Lifestyle

10 Cara Menghilangkan Rasa Malas Bekerja Setelah Libur Panjang!

Atasi Rasa Malas Setelah Libur Panjang

Masa liburan panjang sudah mau berakhir sebentar lagi. Apakah lo sudah menikmati waktu liburan lo dengan maksimal? Kalau belum, lo bisa juga mengisi sisa waktu liburan lo dengan berlibur di dalam kota.

Berhubung seusai liburan kita akan kembali bekerja atau beraktivitas normal, kali ini Mas Kulin akan membagikan beberapa cara menghilangkan rasa malas bekerja setelah kemarin lama berlibur. Bagi lo yang menantikan tulisan seputar fashion dan grooming kembali, jangan khawatir. Mas Kulin janji setelah ini akan update lagi dengan topik-topik tersebut.

Nah, berdasarkan pengalaman, ini dia beberapa tips yang bisa lo coba:

 

1. Bayangkan Hal-Hal Seru di Kantor

Cara mengatasi rasa malas di kantor - Pikirkan hal seru di kantor

Bagi lo yang punya teman-teman seru di kantor atau lingkungan kerja yang asyik, hal ini tentu menjadi mudah buat lo lakukan. Bayangkan si konyol yang setiap hari kerjanya gangguin orang di kubikel sebelah tapi anehnya kerjaannya selalu beres, meja ping pong yang sedikit berdebu untuk lo mainkan, atau si bos yang akan masuk kerja bawa oleh-oleh coklat pedas dari Jawa Timur.

Buat lo yang merasa kantor bukan tempat yang menyenangkan seperti gambaran di atas, Mas Kulin sarankan untuk lo bayangkan hal menyenangkan lain yang bisa lo lakukan di kantor. Bisa bekerja dengan ritme sedikit santai sambil mendengarkan musik dengan headphone kece hasil beli dari THR kemarin? Itu juga seru kok bro.

 

2. Lakukan Olahraga atau Nge-Gym

Cara menghilangkan rasa malas saat kerja - Pergi ke Gym

Menjelang selesai liburan panjang atau hari-hari awal kerja, mood kerja lo mungkin masih belum tinggi. Coba lakukan sedikit olahraga atau pergi ke gym untuk membuat mood menjadi lebih baik. Olahraga yang cukup juga berguna untuk membuat tubuh kembali segar. Tentunya ini akan berguna banget untuk mengembalikan semangat kerja.

Selesai olahraga, jangan lupa untuk istirahat yang cukup. Tidur dengan jumlah jam yang pas akan membuat badan lo semakin segar dan siap untuk menuntaskan seluruh rintangan yang akan lo geluti di kantor. Mungkin terdengar sedikit berlebihan, tapi sudah banyak bukti yang menyatakan bahwa tidur cukup dapat mengembalikan kesegaran tubuh dan membuat pikiran menjadi jernih.

 

3. Coba Datang Kerja Lebih Pagi

Cara mengatasi rasa malas setelah libur panjang - Datang Lebih Pagi

Bagi lo yang tipe ‘morning person’ pasti tidak akan kesulitan untuk melakukan hal ini. Datang sedikit lebih pagi dari biasanya agar lo punya banyak waktu untuk mempersiapkan kerjaan atau sekedar bertukar cerita liburan dan gosip dengan teman kerja lo. Ini bisa meningkatkan mood kerja.

Yang menjadi tantangan adalah kalau tipe lo sama dengan Mas Kulin, yaitu ‘night person’. Kita memang cenderung tidur lewat tengah malam dan bangun lebih siang. Nah, coba deh bro satu kali saja untuk hari pertama kerja di minggu ini lo bangun lebih pagi dan setel alarm lebih pagi. Mas Kulin sebelumnya melakukan hal ini dan memang saat bangun jadi segar dan enak untuk kerja. Kalau besoknya lo mau kembali ke jam tidur normal sih, silakan :p

 

4. Siapkan To-Do List

Cara menghilangkan rasa malas bekerja setelah libur panjang - Buat To Do List

Apakah lo pernah atau sering membuat to-do list? Membuat catatan kecil untuk hal-hal apa saja yang akan lo lakukan itu menyenangkan bro. Lo jadi punya bayangan apa saja yang akan lo lakukan. Jangan lupakan kesenangan yang lo peroleh ketika berhasil mencoret satu demi satu item yang ada di to-do list lo.

Daftar ini gak harus soal kerjaan juga sih bro. Lo bisa campur dengan hal di luar kerjaan. Misalnya, lo bisa masukkan jumlah match Mobile Legend yang akan lo mainkan besok, video Tik Tok konyol yang akan lo rekam di jam istirahat kerja, atau mungkin beli surprise birthday cake dengan lilin yang gak padam saat ditiup untuk tante tukang gosip di bagian HRD.

 

5. Siapkan Pakaian yang Paling Kece

Cara agar tidak malas bekerja - pakai baju baru ke kantor

Pakaian juga dapat mempengaruhi mood kerja bro. Untuk mengatasi rasa malas bekerja, coba lu siapkan baju atau outer baru atau yang jarang lo gunakan sebelumnya. Ketika lo menggunakan pakaian yang tidak biasa lo kenakan sebelumnya, impresi rekan-rekan kerja lo pasti akan bertambah (atau berkurang, tergantung apa yang lo pakai bro).

Lo gak harus beli baju baru kok bro. Coba gali lebih dalam pakaian yang menumpuk di lemari lo. Mas Kulin sendiri terkadang menemukan baju atau celana jeans keren yang ternyata lama gak digunakan. Lumayan bro untuk menghemat uang yang mulai menipis di rekening bank lo.

Cek juga: Kesalahan Berpakaian yang Sering Dilakukan Pria Tanpa Disadari!

 

6. Dengarkan Musik yang Upbeat

Cara agar lebih semangat bekerja - Dengarkan Musik Seru

Music can be an effective mood booster. Pasang playlist lagu-lagu favorit lo yang sifatnya upbeat atau membangkitkan semangat lo, lalu putar selama beberapa hari kerja awal.Dengarkan saat di perjalanan pulang, di rumah, di kantor, atau saat nge-gym. Nikmati dentuman irama yang bisa membuat lo ajeb-ajeb sendiri atau membuat hati lo riang.

Berhubung setiap orang punya selera musik yang berbeda, Mas Kulin tidak akan memberikan saran lagu yang spesifik ya. Top 100 songs di Billboard bisa jadi patokan umum kalau lo gak punya lagu favorit yang spesifik.

 

7. Buat Janji Hangout

Cara agar tetap semangat bekerja ke kantor - Lakukan Kencan dengan Pasangan atau Teman

Saran ini efektif banget kalau lo tipe yang kurang betah di kantor atau sedang merasa tidak cocok dengan kerjaan lo sekarang. Buatlah janji hangout bersama pasangan atau teman-teman terdekat lo sambil berbagi cerita sepanjang liburan, atau sekedar reunian.

Saran Mas Kulin, lakukan hanya kepada sedikit orang yang benar-benar dekat dengan lo agar hangout ini tidak sampai menjadi #WacanaForever . Kalau kebanyakan orang, mengumpulkan mereka untuk bisa diajak hangout dengan cepat mungkin agak sulit ya.

 

8. Tertawa

Cara agar semangat bekerja di kantor - tertawa yang banyak

Yup, tertawa dan berbahagialah. Tonton film komedi atau lihat video kucing-kucing lucu yang ada di Instagram untuk menghibur diri lo. Ajak chat teman lo yang doyan memberi jokes receh tapi lo tetap bisa ketawa.

Lakukan ini sebelum lo mulai masuk dan sepulang kerja bro. Banyak tertawa akan membuat mood lo menjadi bagus dan menambah semangat bekerja. Jika efektif, maka gak ada salahnya kalau lo lakukan secara rutin bro 🙂 Bahagia itu konon rahasia awet muda dan panjang umur lho.

 

9. Ganti Model Rambut

Tips menghilangkan rasa malas bekerja - ubah model rambut

Nah yang satu ini coba lo lakukan sebelum mulai masuk kerja deh. Perubahan model rambut memberikan beberapa faktor positif, asalkan model rambut baru lo memang cocok dengan bentuk wajah lo.

Selain merasa lebih segar, teman-teman kerja dan bos lo di kantor juga akan merasa semakin ‘enak’ ketika melihat perubahan penampilan diri lo yang baik. Dengan membuat suasana positif di lingkungan kerja lo, rasa malas bekerja juga bisa lebih ditekan. Buat lo yang sedang menggebet salah satu rekan kerja di kantor, ini juga bisa menjadi siasat untuk membuat doi jadi melirik lo lebih dalam :p

Cek juga: Model Rambut Pria yang Sesuai dengan Bentuk Wajah Lo!

 

10. Siapkan Rencana untuk Liburan Berikutnya

Tips untuk menghilangkan rasa malas setelah liburan panjang - Rencanakan Liburan Berikutnya

Bagi lo yang gak workaholic dan memang senang banget dengan liburan, cara yang satu ini cukup efektif kok. Buatlah rencana kecil untuk liburan berikutnya, termasuk jumlah cuti yang akan lo ajukan.

Follow Instagram Mas Kulin

Jika lo punya suatu goal baru, maka lo akan merasa lebih bersemangat untuk mencapainya. Bekerja juga tidak akan menjadi halangan yang berarti. Bahkan lo bisa menjadi lebih terpacu untuk melakukan pekerjaan dengan lebih baik agar saat liburan berikutnya tiba, lo mungkin sudah dapat promosi atau bonus akhir tahun. Asyik banget bro!

 

Nah itu dia beberapa tips yang bisa lo coba untuk mengembalikan semangat kerja setelah liburan panjang. Motivasi menjadi kunci utama agar lo bisa cepat kembali ke dalam mood bekerja yang normal.

Bagi lo yang punya masukan atau saran lain untuk meningkatkan mood kerja seusai liburan, silakan sharing di kolom komentar ya. Cek juga tulisan lain seputar Casual Men’s Lifestyle di blog ini. Pastinya, maskulin banget bro!   🙁

2 thoughts on “10 Cara Menghilangkan Rasa Malas Bekerja Setelah Libur Panjang!”

  1. Wow ide-ide yang bagus di atas. Ane dulu juga pernah mengalami rasa malas dan bahkan segan untuk memulai bekerja setelah liburan panjang. Mengatasi rasa malas bekerja sesudah liburan panjang memang gak mudah untuk sebagian orang. Ane yakin dengan membuat tubuh segar dan istirahat yang cukup, motivasi bekerja akan muncul kembali. Terima kasih sarannya. Tom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *