Health

10 Cara Mengatasi Stres Kerja dengan Sederhana!

Stres di Tempat Kerja

Jika lo membaca beberapa tulisan Mas Kulin di blog ini, maka lo akan menyadari bahwa gw beberapa kali menyebut soal menjaga diri dari stres. Semua orang (termasuk Mas Kulin) pasti pernah mengalami stres, apalagi bagi lo yang sudah memasuki dunia kerja.

Nah, oleh karena itu, tulisan kali ini akan membahas seputar stres di dunia kerja ya.

Dalam hubungannya dengan menjaga penampilan fisik, stres merupakan hal yang perlu kita atasi. Pada sebagian orang, stres yang berlebihan dapat membuat wajah berjerawat, kulit berkeriput, dan rambut rontok.

Yuk kenali penyebab dan cara mengatasi stres kerja di tulisan kali ini.

 

Perbedaan Stres dan Depresi

Stres di kantor dapat berakibat fatal jika ditumpuk terus menerus. Simak cara mengatasi stres kerja yang mudah dan bisa lo lakukan sekarang juga!

Stres merupakan kondisi kewalahan akibat tekanan yang didapat saat beraktivitas, dalam hal ini berkaitan dengan pekerjaan atau lingkungan tempat lo bekerja.

Stres yang bertumpuk dan terjadi terus menerus dapat mengakibatkan depresi.

Depresi merupakan penyakit mental yang sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari, yaitu suasana hati yang terus menerus buruk, pola makan dan tidur tidak teratur, turunnya tingkat konsentrasi, dan sebagainya.

Depression is a very serious problem. Depresi dapat berdampak terhadap munculnya penyakit serius seperti penyakit hati dan jantung.

Pada kasus tertentu, penderitanya memiliki dorongan yang kuat untuk melakukan bunuh diri.

If you think you’re under depression, please consult a close friend or psychiatrist. Jangan sampai keadaan lo semakin buruk dengan membiarkan depresi mengancam kehidupan lo.

 

Penyebab Stres di Tempat Kerja

Penyebab Stres di Tempat Kerja

Ada banyak hal yang dapat menjadi pemicu stres di tempat kerja. Berdasarkan pengalaman Mas Kulin dan teman-teman gw, berikut ini beberapa hal yang bisa jadi penyebab utamanya:

 

1. Kurangnya Work-Life Balance

Bagi sebagian orang, kehidupan itu gak hanya di kantor dan tempat kerja saja. Kebutuhan untuk bertemu keluarga, bermain dengan teman, pacaran, atau melakukan hobi merupakan hal yang juga penting baginya.

Kalau ini tidak terpenuhi, stres akan mudah banget menumpuk setiap hari tanpa sempat dihilangkan 🙁

 

2. Lo Mengerjakan Hal yang Tidak Lo Suka

Ada beberapa pengertian untuk ‘hal yang tidak lo suka’. Mungkin lo orang yang introvert banget tapi kerjanya di divisi Sales yang harus menjual dan bertatap muka ke banyak orang, atau lo ‘dipaksa’ melakukan hal-hal yang tidak etis oleh atasan untuk memperlancar kerjaannya.

Hal-hal di atas banyak banget dialami oleh teman-teman Mas Kulin. Gw sendiri pernah mengalaminya, dan karena rutin dilakukan akhirnya stres jadi menumpuk.

Cek juga: Inspirasi Model Rambut Pendek Pria yang Disukai Wanita

 

3 Lingkungan Kerja yang Bersifat Toxic

Nah, yang satu ini sangat berbahaya untuk kesehatan mental. Kerjaan boleh berat, tapi lingkungan kerja yang sangat tidak nyaman dapat menumpuk stres berkali lipat.

Apa sih yang termasuk dalam lingkungan kerja toxic alias beracun?

Kolega kerja yang doyannya sebar gosip dan fitnah, bawahan yang sering menyembunyikan informasi penting dari lo tapi dia langsung beritahu ke atasan lo (baca: ngelangkahin lo), rekan-rekan kerja yang gak bisa diajak berdiskusi untuk menyelesaikan masalah kerjaan, dan sebagainya.

 

4. Tidak Ada Support dari Atasan

Ini juga sering banget menjadi penyebab stres. Ketika atasan lo gak mau tahu atau gak peduli kesusahan lo sebagai bawahan, maka lo jadi dipaksa memendam semua masalah sendiri.

Yang membuat semakin sulit adalah jika ada motif politik kantor, dan lo ‘terseret’ di dalamnya karena atasan lo. Hal ini pernah dialami Mas Kulin sih 🙁 Gak enak banget bro karena atasan lo lepas tangan dan semua beban ditanggung oleh lo.

 

Cara Mengatasi Stres Kerja yang Sering Timbul

Stres kerja yang timbul sekali-kali sebenarnya tidak apa-apa dan masih dalam batas kewajaran. Saat terkena stres, tubuh akan memproduksi hormon yang memacu seluruh tubuh kita untuk bertindak lebih cepat dan menyelesaikan solusi.

Kalau lo pernah dengan ‘The Power of Kepepet’ saat belajar untuk ujian di H-1, itu sebenarnya merupakan bentuk pemanfaatan stres 🙂

Berikut ini merupakan beberapa cara menghilangkan beban pikiran kerja dan mengatasi stres yang bisa lo coba terapkan.

 

1. Ambil cuti

Cara Mengatasi stres di tempat kerja - ambil cuti

Setiap pekerja punya jatah cuti, bahkan sekalipun lo berada di posisi CEO ataupun Owner dari bisnis yang lo miliki.

Take a break dari kerjaan lo, matikan notifikasi email kantor dan hindari membawa laptop kantor pulang (atau jangan dinyalakan). Gunakan cuti di hari biasa atau hari kejepit dan pergilah berlibur ke tempat yang membuat lo rileks, atau istirahat di rumah.

Lakukan hal yang membuat lo bahagia, baik itu sendiri maupun bersama orang-orang yang lo sayangi. Stres akan berkurang dan lo akan kembali segar.

 

2. Hindari Gosip Kantor

tips mengatasi stres di kantor - hindari gosip

Ini nih salah satu biang kerok stres. Mas Kulin selalu berusaha menghindari gosip di kantor.

Hasilnya? Tenang banget bro! Beban pikiran lo yang sudah berat jadinya tidak perlu ditambah lagi dengan gosip si pak bos yang punya affair dengan ibu manager HRD, atau gosip pegawai IT yang langsung resign setelah 2 hari masuk kerja.

Kalau lo terbawa gosip, pasti jadi pengen kepo dan terus menggalinya secara dalam. Kerjaan lo malah jadi gak konsen dan otak makin puyeng 🙂

 

3. Bicarakan dengan Orang di Luar Kantor

cara menghilangkan beban pikiran - bicarakan dengan teman atau pasangan
“Jadi gini sis, ternyata yang suka menaruh permen karet di kursi kerja gw itu ternyata si pak bos lho…”

Kalau lo punya pasangan, sahabat, atau anggota keluarga yang gak sekantor sama lo, bagikan cerita lo bersama mereka.

Kadang hanya mengeluarkan uneg-uneg saja sudah membantu banget lho bro untuk meringankan beban di hati dan pikiran. Siapa tahu mereka juga bisa membantu untuk memecahkan masalah yang sedang lo miliki.

 

4. Pasang Musik Favorit Lo

Cara mudah menghilangkan beban pikiran - dengarkan playlist lagu favorit

Ini salah satu jurus andalan Mas Kulin di kantor kalau sudah pusing dengan kerjaan atau ‘setan-setan di kantor’.

Pasang headset dan putar lagu EDM favorit, atau pasang lagu yang tenang kalau suasana hati lagi kurang enak. Lalu karena Mas Kulin bekerja dengan laptop, gw suka pindah tempat untuk kerja di pantry atau tempat lain untuk ganti suasana.

Lumayan kok untuk menjadi mood booster sementara 🙂

 

5. Teriak Sekencang-kencangnya

Cara menghilangkan stres berkepanjangan - teriak yang kencang
“AAAAAAAAAAAAAAAA”

Teriak sebenarnya memiliki fungsi yang mirip dengan curhat, yaitu mengeluarkan beban hati.

Lo bisa teriak di kamar kos, rumah, atau apartemen (catatan: Pastikan tembok kedap suara) atau pergilah ke gunung atau pantai dan teriak sekencang-kencangnya. Ajak sekalian teman atau pasangan untuk sama-sama menghapus kegundahan mereka.

Ini lumayan membantu banget lho bro. Asal jangan lakukan di kantor yah kalau lo udah kesal banget dengan seseorang, nanti jadinya ada ‘drama kantor’ 🙁

 

6. Lakukan Olahraga

cara mengurangi stres karena pekerjaan - lakukan olahraga

Olahraga juga bagus untuk meringankan beban stres sekaligus membuat badan jadi sehat.

Lo bisa melakukan olahraga sederhana seperti jogging atau angkat beban untuk mengalihkan stres menjadi tenaga. Atau, olahraga yang populer untuk menurunkan stres di tempat gym adalah Body Combat dan Muay Thai.

Kalau lo tahu olahraga lain yang efektif, tuliskan di kolom komentar setelah artikel ini ya.

Cek juga: Cara Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Panjang!

 

7. Ambil Psikotes Online

tips mengurangi stres berat - lakukan psikotes online

Mungkin lo memang gak cocok di karir yang lo jalani? Cobalah iseng melakukan beberapa jenis tes psikologi yang beredar di internet. Tinggal cari di Google dan banyak psikotes gratis yang bisa lo coba.

Kalau berdasarkan pengalaman Mas Kulin, dua jenis tes yang paling cocok menggambarkan kepribadian dan arah karir yang sesuai adalah DISC dan Sixteen Personality Test.

Kedua tes tersebut membantu Mas Kulin untuk mengambil keputusan berganti jalur karir yang ternyata memang lebih cocok sih. Mengetahui kemantapan jalur karir bisa menekan stres juga lho. Selamat mencoba 🙂

 

8. Buat To-Do List

tips mengurangi beban mental di kantor - siapkan to-do list

Stres bisa juga terjadi karena lo bingung prioritas pekerjaan yang harus lo lakukan.

Jika lo tipe yang langsung mengerjakan apa yang di depan mata, maka lo bisa sedikit step back dan buat to-do list mini untuk hari ini. Beri tanda untuk pekerjaan yang jadi prioritas. Sisa pekerjaan yang gak beres hari ini bisa dilanjut besok kalau memang gak terlalu penting.

Kalau lo merasa hampir semua pekerjaan menjadi prioritas, maka lo bisa ikuti Mas Kulin: pilih pekerjaan yang paling bisa cepat diselesaikan sebagai prioritas utama lo.

 

9. Banyak Tertawa

tips menghilangkan stres yang manjur - banyak tertawa

Yap, tertawa itu berguna banget untuk mengurangi stres maupun membakar kalori lho 🙂

Apa saja yang bisa membuat lo tertawa? Selain main bareng dengan teman, keluarga, atau pasangan, lo juga bisa tertawa dengan melihat komik-komik lucu di Instagram, video-video kucing ngejar anjing di Facebook, atau masih banyak lagi.

Sediakan sedikit waktu setiap hari untuk menghibur diri bro.

Cek juga: Cara Mudah Menjaga Muka Tetap Awet Muda Khusus Pria Dewasa!

 

10. Pindah Kerja

tips menghilangkan stres karena pekerjaan - pindah kantor
“Hore Pindah Kerja!”

Kalau lo sudah melakukan semua hal di atas tapi tetap saja stres kerja lo naik semakin drastis, maka bisa jadi lo harus pindah dari kerjaan lo sekarang.

Pindah kerja bisa jadi merupakan sesuatu yang menakutkan karena lo harus siap beradaptasi dengan lingkungan dan kerjaan baru. Namun, anggaplah ini sebagai kesempatan untuk memulai ‘hidup baru’.

Pastikan lo mempersiapkan diri sebaik mungkin saat interview kerja, namun usahakan agar pekerjaan lo yang sekarang tidak terlalu terbengkalai ya.

Cek juga: Inspirasi Pakaian untuk Wawancara Kerja bagi Milenial!

 

Tambahan: Cara Mengatasi Depresi Berat untuk Sementara

Cara Mengatasi Depresi Berat
“You Are Strong!”

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, stres yang berlarut-larut dapat menyebabkan depresi. Depresi sendiri merupakan hal yang sangat serius dan berbahaya kalau tidak segera ditangani.

Meskipun fokus kita kali ini adalah mengatasi stres di tempat kerja, Mas Kulin pikir tidak ada salahnya jika kita menyinggung sedikit tentang mengatasi depresi.

Penanganan utama yang perlu lo lakukan adalah membicarakan kondisi yang lo alami ke psikolog atau psikiater. Bisa jadi lo perlu mengikuti sesi konsultasi beberapa kali dan meminum obat anti-depresan. Itu masih wajar bro.

Berikut ini merupakan beberapa cara lain untuk meringankan depresi yang lo alami:

 

1. Ubah Pola Hidup

Perbanyak olahraga, dengarkan musik klasik atau musik-musik yang ditujukan untuk membuat pikiran tenang, dan sebagainya.

Intinya, cobalah untuk melakukan beberapa hal positif yang biasanya tidak atau lo jarang lakukan. Perubahan gaya hidup yang lebih baik akan membangkitkan semangat dan gairah hidup. Hal ini tentu berguna untuk meringankan depresi.

 

2. Banyak Membaca Kisah Inspiratif

Ada banyak buku dan situs internet atau media sosial yang gemar membagikan quotes dan kisah-kisah inspiratif yang bersifat positif.

Mas Kulin terkadang meluangkan waktu sejenak untuk membaca kisah-kisah inspiratif tersebut. Lumayan membantu bro untuk meningkatkan kepercayaan diri. Pikiran yang positif akan membuat lo bisa menjalani hidup dengan lebih baik 🙂

 

3. Dekatkan DIri dengan Lingkungan yang Positif

Masih ingat bahwa lingkungan yang toxic dan tidak adanya support dari atasan atau orang sekitar dapat menyebabkan dan menumpuk stres, yang berakhir pada depresi?

Mari kita lakukan kebalikannya. Dekatkan diri dengan teman-teman yang punya sikap dan pemikiran positif, serta dapat memberikan solusi atau membagikan inspirasi-inspirasi yang bersifat positif. Lo bisa temukan di persekutuan doa, komunitas agama, atau sahabat lo.

 

Nah itulah berbagai cara yang dapat kamu coba lakukan untuk mengatasi stres kerja. Semoga saja berguna untuk diaplikasikan dalam aktivitas sehari-hari ya. Kalau ada teman atau kenalan lo yang sedang stres, coba bagikan artikel ini untuk dia baca ya.

Jangan biarkan stres merusak pekerjaan maupun penampilan lo 🙂

Jika lo punya saran lain terkait tips mengatasi stres di dalam pekerjaan, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

2 thoughts on “10 Cara Mengatasi Stres Kerja dengan Sederhana!”

  1. Hey, thanks untuk artikelnya. Sejauh ini, gw masih kesulitan untuk bisa work-life balance.

    Setidaknya gw dapat sedikit inspirasi dari tulisan lu. Stres di tempat kerja yang berlebihan itu gak enak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *