Lifestyle

Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula, Mau Coba?

Kerja Dari Rumah mencari Uang Online

Berapa banyak di antara lo yang pernah atau sering melakukan riset di mesin pencari online dengan kalimat seperti cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula atau cara mendapatkan dolar gratis online?

Wajar kok bro kalau lo pernah melakukannya. Dengan semakin majunya teknologi, mendulang duit dari internet bukanlah sekedar mimpi belaka kok.

Kalau mau tampil kece maksimal, duit tentu menjadi salah satu modal yang lo perlukan. Betul gak? :p

Jika lo merasa pekerjaan utama lo gak cukup, mencari usaha sampingan lewat dunia internet bisa menjadi cara yang bagus kok. Bahkan bisa saja usaha sampingan tersebut nantinya menjadi pekerjaan utama lo yang baru.

Di tulisan kali ini gw mau share beberapa usaha yang bisa lo lakukan, tapi sebaiknya lo baca dulu tentang bahaya yang mengintai saat mencari penghasilan online.

 

Hal yang Perlu Diwaspadai Saat Mendulang Uang Online

Penipuan Online Scam

Jawabannya jelas: Scam alias penipuan. Kenapa sih banyak yang mudah terjebak scam?

Keinginan hidup enak dan glamor yang sering dilihat di media (TV maupun media sosial) sering menjadi penyebab utamanya.

Hayo ngaku siapa di antara lo yang suka ngiri kalau melihat ada temen yang update di media sosial tentang liburan ke luar negeri atau beli barang mewah terbaru?

Gak salah kok kalau punya keinginan seperti mereka, tapi lo perlu bisa mengendalikan diri juga terhadap godaan duniawi tersebut.

Jenis Penipuan Online

Nah, bagi lo yang merasa mudah terpengaruh gaya hidup mewah, sebaiknya berhati-hati karena lo bakalan menjadi sasaran empuk para online scammer (orang yang melakukan penipuan lewat media online).

Biasanya nih bentuk-bentuk online scam yang mengincar para pendulang uang online itu antara lain:

  1. Email dari orang tak dikenal (spam) yang berisi link ke situs tidak jelas. Ada yang meminta data diri lo dengan iming-iming hadiah, ada juga yang tanpa ba bi bu langsung menyerang perangkat lunak lo dengan malware berbahaya (bisa mencuri data pribadi).
  2. Situs training, penjual e-book, atau seminar yang berisi informasi sampah. Biasanya informasi yang diberikan atau diajarkan hanya informasi umum yang mudah ditemukan di internet, dan cara utama menghasilkan uang adalah dengan mengajak kenalan lo bergabung sebagai referral (dapat komisi).
  3. Aplikasi microtask dengan iming-iming hadiah uang atau pulsa dalam jumlah besar. Contoh microtask itu misalnya mengisi survey, download aplikasi, dan semacamnya. Lo baru bisa mencairkan uang setelah mencapai batas (threshold) tertentu.

 

Tips Menghindari Scam

Cara Menghindari Penipuan Online

Tidak semua seminar, training, buku, survey online, aplikasi, software, atau apapun yang mengaku-ngaku dapat membuat lo menjadi kaya secara online adalah scam.

Beberapa ada yang memang benar, sedangkan sebagian lainnya penipuan.

Berikut ini gw bagikan tips untuk menghindari online scam yang dijelaskan di atas:

 

1. Cari Ulasan Online

Ini cara yang cukup ampuh untuk menghindari program, seminar, dan aplikasi scam.

Jangan langsung percaya 100 persen dengan ulasan yang ditulis di dalam website program tersebut (sekalipun ada yang bentuknya video), karena tidak ada jaminan ulasannya netral.

Ulasan atau review online yang lebih bisa dipercaya adalah ulasan yang ada di Google atau Apple Play Store (untuk aplikasi), Facebook dan Google Review (untuk website dan program).

Cara lainnya adalah dengan mencarinya di mesin pencari online seperti Google.

Coba ketik ‘review program xxx’ atau ‘ulasan aplikasi yyy’ atau ‘is zzz a scam?’ dan cek beberapa hasilnya.

Cek juga: Cara Membedakan Parfum Asli dan Palsu yang Mudah Dilakukan!

 

2. Gunakan Informasi Pribadi Palsu

Jika lo sulit menemukan ulasan online yang terpercaya dan tetap ingin mencoba, maka gw sarankan pakai informasi yang palsu.

Sebagian program atau training penghasil uang ini ada yang memberikan free trial dan ada juga yang langsung meminta lo melakukan pembayaran.

Nah kalau bisa free trial dulu sih tidak apa-apa. Tapi gw sarankan jangan masukkan informasi pribadi yang sungguhan kalau lo ragu (seperti nama dan nomor telepon).

Yang sulit ditangkis itu adalah yang memang langsung meminta pembayaran di muka (seperti buku dan seminar cara menghasilkan uang cepat yang kadang lo temui di iklan Facebook)

Kalau sudah begini, silahkan cek nomor 3 di bawah

 

3. Terlalu Bagus untuk Menjadi Nyata

Ini prinsip utama gw sebelum mengenal istilah mencari duit online.

Ketika lo merasa suatu program, buku, seminar, dan sejenisnya too good to be true, then it usually is.

Gw berkali-kali bertemu dengan iklan digital ‘Dapatkan penghasilan ribuan dolar per bulan hanya dengan modal laptop dan email’ sesungguhnya merupakan scam penjualan software investasi valas.

Cara untuk lo mendapatkan duit dari situ adalah dengan menarik lagi ‘korban’ lain untuk membeli software tersebut agar lo mendapatkan komisi. Software-nya sendiri gak begitu berguna dan lo tidak mendapatkan training yang proper untuk menggunakannya.

Bisa bayangkan lo menjadi ‘kaya’ dengan menumbalkan orang lain, bro?

 

Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula

Sudah dapat gambaran untuk hal-hal yang harus dihindari dan diwaspadai saat mencari uang secara online?

Nah berikut ini barulah beberapa cara mencari penghasilan dari internet yang bisa lo lakukan dengan halal.

Perlu diingat bahwa di bawah ini bukan cara cepat atau instan menjadi kaya. Lo tetap perlu usaha dan konsisten dalam melakukannya bro.

 

1. Pakai Aplikasi Pemberi Reward

Aplikasi microtask pemberi hadiah

Cara pertama menghasilkan uang ini lumayan mudah dilakukan, dan biasanya lo cukup memiliki modal smartphone atau laptop sendiri saja.

Pernah dengar aplikasi microtask semacam cashtree, surveymonkey, dan sebagainya?

Nah itu semua tergolong dalam aplikasi pemberi reward.

Caranya sendiri mudah, lo bakal diminta melakukan kegiatan-kegiatan sederhana seperti mengisi survey, mengunduh aplikasi tertentu, bermain game sederhana, dan sebagainya.

Setiap aktivitas akan memberikan lo sejumlah poin yang kalau dikumpulkan dapat ditukar dengan hadiah seperti pulsa, voucher, dan bahkan uang tunai.

Aplikasi kaya begini cocoknya buat sampingan saat senggang aja sih, bukan untuk serius mencari uang. Lumayan kalau dapat voucher gratis bro 🙂

Jangan lupa untuk cek ulasan online dulu untuk mengecek apakah banyak orang lain yang mengalami kesulitan saat mencairkan hadiah.

 

2. Buat Toko Online

Cara mendapatkan uang dari internet - Miliki toko online

Cara kali ini kalau dijalani serius dan konsisten dapat menjadi sumber penghasilan utama lo.

Bagi lo yang punya koneksi ke supplier murah atau punya keahlian membuat jenis barang tertentu, gak ada salahnya untuk serius menjualnya ke masyarakat umum.

Bagi pemula, lo bisa manfaatkan platform marketplace terkenal seperti Tokopedia atau Bukalapak. Kesempatan barang jualan lo ditemukan di sana akan lebih tinggi daripada lo bikin website jualan sendiri.

Oh ya, kalau lo punya banyak teman, jualan online pakai Instagram juga cukup ampuh.

Buat akun khusus toko online lalu minta teman-teman lo endorse produk lo. Jangan lupa untuk rajin promosi akun lo ke semua kenalan lo ya bro 🙂

Beberapa teman Mas Kulin sudah sukses lho berhenti dari kerjaan kantoran dan hidup sehari-hari cuman dari jualan toko online.

Cek juga: Rekomendasi Parfum Pria Murah Populer di Indonesia yang Bisa Dibeli Online!

 

3. Dropshipping

Bisnis Dropshipping
via exactviral.com

Pernah dengar istilah dropshipping?

Aktivitas dropshipping ini mirip dengan reselling, yaitu menjual kembali barang dari supplier utama ke pelanggan lo. Si pelanggan ini tahunya barang tersebut dijual oleh lo, bukan dari si supplier utama lo.

Terus bedanya dengan reselling apa?

Nah kalau reselling itu lo perlu stok barangnya bro. Jadi lo bisa mengendalikan stok barang sendiri, mengatur harga jual dan profit margin, memodifikasi produk, menambahkan bonus pembelian untuk taktik marketing, dan sebagainya.

Artinya, lo perlu modal untuk punya stok barang.

Skema Dropshipping
via dropshipacademy.asia

Dalam dropshipping, order jualan yang lo terima dari pelanggan akan langsung lo teruskan ke supplier lo. Si supplier akan mengirim barang yang dipesan atas nama toko lo. Lo bakal dapat komisi dari barang yang terjual, dan lo juga gak perlu punya stok barangnya.

Kedengarannya enak, tapi ingat bro. Lo gak punya kendali atas barang yang dijual tersebut. Kalau pelanggan komplain atau ada masalah, lo gak bisa mengalihkannya ke supplier lo.

Masing-masing punya plus minus, jadi silahkan tentukan lo lebih suka yang mana.

 

4. Menjadi Freelancer

Bekerja Menjadi Freelancer

Punya keahlian yang bisa dijual untuk menghasilkan uang?

Yuk coba jadi pekerja lepas alias freelancer. Kalau lo sudah punya banyak proyek yang konsisten, penghasilan dari freelancer bisa membuat hidup sehari-hari lo tercukupi bro.

Keahlian umum yang bisa dijual sebagai freelancer antara visual design, software dan website programming, content writing, digital marketing (misalnya social media dan SEO), data entry, dan jasa keuangan (pembuatan laporan keuangan, laporan pajak, dan sebagainya).

Buat yang punya pengalaman atau punya kenalan freelancer dengan keahlian di luar yang disebutkan di atas, let me know di kolom komentar ya.

Keuntungan Freelancer

Ada dua cara umum untuk menjadi freelancer.

Yang pertama adalah mendaftar di situs-situs freelancing. Kalau lo pede, lo bisa coba situs freelance luar negeri seperti Fiverr atau Freelancer.

Tapi ingat bro, persaingan freelancer di dalam situs-situs ini ketat pakai banget. Jadi jangan cepat patah semangat kalau belum dapat klien ya.

Yang kedua adalah lewat koneksi teman atau kenalan. Teman gw ada yang suka dapat proyek jasa keuangan dari koneksinya. Lumayan untuk jadi portofolio sebelum jadi professional freelancer.

Cek juga: Tips Keuangan untuk Pria Generasi Milenial yang Perlu Lo Coba!

 

5. Menjadi Content Creator

Photo Content Creator

Profesi content creator sebenarnya sudah ada sejak lama lho, yaitu ketika jaman blogger masih berjaya.

Cuman, istilah ini baru populer beberapa tahun ini karena content itu gak hanya sekedar nulis di blog, tapi juga merambah di platform lain (terutama media sosial).

Content creator ada yang bekerja sebagai bagian dari perusahaan (jadi akun yang dia kelola merupakan milik perusahaan) dan ada yang independen. Blogger, selebtwit, selebgram, dan youtuber individual atau grup biasanya adalah content creator yang sifatnya independen.

Content Creator Sesuai Passion

Keuntungan utama bekerja sebagai content creator sebenarnya bukan hanya dari segi penghasilan atau ketenaran, tapi dari sisi pemenuhan kepuasan hidup.

Yup, lo bisa menjadi content creator sesuai passion lo.

Suka masak? Jadilah blogger resep makanan atau chef youtuber. Suka makan? Jadilah food blogger atau food celebgram dan review banyak tempat makan yang nge-hits di sekitar lo.

Butuh kerja keras dan konsistensi agar lo bisa menjadi content creator yang sukses dari sisi materi maupun moril. Kalau serius, mulailah dari sekarang dengan riset apa yang lo suka dan tentukan media platform mana (blog, medsos) yang akan menjadi andalan lo 🙂

 

Nah itulah berbagai cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula yang bisa lo coba.

Ingat bro, nyaris tidak ada orang yang sukses kaya mendadak hanya dengan mencoba-coba salah satu cara di atas.

Lo butuh niat dan konsistensi untuk melakukannya. Banyaklah melakukan riset dan jangan takut untuk bertanya pada orang lain untuk melancarkan usaha lo mendulang duit dari internet.

Jangan lupa untuk take a break sesekali biar gak stres dan usahakan untuk mempertahankan kerjaan utama lo sembari memupuk hasil usaha lo.

Jika lo punya tips lain soal mencari uang secara online yang halal, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

2 thoughts on “Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula, Mau Coba?”

  1. Halo, saya pikir mendapatkan uang secara online memang membutuhkan kesabaran dan kerja keras. Akibatnya, banyak orang yang berhenti di tengah jalan. Saya sendiri termasuk ke dalam ‘pencari rejeki’ online dan cukup kaget juga dengan beberapa alternatif yang ditawarkan di atas hanya pernah saya dengan sepintas, seperti dropshipping.

    Terima kasih infonya dan semoga sukses.

    1. Hi bro, betul banget. Nyari rejeki dari dunia online itu ga mudah, apalagi kalau ingin dijadikan sumber penghasilan utama. Kerja keras dan juga konsistensi jadi salah satu kuncinya. Sukses juga untuk bro 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *