produk shampo boleh digunakan tanpa perlu memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya.

Ketika memakai shampo yang tidak sesuai, efek buruknya adalah justru memperparah masalah yang sudah ada. Jadi, selalu pastikan untuk mencermati detail kandungan shampo yang lo pakai dan juga pahami manfaatnya.

Sebagai contoh kalo rambut lo termasuk kering dan kasar, pilihlah shampo yang kaya vitamin E dan argan oil. Kedua bahan ini bisa membuat rambut kembali lembut dan terlihat berkilau.

Atau bisa juga lo pilih shampo yang banyak mengandung bahan alami. Dengan begini, kelembapan rambut lo secara intensif terjaga dan juga mengatasi berbagai problem rambut tidak sehat.

Follow Instagram Mas Kulin

 

3. Kurang Nutrisi

Nutrisi dalam tubuh ternyata juga berpengaruh secara langsung terhadap kesehatan rambut. Contoh masalah paling umum yang muncul ketika tubuh malnutrisi adalah rambut kering, rapuh, lepek, dan bercabang.

Untuk rambut kering dan rapuh misalnya. Ini adalah indikasi bahwa tubuh lo kekurangan nutrisi penting seperti vitamin A dan Zinc.

Kemudian masalah rambut lepek dan bercabang juga bisa diartikan kalau tubuh tidak mendapat asupan vitamin B6 dan zat besi yang memadai. Dan untuk mengatasinya, selalu pastikan kalau makanan yang lo konsumsi sehari-hari memberikan nutrisi yang cukup.

Para ahli gizi menyarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin seperti buah-buahan dan sayur. Kemudian perlu juga buat menambahkan protein di tubuh, misalnya dengan mengkonsumsi telur dan ikan serta tambahan suplemen jika memang dibutuhkan.

 

Cek juga: Benarkah Pomade Menyebabkan Rambut Rusak?

 

Cara Alami Menjaga Kesehatan Rambut Pria

Setelah mengetahui berbagai penyebab rambut tidak sehat, sebaiknya lo pahami juga apa saja cara atau metode yang bisa diaplikasikan untuk menjaga kesehatan rambut pria.

Untuk cara yang paling aman dan minim resiko, lo bisa gunakan bahan-bahan alami. Lo juga ga perlu mengeluarkan banyak modal karena bahan ini gampang dicari dan harganya sangat terjangkau.

Biar ga semakin penasaran, langsung aja simak daftar bahan alami yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rambut berikut ini. Check it out!

 

1. Lidah Buaya

Lidah buaya untuk kesehatan rambut

Bahan alami yang satu ini seharusnya sudah tidak asing lagi. Sejak dulu, lidah buaya dikenal ampuh untuk membuat rambut lebih sehat dan indah serta sudah banyak diekstrak ke dalam produk shampo.

Lidah buaya paling sering digunakan mencegah rambut rapuh, kering, dan berketombe. Untuk cara penggunaanya, pastikan dulu kalau rambut lo sudah bersih. Akan lebih bagus lagi ketika digunakan sehabis lo keramas.

Kemudian, potong lidah buaya dan ambil cairan atau gel-nya ke dalam wadah. Langsung saja usapkan gel tersebut ke rambut lo secara merata dan biarkan meresap kurang lebih selama 30 menit.

Setelah mengering, tinggal bilas dengan air hangat. Cara ini bisa lo lakukan setidaknya 1 kali seminggu agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

 

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa untuk kesehatan rambut

Bahan alami selanjutnya yang juga mudah didapatkan adalah minyak kelapa. Minyak kelapa ternyata kaya akan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan rambut.

Nutrisi tersebut antara lain vitamin K dan E, lemak esensial, serta asam laurat. Semua bahan tersebut bisa membuat rambut lo terjaga kelembapannya serta semakin lembut.

Untuk mendapatkannya, lo bisa beli langsung di toko terdekat atau bisa juga dengan menjemur kelapa sampai keluar minyaknya. Kemudian, usapkan ke rambut secara merata sampai ke kulit kepala.

Tunggu sekitar 15 menit sampai kering. Langkah terakhir, lo tinggal bilas dengan shampo agar tidak meninggalkan bau.

Minyak kelapa juga dianggap mampu untuk merangsang pertumbuhan rambut. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya lo ulangi cara tersebut minimal 1 kali dalam seminggu.

 

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun untuk menjaga kesehatan rambut pria

Selain minyak kelapa, minyak zaitun juga tidak kalah ampuh ketika digunakan untuk menjaga kesehatan rambut serta melembutkannya. Hal ini karena minyak zaitun banyak mengandung vitamin E yang merupakan nutrisi tepat bagi rambut.

Cara pakainya juga gampang banget. Langsung saja ambil minyak zaitun secukupnya dan oleskan ke rambut secara merata sambil menambahkan sedikit pijatan.

Biarkan semua nutrisi yang terkandung di minyak zaitun ini meresap sampai ke kulit kepala selama 15 menit. Jika sudah, bilas dengan shampo agar rambut tidak lengket.

Buat lo yang punya masalah rambut bercabang, minyak zaitun layak banget buat dicoba. Untuk menikmati hasil yang optimal, interval pemakaian yang disarankan adalah seminggu sekali.

 

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis untuk menjaga kesehatan rambut

Dari berbagai bahan alami yang sudah disebutkan sebelumnya, bisa dibilang jeruk nipis adalah yang paling mudah didapatkan. Meskipun begitu, ternyata kandungan vitamin C dalam jeruk nipis sangat cocok diaplikasikan secara langsung ke rambut.

Caranya adalah dengan menggunakan 2-3 buah jeruk nipis kemudian peras ke dalam wadah. Setelah itu, tambahkan air secukupnya lalu usapkan ke rambut secara merata.

Tunggu beberapa saat dan bilas dengan air bersih. Cara ini bisa membuat rambut lo tampak lebih berkilau dan teksturnya semakin lembut.

 

5. Pisang

Pisang untuk menjaga kesehatan rambut

Jika tertarik mendapatkan rambut yang sehat, tidak kusam, dan terjaga kelembutannya, maka pisang adalah bahan alami yang bisa dicoba. Pisang kaya akan vitamin C dan B6 yang bisa menutrisi pertumbuhan rambut serta bisa digunakan untuk mencegah timbulnya masalah pada rambut.

Caranya adalah dengan menghaluskan pisang secukupnya lalu ratakan adonan tersebut ke seluruh bagian rambut. Tunggu sekitar 15 menit sampai mengering kemudian bilas dengan air bersih.

Lo juga bisa menambahkan madu murni ke adonan pisang tersebut untuk hasil yang lebih optimal. Ulangi cara ini minimal 1 kali seminggu agar masalah rambut tidak mudah muncul.

 

Cek juga: Basmi Ketombe dengan Cara Alami Berikut

 

Tips Menjaga Kesehatan Rambut Sehari-Hari

Selain memakai bahan alami seperti yang disebutkan di atas, lo juga bisa menjaga kesehatan rambut dengan mengikuti kebiasaan rutin tertentu sehari-hari.

Kebiasaan yang dimaksud sebenarnya cukup simpel dan praktis, tetapi karena sifatnya sehari-hari maka sebaiknya lo rutin melakukannya. Selain itu, ada juga beberapa hal basicyang tidak boleh dilakukan karena ternyata berefek buruk bagi kesehatan rambut.

Penasaran apa saja yang perlu lo lakukan? Simak penjelasannya dalam poin-poin di bawah ini. Let’s check it out!

 

1. Batasi Pemakain Catokan

Tips menjaga kesehatan rambut untuk pria - batasi penggunaan catokan
Sumber: hairfinder.com

Seperti wanita, catokan juga bisa digunakan oleh para pria untuk membantu meluruskan tekstur rambut. Banyak pria yang menggunakan alat ini, terutama bagi para pria dengan rambut panjang atau pria dengan rambut bergelombang yang ingin meluruskan rambutnya.

Tetapi lo sebaiknya hati-hati ketika menggunakan catokan rambut. Intensitas yang terlalu sering justru bisa bikin rambut lo menjadi kering, bercabang, rapuh, bahkan sampai rontok.

Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa lo jadikan panduan. Pertama usahakan buat memakai catokan dengan daya hantar panas tidak terlalu tinggi, biasanya memiliki lapisan keramik bukan besi.

Kemudian pastikan mencatok saat kondisi rambut kering, tetapi jangan mengeringkan dengan hair dryer dan biarkan secara alami. Lalu saat mencatok jangan banyak gerakan tambahan serta usahakan melakukannya secara pelan dan stabil.

Dan yang paling penting, jangan terlalu sering mencatok rambut. Sebaiknya lakukan ketika benar-benar dibutuhkan saja.

 

2. Rutin Menggunakan Conditioner

Cara menjaga kesehatan rambut pria - gunakan conditioner
Sumber: baldingbeards.com

Conditioner ternyata berperan penting terhadap kesehatan rambut pria. Cara kerja conditioner adalah melembapkan rambut dan kulit kepala serta menjaganya tetap berkilau walaupun lo sering beraktivitas di luar ruangan.

Cara pakainya adalah dengan mengoleskannya ke seluruh rambut secara merata. Pastikan sampai menjangkau ujung-ujung rambut karena justru bagian itulah yang paling rawan rusak.

Diamkan dulu beberapa saat agar semua kandungannya bisa terserap dengan baik. Jika sudah, cukup bilas dengan air bersih.

Lo bisa pakai conditioner setelah menggunakan shampo. Dengan pemakaian yang rutin, lo akan mendapatkan rambut yang jauh lebih sehat, lembut, dan terlihat berkilau.

Kalau misalnya lo ribet punya conditioner dan shampo sekaligus, maka cobalah membeli produk yang menyediakan langsung shampo dan conditioner sekaligus. Produk seperti ini memang tergolong langka, tapi gw akhirnya menemukan merk lokal yang memproduksinya: Shantos Romeo 3-in-1.

Shantos Romeo 3-in-1 shampo conditioner sabut

Sebagai shampo 3-in-1 pertama di Indonesia, produk ini memiliki tiga fungsi sekaligus:

  1. Shampo kesehatan untuk menjaga kebersihan rambut dan mengatasi masalah kulit kepala.
  2. Conditioner untuk menjaga kesehatan rambut sehari-hari
  3. Sabun mandi untuk menjaga kelembapan kulit.

Yup, satu produk ini berfungsi sekaligus sebagai shampo, conditioner, dan sabun. Lo bisa hemat banyak duit dengan menggunakan satu produk ini doank, bro.

Untuk fungsi sabunnya sendiri, produk Shantos Romeo 3-in-1 ini tergolong sabun yang licin karena mengandung moisturizer. Biasanya, sabun licin lebih cocok dibandingkan sabun yang kesat karena fungsinya lebih pas untuk menjaga kelembapan kulit.

Produk Shantos Romeo 3-in-1

Buat lo yang ngiler beli produknya, bisa coba langsung cek instagramnya di sini ya. Hitung-hitung sekalian mendukung produk lokal juga bro 🙂

Oh ya, meskipun bisa digunakan untuk kulit tubuh, Mas Kulin sarankan lo untuk menggunakan sabun cuci muka terpisah khusus untuk mencuci wajah lo ya. Kulit wajah memiliki sensitivitas yang berbeda dengan kulit tubuh, jadi lo perlu menggunakan produk facial wash yang sesuai kulit wajah lo.

 

3. Jangan Keramas Setiap Hari

Jaga frekuensi keramas
Sumber: feelingsexy.com

Terlalu sering keramas justru bisa merusak rambut. Hal ini terjadi karena shampo bisa mengilangkan minyak alami di kulit kepala yang pada akhirnya menyebabkan rambut menjadi kering dan hilang kelembapannya.

Maka dari itu, sangat tidak disarankan untuk keramas setiap hari. Rentang waktu yang paling baik adalah 2-3 kali dalam seminggu.

Dengan cara ini, kelembapan rambut lo akan tetap terjaga. Selain itu, semua nutrisi dan kandungan yang ada dalam shampo juga bisa terserap maksimal oleh kulit kepala dan rambut.

 

4. Rutin Memotong Rambut

Pastikan rutin mencukur rambut untuk menjaga kesehatan
Sumber: angelbeautysalonlv.com

Tips menjaga kesehatan rambut selanjutnya adalah dengan rutin memotong rambut. Cara ini efektif untuk menghilangkan rambut yang sudah terlanjur kering dan rusak.

Perlu lo tahu, masalah yang sering dialami oleh para pria adalah rambut bercabang. Maka dari itu,
problem
tersebut bisa diatasi dengan memangkas ujung rambut agar bagian pangkalnya tetap terjaga kesehatannya.

Waktu yang tepat untuk pergi ke barbershop adalah 6-8 minggu sekali. Namun jika memang sebelum rentang waktu tersebut problem rambut sudah muncul, jangan ragu untuk segera memangkasnya.

 

5. Hindari Menggosok Rambut Dengan Handuk

Hindari handuk untuk mengeringkan rambut
Sumber: allthingshair.com

Cara terakhir ini mungkin kurang lo sadari atau malah justru sering dilakukan. Menggosok rambut dengan handuk adalah cara yang salah dan akan memicu kerusakan rambut.

Ketika menggosok rambut dengan handuk, teksturnya bisa rusak dan menyebabkan ujung rambut bercabang. Apalagi jika lo melakukannya setiap habis mandi, tinggal menunggu waktu saja sampai masalah tersebut muncul.

Maka dari itu, sebaiknya biarkan rambut mengering secara alami. Lo bisa memakai handuk asalkan mengusapkannya secara pelan dengan gerakan yang teratur agar bentuk dan tekstur rambut tetap terjaga.

 

Cek juga: Yuk Coba Memulai Bisnis Online untuk Sampingan Selama Masa Pandemi

 

Nah itulah ulasan mengenai berbagai cara menjaga kesehatan rambut pria yang bisa lo coba praktekkan sehari-hari.

Kesehatan rambut, kulit, maupun tubuh merupakan hal penting yang lo perlu aware, bro. Sebab, kalau lo gagal menjaganya, penampilan lo sendiri bisa terpengaruh drastis.

Secara umum, gw sudah merangkum berbagai cara mudah untuk menjaga hidup tetap sehat sehari-hari di sini, terutama saat masa pandemi. Jika ada waktu, silahkan sempatkan baca ya.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar cara menjaga kesehatan rambut pria, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *