Fashion

Cara Membersihkan Sneakers Sendiri dengan Gampang

Cara Membersihkan Sneakers

Hai bro, sudahkah lo cara membersihkan sneakers sendiri biar gak usah repot-repot ke tempat laundry sepatu lagi?

Sepatu sneakers memang selalu menjadi pilihan buat lo yang mengutamakan kenyamanan tapi tetap bisa tampil gaya.

Nah, supaya lo bisa terus terlihat stylish dengan sneakers andalan lo, lo juga perlu pinter-pinter merawat sneakers lo bro. Selain harus tahu gimana cara menyimpan sneakers yang benar, lo juga harus tau gimana caranya membersihkan sneakers lo. Dengan begitu sneakers lo bisa makin awet, bro.

Inget lho, sneakers yang bersih juga bisa memberi kesan kalo lo orangnya apik dan rapi. Sneakers memang tidak membutuhkan perawatan khusus, tapi bukan berarti lo bisa merawatnya sembarangan ya. Inget lho tidak semua bahan sneakers bisa lo cuci bersamaan. Apalagi kalau sneakers lo berwarna terang apalagi putih.

Berhubung mungkin banyak yang belum tahu cara membersihkan sneakers sendiri dengan gampang, gw bakal kasih tau ke kalian tips untuk membersihkan sneakers yang bisa lo coba di rumah.

 

Cara Membersihkan Sneakers dengan Bahan Alami

Yuk simak di sini cara membersihkannya dimulai dari bahan yang mudah lo temukan di rumah. Berikut bahan alami yang diperlukan untuk membersihkan sneakers, seperti:

 

1. Baking Soda dan Air Hangat

Cara Membersihkan Sneakers Putih dengan Baking Soda dan Air
Sumber: stylecraze.com

Lo tau gak sih, bro. Baking soda ternyata ampuh banget untuk menghilangkan noda membandel di sneakers lo, sehingga bahan ini merupakan salah satu andalan dalam cara membersihkan sneakers putih.

Caranya mudah banget, bro. Lo tinggal melarutkan baking soda ke dalam air hangat, lalu celupkan sikat gigi bekas ke dalamnya dan tinggal digosokkan saja ke bagian yang terkena noda. Setelah disikat, diamkan sebentar, lalu bilas dengan air dingin. Jangan lupa keringkan sneakers di tempat yang teduh ya, bro.

Selain membersihkan noda di bagian luar sneakers, baking soda juga terbukti ampuh untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang ada di dalam sneakers. Baking soda memang biasa dipakai ibu-ibu untuk mencuci pakaian putih yang terkena noda deodoran, bro.

Makanya pemakaian baking soda bakalan efektif banget buat membersihkan sneakers lo jadi makin cling dan mengusir bau tak sedap di dalam sepatu.

 

2. Cuka Putih dan Air

Cara Membersihkan Sneakers dengan Cuka

Kali ini gw akan kasih tips untuk membersihkan bagian dalam sepatu menggunakan larutan cuka putih yang sudah dicampur dengan air. Lo tau nggak, bro kalo larutan cuka putih ternyata ampuh banget untuk menghilangkan noda di permukaan alas kaki?

Alas kaki di dalam sneakers yang sering dipake tentu saja bakal gampang banget menjadi kusam. Nah, larutan cuka ini bekerja cukup efektif membuat alas kaki sneakers kembali bersih.

Caranya nggak kalah gampang, bro. Tinggal lo pakai sikat gigi bekas, setelah dicelupkan pada larutan cuka, lo sikat secara merata ke seluruh permukaan alas kaki. Make sure seluruh permukaan disikat merata ya, bro supaya tidak meninggalkan bercak.

Apabila larutan cuka dirasa kurang ampuh membersihkan alas kaki sneakers elo, bisa ditambahkan baking soda dengan takaran 1:1 sendok makan. Setelah diaduk rata, kembali gunakan sikat gigi bekas untuk menjangkau bagian terdalam sneakers.

Sikat secara merata selama beberapa menit hingga dipastikan seluruh permukaan sudah disikat. Lalu diamkan selama 30 menit hingga 1 jam agar larutan cuka dan baking soda meresap ke dalam sepatu.

Bilas dengan air sebelum akhirnya dijemur di tempat yang teduh. Hindari paparan sinar matahari dari sneakers kesayangan lo ya, bro.

 

3. Lemon

Lemon

Nah, lemon ini efektif banget untuk sneakers elo yang terbuat dari kulit lho, bro. Asam sitrat yang terkandung pada lemon, tidak hanya membantu proses pembersihan sneakers bagian luar tetapi juga bisa menghilangkan bau sneakers bagian dalam.

Follow Instagram Mas Kulin

Caranya gak akan ribet kok. Perasan lemon dicampur dengan air dingin, lalu aduk hingga merata. Ambil lap bersih yang cukup lembut, lalu celupkan ke dalam air lemon tersebut.

Permukaan sneakers cukup digosok perlahan dengan lap basah air lemon. Pastikan seluruh permukaan sneakers dibersihkan dengan air lemon. Setelah itu cukup diangin-anginkan saja.

Inget ya, bro jangan sampai sneakers kulit lo terkena paparan sinar matahari langsung saat menjemur. Selain akan memperburuk noda, permukaan sneakers akan menjadi mudah rusak.

 

4. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun untuk membersihkan Sneaker

Minyak zaitun ternyata gak kalah berkhasiatnya dengan lemon untuk membersihkan sneakers lo yang terbuat dari kulit. Cara ini bisa lo coba untuk membuat kulit sneakers menjadi lebih halus dan warna aslinya menjadi lebih cerah. Ini memang trik yang wajib dicoba jika melihat sneakers kulit lo sudah mulai kusam dan kotor.

Caranya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun beberapa tetes saja pada kain bersih yang lembut, lalu gosokkan secara merata ke seluruh permukaan luar sneakers.

Gimana? Gampang banget kan caranya? Bahan-bahan alami yang udah gw sebutin tadi juga pasti ada di rumah lo semua kok. Jadi gak perlu sibuk ke mini market dulu buat mulai ngebersihin sneakers-sneakers kesayangan elo, bro.

Sekarang gw bakal sharing ke kalian cara membersihkan sneakers dengan bahan non alami. Walau non alami, bahan-bahannya masih gampang lo temui di rumah tanpa harus ke warung atau mini market dulu untuk membeli bahan-bahan tersebut.

 

Cek juga: Cara Membersihkan Sepatu Kulit Secara Alami

 

Cara Membersihkan Sneakers dengan Bahan Non Alami

Nah, gw mulai bahas dari cara yang paling gampang dulu aja ya. Berikut bahan-bahan non alami yang lo perlukan untuk membersihkan sneakers, seperti:

 

1. Tisu Basah

Tisu Basah

Yup, cukup dengan menggunakan tisu basah saja lo sudah bisa membersihkan sneakers elo, bro. Inget, bukan dengan tisu kering yang dibasahkan ya, karena kalau tisunya digosokkan malah jadi hancur dan meninggalkan bekas tisu, seperti bulir kecil-kecil. Jadi harus dengan tisu basah.

Untuk sneakers berbahan canvas, cukup gosokkan saja di area yang bernoda. Membersihkan dengan tisu basah memang hanya bisa untuk noda-noda yang gampang dibersihkan, seperti cipratan air atau debu.

Setelah beneran bersih, lo bisa mengeringkan sneakers dengan diangin-anginkan saja di ruangan terbuka. Jangan sampe lo diemin sneakers lo dalam keadaan basah atau lembab ya, bro. Selain ntar bakal jamuran, sneakers malah jadi bau karna bakteri pada ngumpul disitu. Jadi pastiin sneakers lo kering dulu, baru deh you’re good to go!

Nah, udah tau kan sekarang cukup dengan tisu basah aja lo udah bisa membersihkan sneakers. Jadi jangan bermalas-malasan lagi untuk memulai membersihkan noda dari sneakers lo deh, bro walau hanya ada noda sedikit.

 

2. Sikat Gigi Bekas dan Air Hangat

Pakai Sikat Gigi Bekas untuk Membersihkan Sepatu

Nah, cara ini dipakai saat lo ingin sneakers lo bersih dari noda yang sedikit membandel, seperti cipratan air yang mengering dan menjadi lumpur. Ingat, tali sepatu juga harus dicuci secara terpisah, ya. Jadi, sebaiknya lo lepas dulu tali-tali sepatunya sebelum dibersihkan dengan air hangat.

Pertama-tama, lo bisa membersihkan sneakers lo dengan air hangat agar noda-noda yang terdapat pada permukaan ataupun di dalam sneakers lo terangkat. Lalu sikat pelan menggunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkan noda yang masih menempel.

Nah, kalo misalnya sneakers lo jadi kebasahan banget, ada baiknya keringkan di luar rumah tapi jangan sampai terpapar sinar matahari langsung ya, bro. Dan juga tidak disarankan mengeringkan sepatu dengan hair dryer ya, bro.

Paparan sinar matahari bisa memudarkan warna sepatu dan panasnya hair dryer bisa melengkungkan sol sneakers atau merusak foam yang menjadi bantalan sneakers. Jadi inget ya cukup dikeringkan di tempat teduh saja.

Cukup mudah bukan? Yuk, mulai membersihkan sepatu lo yang mulai kotor. Apalagi kotornya karena cipratan air atau terkena lumpur. Sebelum nodanya makin sulit dihilangkan karena terlalu lama mengering.

 

3. Pasta Gigi

Pasta Gigi untuk Membersihkan Sneakers

Pasta gigi ternyata cukup ampuh untuk membersihkan sneakers yang berwarna putih kembali menjadi bersih. Tau kan kalau kebanyakan pasta gigi mengandung pemutih yang bertujuan untuk memutihkan gigi? Nah, itu makanya pemakaian pasta gigi sebaiknya hanya digunakan untuk membersihkan sneakers yang berwarna putih.

Lagi lagi pakai sikat gigi bekas untuk menyikat bagian yang kotor dengan pasta gigi. Namun sebelumnya permukaan sneakers dilap lembut menggunakan handuk microfiber. Cukup dilap asal saja, tidak perlu sampai terlalu basah. Lalu sikat permukaan sneakers yang terkena noda tebal dengan sikat gigi yang sudah dioleskan pasta gigi.

Pastikan seluruh permukaan sneakers disikat bersih sebelum akhirnya dilap kembali dengan lap bersih untuk menghapus sisa pasta gigi. Letakkan sneakers di ruangan berventilasi dengan sirkulasi udara yang baik agar mengering sempurna.

 

4. Sabun Khusus Pembersih Sneakers

Gunakan Sabun Khusus Sneakers
Sumber: boxwoodavenue.com

Masih dengan menggunakan sikat gigi bekas dan air hangat, tapi kali ini lo tambahkan sabun khusus pembersih sneakers untuk membersihkan permukaan atau bagian luar sneakers lo yang terkena noda paling sulit dibersihkan. Cara ini cukup aman membersihkan sneakers dengan materi bahan apapun, kecuali yang dari bahan beludru ya, bro.

Caranya gampang banget, bro. Tinggal lo campurkan sabun khusus pembersih sneakers ke dalam air, lalu sikat perlahan dengan sikat gigi bekas. Lebih baik menggunakan sikat gigi bekas berbulu nilon.

Setelah lo pastikan semua bagian yang kotor sudah disikat bersih, baru deh lo bilas dengan air bersih. Setelah itu jangan lupa lo keringkan sneakers lo ya, bro.

Di sini memang gw nggak ngerekomendasiin kalian menggunakan sabun mandi atau deterjen cair untuk membersihkan sneakers, karena di dalam dua material tersebut mengandung bahan kimia dan pemutih yang cukup keras apabila lo pakai untuk membersihkan sneakers berwarna. Gak mau dong warna sneakers lo malah memudar setelah dibersihkan?

Sabun khusus pembersih sneakers ini gak sulit dicari kok. Lo bisa beli di supermarket atau marketplace favorit lo. Jadi gak ada alasan lagi buat males ngebersihin sneakers kesayangan lo ya, bro.

 

Cek juga: Cara Membuat Sepatu Menjadi Lebih Putih Kinclong

 

Tips Merawat Sneakers Setelah Dibersihkan

Oh iya, bro. Selain menghindari paparan sinar matahari langsung dan panas hair dryer, ada tips lain yang harus lo ingat saat membersihkan sneakers kesayangan lo nih, yaitu:

 

1. Jangan Pakai Mesin Cuci

Jangan Pakai Mesin Cuci untuk Sneakers

Jangan pernah membersihkan sneakers lo dengan mesin cuci. Jangan pikir tentang praktisnya ya. Itu salah banget dan harus lo hindari. Membersihkan sneakers dengan mesin cuci, malah akan membuat sneakers lo rusak. Jadi jangan ambil resiko deh, bro. Mending repot sedikit yang penting aman.

 

2. Simpan di Ruang Terbuka

Sneakers Kotor

Setelah sneakers lo kering, ada baiknya simpan sepatu lo di ruangan terbuka dengan suhu ruangan untuk menghindari keadaan lembab. Kalau misalnya lo gak mau sneakers jadi berdebu dan memilih untuk menaruhnya di dalam kotak, pastikan lo menaruh silica gel juga di dalamnya.

 

3. Jangan Sampai Kelamaan Gak Dipake

Laundry Sneakers

Last but not least, sering sering buat pake sneakers lo ya, bro. Jangan malah karena kelamaan disimpen, yang ada malah sneakers lo jadi rusak duluan. Gini deh, lebih rela mana sneakers lo rusak karna disimpen atau karna dipake? Belum pernah dipake tapi keburu jamuran kan sayang banget, bro.

 

Cek juga: Cara Memilih Kombinasi Warna Baju dan Celana Pria Sehari-hari yang Pas

 

Nah itulah ulasan mengenai cara membersihkan sneakers yang bisa lo praktekkan sehari-hari dengan mudah.

Pastikan agar lo menyediakan waktu untuk membersihkan sneakers maupun sepatu lain yang lo miliki ya bro, misalnya pas liburan. Siapa tahu kan, sneakers-sneakers tersebut bisa jadi semacam investasi buat masa depan lho?

Kalau belum pernah dengar, lo bisa cek artikel gw yang membahas tentang investasi sneakers di sini.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar cara membersihkan sneakers, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *