Health

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Cara Menghilangkan Kantung Mata

Bro, sedang punya masalah dengan kantung mata gak?

Pria seperti kita ini nggak hanya harus memperhatikan penampilan luar aja nih, tetapi kondisi fisik juga harus diperhatikan.

Sebulan belakangan, gw selalu kurang istirahat karena kerjaan gw di kantor lagi cukup hectic bro.

Gw cuman sempat tidur hanya 2 sampai 3 jam per malam, itu pun tidak nyenyak. Terlalu banyak pekerjaan yang harus dilakukan membuat gw harus terjaga begitu lama.

Karena tidur kurang efektif itulah, mata gw jadi berkantung dan agak sedikit turun. Ini gak enak banget untuk dilihat.

Awalnya gw nggak sadar, tetapi teman-teman di kantor menyarankan gw untuk lebih banyak beristirahat agar bisa pulih kembali.

Hanya saja, istirahat yang cukup tidak serta merta menghilangkan kantung mata secara langsung bro. Gw akan bagikan ke lo di sini beberapa cara menghilangkan kantung mata yang bisa lo praktekkan ya.

 

Penyebab Kantung Mata

Kelelahan, stres, dan faktor keturunan merupakan penyebab kantung mata

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita berbicara dulu tentang berbagai kemungkinan penyebab timbulnya kantung mata.

Kalau dari kasus gw di atas, penyebab utama kantung mata yang gw alami itu adalah karena kurangnya waktu tidur. Kalau lo suka minum minuman berkafein ataupun merokok, itu juga bisa jadi penyebab lo sulit tidur dan menimbulkan kantung mata.

Namun, lo juga harus tahu kalau penyebab kantung mata itu nggak hanya kurang tidur aja. Ada beberapa faktor lain yang bisa memunculkan kantung mata dan bikin lo kelihatan kurang cerah.

Kalau lo memiliki masalah pada kulit, terutama wajah, kantung mata akan lebih mudah terbentuk. Oleh karena itu, lo perlu menjaga dan merawat kulit wajah lo supaya tidak mudah kendur dan berkerut sehingga kantung mata bisa timbul.

Cara mengilangkan kantung mata secara alami

Perubahan cuaca, hormon, ataupun makanan asin yang membuat lo mengalami penumpukan cairan dalam tubuh juga bisa menjadi penyebab munculnya kantung mata. Jaga kondisi tubuh dan perhatikan makanan yang lo konsumsi.

Penyakit seperti hidung tersumbat, anemia, ataupun stress juga berpotensi menimbulkan kantung mata. Jadi, usahakan untuk menjaga kesehatan baik secara fisik ataupun mental.

Bagi lo yang lebih sering berada di dalam ruangan dan jarang terkena sinar matahari juga harus berhati-hati. Akan lebih baik apabila lo terkena paparan sinar matahari pagi, setidaknya 15 hingga 30 menit dalam sehari.

Namun, ada pula yang tidak bisa kita cegah. Bawaan dari orang tua atau faktor keturunan ini yang sulit dihindari, karena kita akan pasti mendapatkannya sejak lahir walaupun telah menerapkan pola hidup sehat.

 

Cek juga: Ketakutan Para Pria Saat Memasuki Usia 30-an

 

Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata

Kalau lo ternyata sedang memiliki kantung mata, ada berbagai cara alami yang bisa lo lakukan untuk menghilangkannya.

 

1. Mentimun

Mentimun

Pernah lihat gambar iklan wanita yang memakai mentimun sebagai masker mata?

Salah satu fungsi mentimun adalah menjaga kulit wajah agar tetap dalam kondisi baik dan segar, termasuk kantung mata.

Kalau lo tertarik mencoba, lo bisa coba mengiris mentimun lalu dinginkan setidaknya 30 menit di lemari es. Lebih bagus lagi apabila mentimunnya sudah didinginkan semalaman.

Kemudian, lo bisa tempelkan irisan mentimun itu di area kantung mata. Tunggu selama sekitar 10 hingga 5 menit, lalu lepas dan cuci muka lo. Lakukan secara teratur setiap malam kalau lo ingin mencegah timbulnya kantung mata ataupun menghilangkannya.

 

2. Kantung Teh Dingin

Kantung mata

Lo yang suka minum teh celup pasti setelah pakai langsung dibuang ya? Sayang banget, soalnya cara gw menghilangkan kantung mata ya dengan kantung teh celup bekas ini.

Kandungan tannin dalam kantung teh celup bisa mengurangi pembengkakan dan juga perubahan warna di lingkar mata.

Lo bisa simpan kantung teh semalaman di dalam kulkas agar bisa digunakan di pagi hari.

Follow Instagram Mas Kulin

Caranya sama seperti menggunakan mentimun, letakkan di kantung mata selama 10 hingga 15 menit.

 

3. Es Batu

Es Batu

Fungsi es batu itu sebenarnya sangat banyak, bro. Mulai dari kompres sewaktu panas, meringankan cedera, dan juga bisa mengurangi bentuk kantung mata yang menonjol dan berubah warna menjadi hitam.

Caranya yaitu dengan membungkus es batu dengan handuk atau kain bersih, lalu kompres area mata yang berkantung selama sekitar 10 menit. Pakai beberapa kali jeda ya, jangan ditempel terus menerus.

 

4. Tomat

Tomat

Fungsi tomat untuk wajah kita nggak hanya menghilangkan kantung mata, tetapi juga bisa membuat kulit di area sekitarnya menjadi lebih kenyal dan halus.

Lo bisa mencampurkan satu sendok teh jus lemon dengan satu sendok teh jus tomat, kemudian usapkan di area yang berkantung. Diamkan 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Nggak hanya dioleskan, lo juga bisa meminum jus tomat yang dicampur lemon dan daun mint sebagai perawatan dari dalam untuk mencegah timbulnya kantung mata.

 

5. Daun Mint

Daun Mint

Aroma yang menyegarkan membuat daun mint sering dijadikan campuran pada bahan makanan dan minuman. Tidak hanya itu, daun mint juga bisa dipakai untuk menghilangkan kantung mata.

Tumbuk beberapa helai daun mint dengan dicampur sedikit air hingga hasilnya terlihat seperti scrub, lalu usapkan ke area mata yang berkantung, diamkan selama 10 menit kemudian cuci dengan air dingin.

Lo bisa melakukan ini setiap malam selama setidaknya satu minggu untuk bisa melihat perubahannya.

 

6. Jeruk Nipis dan Lemon

Lemon

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dari jeruk nipis dan lemon membuat keduanya populer karena dapat mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk mata menghitam dan berkantung.

Potong jeruk nipis atau lemon secara melingkar, kemudian tempelkan pada bagian mata selama sekitar 10 hingga 15 menit, niscaya area yang menghitam di sekitar mata bisa teratasi apabila digunakan secara teratur.

 

7. Air Mawar

Repotnya pria seperti kita yaitu kadang abai (gak peduli) terhadap kecantikan tubuh, berbeda dengan wanita.

Gw sendiri juga dulunya begitu bro, dan gw baru tahu kalau ternyata air mawar juga bisa untuk menghilangkan kantung mata.

Siapkan kapas, kemudian celupkan ke air mawar. Tempelkan selama sekitar 10 hingga 15 menit di kantung mata, kemudian bilas dengan air hangat.

 

8. Lidah Buaya

Aloe Vera

Tidak hanya untuk menebalkan dan menguatkan rambut, lidah buaya bisa menghilangkan kantung mata.

Lo bisa tumbuk lidah buaya sampai halus, kemudian ditempelkan di kantung mata selama 10 menit. Namun, kali ini lo nggak perlu bersihin muka seperti perawatan alami yang lain, kecuali kalau wajah lo terasa lengket.

 

Cek juga: Berbagai Shampo Pelurus Rambut Alami

 

9. Kentang

Kentang

Asam fosfat dan asam sitrat yang tinggi membuat kentang bermanfaat untuk mengurangi radang dan menjaga kelenturan kulit, termasuk menjaga dan memperbaiki kantung mata yang timbul.

Kentang dikupas hingga bersih, kemudian diblender sampai halus. Masukkan kentang halus ke dalam kantung, lalu tempelkan ke mata selama sekitar 15 menit, kemudian bilas wajah dan keringkan. Lo bisa melakukan terapi ini dengan rutin agar hasilnya maksimal.

Lo juga bisa pakai kentang dengan cara diparut, lalu diambil ekstrak airnya. Rendam kapas di dalam ekstrak air kentang, kemudian tempelkan pada mata selama 15 menit.

 

10. Minyak Almond

Kacang almond, mengandung banyak vitamin E, sehingga minyaknya juga bisa berfungsi untuk melembapkan dan mengencangkan kulit.

Pada malam hari, ambil sedikit minyak almond dan tempelkan pada kantung mata, kemudian pijat secara perlahan. Diamkan semalaman, kemudian cuci muka saat bangun pagi.

 

11. Madu

Madu

Regenerasi kulit yang menjadi salah satu khasiat madu itu dapat diterapkan pada kantung mata dengan cara mengoleskannya supaya bisa lebih cerah.

Kalau lo mau menghilangkan kantung mata, di malam hari, lo bisa mengoleskan madu pada kantung mata dan diamkan selama 20 menit, baru bilas dengan air bersih.

 

12. Kunyit

 

Khasiat kunyit yaitu menyegarkan kulit yang kusam dan kendur. Paduan kunyit dengan daun mint juga dipercaya bisa menjadi obat alami untuk menghilangkan kantung mata.

Blender daun mint sampai halus lalu peras airnya. Tambahkan seperempat sendok teh kunyit ke perasan daun mint, kemudian oleskan ke kantung mata dan tunggu 20 menit sampai kering. Bilas dengan air bersih dan lo bisa rasakan perbedaannya jika dipakai secara rutin.

 

13. Putih Telur

Telur

Vitamin yang terkandung di putih telur dipercaya mampu mengencangkan kulit, sehingga efektif untuk menghilangkan kantung mata.

Cara pemakaiannya juga mudah. Lo tinggal oleskan putih telur ke kantung mata dan diamkan selama 20 menit, kemudian apabila sudah mengering, bilas dengan air hangat.

 

14. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Tidak hanya mengencangkan dan menghaluskan kulit, minyak zaitun juga mampu menghilangkan kantung mata berkat zat antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Kalau lo memiliki mata panda, oleskan minyak zaitun sebelum tidur kemudian pijat perlahan. Lakukan secara rutin hingga kantung mata menghilang.

 

15. Minyak Kelapa

Kandungan vitamin E dan antioksidan pada minyak kelapa mampu memperbaiki kulit kering dan sel kulit rusak, juga mengandung asam laktat yang berfungsi mengencangkan kulit.

Cara pemakaiannya sama seperti minyak zaitun, oleskan sebelum tidur dan pijat perlahan. Diamkan hingga pagi.

 

16. Orange Juice

Jus Jeruk

Campuran orange juice dengan gliserin yang diusapkan ke kantung mata dipercaya bisa menghilangkan kantung mata secara bertahap. Mata lo juga akan terlihat lebih bercahaya apabila digunakan secara rutin.

 

17. Susu Dingin

Susu

Lo bisa siapkan kapas dan celupkan ke susu dingin, lalu tempelkan ke area kantung mata, diamkan sejenak, lantas cuci wajah sampai bersih. kantung mata akan berangsur hilang dan wajah lo juga lebih segar.

 

Cek juga: Cara Mudah Menghilangkan Jerawat Secara Alami

 

Cara Lain untuk Menghilangkan Kantung Mata

Olahraga Rutin

Nggak hanya cara alami, lo juga bisa pakai cara lain untuk menghilangkan kantung mata. Salah satunya dengan sendok stainless. Iya, lo nggak salah baca. Pakai sendok.

Dinginkan sendok di dalam freezer sepanjang malam. Cuci muka dengan air bersih, tempelkan punggung sendok ke kedua mata yang tertutup, kemudian tahan hingga sendok menjadi hangat. Lakukan rutin di pagi hari agar mata lebih segar.

Dalam tubuh kita juga terdapat senyawa-senyawa negatif yang bertumpuk dan tertimbun. Salah satu penyebabnya yaitu stress. Saking banyaknya, terkadang mencoba keluar dan terjadilah kantung mata.

Lo bisa mengeluarkan dengan cara berolahraga secara rutin. Senyawa negatif akan keluar lewat keringat dan bisa mencegah timbulnya kantung mata.

Selain itu, untuk menghilangkan kantung mata, lo bisa menggunakan krim mata yang mengandung chamomile atau mentimun karena memiliki khasiat mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit di sekitar mata.

Operasi

Kalau lo kebanyakan uang dan pengen cara cepat, lo bisa lakukan tindakan operasi. Namun, menurut gw, mendingan jangan operasi deh. Banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum operasi.

Lo wajib menjaga kondisi tubuh secara keseluruhan, tidak merokok sebulan sebelum operasi, berhenti mengonsumsi obat-obatan dan suplemen, sampai cuti pasca operasi. Ribet kan.

 

Cek juga: Tips Berpakaian Bagi Lo yang Berbadan Skinny Fat

 

Nah itulah ulasan mengenai cara menghilangkan kantung mata secara alami maupun non-alami.

Sebagai tambahan, memang ada beberapa orang yang merasa dirinya lebih menarik dengan ada kantung mata. Kalau lo merupakan salah satunya, silahkan putuskan sendiri apakah lo tetap ingin memelihara kantung mata tersebut atau tidak.

Namun, perlu diingat bahwa keberadaan kantung mata itu sendiri dapat menjadi tanda bahwa tubuh lo kurang cukup istirahat atau mengalami penurunan kesehatan. Yuk jaga kesehatan dengan mengikuti beberapa langkah mudah di sini.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar celana dalam pria, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *