Fashion

Bro, Inilah Cara Mudah Memilih dan Merawat Jaket Kulit Pria!

Cara Memilih dan Merawat Jaket Kulit Pria

Adakah di antara lo yang penggemar fashion berbahan kulit?

Salah satu teman Mas Kulin doyan banget membeli dan memakai jaket kulit (lalu menjualnya lagi kalau sudah bosan).

Buat pria, menggunakan jaket kulit memang memberikan kesan macho dan pede karena lo memang tampak makin keren.

Jaket kulit termasuk ke dalam salah satu fashion item pria yang bersifat timeless. Lo gak akan pernah merasa ketinggalan jaman atau tren dengan memakai jaket kulit.

Selain itu, jaket kulit juga tidak mudah ditembus oleh angin sehingga banyak digunakan oleh para pengguna motor.

Buat lo yang punya atau akan membeli jaket kulit, kali ini gw akan membagikan tips seputar memilih dan merawat jaket kulit pria yang tepat.

 

Cara Memilih Jaket Kulit yang Bagus

Cara Memilih Jaket Kulit yang Pas untuk Pria

Salah satu pertanyaan paling populer tentang jaket kulit adalah seperti apa sih jaket kulit pria yang cocok untuk lo.

Pada dasarnya semua jaket kulit itu bagus bro, tapi lo bisa gunakan beberapa tips di bawah ini agar jaket kulit tersebut memang pas untuk lo kenakan.

 

1. Pilih yang Desainnya Minimalis

Dengan asumsi jaket kulit yang ingin lo beli akan sering digunakan, sebaiknya lo memilih jaket kulit klasik yang desainnya gak neko-neko, alias minimalis.

Jaket kulit dengan banyak resleting, jahitan, warna, atau aksesoris tambahan yang tidak begitu diperlukan dapat cepat rusak ketika sering digunakan.

Kalau lo mau beli jaket kulit dengan desain ‘heboh’, sebaiknya gunakan untuk momen tertentu saja supaya awet lebih lama.

Cek jugaKesalahan Cara Berpakaian yang Sering Diabaikan Pria!

 

2. Perhatikan Ukuran

Jaket kulit didesain untuk ngepas di badan bro.

Kalau lo pakai jaket kulit yang terlalu besar, maka badan lo akan terlihat kecil dan tidak proporsional.

Hanya saja, ada satu hal yang perlu diperhatikan.

Jaket kulit akan menyusut dalam jangka waktu yang lama dengan sendirinya.

Oleh karena itu, belilah jaket kulit yang ukurannya sedikit di atas ukuran badan lo yang sekarang. Biar nanti kalau sudah menyusut tidak akan membuat lo merasa sesak di badan.

 

3. Pilihlah Jaket Kulit Asli

Jaket kulit yang asli akan tahan lama, tidak mudah rusak, serta memiliki daya tahan yang kuat.

Saat dibandingkan dengan yang imitasi, memakai jaket kulit asli akan membuat lo lebih nyaman saat menggunakannya.

Pengecekan keaslian jaket kulit lebih mudah dilakukan saat lo membeli langsung di toko offline, namun lo bisa juga membelinya di toko online yang sudah terpercaya dan punya reputasi bagus.

Pastikan untuk mengecek ulasan produk untuk menemukan apakah ada yang protes terhadap bahan atau keaslian jaket kulit tersebut.

Untuk cara mengecek keaslian jaket kulit, silakan cek bagian berikutnya ya.

Cek juga: Cara Membedakan Sepatu Adidas Asli dan Palsu!

 

Cara Membedakan Jaket Kulit Asli dan Palsu

Cara Membedakan Jaket Kulit Asli dan Palsu
“HAH jaket kulit gw palsu? Kok Bisaa!?”

Nah sudah disinggung di bagian sebelumnya, jaket kulit yang asli lebih baik dan enak digunakan oleh lo dibandingkan dengan yang imitasi atau campuran.

Follow Instagram Mas Kulin

Bahan kulit yang biasa digunakan adalah kulit domba, kulit kambing, atau kulit sapi.

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa lo coba agar tidak tertipu saat akan membeli jaket kulit, apalagi di toko atau pasar yang gak jelas bisa dipercaya atau tidaknya.

 

1. Periksa Tekstur Jaket Kulit

Tekstur jaket kulit yang asli biasanya berbeda dengan kulit imitasi bro.

Coba lo pegang-pegang beberapa area jaket kulit yang jadi inceran lo.

Kalau terasa kaku atau kesat, maka kemungkinan besar jaket tersebut dibuat dari bahan kulit imitasi. (catatan: kulit sapi memang sedikit kaku, jadi ya tidak apa-apa jika diklaim sebagai jaket kulit sapi)

Bahan kulit yang asli (apalagi kulit domba) terasa lembut dan enak ketika dipegang bro.

Oh ya, kulit asli juga tidak mudah ditarik dan tidak mengkilap bro. Kalau kulitnya elastis, kemungkinan jaket kulit tersebut palsu.

 

2. Coba Kenakan Jaket Kulit Tersebut

Cara yang mudah untuk mengenali keaslian jaket kulit adalah mengenakannya langsung dan coba berjalan sedikit beberapa lama.

Jaket kulit asli tidak akan membuat lo merasa panas dan gerah (tapi masih mungkin berkeringat, tergantung cuaca dan kondisi tubuh lo).

Bahan kulit imitasi (terutama yang berbahan oscar) akan membuat lo merasa sedikit pengap dan panas saat dikenakan.

Kalau penjualnya melarang lo mencoba mengenakan jaket kulit tersebut, maka lo patut waspada bahwa jaket kulit tersebut palsu bro.

 

3. Terdapat Aroma yang Khas

Bahan kulit memiliki aroma yang khas, apalagi jaket kulit yang baru dijual (bukan jaket second).

Kalau lo bingung dan ingin tahu aromanya, lo bisa coba datangi toko ritel yang yang sudah terpercaya di dekat lo dan periksa jaket kulit mereka (yang seharusnya asli).

Kalau jaket kulit ‘baru’ yang mau lo beli tidak memiliki aroma apapun, atau memiliki aroma yang berbeda dari kulit asli, maka hampir pasti jaketnya palsu bro.

Lo bisa juga bawa teman yang sering membeli jaket kulit untuk mengenali keaslian aroma kulit dari jaket yang mau lo beli.

 

4. Tidak Mudah Terbakar

Cara ini agak ekstrim dan bisa lo ‘nekat’ lakukan kalau jaketnya sudah terlanjur dibeli. Kalau dilakukan di toko, ya lo bisa ditendang keluar bro :p

Bahan kulit asli tidak mudah terbakar dengan api.

Selain itu, aroma khas kulitnya akan terasa lebih kuat saat dibakar dengan api.

Sama seperti kasus ‘beras plastik’ yang heboh beberapa waktu lalu, bahan kulit imitasi mudah terbakar sehingga keasliannya bisa lebih terjamin dengan cara ini.

Kalau lo mengerti konsekuensi mengecek keaslian jaket kulit dengan cara ini, silakan dicoba. Lakukan dengan hati-hati agar tidak melukai diri sendiri atau merusak barang di sekitar ya.

 

5. Harga Berbicara

Harga jaket kulit yang asli (apalagi yang bahannya kulit domba) memiliki harga yang tidak murah bro.

Yah kualitas jaket kulit yang tinggi pastinya membuat harga jaket tersebut juga cukup mahal.

Normalnya, jaket kulit pria asli memiliki harga di atas Rp 500 ribuan. Di bawah itu lo patut waspada atas keaslian jaket kulit tersebut.

Risiko membeli jaket kulit palsu yang menyerupai asli adalah mudah membuat gerah, tidak tahan lama, serta teksturnya kurang enak bro.

Daripada beli jaket kulit palsu berkali-kali, lebih baik beli jaket kulit asli yang harganya mahal sedikit tapi tahan untuk waktu yang sangat lama 🙂

Cek juga: Cara Membedakan Parfum Pria yang Asli dan Palsu dengan Mudah!

 

Cara Membersihkan dan Merawat Jaket Kulit Pria

Cara Membersihkan dan Merawat Jaket Kulit

Sama seperti jaket denim, jaket kulit juga memiliki trik perawatan dan pembersihan yang agak berbeda dengan pakaian pada umumnya.

Kesalahan merawat jaket kulit akan membuat jahitannya cepat rusak, warna jaket yang pudar atau luntur, bahkan menyusut bro.

Berikut ini beberapa tips membersihkan dan merawat jaket kulit pria

 

1. Bersihkan Segera Noda yang Muncul

Noda pada jaket kulit yang dibiarkan akan menyerap ke kulitnya, sehingga jauh lebih sulit untuk dibersihkan.

Gunakan handuk basah untuk menyeka noda jika masih sangat baru.

Kalau sudah beberapa waktu (misalnya lo sudah pulang ke rumah), buat campuran dari sabun (sabun cuci piring atau detergen pakaian halus) dan ambil handuk.

Tuangkan sedikit campuran tersebut ke handuk dan usap bagian jaket kulit yang terkena noda.

Setelah noda terangkat, gunakan kain bersih untuk menyeka sisa sabun yang menempel.

Keringkan jaket kulit secara alami dengan cara digantung.

 

2. Cuci dengan Air Dingin

Jangan mencuci jaket kulit dengan air hangat karena dapat menyebabkan jaket mengerut dan menyusut drastis.

Paling aman, gunakan air dingin atau air dengan suhu ruangan.

Sebelum dicuci, pastikan agar lo membersihkannya dari noda yang menempel seperti yang dijelaskan di nomor sebelumnya.

Apabila lo menggunakan mesin cuci, gunakan tas laundry untuk membungkusnya agar jaket kulit tidak mudah tergulung.

Selesai dicuci, jemur jaket kulit di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung (jemur angin) agar tidak menimbulkan bau apek.

Cek juga: Tips Mencuci dan Merawat Jaket Denim dan Celana Jeans agar Tidak Melar!

 

3. Pakai Produk Perawatan Bahan Kulit

Setelah digunakan beberapa lama, bahan kulit pada jaket kulit di area tertentu bisa jadi mulai terasa ‘sangat kering’.

Jika dibiarkan, bagian yang kering tersebut bisa timbul ‘retakan’ yang dapat merusak jaket kulit kesayangan lo.

Oleh karena itu, segera gunakan produk perawatan bahan kulit untuk menjaga keawetan jaket kulit lo bro.

Alternatifnya, lo bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa.

Tuangkan sedikit produk perawatan atau minyak tersebut pada sehelai kain bersih, lalu usap seluruh daerah jaket kulit lo.

Oh ya, pastikan lo sudah membersihkan noda yang ada (sesuai nomor 1) sebelum mulai merawat jaket kulit ya.

 

4. Serahkan ke Jasa Pembersih Bahan Kulit

Jika lo sering menggunakan jaket kulit di jalanan, maka kemungkinan besar kotoran dan debu mudah menempel pada jaket kulit lo dalam waktu yang singkat.

Apabila lo merasa jaket kulit lo kotor banget atau terkena banyak noda yang sulit dibersihkan, maka cara terbaik yang bisa lo lakukan adalah menyerahkan ke yang ahlinya.

Lo bisa mencari jasa pembersih atau jasa pencuci barang-barang dengan bahan kulit, atau coba tanyakan ke jasa laundry terdekat apabila mereka paham dalam membersihkan jaket kulit.

Jangan nekat membersihkan sendiri kalau gak mau berisiko jaket kulit lo rusak bro.

Cek jugaCara Membuat Sepatu Kulit Bersih dan Terlihat Mengkilap!

 

Model Jaket Kulit Pria Terbaru

Jaket Kulit Pria Asli Bulu Domba Coklat
via Tokopedia

Bosan sama model jaket kulit klasik seperti di atas?

Nah ada beberapa model jaket kulit pria yang lagi lumayan ngetren beberapa tahun belakangan ini.

Desainnya juga gak terlalu kaku atau lebay, jadi masih cocok digunakan sama lo untuk kegiatan sehari-hari bro.

Cek beberapa jenis jaket kulit modern yang bisa lo coba di bawah ini:

 

1. Bomber Flight Leather Jacket

Jaket Kulit Flight Bomber

Di musim hujan yang cuacanya dingin begini pasti butuh kehangatan donk.

Buat lo yang banyak beraktivitas di dalam ruangan atau jalan-jalan di mall, bergaya dengan bomber flight leather jacket (kadang disebut aviator leather jacket) bisa menjadi solusinya.

Jaket yang memang sering digunakan oleh pilot pesawat terbang di film-film ini memiliki ciri khas bulu-bulu lebat pada bagian lehernya.

Jangan gunakan jaket ini kalau lo harus berjalan-jalan di luar ruangan dalam kondisi hujan ya. Nanti mudah rusak bulu-bulunya 🙁

 

2. Cafe Racer Jacket

Jaket Kulit Pria Cafe Racer Hitam
via Tokopedia

Jenis jaket kulit yang satu ini terlihat ‘ringan’ dan memiliki desain sederhana.

Biasanya ada pengait di sekitar leher dan bagian bawah jaket untuk memberi tambahan perlindungan dari angin di bagian leher.

Jaket ini cocok digunakan untuk lo yang suka dengan jaket yang membuat lekuk tubuh lo lebih terlihat jelas (pas buat lo yang badannya memang bagus).

 

3. Leather Combination Jacket

Jaket Kulit Pria Kombinasi Jeans Biru Asli
via Tokopedia

Jika lo ingin membeli jaket kulit yang harganya lebih murah, maka jenis kombinasi bisa menjadi jawabannya.

Beberapa jaket kulit kombinasi juga memberikan tampilan yang keren sih, seperti jaket kulit kombinasi denim di atas.

Ada juga sih tipe jaket kulit kombinasi semi-kulit, jadi memang hampir masuk kategori imitasi dan harganya juga hanya sekitar Rp 100 hingga 200 ribuan bro.

 

4. Fencing Leather Jacket

Jaket Kulit Anggar Fencing Leather
Jaket Kulit Anggar via Pinterest

Pernah dengan olahraga anggar? Para atlet anggar diwajibkan menggunakan jaket putih khusus untuk melindungi tubuh mereka saat bertanding.

Nah, jaket kulit ini didesain dengan dasar jaket atlet anggar tersebut.

Ciri utama dari jaket kulit anggar ini adalah zipper-nya yang tidak diletakkan di tengah seperti jaket pada umumnya. Ada yang membentuk kurva seperti S, ada yang menyamping (seperti gambar di atas), dan sebagainya.

Biasanya brand high end yang memiliki koleksi jaket kulit seperti ini. Tampilannya edgy banget kan bro?

Cek jugaBerbagai Model Jaket Pria Masa Kini yang Bikin Lo Tambah Kece!

 

Nah itulah berbagai tips dan trik memilih serta merawat jaket kulit yang bisa lo coba.

Buat lo yang pengen tampil keren dan gaya, jaket kulit bisa dikatakan sebagai salah satu fashion item buat pria yang wajib dimiliki dalam jangka panjang bro.

Tidak usah terburu-buru untuk memilikinya kalau belum punya duit yang cukup.

Lo bisa cek juga tips mendapatkan uang dari internet sebagai penghasilan tambahan lo.

Jika lo punya tips lain tentang perawatan daerah ketiak pria, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Salam Semangat,

Mas Kulin

2 thoughts on “Bro, Inilah Cara Mudah Memilih dan Merawat Jaket Kulit Pria!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *