Health

Cara Mengatasi Rambut Beruban + Tampak Keren Khusus Pria!

Cara Mengatasi Rambut Beruban pada Pria

Punya rambut beruban atau rambut putih sering diidentikkan dengan usia tua.

Apakah lo atau orang di sekitar lo ada yang rambutnya sudah beruban, padahal usianya masih muda bro?

Teman dekat Mas Kulin ada yang sebagian kecil rambutnya sudah mulai memutih. Padahal usianya belum mencapai kepala tiga.

Gw juga kadang menemukan rambut putih di kepala sendiri kok, tapi gw tidak sampai panik.

Kondisi rambut beruban bisa diminimalisir bro, bahkan lo bisa juga memanfaatkan uban lo untuk tampil lebih gaya.

Nah untuk lo yang penasaran cara mengatasi rambut beruban untuk pria dan mengakalinya, simak terus ke bawah ya.

 

Penyebab Rambut Beruban

01. Penyebab Rambut Beruban
via medicalnewstoday.com

Mari kita membicarakan penyebab secara biologis dulu secara sederhana (lewati tiga kalimat di bawah kalau lo ingin tahu penyebab dari sisi gaya hidup umum).

Tahukah lo kalau rambut dan kulit memiliki zat warna yang disebut melanin?

Nah, melanin ini dihasilkan oleh sel melanosit yang terletak pada akar rambut dan bagian lapisan kulit paling luar, atau disebut epidermis.

Umumnya, bertambahnya usia akan menyebabkan sel melanosit menjadi tidak aktif dan berkurang jumlahnya, sehingga semakin tua rambut akan semakin kehilangan warnanya (memutih).

Namun ada beberapa penyebab lain yang dapat membuat rambut memutih lebih cepat, misalnya:

  • Faktor genetik, di mana memang di keluarga lo banyak yang beruban sejak muda.
  • Kebiasaan merokok, karena adanya ‘racun’ dari rokok yang dilepaskan untuk menurunkan produksi melanin.
  • Perawatan rambut yang tidak tepat, seperti malas cuci rambut atau terlalu sering mencatok rambut. Penggunaan hair dryer yang salah juga bisa mematikan pelan-pelan melanosit.
  • Terlalu sering makan makanan cepat saji, karena banyak yang mengandung zat karsinogenik yang merupakan racun bagi melanosit.
  • Faktor psikologis seperti stres dan depresi dapat memberikan ‘guncangan’ bagi melanosit untuk menghambat atau menghentikan produksi melanin.

Cek juga: Cara Mengatasi Stres di Tempat Kerja Secara Sederhana

 

Cara Mengatasi Rambut Beruban Secara Alami

Dulu ketika gw pertama kali menemukan rambut putih di kepala sendiri, rasanya lumayan kaget bro.

Apalagi kalau dulu kan gw masih belum terlalu paham ya apakah punya rambut putih itu sesuatu yang bisa disebut wajar kalau muncul di usia muda.

Lo bisa saja menggunakan obat-obat yang dijual di pasaran yang katanya bisa menghilangkan warna putih di rambut, tapi tidak semua orang cocok dengan obat sintesis.

Nah kalau lo sama seperti gw dulu yang panik dan gak ingin muncul uban lagi tapi takut dengan bahan kimia, ada beberapa obat alami yang bisa lo gunakan bro.

(Catatan: obat alami merupakan himbauan namun tidak 100% pasti berhasil)

 

1. Alpukat

Alpukat untuk rambut beruban

Ada yang suka makan alpukat?

Buah alpukat tidak cuman enak kalau dibuat menjadi jus, tapi punya manfaat tersendiri untuk pencegahan uban lho.

Ada kandungan vitamin E dan asam lemak yang bagus untuk kesehatan rambut.

Nah cara penggunaan alpukat sebagai obat alami pencegah uban adalah sebagai berikut:

  • Ambil isi buah alpukat dan hancurkan
  • Gosokkan alpukat yang hancur tersebut ke seluruh kulit kepala dan rambut
  • Biarkan selama kurang lebih 30 menit
  • Bilas dengan bersih sambil menggunakan shampo
  • Lakukan secara rutin sebanyak 3 kali per minggu

 

2. Kopi

Biji Kopi untuk mengatasi rambut beruban

Buat lo yang suka nongkrong di Starbucks, mungkin tertarik untuk beli biji kopinya buat mencegah uban secara alami :p

Kandungan antioksidan pada kopi ternyata berguna untuk mencegah uban bro

Kopi juga dapat berlaku sebagai pengelupas kulit kepala yang mati secara alami lho.

Berikut ini cara memakai biji kopi sebagai obat alami:

  • Ambil biji kopi alami dan seduh sebanyak dua hingga tiga gelas kopi
  • Diamkan hingga dingin (jangan diminum)
  • Lakukan cara yang sama dengan alpukat di atas, yaitu bilas ke rambut dan diamkan selama 30 menit dan terakhir bersihkan dengan shampo
  • Lakukan cara ini sekitar 2 atau 3 kali setiap minggu

 

3. Teh

Teh untuk mencegah rambut beruban

Buat yang suka minum teh alami (bukan teh kemasan) patut senang nih.

Teh ternyata mengandung antioksidan alami yang sangat berguna untuk kesehatan rambut bro.

Jadi selain dikonsumsi, teh juga bagus untuk digunakan sebagai obat alami pada rambut beruban. Teh memiliki pigmen alami yang bisa membantu menutup uban.

Teh yang akan digunakan di sini adalah teh hitam. Ikuti langkah di bawah ini:

  • Siapkan dua hingga tiga cangkir teh hitam pekat sampai mendidih
  • Tambah satu sendok teh garam di tiap cangkir dan aduk
  • Diamkan hingga dingin dan lakukan cara yang sama dengan alpukat di atas (bilas, diamkan, bersihkan)
  • Lakukan ini sebanyak 2 kali per minggu.

 

4. Bawang

Bawang untuk mencegah rambut beruban

Nah bawang juga bukan cuman menjadi penyedap rasa yang enak nih.

Kandungan pada bawang bersifat antijamur dan melancarkan peredaran oksigen pada rambut, sehingga akar rambut menjadi lebih sehat.

Hal inilah yang membuat bawang juga menjadi salah satu obat alami untuk mengatasi kerontokan rambut secara alami.

Berikut ini langkah yang bisa lo lakukan untuk memakai bawang sebagai obat uban alami:

  • Ambil segenggam bawang merah atau putih (jangan bawang daun ya)
  • Hancurkan dan tumbuk untuk dibuat menjadi jus bawang
  • Lagi-lagi, lakukan cara yang sama dengan alpukat … Ya lo sudah paham deh.
  • Hal ini bisa dilakukan setidaknya 3 kali per minggu

Cek juga: Cara Mencegah Rambut Rontok Secara Alami

 

Tips Gaya Hidup untuk Mencegah Rambut Beruban di Usia Muda

Cara Mengatasi Rambut Beruban di Usia Muda
via HGH.com

Selain dengan obat alami, rambut beruban juga bisa dicegah kalau lo punya gaya hidup yang sehat bro.

Supaya lebih spesifik, lakukan beberapa tips di bawah ini untuk memperkecil kemungkinan tumbuhnya uban di usia muda:

 

1. Perbanyak Minum Air Mineral dan Makanan Sehat

Langkah pertama yang jelas bisa lo lakukan adalah menjaga kesehatan rambut dari dalam.

Konsumsi air mineral yang cukup tidak hanya memperlancar peredaran oksigen ke rambut, tapi juga menyehatkan tubuh secara umum bro.

Di sektor makanan, ada beberapa makanan yang bisa lo konsumsi untuk meningkatkan kesehatan rambut bro.

Makanan yang dimaksud mengandung banyak vitamin A, E, B9, B12, dan zink seperti telur, ayam, ikan, kacang-kacangan, dan bayam.

 

2. Rawat Rambut dengan Baik

Berikutnya tentu berhubungan dengan sebaik apa lo merawat rambut bro.

Beberapa cara yang bisa lo lakukan untuk menjaga rambut lo antara lain:

  • Bersihkan rambut setidaknya dua hari sekali
  • Cuci rambut setelah memakai pomade atau produk styling rambut lainnya
  • Hindari mencabut uban karena dapat merusak saraf di pangkal akar rambut
  • Batasi penggunaan semir rambut buatan (kimia) karena bisa memperparah rusaknya akar rambut dan melanosit

 

3. Batasi atau Hentikan Kebiasaan Merokok

Seperti yang disinggung sebelumnya, kandungan karsinogenik pada rokok dapat menyebabkan produksi melanin turun.

Jika rokok menjadi penyebab utama rambut putih lo, maka gw sarankan untuk membatasi (atau menghentikan sepenuhnya) kebiasan merokok lo bro.

Bagi lo yang perokok pasif (sering menghirup asap rokok), sebaiknya bawa masker atau hindari lingkungan di mana lo sering menjadi perokok pasif.

 

4. Jaga Kesehatan Psikis

Salah satu penyebab rambut beruban yang lebih sulit dikendalikan selain faktor genetik adalah faktor psikis.

Penyebab kesehatan psikis terganggu bisa bermacam-macam, mulai dari lingkungan kerja, keluarga, teman, pasangan, komunitas, atau bahkan campur.

Usahakanlah untuk mengenal hal-hal yang dapat membuat lo stres bro.

Perbanyak kegiatan yang bisa meringankan jiwa lo, misalnya beribadah, menonton video-video lucu di YouTube, atau lakukan hobi yang lo sukai

Cek juga: Cara Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan Sehari-hari

 

Cara Tampil Keren Dengan Rambut Beruban

Bagian ini khusus buat lo yang punya prinsip ‘Nasi telah menjadi bubur, sekalian saja dijadikan bubur ayam’.

Ada kalanya rambut yang memutih tersebut bisa lo manfaatkan untuk tampil lebih kece bro.

Pesona rambut putih yang sering dipersepsikan ‘sudah tua’ dapat membuat lo terlihat lebih dewasa dan maskulin.

Beberapa orang ada juga yang sengaja mengecat rambutnya dengan warna putih atau abu untuk menciptakan kesan keren dengan rambut putih mereka.

Di bawah ini ada beberapa model rambut yang bisa lo coba supaya terlihat keren dengan rambut putih (foto disadur dari menhairstyletoday.com):

 

1. Messy Hair Style

Messy Hair untuk Rambut Beruban
Berbagai contoh messy hair

Gaya rambut ini cocok buat lo yang rambutnya tebal dan lebat bro.

Rambut yang dibuat agak acak atau sedikit terarah ke satu titik akan memberikan kesan keren, muda, dan dinamis.

Kalau lo mau lebih edgy lagi, cat rambut lo belang-belang (misalnya putih dan hitam).

 

2. Slicked Hair Style

Slicked Side Hair untuk Rambut Beruban
Sisiran menyamping
Slicked Back Hair untuk Rambut Beruban
Sisiran ke belakang

Gaya rambut ini cocok untuk lo yang pengen terlihat rapi dengan uban.

Kunci gaya rambut ini adalah pomade yang tepat (biasanya water-based pomade yang lebih cocok) dan sisir rambut yang bagus.

Gaya rambut ini dapat memberikan kesan elegan dan intelek, jadi cocok buat lo yang sering pergi ke acara formal atau ngantor di tempat dengan dresscode formal.

 

3. Buzz Cut Hair Style

Buzz Cut Obama untuk Rambut Beruban
Buzz Cut ala Obama – via refinery29.com

Nah kalau yang ini lebih tepat untuk lo yang pengen meminimalisir penampakan rambut putih.

Potongan rambut yang super pendek memberikan kesan santai dan ramah.

Model rambut seperti ini juga cocok untuk lo yang gak suka ribet mengatur rambut, karena tidak butuh penataan khusus untuknya.

Cek juga: Cara Memilih Pomade yang Pas Sesuai Gaya dan Jenis Rambut Lo!

 

Nah itulah berbagai cara mencegah rambut beruban sekaligus memanfaatkannya kalau sudah terlanjur beruban.

Pastikan agar lo menjaga kesehatan rambut ya bro, karena bagaimanapun juga rambut merupakan mahkota kita (alias King’s Crown).

Buat lo yang pengen tampil keren dengan berbagai macam gaya rambut, bisa cek di sini untuk gaya rambut yang cocok sesuai bentuk wajah.

Jika lo punya tips lain seputar uban pada rambut, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Featured Article Image: Peter Krauss (The Bachelor)

4 thoughts on “Cara Mengatasi Rambut Beruban + Tampak Keren Khusus Pria!”

    1. Iya gan, terapkan pola hidup sehat dan tetaplah percaya diri kalau memang uban tak bisa dicegah karena faktor genetik ya. Sudah disediakan di atas tuh model rambut yang pas kalau memang ubanan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *