Fashion

8 Cara Memutihkan Sepatu Dengan Mudah dan Cepat

Cara Memuthkan Sepatu

Hai bro, apakah lo sedang bingung cara memutihkan sepatu biar tampak seperti baru kembali? Sepenting itukah mengembalikan warna sepatu menjadi putih seperti semula?

Salah satu cara mudah biar tampilan lo makin keren adalah lewat pilihan sepatu. Ga bisa dipungkiri kalau emang sepatu sangat mendukung outfit
yang lo pake sehari-hari

Dan dari beragam pilihan warna sepatu, warna putih bisa dibilang yang paling populer. Lo akan terlihat lebih eye-catching dengan pilihan warna sepatu ini.

Sepatu putih sangat diminati oleh mayoritas pria karena cocok digunakan untuk berbagai event. Lo bisa pake buat kuliah, hangout, ataupun pas lagi travelling.

Tapi banyak pria yang ragu buat beli sepatu warna putih karena beberapa alasan. Yang utama adalah mereka takut mudah kotor ketika dipakai untuk aktivitas outdoor.

Selain itu, sepatu putih juga sering disebut warnanya gampang pudar. Walaupun jarang dipake di tempat kotor, lama-kelamaan warnanya berubah sendiri jadi kekuning-kuningan.

Semua anggapan itu sebenarnya ga salah. Tapi sebenarnya bisa diatasi dengan cara yang mudah dan simpel.

Umumnya, sepatu dengan warna apapun memang butuh treatment
masing-masing. Dan sepatu putih bisa dibilang perlu perlakuan khusus biar tetep awet.

Tapi cara memutihkan sepatu ini sebenernya ga terlalu ribet. Bahan-bahan yang bisa dipakai pun mudah didapat dan bisa jadi udah ada disekitar lo.

Dan biar lo tahu lebih jauh tentang cara tersebut, langsung aja ikuti penjelasannya di bawah ini. Let’s go!

 

Penyebab Sepatu Putih Menguning

Penyebab Sepatu Menguning
Sumber: cleaning-expert.net

Sebelum membahas apa aja kiat yang bisa lo lakukan buat memutihkan sepatu, sebaiknya pahami dulu faktor penyebab sepatu putih menguning. Dengan begini, sebisa mungkin lo bisa menghindarkan sepatu putih kesayangan lo dari hal-hal seperti ini.

Faktor pertama adalah intensitas pemakaian dan lingkungan sekitar. Kalo emang lingkungan tempat lo berkegiatan sehari-hari banyak debu dan berlumpur, maka sepatu juga harus lebih rutin dibersihkan.

Pada dasarnya, sepatu cepat menguning dan nodanya susah hilang karena kelamaan ga dibersihkan. Karena kalo cuma didiamkan, noda tersebut bakal jadi kerak dan warnanya yang semula putih berubah jadi kekuningan.

Faktor kedua adalah cara membersihkan yang keliru seperti memasukkan sepatu putih ke mesin cuci. Cara ini justru bisa menyebabkan warna asli cepet pudar dan bagian sol sepatu gampang menguning.

Kemudian faktor ketiga yang juga gak kalah penting adalah membersihkan residu atau sisa bahan kimia sehabis mencuci sepatu. Perlu lo tahu, sisa sabun atau detergen yang ga dibersihkan sempurna justru bisa bikin warna putih sepatu jadi menguning.

Untuk itu, selalu pastikan lo bilas sepatu dengan benar setelah proses pencucian. Di sini, lo bisa pake kain yang dibasahi pakai air hangat dan mengusap permukaan sepatu secara merata sampai semua sisa cairan pembersih hilang.

 

Cek juga: Cara Memilih dan Merawat Jaket Kulit yang Benar

Follow Instagram Mas Kulin

 

Cara Memutihkan Sepatu Dilihat Dari Bahan

Dalam merawat sepatu, lo sebaiknya ga pake cara asal-asalan. Apalagi jika sepatu kesayangan lo berwarna putih.

Karena jika sampai salah ngasih treatment, efek buruknya adalah warna asli jadi cepat pudar. Dan perlu lo tahu, proses memutihkan sepatu tersebut bisa dibedakan dari bahannya.

Apa saja bahan tersebut dan bagaimana caranya? Biar ga makin penasaran langsung saja simak poin-poin di bawah ini.

 

1. Sepatu Kanvas

Cara Memutihkan Sepatu Bahan Kanvas

Dari berbagai bahan sepatu, bisa dibilang sepatu kanvas adalah yang paling ngetren di kalangan pria milenial. Umumnya, alasan mereka memilih sepatu ini adalah pilihan desain dan bentuk yang menarik serta fleksibel digunakan di banyak aktivitas.

Selain bikin lo tampil impressive, kelebihan lain dari sepatu kanvas adalah perawatannya yang gampang. Bahkan, lo gak perlu ngeluarin duit sama sekali karena bahan-bahannya biasanya sudah ada di rumah.

Untuk memutihkan sepatu kanvas, pertama siapkan air hangat dan sabun cair. Di sini, lo juga bisa mengganti sabun cair dengan baking
soda kalo emang ada.

Fungsi dari sabun dan baking soda adalah buat ngangkat kotoran yang menempel di permukaan sepatu. Kalo udah, campur bahan-bahan itu ke wadah yang sudah disiapkan sebelumnya.

Setelah itu, oleskan campuran bahan itu secara merata ke permukaan luar sepatu dan gosok perlahan pake tangan. Kalo emang noda yang nempel cukup banyak, lo juga bisa pake sikat berbahan nilon.

Abis itu, bilas pake air yang mengalir sampai semua busa dan noda hilang. Lo bisa ulangi proses ini beberapa kali kalo emang noda di permukaan sepatu sedikit bandel.

Jangan lupa juga buat menggosok bagian sol sepatu. Sebagai langkah terakhir, keringkan sepatu yang sudah selesai dicuci.

 

2. Sepatu Kulit

Cara Memutihkan Sepatu Bahan Kulit

Kalo lo pengen tampil classy dan sedikit parlente, maka sepatu putih berbahan kulit adalah pilihan tepat. Jenis sepatu yang satu ini juga cocok dipakai sehari-hari.

Dari segi perawatan dan proses memutihkan, tentu sepatu kulit beda sama kanvas. Disini, lo perlu ngasih perhatian lebih karena emang bahan leather ga bisa diperlakukan sembarangan.

Caranya, siapkan dulu kain katun, handuk dan sabun khusus bahan kulit. Sabun ini ada beberapa macam, contohnya adalah saddle soap atau bisa juga pake leather conditioner.

Kalo permukaan sepatu terlihat kotor, bersihkan dulu pake handuk kering. Tahap ini berfungsi buat menghilangkan debu dan noda yang nempel.

Setelah itu, basahi kain katun dengan saddle soap lalu gosok permukaan sepatu secara merata. Tenang aja, saddle soap ini ga bakal ga akan ngerusak tekstur tapi justru menguatkan warna asli sepatu.

Kalo udah yakin semua noda hilang, gosok lagi pake handuk kering buat menghilangkan sisa sabun. Langkah terakhir tinggal keringkan sepatu dan sebaiknya lo ga jemur sepatu langsung di bawah sinar matahari biar keawetannya terjaga.

 

3. Sepatu Suede

Cara Memutihkan Sepatu Bahan Suede

Sepatu suede berasal dari kulit hewan yang lembut dan lentur. Kebanyakan pria memilih sepatu ini ketika pengen tampil vintage tapi tetap elegan.

Dan diantara bahan lain, bisa dibilang sepatu suede paling rawan kotor. Jadi sebaiknya lo ga pake sepatu ini di tempat yang becek dan banyak debu karena sifat alami suede mudah menyerap cairan dan meninggalkan bekas noda.

Tapi walaupun lo terpaksa pake sepatu suede putih di tempat-tempat kayak gitu, mulai sekarang ga perlu khawatir lagi. Ini karena ternyata cara memutihkannya ga seribet seperti anggapan kebanyakan orang.

Tapi, di sini lo butuh alat khusus yaitu sikat suede. Jenis sikat ini punya tekstur lembut sehingga aman buat permukaan beludru.

Kalo emang nodanya cuma ringan, cukup gosok permukaan sepatu pake sikat tersebut sampai bersih. Usahakan menggosok pelan-pelan satu arah biar ga ngerusak tekstur lembut suede.

Tapi kalo noda basah, keringkan dulu pake handuk atau kain katun. Abis itu, baru gosok perlahan sampai noda benar-benar hilang.

 

Cek juga: Berbagai Jenis Sepatu Pria Jaman Now yang Perlu Lo Ketahui

 

Berbagai Alat dan Bahan Untuk Memutihkan Sepatu

Bisa dibilang proses memutihkan putih itu gampang-gampang susah. Kuncinya adalah membersihkan secara teratur sama paham bahan atau alat apa aja yang boleh digunakan selama proses memutihkan tersebut.

Efek buruk kalo lo salah milih alat atau bahan dan ternyata gak cocok sama jenis sepatu adalah tekstur yang cepat rusak dan warna putih yang memudar. Untuk itu, sebaiknya lo pahami dulu alat dan bahan apa saja yang bisa digunakan dan cocok ketika pengen memutihkan sepatu.

Biar ga makin penasaran, langsung saja simak penjelasannya berikut ini. Check it out!

 

1. Pasta Gigi

Pasta Gigi untuk Sepatu
Sumber: elitereaders.com

Selain buat membersihkan gigi, ternyata pasta gigi juga efektif dipake buat memutihkan sepatu. Karena pada dasarnya, pasta gigi memang  mengandung zat yang bisa menghilangkan noda menempel.

Di sini, lo perlu mempersiapkan pasta gigi dengan sikatnya sekalian. Lo juga bisa memakai kain atau sendok sebagai pengganti sikat.

Oleskan pasta gigi secukupnya pada permukaan sepatu putih yang kotor. Setelah itu, tinggal gosok pelan-pelan sampe semua noda hilang gak berbekas.

Dan sebagai langkah pamungkas, bersihkan sepatu dengan kain basah biar sisa pasta gigi ikut hilang. Cara ini bisa lo terapkan sama sepatu dengan bahan apapun.

Tapi ingat bro, jangan terlalu kasar ketika menggosok permukaan sepatu dengan sikat karena bisa merusak tekstur dari bahan yang lembut kayak
suede
.

 

2. Shampo

Pakai Shampo untuk Sepatu
Sumber: nytimes.com

Sama seperti pasta gigi, shampo juga efektif digunakan buat menghilangkan noda sepatu yang membandel. Lo cukup siapkan sebuah kain, air hangat, dan shampo merek apapun.

Usapkan shampo pada bagian yang kotor. Setelah itu, gosok pelan-pelan pake kain yang sudah dibasahi dengan air hangat sampe noda terangkat.

Kalo udah, usap lagi sepatu dengan lap kain biar bekas shampo hilang. Dan sama kayak yang sebelumnya, tinggal keringkan sepatu di tempat yang aman dari sinar matahari.

Cara ini cocok dengan sepatu putih berbahan kanvas. Dan bisa dibilang shampo lebih gampang menghilangkan noda dibandingkan kalo lo pake sabun cuci biasa.

 

3. Penghapus

Pakai Penghapus untuk Sepatu
Sumber: mom4real.com

Mungkin lo bertanya-tanya, emang penghapus bisa memutihkan sepatu? Tenang aja bro, gw ga salah ketik. Penghapus emang bisa lo jadikan alternatif buat mengatasi noda yang menempel di permukaan sepatu.

Alat yang satu ini paling cocok digunakan pada sepatu putih berbahan suede. Caranya, langsung aja gosok bagian yang kotor pake penghapus.

Biar lebih cepat hilang, usahakan menggosoknya melawan arah noda. Lo gak perlu mengeringkan sendiri dan sepatu langsung siap dipakai.

 

4. Pemutih Pakaian

Gunakan Pemutih Pakaian
Sumber: fannehsm.wordpress.com

Pemutih pakaian bisa lo gunakan sebagai alternatif kalo memang tidak ada alat pembersih lain. Selain itu, sebaiknya jangan terlalu sering membersihkan sepatu pake bahan yang satu ini.

Walaupun memang efektif buat memutihkan sepatu, tapi pemutih pakaian pada dasarnya bersifat korosif. Artinya, cairan ini sebenarnya bisa bikin warna asli sepatu cepat pudar.

Usahakan hindari kontak langsung cairan pemutih pakaian dengan tangan. Biar lebih aman, gunakan sarung tangan karet atau plastik atau seenggaknya lapisi tangan dengan bahan waterproof.

Caranya, langsung aja ambil sikat gigi dan celupkan ke pemutih pakaian. Abis itu, tinggal gosok ke bagian sepatu putih yang kotor sampe nodanya hilang.

Yang paling penting, cobalah fokus untuk menggosok bagian yang kotor saja dan jangan sampai melebar ke bagian lain. Dengan begini, warna asli sepatu putih kesayangan lo bakal lebih awet.

 

5. Cuka dan Soda Kue

Pakai Cuka dan Soda Kue untuk Memutihkan Sepatu
Sumber: wendyls.co.nz

Dan bahan terakhir yang bisa dimanfaatkan untuk memutihkan sepatu adalah cuka dan soda kue. Mungkin selama ini lo tidak menyangka kalo bahan-bahan makanan ini ternyata juga efektif menghilangkan noda sepatu.

Caranya, campurkan 1 sendok makan soda kue dan 2 sendok makan cuka ke dalam air hangat. Setelah itu, ambil sikat gigi dan celupkan pada hasil campuran ini.

Sikat perlahan bagian sepatu yang kotor sampe nodanya hilang. Sebagai informasi, cara ini disarankan buat sepatu berbahan kanvas.

 

Cek juga: Tren Warna Rambut Pria Terbaru yang Perlu Lo Cek

 

Mempertahankan Warna Putih Sepatu

Kalau sudah mencoba cara-cara di atas dan sukses, maka selanjutnya tinggal mempertahankan warna putih sepatu favorit lo. Caranya pun mudah dan gak ribet kok.

Yuk simak caranya di bawah ini.

 

1. Rutin Membersihkan Dengan Air Hangat

Cuci Sepatu dengan Air Hangat
Sumber: adidas.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, noda yang lama gak dibersihkan adalah faktor utama penyebab sepatu menguning. Untuk itu, sebaiknya lo rutin membersihkan sepatu dengan cara yang paling simpel, yaitu pake air hangat.

Cukup ambil kain dan basahi dengan air hangat. Lalu gosok permukaan sepatu secara merata biar noda yang menempel segera hilang.

Cara ini bisa lo lakukan setiap hari atau paling ga seminggu sekali. Dan ga perlu waktu lama untuk treatment sesimpel ini.

Jadi, setelah pulang kuliah atau kantor, lo bisa luangin waktu sekitar 5 menit untuk membersihkan sepatu. Tapi walaupun terkesan sepele, cara ini cukup efektif mempertahankan warna putih sepatu biar ga cepet menguning.

 

2. Jangan Membersihkan Sepatu Dengan Mesin Cuci

Hindari Mencuci Sepatu di Mesin Cuci

Ini adalah hal dasar yang harus lo pahami. Memasukkan sepatu ke mesin cuci cuma dengan alasan biar menyingkat waktu adalah cara yang ga tepat.

Apalagi jika sepatu putih lo berbahan leather dan suede. Yang ada justru tekstur permukaan sepatu menjadi rusak dan warna putihnya menjadi gampang pudar.

Selain itu, perputaran mesin cuci yang cepat juga bisa membuat kulit sepatu tergores. Jadi, hindari cara ini kalau emang pengen sepatu putih lo bisa bertahan lama.

 

3. Jangan Menjemur Sepatu Di Bawah Sinar Matahari

Hindari Menjemur Sepatu di Bawah Matahari
Sumber: rachelteodoro.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketika lo mencuci sepatu dengan campuran air jangan mengeringkannya di bawah sinar matahari langsung. Cara ini bisa membuat sepatu cepat berubah warna karena perbedaan suhu yang drastis.

Untuk itu, cara terbaik adalah mengeringkan sepatu di tempat yang sejuk. Cukup angin-anginkan sepatu dan tunggu sampai kering agar warna aslinya tetap awet.

 

Cek juga: Cara Mix and Match Warna Sepatu dengan Pakaian yang Pas

 

Nah itulah ulasan mengenai berbagai cara memutihkan sepatu dengan mudah dan cepat untuk lo praktekkan sehari-hari.

Kalo emang aktivitas lo lebih sering di dalam ruangan, sebaiknya lakukan proses pemutihan sepatu sebulan sekali. Tapi kalo emang kegiatan lo lebih banyak outdoor, dua minggu sekali adalah pilihan waktu yang pas.

Sepatu yang putih dan kinclong dapat lo gunakan dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, maintenance sepatu merupakan salah satu teknik yang sebaiknya lo kuasai bro. Lo bisa hemat dalam jangka panjang dan gak perlu beli sepatu baru hanya karena sepatu lama lo menguning.

Khusus buat lo yang ingin merawat sepatu kulit, silahkan cek tulisan gw di sini tentang cara memoles sepatu kulit yang benar.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar warna rambut pria keren, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *