Health

10 Cara Meningkatkan Kesuburan Pria Sejak Dini

Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

Di jaman sekarang, pembicaraan soal seksualitas dan kesuburan sudah gak setabu jaman dulu (yes I know some ‘elders’ still mocking us for discussing this topic).

Masalahnya, semakin sering didiamkan, semakin sedikit pula tingkat kesadaran kita terhadap isu-isu tersebut. Kalau terlambat dan terlanjur salah, yang mau kita salahin, siapa?

Nah, dalam rangka peringatan Hari Pria Internasional, gw mau mengangkat satu topik kesehatan pria yang sebenarnya gak begitu asing di telinga kita: Kesuburan Pria.

Kesuburan itu bukan diukur dari seberapa seringnya lo bisa meniduri manusia lain bro atau seberapa kuat lo bertahan di atas ranjang.

Yuk simak pembahasan tentang hal tersebut sekaligus cara meningkatkan kesuburan pria yang wajib lo ketahui sejak dini 🙂

Tanda-Tanda Pria yang Memiliki Kemungkinan Tidak Subur

Tanda Pria Tidak Subur

Kalau lo merasa sulit memiliki keturunan dan mempunyai satu atau beberapa ciri-ciri di bawah ini, cepat pergi ke dokter untuk konsultasi lebih lanjut.

Dokter akan menganalisis pada cairan sperma lo untuk mengetahui kualitas dan kuantitas sperma yang lo punya.

1. Sel Sperma

Tingkat kesuburan pria bisa dilihat dari seberapa baik kualitas dan kuantitas sel sperma yang dimiliki agar bisa membuahi sel telur atau ovum wanita.

Jika kualitas sperma kurang baik atau jumlahnya terlalu sedikit, maka tingkat kesuburannya kurang baik karena wanita akan lebih sulit dibuahi 🙁

2. Kesulitan Beranak

Kesulitannya adalah, kita sebagai pria seringkali nggak sadar kalau diri kita mengalami masalah kesuburan, sampai kita sadar masalah itu ketika kita sulit memiliki anak.

Tanda utama kalau pria tidak subur adalah tidak menghasilkan anak (catatan: masih ada kemungkinan yang tidak suburnya adalah pihak wanitanya, ini hanya indikasi saja). Selain itu, masih ada beberapa tanda lainnya.

3. Fungsi Seksual

Masalah pada fungsi seksual adalah tanda-tanda yang paling mudah dideteksi.

Sulit mencapai ejakulasi, jumlah dan volume cairan sperma yang terlalu sedikit, kesulitan mempertahankan ereksi, hingga kurangnya keinginan untuk berhubungan seksual merupakan beberapa indikasi fungsi seksual yang menurun bro..

Penyebabnya bermacam-macam. Ada yang nyeri, bengkak, atau terdapat benjolan di sekitar testis sehingga terkadang mengalami trauma dan mengurangi hasrat untuk berhubungan seksual.

4. Tanda Fisik Lain

Tanda-tanda selain dari organ vital yaitu memiliki infeksi saluran pernapasan yang berulang, ketidakmampuan untuk mencium bau, pertumbuhan payudara yang tidak normal, hingga kelainan hormon dan kromosom lain seperti menurunnya jumlah rambut wajah ataupun rambut lain pada tubuh.

Tanda-tanda fisik itu mungkin bisa kita rasakan sendiri tanpa bantuan dokter, tetapi apabila ada gangguan pada kualitas sperma, kita hanya bisa tahu apabila sudah konsultasi dengan dokter terkait.

 

Cek juga: Tips Berpakaian Kece Bagi Pria Berfisik Skinny Fat

Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

Tidak hanya kesuburan wanita, tetapi kesuburan pria juga penting dalam proses terjadinya pembuahan hingga kehamilan. Kalau lo sedang merencanakan kehamilan dengan pasangan, pastikan kalau lo punya tingkat kesuburan yang baik.

Menurut data dari World Health Organization (WHO), kuantitas jumlah sperma yang sehat adalah sekitar 15 juta per mililiter kubik atau setidaknya 39 juta per sampel.

Kalau lo sudah konsultasi ke dokter dan didiagnosa memiliki kuantitas sperma yang kurang dari 10 juta per mililiter kubik, lo memiliki infertilitas atau masalah kesuburan dan dianggap abnormal.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kadar testosteron dianggap memiliki dampak paling berpengaruh pada jumlah dan kualitas sperma yang lo punya. Nah, tingkatkan kualitas faktor-faktor tersebut untuk memberi pengaruh baik pada kualitas sperma lo bro.

1. Olahraga Teratur

Olahraga

Di zaman yang serba cepat seperti saat ini, olahraga terkadang dilupakan. Padahal itu bisa jadi salah satu alasan menurunnya kualitas dan kuantitas sperma yang lo punya.

Selain itu, buat lo yang obesitas, coba usahakan menurunkan berat badan. Karena, kelebihan berat badan atau obesitas itu bisa mengakibatkan penurunan jumlah dan kualitas sperma karena nutrisi lebih terserap ke dalam bentuk lemak tubuh.

Salah satu cara adalah dengan melakukan program latihan aerobik selama setidaknya 16 minggu. Olahraga dengan intensitas sedang selama 50 menit hingga satu jam per sesi dalam jangka waktu 3 kali seminggu juga bisa membantu menurunkan berat badan ataupun menjaga tubuh tetap fit.

Follow Instagram Mas Kulin

2. Istirahat atau Tidur yang Cukup

Tidur

Kalau lo orang yang punya banyak kerjaan kayak gw (ngantor iya, ngurusin blog iya, freelance iya), mungkin lo akan ngerasa tidur itu nggak terlalu penting. Meskipun sudah terbiasa tidur dengan waktu yang tidak terlalu banyak, tetapi hal itu berpengaruh kepada kualitas sperma yang lo miliki.

Cobalah tidur secara rutin dan nyenyak setidaknya 6 hingga 7 jam dalam waktu semalam, badan lo pasti akan lebih fit dan bisa beraktivitas lebih banyak, serta kualitas sperma lo juga akan lebih baik lagi.

3. Berhenti Merokok

Tidak Merokok

Di Indonesia, banyak pria yang suka merokok. Mungkin lo salah satunya. Namun, dari riset tahun 2016 yang gw baca, ternyata merokok itu bisa mengurangi jumlah sperma sehat pada pria.

Jadi, kalau lo ketagihan merokok tapi pengen program kehamilan bareng pasangan, gw sarankan sih untuk berhenti merokok.

Kualitas sperma lo menentukan kesuksesan program kehamilan itu, bro.

4. Kurangi Stres

Manajemen Stres

Banyak faktor yang bisa jadi pemicu stres, mulai dari pekerjaan, rekan atau atasan kerja, keluarga, kurangnya percaya terhadap diri sendiri, hingga pasangan.

Kalau lo stres, lo bakal cenderung menghemat energi, yang berakibat kepada lo hanya lebih ingin bertahan hidup dibandingkan dengan menikmati hidup. Ini termasuk urusan bereproduksi, sehingga produksi sperma akan menurun.

Sebaiknya konsultasikan kepada dokter atau psikiater. Kalau kira-kira sudah kategori stres berat, lo mungkin akan diberi resep obat anti-depresan supaya bisa lebih tenang dalam menjalani hidup.

 

Cek Juga: Cara Mengatasi Stres Kerja dengan Sederhana

5. Kurangi Asupan Lemak Tidak Sehat dan Tingkatkan Asupan Lemak Sehat

Konsumsi Lemak Sehat Sebagai Salah Satu Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

Ketika pria meningkatkan konsumsi lemak jenuh atau lemak trans, jumlah sperma ikut menurun secara signifikan. Oleh karena itu, jangan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh secara rutin.

Sebagai penggantinya, lo bisa mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat atau lemak tak jenuh seperti omega 3 dan omega 6 karena sangat penting untuk perkembangan dan kesehatan membran sperma. Lemak ini mudah ditemui pada telur bro.

Dalam berbagai jurnal penelitian, pria harus mengkonsumsi omega 3 dan omega 6 dalam kadar yang berimbang agar bisa mendapat manfaat antioksidan dan perkembangan sperma yang lebih sehat.

6. Cukup Kalsium dan Vitamin D

Minum Susu

Bro, ternyata Vitamin D yang mengandung kalsium itu cukup berdampak baik pada kesehatan sperma, lho.

Beberapa penelitian yang dilakukan telah menunjukkan kalau penurunan konsumsi vitamin D ataupun makanan yang mengandung vitamin D bisa menurunkan jumlah sperma.

Jika lo nggak suka minum susu atau sejenisnya, lo bisa membeli suplemen vitamin D dan kalsium di toko makanan ataupun toko online.

Cara lainnya yaitu dengan berjemur setiap pagi untuk mendapatkan asupan vitamin D yang terkandung pada sinar matahari.

7. Hindari Alkohol

Tidak Mengkonsumsi Alkohol

Bro, konsumsi minuman beralkohol dalam jumlah berlebihan itu bisa menurunkan kualitas dan kuantitas sperma, lho. Alkohol bisa masuk melalui aliran darah ke dalam skrotum dan merusak bentuk sel-sel sperma.

Selain itu, sperma yang mengandung alkohol tadi bisa sampai pada sel telur ketika sedang bersenggama dan mengakibatkan terjadinya keguguran ataupun kelainan bawaan apabila bayi dilahirkan.

Alkohol juga dapat mengubah fungsi sperma, seperti mengurangi kemampuan sperma untuk bergerak sampai ke membunuh sel-sel yang ada di dalamnya.

Nah, apabila lo udah terlanjur mengonsumsi minuman beralkohol, jangan takut. Lo bisa berhenti dan mematangkan proses pembentukan sperma dari awal dan membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 bulan sejak lo berhenti minum minuman beralkohol.

 

Cek juga: Tips Perawatan Kulit Wajah Pria Sesuai Jenis Kulit Lo

8. Hindari Obat-obatan Tertentu

Tidak Minum Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat memiliki efek samping yang dapat mempengaruhi kualitas sperma apabila dikonsumsi secara rutin bro. Mulai dari beberapa jenis antibiotik, anti androgen, anti inflamasi, antipsikotik, obat yang mengandung kortikosteroid, dan metadon.

Obat yang mempengaruhi hormon seperti testosteron eksogen juga bisa menghambat pertumbuhan testosteron endogen.

Steroid anabolik yang berfungsi membentuk massa otot dalam tubuh bahkan cukup berbahaya apabila dikonsumsi secara teratur. Pemulihannya bisa sampai dalam jangka waktu 1 tahun sejak terakhir dikonsumsi.

9. Batasi Paparan Racun dari Lingkungan

Pakai Masker

Faktor eksternal seperti kualitas udara yang tidak sehat dan paparan bahan kimia juga ternyata bisa menurunkan kualitas, jumlah, dan kesehatan sperma.

Salah satu cara menghindarinya adalah perlindungan dengan masker ataupun produk perawatan kulit yang melindungi kulit dari kontak langsung dengan udara yang kurang sehat.

10. Tingkatkan Asupan Makanan yang Memiliki Antioksidan

Jeruk dan Antioksidan

Beberapa vitamin dan mineral yang terkandung dalam makanan itu bisa berperan sebagai antioksidan, yang dapat membantu memproduksi sel sperma yang sehat.

Antioksidan berfungsi sebagai molekul yang membantu menonaktifkan hingga menghilangkan senyawa yang terkandung dalam radikal bebas dan merusak sel.

Vitamin C, E, Selenium, Glutathione, serta L-karnitin itu berfungsi sebagai antioksidan yang bisa membentuk sel sperma yang sehat.

 

Cek Juga: Pomade Merusak Rambut? Simak Faktanya di Sini!

Asupan Makanan yang Baik untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Bro, meskipun kita masih muda, alangkah baiknya kalau kita udah mulai menjaga makanan. Apalagi jika ke depannya kita ingin memiliki keturunan, pasti kita harus memprioritaskan beberapa makanan dan menghindari menu tertentu.

Nah berikut ini adalah beberapa asupan makanan yang disarankan untuk meningkatkan kesuburan pria.

1. Sayuran

Konsumsi Sayur Brokoli

Selain lo harus menghindari beberapa makanan yang udah gw sebutin di atas, lo bisa memilih sayuran yang kaya folat, seperti bayam, brokoli, atau selada.

Sayur-sayuran ini juga kaya akan antioksidan yang meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Kacang

Makan Kacang

Kalau lo doyan ngemil, lo bisa coba makan makanan dengan kandungan folat dan juga zinc yang tinggi di kacang dan biji-bijian. Gw yang biasa makan kacang mede juga baru tahu kalau kombinasi folat dan zinc pada kacang-kacangan bisa membantu kesuburan.

Jenis kacang-kacangan lain seperti kacang tanah, kacang almond, kacang merah dan sejenisnya juga bisa meningkatkan kualitas sperma pria, apalagi jika lo mengonsumsi secara rutin.

Tentunya akan lebih baik kalau lo mengkonsumsi kacang yang dipanggang
ya.

3. Buah

Banyak Makan Buah

Buat lo yang doyan buah, jeruk menjadi salah satu sumber folat alami yang baik, juga mengandung vitamin C yang menjadi antioksidan dan juga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma.

Lo juga bisa makan pisang yang memiliki kandungan enzim bromelain, yang berperan dalam proses produksi hormon. Pisang juga kaya akan vitamin A, B1, dan C yang dapat memperbaiki kekuatan tubuh dalam memproduksi sperma.

4. Makanan Laut / Seafood

Banyak Makan Seafood

Karena makanan dengan kandungan lemak jenuh harus dihindari, lo bisa menggantinya dengan makanan laut. Kerang, misalnya. Kandungan zinc dan selenium yang bermanfaat untuk produksi sperma bisa lo dapatkan dalam kerang.

Selain itu, ikan salmon dan tuna bisa lo konsumsi karena banyak mengandung omega 3, yang penting untuk perkembangan dan kualitas sperma yang lo punya.

5. Jenis Makanan Lain

Konsumsi Cokelat Hitam

Konsumsi makanan ataupun minuman bervitamin D juga sangat penting bagi kualitas sperma yang nantinya lo hasilkan. Vitamin D sangat penting untuk perkembangan sel inti sperma dan juga bisa meningkatkan kadar testosteron, lho.

Jika lo doyan makan cokelat hitam kayak gw, lo beruntung. Kandungan asam amino poten dan L-Arginine HCL yang ada di cokelat membantu lo meningkatkan jumlah sperma dan kuantitas air mani.

 

Cek juga: Mending Pilih Jaket Denim atau Jaket Kulit

Nah itulah ulasan mengenai cara meningkatkan kesuburan pria yang bisa lo lakukan sejak dini.

Kunci utamanya adalah menerapkan gaya hidup sehat bro. Kesehatan lo gak hanya mempengaruhi tingkat kesuburan, tapi juga kebahagiaan lo hingga hari tua nanti.

Selain ngomongin tips fashion atau grooming, gw gak bosan-bosannya mengingatkan untuk menjalankan hidup sehat. Mudah kok bro, lo bisa cek tulisan gw di sini tentang cara mudah menjalankan hidup sehat sehari-hari.

Yuk, mumpung dalam rangka peringatan Hari Pria Internasional, jadilah pria yang sadar akan kebersihan dan kesehatan gaya hidup sendiri 🙂

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar cara meningkatkan kesuburan pria, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Salam Semangat,

Mas Kulin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *